Tentu kamu kenal dong dengan restoran fastfood ternama dan melegenda, A&W? Yuk duduk manis sambil menikmati waktu santaimu dengan membaca kisah sukses Allen & Wright, pendiri A&W Fastfood Restaurant, berikut ini.

Selamat membaca dan selamat terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

A&W Fastfood Restaurant

A&W Restaurants, Inc. adalah restoran cepat saji yang terkenal dan sudah lama dikenal karena konsep unik dari produknya root beer dan root beer float. Pada tahun 1919, A&W meluncurkan restoran drive-in di Lodi, California.

Nama perusahaan diambil dari inisial nama keluarga mitra Allen dan Wright (Roy W. Allen dan Frank Wright).

Perusahaan ini menjadi sangat populer di Amerika karena konsep “mug dinginnya”. Mug ini disimpan di freezer atau lemari pendingin untuk diisi dengan root beer dan disajikan kepada pelanggan restoran.

Kisah Sukses Allen & Wright, Pendiri A&W Fastfood Restaurant 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menghasilkan Banyak Uang dari Bisnis Photo Booth?]

 

Pada tahun 1925, A&W Restaurant memulai bisnis waralaba yang hingga saat ini, lokasi waralaba dari A&W Restaurant sudah menjamur di seluruh dunia.

A&W Restaurant menyajikan menu makanan cepat saji khas kentang goreng, hot dog, dan hamburger. Sebagian besar outlet-nya adalah restoran drive-in yang memiliki carhops.

Pada Desember 2011, sebuah restoran yang sebelumnya dimiliki oleh merek Yum! dijual kepada konsorsium waralaba A&W Restaurant, melalui A Great American Brand, LLC.

A&W Restaurant yang terletak di Kanada adalah bagian dari rantai yang tidak terafiliasi dan terpisah sejak 1972.

Bicara tentang bisnis, apakah Anda salah satu pebisnis yang sedang mengembangkan usahanya?

Ingat ya! Anda harus selalu memperhatikan setiap detail dalam perjalanan bisnis Anda, termasuk masalah finansial.

Finansial menjadi salah satu hal yang paling krusial dalam bisnis. Itulah mengapa pengelolaan keuangan dalam bisnis sangatlah penting.

Terkadang, masih banyak pebisnis yang masih kebingungan akan bagaimana cara melakukan pengelolaan keuangan bisnis dengan baik.

Apakah Anda juga merasakan hal yang sama? Jika iya, maka segeralah untuk mencari jawabannya!

Anda bisa menggunakan ebook Finansialku satu ini untuk mendapatkan jawabannya:

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

Anda bisa memperoleh ilmunya secara GRATIS tanpa dipungut biaya apapun.

Jika Anda ingin lebih praktis dalam mempraktikkannya, gunakan saja aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini memiliki sejumlah fitur yang akan memudahkan penggunanya dalam mengelola keuangan, termasuk dalam hal pengelolaan keuangan bisnis

Jika belum memilikinya, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Tunggu apalagi? Yuk segera miliki dan praktikkan sekarang juga!

 

Roy W. Allen – Salah Satu Pendiri A&W Restaurant

Roy W. Allen (30 September 1882 – 26 Maret 1968) adalah seorang pengusaha Amerika yang terkenal sebagai pendiri dan senama untuk A&W Root Beer dan A&W Restaurants.

Roy W. Allen lahir di Illinois pada tahun 1882. Dari Illinois, ia pindah ke California, bekerja sebagai pengusaha perhotelan.

Kisah Sukses Allen & Wright, Pendiri A&W Fastfood Restaurant 03 - Finansialku

[Baca Juga: Quiz: Pajak Penghasilan Perusahaan dan Badan yang WAJIB Dibayarkan]

 

Selama menjadi seorang pengusaha perhotelan, Roy W. Allen menjumpai seorang ahli kimia dan juga apoteker ketika melakukan bisnis di Arizona.

Ahli kimia tersebut memberi tahu Roy W. Allen bahwa dia telah menyempurnakan campuran untuk root beer dan inilah bakal dari berdirinya A&W Restaurant kemudian.

