8 Keuntungan Reksadana Online Dibanding Harus Ngantri di Bank!

Seperti yang Anda ketahui, investasi reksadana menjadi salah satu investasi yang digemari karena adanya keuntungan reksadana online.

Rubrik berikut ini akan membahas keuntungan reksadana online bagi Anda para investor reksadana.

Simak penjelasan berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Reksadana Online Di Era Digital

Seperti yang sudah kita ketahui, ada banyak sekali masyarakat yang ingin belajar berinvestasi. Salah satu instrumen investasi yang sering menjadi sorotan bagi para investor yang baru ingin belajar berinvestasi adalah reksadana.

Reksadana adalah wadah dimana dana masyarakat dikumpulkan untuk dikelola oleh seorang manajer investasi di dalam suatu portofolio aset.

Banyak sekali informasi tentang keuntungan reksadana dapat dibaca di berita maupun melalui investor yang sudah melakukannya terlebih dahulu.

Tetapi seringkali para investor tersebut terhambat dengan beberapa proses untuk melakukan investasi di reksadana. Salah satunya karena mereka harus ke bank terlebih dahulu pada saat ingin melakukan registrasi atau pun proses lainnya yang membutuhkan konfirmasi dan administrasi.

8 Keuntungan Reksadana Online Dibanding Harus Ngantri di Bank! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Benar Lebih Untung Investasi Reksa Dana Pasar Uang daripada Tabungan dan Deposito?]

 

Seiring perkembangan teknologi, investasi reksadana pun mengalami perkembangan. Investasi reksadana yang dulunya hanya dapat dilakukan di bank, sekarang ini dapat dilakukan secara online.

Investor tidak perlu lagi untuk datang ke bank tetapi hanya dengan bermodalkan internet dan media seperti komputer, laptop atau smartphone, investor sudah dapat melakukan investasi di reksadana.

Reksadana online ini membangkitkan semangat para investor yang ingin berinvestasi reksadana tetapi tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk datang ke bank. Dengan adanya reksadana online ini tentu saja memberikan banyak keuntungan dibandingkan ketika kita harus datang ke bank.

 

8 Keuntungan Reksadana Online

Mari kita simak 8 keuntungan reksadana online berikut ini.

 

#1 Menghemat Waktu Saat Registrasi

Pada saat Anda ingin berinvestasi reksadana, langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan registrasi untuk account reksadana baru. Jika Anda melakukannya secara offline atau ke bank, Anda harus mencari terlebih dahulu dimana bank yang menjual reksadana yang Anda inginkan.

Sedangkan jika Anda melalui reksadana online, Anda hanya perlu mencari portal reksadana online yang menjual produk reksadana tersebut dan membuka account disana. Salah satu portal yang saya ketahui adalah Bareksa.com.

Konsultasi Apakah Bisa Investasi Reksadana Untuk Modal Bisnis 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Belajar Investasi? Tips Investasi Reksa Dana Untuk Mahasiswa]

 

Proses untuk registrasi kurang lebih hampir sama baik online maupun melalui bank, tetapi ketika Anda mendaftarnya online maka Anda dapat melakukannya dimanapun selama Anda memiliki internet.

Anda dapat menghemat lebih banyak waktu dibandingkan Anda harus datang ke bank tertentu untuk mencari reksadana yang Anda inginkan.

 

#2 Memberikan Kemudahan Dalam Bertransaksi

Dengan menggunakan reksadana online Anda dapat melakukan transaksi jual atau pun beli dengan mudah, karena semuanya dilakukan melalui portal dimana Anda mendaftar.

Anda tidak perlu mengisi data-data Anda lagi karena semua data Anda sudah tersimpan secara online sehingga Anda hanya perlu memasukkan reksadana yang Anda inginkan dan jumlahnya.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Pencairan Dana Lebih Cepat

Sama seperti halnya memberikan kemudahan dalam bertransaksi, di reksadana online Anda dapat mencairkan dana Anda dengan lebih cepat. Karena Anda tidak perlu menunggu proses pengantaran dokumen atau antri dokumen. Anda hanya perlu mengisi jumlah yang ingin Anda cairkan dan Anda dapat langsung mencairkannya.

