Sukuk Ritel menjadi salah investasi syariah, lalu apa keuntungan Sukuk Ritel? Bagaimana cara membelinya? Mari kita bahas!

“Saya mau investasi tapi investasi yang syar’i.”

Yap.. karena mayoritas penduduk Indonesia beragama muslim banyak masyarakat yang ingin berinvestasi sesuai syariat Islam, tidak berbau judi, jelas, dan tidak riba!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi yang Sesuai dengan Ajaran Islam

Semakin hari masyarakat Indonesia semakin melek investasi, masyarakat mulai mengerti untuk mendapatkan uang yang banyak tidak cukup hanya menyimpan uang di dalam lemari besi.

Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, uang harus dimanfaatkan dalam instrumen investasi. Tapi masalahnya, kebanyakan investasi konvensional tidak sesuai dengan ajaran yang diyakini.

RIBA! Menjadi alasan masyarakat muslim ragu untuk mulai berinvestasi. Tapi berkembangnya sistem investasi di Indonesia menyesuaikan dengan mayoritas penduduknya.

Perlahan namun pasti bermunculan investasi syariah, salah satunya obligasi syariah, atau yang sering dikenal dengan Sukuk Ritel (SR).

Ini Dia 8 Keuntungan Sukuk Ritel Plus Cara Belinya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Dijamin Aman, Ini Tempat untuk Beli Sukuk Negara Ritel]

 

Seperti angin segar, Sukuk menjawab keraguan masyarakat muslim yang ingin mempekerjakan uangnya dalam bentuk investasi.

Sudah pasti Sukuk Ritel dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan usury (riba).

Pernyataan ini langsung dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Dalam penerbitan Sukuk Ritel menggunakan struktur akad IjarahAsset to be Leased.

Jadi, dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada Pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada Pemerintah.

Perlu digaris bawahi kalo uang investasi ini tidak disimpan di produk bank, rokok, ataupun minuman keras, melainkan untuk pembiayaan proyek yang didanai Pemerintah.

Lalu apa kelebihan dan manfaat jika kita memiliki Sukuk Ritel?

 

Ini 8 Kelebihan dan Manfaat Memiliki Sukuk Ritel

Setidaknya ada delapan kelebihan kalo kamu memiliki sukuk ritel, selain sesuai dengan ajaran agama Islam kamu harus tau kelebihan lainnya!

 

#1 Pokok Imbalan Dijamin Oleh Negara

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa hasil penjualan Sukuk Ritel ini dipakai untuk membiayai sejumlah proyek yang didanai atau disewa oleh Pemerintah, maka sudah penjamin imbal hasil atau keuntungan investasi yang akan didapat oleh investor adalah Pemerintah.

Ini Dia 8 Keuntungan Sukuk Ritel Plus Cara Belinya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sukuk Ritel Vs Sukuk Tabungan! Mau Pilih Mana Ya?]

 

#2 Hasil Investasi Bersaing

Keuntungan Sukuk Ritel berikutnya adalah hasil investasi Sukuk Ritel berani bersaing, bahkan cenderung lebih tinggi dari imbal hasil yang ditawarkan dari deposito uang diadakan oleh pihak Bank-Bank Plat Merah.

Selain hati tenang karena investasi sesuai syariah, pemilik Sukuk Ritel akan merasa senang karena imbal hasil yang didapat lebih besar dan bermanfaat

 

#3 Tingkat Imbalan Tetap

Layaknya obligasi pada umumnya, imbal hasil yang diberikan nominalnya tetap, jadi kamu tidak perlu khawatir hasil investasi sukuk kamu rugi karena mengalami penurunan.

 

#4 Imbalan Dibayarkan Tiap Bulan

Sesuai dengan tujuan utama investasi, yaitu mendapatkan passif income tanpa kamu harus bekerja. Dengan berinvestasi pada instrumen Sukuk, kamu akan mendapatkan imbal hasil yang dibayarkan setiap bulan, menarik bukan?