Roy W. Allen pensiun pada 1950, menjual bisnis root beer ke pengusaha Nebraska, Gene Hurtz. Ia meninggal pada tahun 1968.

 

Riwayat Berdirinya A&W Restaurant

Pada bulan Juni 1919, Roy W. Allen meluncurkan gerai root beer pertamanya di Lodi, California.

Pada tahun 1923, A&W dimulai ketika Allen dan Wright meluncurkan restoran drive-in A&W di wilayah Sacramento, California.

Mereka menggabungkan inisial nama keluarga mereka dengan nama perusahaan, dan mereka menjual root beer dari kios Roy W. Allen. Layanan pinggir jalan ditawarkan oleh para pegawai laki-laki dan perempuan yang membawa nampan.

Pada tahun 1924, Allen membeli saham Wright dalam bisnis ini. Pada tahun 1925, Allen memulai waralaba root beer, sementara franchisee beroperasi atas kebijakan mereka dan menambahkan item menu lainnya.

A&W Restaurant telah menjadi operasi waralaba makanan yang sukses dan berkembang pertama kali.

Pada 1933, minuman root beer itu begitu sukses sehingga ada lebih dari 170 gerai waralaba yang beroperasi di bagian barat tengah dan bagian barat.

Untuk memastikan kualitas tetap sama untuk minuman tersebut, Allen menjual konsentrat A&W Root Beer® secara eksklusif kepada setiap operator waralaba.

Selama Perang Dunia II, tidak ada restoran baru yang dibuka dan meskipun penjatahan gula dilakukan oleh pemerintah dan terjadi kekurangan karyawan, sebagian besar unit A&W Restaurant tetap beroperasi seperti biasa.

Setelah perang berakhir, jumlah A&W Restaurant meningkat tiga kali lipat ketika pinjaman GI membuka jalan bagi perusahaan swasta untuk berkembang.

Pada tahun 1950, dengan lebih dari 450 A&W Restaurant yang beroperasi secara nasional, sang pendiri, Roy Allen pensiun dan menjual bisnisnya kepada seorang pebisnis asal Nebraska bernama Gene Hurtz, yang membentuk Perusahaan Root Beer A&W.

Kisah Sukses Allen & Wright, Pendiri A&W Fastfood Restaurant 04 - Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Kenali 5 Kriteria Memilih Bisnis Waralaba Murah]

 

Era pasca perang, perekonomian mengalami pemulihan dengan begitu cepat dan popularitas mobil mendominasi sehingga memberikan lingkungan yang tepat bagi perusahaan Gene Hurtz untuk semakin makmur.

Sistem drive-in menjadi semakin populer dan A&W Restaurant mendapat hak istimewa untuk menjadi salah satu dari sedikit rantai restoran drive-in yang didirikan secara nasional.

Pada tahun 1956, A&W Restaurant diluncurkan di Winnipeg, Quebec, Manitoba, dan Montreal, Kanada.

Selama tahun ekspansi A&W Restaurant antara tahun 1950 dan 1960, pewaralaba mulai menandatangani kontrak 20 hingga 25 tahun. Mereka melakukan sistem kontrak ini di bawah model lama.

Pada tahun 1960 jumlah A&W Restaurant telah berkembang dan semakin menjamur menjadi lebih dari 2000 unit.

 

Pada tahun 1963, A&W Restaurant meluncurkan toko pertamanya di Okinawa. Pada tahun-tahun berikutnya, A&W Restaurant memiliki cabang di pasar asing lainnya, termasuk Malaysia dan Filipina.

Pada tahun 1967 A&W Restaurant dijual ke Perusahaan Konglomerat United Fruit Co. Pada tahun 1970, AMK Corporation membeli United Fruit yang kemudian membentuk United Brands Company untuk mempertahankan A&W Restaurant.

Pada tahun 1971, A&W Beverages, Inc. (anak perusahaan minuman) mulai memasok produk-produk botol A&W ke sebagian besar toko bahan makanan. Produk A&W Beverages menjadi barang komoditi yang tersedia secara nasional penyebaran yang cukup cepat.

Pada tahun 1970-an, A&W memiliki lebih banyak toko daripada McDonald secara nasional dengan jumlah total 2.400 unit pada tahun 1974.

