Sedang mencari investasi yang menguntungkan? Simak dulu keuntungan investasi reksa dana sebelum berinvestasi, khususnya para profesional.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Reksa Dana

Banyak yang bilang bahwa investasi reksa dana merupakan investasi yang tidak ribet dan lebih mudah dibandingkan investasi lainnya.

Buat kamu yang masih bingung kenapa harus mulai berinvestasi, kamu berada di tempat yang tepat. Dalam perencanaan keuangan, investasi sering dianalogikan sebagai kendaraan.

Ibarat ingin mencapai sebuah tujuan, kita membutuhkan kendaraan yang tepat untuk membawa kita ke tempat tujuan. Salah memilih kendaraan membuat kita bisa saja tidak sampai tujuan.

Pemilihan kendaraan yang tepat akan membawa kita ke tujuan dengan tepat waktu. Maka dari itu, pemilihan investasi tergantung dari tujuan keuangan kita masing-masing.

Salah satu kendaraan yang bisa dijadikan alternatif atau pilihan untuk berinvestasi adalah reksa dana. Reksa dana sendiri dibagi menjadi 4 jenis yang sering ada di pasaran Indonesia.

Reksa dana yang pertama adalah reksa dana pasar uang (RDPU), reksa dana yang memiliki risiko paling rendah di antara reksa dana lainnya.

Reksa dana ini pasti memiliki return yang positif setiap harinya, hanya saja pergerakannya tidak cepat.

Reksa dana pasar uang bisa memberikan return sebesar 4 hingga 6 persen per tahunnya. Namun, jika ingin investasi dengan return yang lebih besar, kamu bisa ke reksa dana pendapatan tetap (RDPT).

Reksa dana pendapatan tetap memiliki risiko terendah kedua setelah reksa dana pasar uang.

RDPT lebih banyak berinvestasi dalam bentuk obligasi, baik obligasi perusahaan maupun obligasi negara, dengan return sekitar 6-10 persen per tahunnya.

Kalau kamu ingin investasi yang bisa memberikan return lebih besar lagi, kamu bisa berinvestasi ke reksa dana campuran.

Reksa dana campuran ini berinvestasi di saham, obligasi dan pasar uang. Jadi, risikonya lebih tinggi dibandingkan dengan reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap.

Namun, reksa dana campuran ini bisa memberikan return sebesar 10 hingga 15 persen per tahunnya. Reksa dana campuran ini memiliki profil risiko yang moderat.

Kalau kamu yang mencari investasi yang return yang paling besar, maka kamu bisa berinvestasi di reksa dana saham.

Reksa dana saham lebih banyak berinvestasi pada saham, tetapi di dalamnya juga terdapat obligasi dan pasar uang.

Reksa dana saham bisa memberikan return sebesar 15 hingga 20 persen per tahunnya.

Eits.. tunggu dulu, sebelum berlanjut, apa kamu tahu apa itu reksa dana? Reksa dana ibaratnya sebuah wadah berisi dana dari pemodal yang kemudian dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan ke portofolio investasi, seperti saham, pasar uang, dan obligasi.

Lalu, apa saja keuntungan dari investasi reksa dana ini?

 

Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana Bagi Para Profesional

Untuk yang belum tahu apa saja keuntungan berinvestasi reksa dana, kamu wajib tahu enam keuntungan reksa dana berikut ini:

 

Keuntungan #1 Time Saving

Sebagai profesional, mungkin kamu tidak memiliki waktu yang banyak untuk menganalisis setiap portofolio investasi.

Reksa dana adalah investasi yang berkonsep time saving, sehingga berinvestasi di reksa dana bisa jadi pilihan yang tepat untukmu.

Investasi kamu akan diurus oleh manajer investasi sehingga kamu tidak perlu repot mengalokasikan uang yang kamu miliki ke beberapa investasi.

 

Keuntungan #2 Uang Tidak Terkena Inflasi

Ketika kamu hanya menyimpan uangmu, tahukah bahwa nilai uangmu akan berkurang seiring berjalannya waktu?

Inflasi di Indonesia bisa mencapai 4% dalam satu tahun. Jika kamu tidak membuatnya bertambah, seberapa banyak devaluasi uangmu kelak?