Setidaknya kamu bisa mendapatkan passif income sebesar 6,05% setiap bulan dari uang yang kamu investasikan.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

9 Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

 

#5 Bisa Diperjualbelikan Di Pasar Sekunder Antar Investor Domestik

Kelebihan lain memiliki Sukuk Ritel adalah ketika kamu dalam kondisi terdesak saat butuh uang, Yes! Sukuk Ritel bisa diperjualbelikan di pasar sekunder! 

Kamu bisa jual surat utang yang kamu miliki ke teman, saudara, sesame atau agen penjual sebelum jatuh tempo.

 

#6 Modal Awal Terjangkau

Keuntungan Sukuk Ritel selanjutnya adalah tidak diperlukan modal yang besar, cukup dengan Rp 1 juta saja kamu sudah bisa membeli Sukuk Ritel.

Tapi Kembali lagi sesuai dengan kebutuhan, ya. Kalo kamu ingin imbal hasil yang besar maka kamu perlu membeli Sukuk Ritel dengan nominal yang besar juga.

 

#7 Bangga Karena Ikut Andil Membangun Negeri

Kembali saya jelaskan jika hasil Penjualan Sukuk Ritel ini digunakan untuk proyek yang disewa atau dibiayai Pemerintah, istilah lainnya membiayai APBN untuk pembangunan, terutama pembangunan infrastruktur.

Sesuai syariat, untungnya cukup besar, turut dalam pembangunan juga, kurang keren apa coba? Mayoritas penjualan Sukuk Ritel digunakan untuk pembangunan jalan, jembatan, dan gedung-gedung pendidikan.

 

#8 Akses Investasi Sesuai Prinsip Syariah

Seperti apa yang saya jelaskan sebelumnya, setiap proses jual-beli sangat memperhatikan syariat Islam, tidak berunsur judi, jelas, dan tidak riba.

Lalu, bagaimana cara agar kita bisa membeli Sukuk Ritel?

 

4 Langkah Berinvestasi Sukuk Ritel

Siapapun bisa membeli atau berinvestasi Sukuk Ritel karena caranya cukup mudah.

Pertama, kamu bisa registrasi melalui sistem elektronik yang disiapkan Mitra Distribusi atau Midis terdiri 14 bank BUMN ataupu Bank Swasta yang ada di Indonesi.

Kedua, setelah registrasi berhasil, silakan kamu melakuan pemesanan SR013 dengan memperhatikan ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran SR013.

Ini Dia 8 Keuntungan Sukuk Ritel Plus Cara Belinya! 03 - Finansialku

[Baca Juga: The Rise of Islamic Bond, Sukuk And Its Benefits For Investors]

 

Ketiga, setelah pemesanan diverifikasi (verified order), kamu akan mendapatkan kode pembayaran (Billing Code) melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi.

Terakhir, setelah pembayaran selesai kamu akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi SR013 pada tanggal setelmen/penerbitan.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar Sukuk Ritel, kamu bisa bertanya pada ahli keuangan pribadi, atau kamu bisa menghubungi perencana keuangan dalam aplikasi Finansialku.

Kamu juga bisa melakukan konsultasi untuk mendapat rekomendasi terbaiknya. Download aplikasi Finansialku dan ayo mulai investasi Syariah.

playstore icon
appstore icon

 

Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat, dan semoga kamu bisa membeli Sukuk Ritel SR013 sebelum masa periode penawannya habis, semoga beruntung!

 

 

Sumber Referensi:

  • Website resmi. Sukuk Ritel SR012 #Investasirakyatpenuhmanfaat. Kemenkeu.go.id- https://bit.ly/3msILXM

 

Sumber Gambar:

  • Sukuk Ritel 1 – https://bit.ly/3mWizVo
  • Sukuk Ritel 2 – https://bit.ly/338N6aF
  • Sukuk Ritel 3 – https://bit.ly/3cCiAco