Apakah Anda mau take over mobil? Sudahkah Anda mengetahui keuntungan take over mobil?

Yuk, simak 5 keuntungan take over kredit yang belum Anda ketahui dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Take Over Mobil

Sekarang ini, memiliki kendaraan pribadi bukan lagi menjadi keinginan melainkan sudah menjadi kebutuhan.

Dengan memiliki kendaraan pribadi seperti mobil, Anda dapat menikmati berbagai manfaat serta kemudahan yang tidak dimiliki transportasi umum.

Mobil pribadi menawarkan kenyamanan bagi penggunanya serta keamanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan sepeda motor ataupun bus.

Dikarenakan kemudahan dan kepraktisan yang diberikan mobil pribadi, maka kebutuhan mobil semakin meningkat setiap tahunnya.

Bijak Mengambil Take Over Kredit 03 Kredit Mobil 3 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja yang Harus Kamu Tahu Mengenai Kredit Mobil Bekas ?]

 

Namun, sayangnya tidak semua orang memiliki penghasilan yang cukup untuk bisa mendapatkan mobil impian mereka.

Tapi, jangan khawatir masih terdapat solusi untuk memiliki mobil walaupun penghasilannya tidak terlalu besar.

Salah satu caranya adalah dengan kredit mobil. Dengan kredit mobil maka Anda bisa mendapatkan mobil tanpa harus menunggu uang Anda terkumpul secara penuh.

Sekarang ini pembelian mobil secara kredit sudah menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan mobil impian.

Bahkan, persentase orang yang membeli mobil dengan cara kredit lebih tinggi daripada pembelian mobil secara tunai (cash) lho.

Selain itu, berbagai penawaran kredit dengan uang muka atau down payment (DP) yang ringan sudah semakin banyak bermunculan. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mendapatkan mobil impian Anda.

Walaupun pembelian mobil secara kredit memberikan kemudahan, tapi kalau Anda tidak berhati-hati dalam mengatur keuangan Anda maka bisa-bisa Anda mengalami gagal bayar angsuran sampai masa kredit selesai.

Oleh karena itu, sebelum mengambil kredit sebaiknya Anda mempertimbangkannya dengan baik.

Take Over Kredit Kendaraan 01 Finansialku

[Baca Juga: Pilih Mana, Kredit Mobil Baru atau Kredit Mobil Bekas?]

 

Salah satu jenis kredit mobil yang perlu Anda ketahui adalah balloon payment. Apa itu sistem kredit balloon payment? Sistem kredit balloon payment adalah sistem yang mengharuskan konsumen atau debiturnya untuk membayar DP mobil minimal 30% dari harga mobil tersebut.

Kemudian pada tahun pertama, debitur dapat mencicil sebesar 20% dari harga mobil. Dan pada tahun ke empat sampai ke lima debitur harus membayar sisa cicilan sebesar 50%.

Sistem balloon payment menjadi pilihan banyak orang untuk membeli mobil secara kredit karena sampai tahun ketiga nilai yang dibayarkan terlihat kecil.

Padahal memasuki tahun keempat dan kelima maka nilai cicilan yang dibayarkan menjadi sangat besar dan akhirnya banyak debitur yang tidak siap akan mengalami kendala kredit macet.

Oleh karena itu, lebih banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk menjual mobil sebelum masa kredit berakhir atau over kredit.

Mereka melakukan pengalihan kredit kepada orang lain karena pada akhirnya mereka akan mengalami kesulitan untuk terus membayar kredit mobil.

Lalu, apa yang dimaksud dengan pembelian secara take over atau over credit? Over kredit mobil adalah jual beli mobil yang statusnya masih belum lunas. Banyak orang yang menjual mobilnya walaupun masih dalam status kredit.

Biasanya, alasan utama mereka adalah karena mereka sedang membutuhkan uang atau mengalami kesulitan membayar cicilan.

Sehingga, akhirnya mereka memutuskan untuk menjual mobilnya dengan mencari orang untuk melanjutkan sisa kredit mobilnya.

Secara teknis dapat dikatakan bahwa mobil yang hendak Anda beli merupakan mobil bekas karena merupakan pelimpahan tanggungan dari orang lain.