Namun jika kamu menginvestasikannya, reksa dana dengan risiko terkecil saja dapat memberikan return 6% per tahunnya, sehingga uang kamu tidak akan tergerus inflasi, malah bertambah.

 

Keuntungan #3 Investasi yang kita lakukan sudah terdiversifikasi

Investasi jangan hanya disimpan dalam satu wadah saja. Reksa dana mendiversifikasikan investasi kamu.

Jika kamu berinvestasi di reksa dana campuran, kamu sudah menempatkan investasi ke pasar uang, obligasi perusahaan, obligasi negara, hingga saham dalam satu produk.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi ke mana saja investasi kamu harus ditempatkan.

 

Keuntungan #4 Bisa Dilakukan Dengan Mudah

Sebelum adanya kemajuan teknologi, investasi menjadi sebuah hal yang selalu ditunda. Alasannya banyak, salah satunya adalah harus mengantre dan melakukan segala transaksinya di bank.

Namun di era teknologi ini, kamu bisa dengan mudah berinvestasi. Kita bisa buka akun investasi hanya melalui smartphone. Bahkan, kamu bisa melakukan jual beli melalui akunmu tersebut.

Kamu bisa download aplikasi Finansialku yang bisa membantumu dalam berinvestasi.

Kenapa? Karena selain mencatat, merencanakan, dan mengatur keuanganmu, aplikasi Finansialku bekerja sama dengan platform investasi reksa dana yang terhubung melalui aplikasi ini.

Mau coba? Yuk download aplikasinya yang kini tersedia baik di Google Play Store maupun Apple Apps Store.

Download Finansialku di Google Play Store
Download Finansialku di Apps Store

 

Kamu bisa langsung berinvestasi reksa dana di BAREKSA atau pun TanamDuit langsung dari aplikasi Finansialku. Namun, jangan lupa untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan keuanganmu ya.

 

Keuntungan #5 Bisa Dimulai Dari Nominal Kecil

Keuntungan berikutnya adalah berinvestasi di reksa dana bisa dimulai dari nominal yang kecil, misalnya Rp10.000 atau Rp100.000, sehingga siapa saja bisa berinvestasi reksa dana.

Jadi jangan heran kalau reksa dana menjadi produk investasi favorit banyak orang. Kamu pun bisa menambah investasi setiap bulannya untuk hasil yang lebih besar.

Mudah ‘kan berinvestasi reksa dana?

 

Keuntungan #6 Transparan

Reksa dana memiliki cara kerja yang transparan, artinya, kamu bisa melihat ke mana saja investasi kamu dialokasikan.

Kamu juga bisa melihat harga produk investasi reksa dana kamu hari ini hingga besaran dana kelolaan produk reksa dana tersebut.

Jika kamu ingin belajar lebih banyak lagi mengenai reksa dana, kamu bisa membaca e-book mengenai investasi reksa dana di bawah ini. GRATISS!!

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Kalau ingin dibantu untuk belajar lebih menyeluruh mengenai reksa dana, kamu juga bisa mengikuti kelas online atau webinar reksa dana. Kamu bisa mendaftar untuk ikut kelas reksa dana online dengan klik tombol berikut ini.

Daftar Webinar Reksa Dana

 

Jika Tidak Memulainya Sekarang, Kapan Lagi?

Semakin cepat kamu memulai investasi, semakin besar pula hasil yang akan kamu dapatkan. Yuk mulai dari sekarang dan raih tujuan keuangan kamu.

Jangan lupa untuk share pengalaman kamu dalam berinvestasi pertama kali pada kolom komentar di bawah ya.

Kalau kamu bingung mengenai keuangan kamu, jangan ragu untuk meminta bantuan pada ahlinya. Kamu bisa menghubungi saya atau perencana keuangan Finansialku melalui aplikasi Finansialku.

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store dan Apple Apps Store (klik tautan untuk download aplikasinya)
  2. Gunakan menu Konsultasi Keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui keuntungan berinvestasi reksa dana untuk para profesional.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tentang keuntungan berinvestasi reksa dana untuk para profesional. Semoga bermanfaat!