Lalu Anda tinggal menunggu hasil pencairan reksadana tersebut ditransfer ke rekening Anda.

 

#4 Memberikan Waktu Yang Lebih Fleksibel

Keuntungan lain reksadana online adalah waktu Anda untuk berinvestasi lebih fleksibel. Anda dapat berinvestasi kapanpun dan dimanapun, bahkan pada saat Anda sedang istirahat makan siang atau pun pada waktu malam.

Selama Anda berinvestasi sebelum pukul 13.00 maka nilai aktiva bersih (NAB) reksadana yang akan dihitung adalah NAB hari itu, tetapi jika lewat dari pukul 13.00 maka NAB reksadana yang akan dihitung adalah NAB esok hari.

Investasi Reksadana Jatuh Tempo pada Reksadana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bedanya Reksa Dana Dolar dan Reksa Dana Rupiah? Cari Informasi Selengkapnya Disini!]

 

#5 Memiliki Fitur Pencarian Produk Yang Lebih Mudah Dan Akurat

Pada saat kita membeli reksadana melalui bank, kita harus mencari produk terlebih dahulu karena jika sudah berada di bank, produk yang dapat kita cari pastinya terbatas hanya produk-produk yang dijual dari bank tersebut.

Dengan reksadana online, kita dapat mencari dan menyaring semua jenis reksadana yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Ada banyak jenis produk reksadana dari berbagai manajer investasi yang akan ditampilkan ketika kita mencari melalui internet atau online.

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#6 Fund Fact Sheet atau Data Produk Reksadana Lengkap dan Transparan

Di reksadana online, Anda dapat melihat data suatu produk reksadana secara lengkap dan transparan, termasuk fund fact sheet dan perkembangan reksa dana tersebut.

Anda tinggal masuk ke halaman produk reksadana yang bersangkutan, semua data yang berhubungan dengan produk reksadana tersebut dapat Anda temukan disana.

 

#7 Tidak Perlu Mengantre Dalam Bertransaksi

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, online berarti Anda tidak perlu mengantre dalam bertransaksi. Anda dapat bertransaksi bersamaan dengan orang lainnya di tempatnya masing-masing.

Investasi Reksadana Memahami Bagaimana Reksadana Terbentuk 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Iya Dana Darurat Bisa Disimpan Pada Produk Reksa Dana?]

 

Dengan begitu, Anda juga tidak akan takut bahwa transaksi reksadana Anda terlambat atau tidak terproses karena semuanya sudah tersistem secara online.

 

#8 Lebih Cepat Mendapatkan Update Informasi

Karena semuanya dilakukan secara online, maka update atau pengkinian informasi pun akan terjadi secara langsung atau online. Anda langsung dapat melihat update informasinya setiap hari dengan membuka portal reksadana online Anda. Dan Anda dapat melakukannya dimanapun dan kapanpun.

Oleh karena informasi tersebut ter-update secara cepat, maka jika Anda ingin mengambil keputusan pun, Anda dapat melakukannya dengan cepat juga. Atau dengan kata lain, Anda tidak perlu takut untuk ketinggalan informasi.

 

Manfaatkan Reksadana Online Untuk Berinvestasi

Di era digital sekarang ini, semua hal sudah dipermudah dan dihubungkan dengan teknologi dan internet.

Oleh karena itu, Anda juga harus mulai memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mempermudah Anda belajar dan berinvestasi, salah satunya reksadana online. Selamat mencoba berinvestasi di reksadana online.

 

Apakah artikel ini menambah wawasan Anda tentang keuntungan reksadana online? Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda dan dapat bermanfaat untuk teman-teman atau rekan kerja Anda juga?

Bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda agar mereka juga mendapatkan manfaatnya.

 

Sumber Referensi:

  • Anton. 15 Juli 2016. Sharing Pengalaman Membeli Reksadana Offline dan Online. Kajianbisnis.com – https://goo.gl/KRU9pm

 

Sumber Gambar:

  • Keuntungan Reksadana Online 1 – https://goo.gl/JK7Ln4
  • Keuntungan Reksadana Online 2 – https://goo.gl/rPvkw5

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-11-06T13:22:10+00:00 November 3rd, 2017|Categories: Investasi, Reksa Dana|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download