Namun, Anda tidak perlu kuatir karena hal ini bukanlah masalah besar karena mayoritas dari mobil over kredit merupakan mobil dengan usia yang masih muda. Bahkan mobil tersebut ada yang masih dalam jaminan pabrikan.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

5 Keuntungan Take Over Mobil

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi keuntungan-keuntungan dari take over mobil yang belum Anda ketahui. Berikut 5 keuntungan dari take over mobil, adalah:

 

#1 Kondisi Mobil Masih Tergolong Baru

Keuntungan yang pertama jika Anda take over mobil adalah mobil ini masih dalam proses pembayaran secara kredit ke pihak ketiga sehingga dipastikan kondisinya masih dalam kondisi baru.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi mesin mobil tersebut dapat dijamin masih relatif baru baik performa mesin serta fitur yang ada pada mobil yang akan dibeli.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa usia mobil over kredit biasanya masih tergolong baru karena masih dalam proses mencicil.

Walaupun demikian, sebaiknya Anda tetap teliti dalam memeriksa kondisi mobil ya karena kita juga tidak terlalu tahu riwayat penggunaan mobil tersebut.

Untuk memeriksa dan memastikan kondisi mobil tersebut keadaannya baik, maka sebaiknya Anda mengajak petugas yang ahli tentang mobil serta mesin-mesinnya.

Bijak Mengambil Take Over Kredit 04 Kredit Mobil 4 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Kredit Mobil Murah Dengan DP Ringan]

 

#2 Harga Mobil Lebih Murah dari Harga Pasaran

Dengan take over credit, Anda dapat mendapatkan harga yang tentunya relatif lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran.

Salah satu cara untuk mendapatkan harga yang lebih murah adalah dengan bernegosiasi dengan pihak penjual untuk menentukan harga yang cocok.

Walaupun harus bernegosiasi dengan penjual terlebih dahulu, namun biasanya Anda tetap akan mendapatkan harga yang lebih murah dari pada melakukan pembelian mobil baru secara kredit.

Hal itu dikarenakan rata-rata alasan para penjual memutuskan untuk menjual mobilnya adalah karena kondisi keuangannya yang sedang sulit.

 

#3 Mobil Masih Memiliki Garansi

Biasanya, usia mobil over kredit tergolong masih muda, jadi garansi mobil masih dapat diberlakukan.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang penggantian suku cadang ataupun jika suatu saat mobil Anda mengalami kerusakan.

Selain itu, layanan after sales yang diberikan oleh perusahaan pabrikan juga masih dapat dinikmati.

Memilih Mobil SUV 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kredit Mobil Baru? Ini Dia Tips Memilih Asuransi Mobil Baru!]

 

#4 Premi Asuransi Masih Murah

Tentunya Anda mengetahui jika premi asuransi mobil baru dengan mobil bekas pasti berbeda.

Jika usia kendaraan lebih dari 5 tahun maka biasanya premi asuransi mobilnya lebih mahal.

Sedangkan mobil yang dijual secara over kredit, karena usianya yang masih muda maka nilai premi asuransi yang diberlakukan akan lebih rendah.

 

#5 Masa Angsur Lebih Pendek

Pada dasarnya, pembeli mobil over kredit hanya melanjutkan cicilan yang telah dibayarkan oleh pemilik mobil sebelumnya.

Misalnya, jika pemilik mobil pertama mengkredit mobil selama 60 bulan dan sudah berjalan selama 20 bulan, maka Anda hanya perlu melanjutkan sisa jangka waktu angsuran selama 40 bulan saja.

10+ Aksesoris Mobil Yang Paling Berguna Bagi Mobil Anda! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Kredit Balloon Payment Adalah]

 

Memilih Take Over Mobil

Setelah mengetahui berbagai keuntungan dari take over mobil, tentunya sekarang Anda dapat mempertimbangkan untuk take over mobil sebagai pilihan Anda untuk dapat memiliki mobil.

Dengan melakukan take over mobil, maka Anda dapat mendapatkan mobil idaman Anda dengan harga yang lebih murah.

Namun, tetap jangan lupa untuk memastikan bahwa mobil yang Anda mau take over berada pada kondisi yang baik ya.

 

Jadi, apakah Anda berminat take over mobil? Berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 September 2029. Keuntungan Take Over Kredit Mobil di Tempat Kami. Solusibiaya.com – https://bit.ly/2JfguB7
  • Kartika Ratnasari. 13 Desember 2017. Untung Rugi Over Kredit Mobil Bagi Pihak Penjual dan Pembeli. Cekaja.com – https://bit.ly/2Yqsw0G
  • Vonika Maulita. Over Kredit Mobil: Ini Keuntungan yang Didapatkan!¬†Futuready.com – https://bit.ly/2Jbeyti

 

Sumber Gambar:

  • Keuntungan Take Over Mobil 1 – http://bit.ly/2FRGQIh