Namun sayangnya, pada tahun tersebut, terjadi masalah dalam dunia waralaba.

Jim Brajdic, manajer waralaba Oshkosh, Wisconsin mengatakan:

“Masalah pada waktu itu mencakup gugatan, ketidakkonsistenan, dan ketidakpuasan franchisee dalam praktiknya menyebabkan jatuhnya rantai usaha dan penutupan cabang.”

 

Dalam badai masalah waralaba tersebut, Perusahaan A&W tetap jaya dengan gaya modern dari perjanjian waralaba yang memperkenalkan standar baru dan pembayaran royalti.

Namun, karena tahun kontrak mereka berakhir, banyak pemegang waralaba tidak menyetujui ketentuan yang direvisi.

Pada tahun 1980, A&W mulai menawarkan sistem “Third Pounder” sehingga perusahaan mampu bersaing dengan McDonald’s Quarter Pounder. “Third Pounder” A&W mengalahkan McDonald’s Quarter dalam hal rasa dan biaya.

Namun, sebagian besar orang berasumsi bahwa Quarter Pounder memiliki lebih banyak daging daripada “Third Pounder”.

Pada tahun 1982, restoran A&W dibeli oleh A. Alfred Taubman. Dia menempatkan perusahaan di bawah Taubman Investment Co. Taubman tidak membeli A&W Beverages, dia hanya membeli perusahaan restoran.

Pada pertengahan 80-an, perusahaan mengalami penurunan dan hanya memiliki kurang dari 500 lokasi.

Kisah Sukses Allen & Wright, Pendiri A&W Fastfood Restaurant 06 - Finansialku

[Baca Juga: Menelusuri Peluang Usaha Bisnis Makanan Sehat yang Bisa Menguntungkan]

 

A&W Restaurant kemudian memiliki konsep dan format baru yang diperkenalkan dan dikembangkan.

Sepuluh lokasi yang dimiliki oleh perusahaan, dibuka untuk menguji konsep tersebut, yang merupakan restoran kelas atas dan bertemakan keluarga dengan es krim dan salad bar buatan sendiri yang berukuran besar.

Pada tahun 1986, perusahaan berkantor pusat di Livonia, Michigan dan Mulder menjadi presiden sekaligus CEO. Pada tahun ini, terjadi dorongan yang menyebabkan 60 unit waralaba tambahan.

Pada tahun 1989, A&W memiliki perjanjian dengan Carousel Snack Bars yang berbasis di Minnesota untuk mengubah 200 toko yang sebagian besar kios berada di pusat perbelanjaan menjadi A&W Hot Dogs Restaurant. Sebagian besar Restoran Hot Dog A&W masih beroperasi.

Pada tahun 1995, A&W dijual ke Sidney Feltenstein oleh Taubman. A&W dikombinasikan dengan Long John Silver untuk membentuk Yorkshire Global Restaurants yang berbasis di Lexington, Kentucky.

Pada tahun 2000, Yorkshire Restaurant memutuskan untuk menguji lokasi multi-branding dengan Tricon Global Restaurants.

Pada bulan Maret tahun 2000, uji multi-branding Yorkshire-Tricon terdiri dari enam KFC / Long John Silver, tiga Taco Bell / Long John Silver dan 83 KFC / A&W. Ini adalah kesuksesan besar bagi kedua perusahaan.

 

Sejarah Maskot A&W

Pada tahun 1963, A&W memperkenalkan empat pilihan hamburger: Mama Burger, Papa Burger, Teen Burger dan Baby Burger. Masing-masing burger memiliki bungkus yang menampilkan gambar kartun untuk karakter yang sesuai.

“Rooty” Beruang Root dari Amerika Serikat berasal dari Kanada pada tahun 1974. Maskot itu muncul pertama di Amerika pada tahun 1976.

Sepanjang tahun 1970, 1980, dan 1990, A&W memiliki wajah Rooty, baik dalam restoran, dalam minuman botol, pada iklan cetak dan di televisi.

Kisah Sukses Allen & Wright, Pendiri A&W Fastfood Restaurant 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kepemimpinan Bisnis yang Efektif Terlihat Dalam Film Moneyball (2011)! Ingin Tahu?]

 

Kehadiran maskot beruang itu tiba-tiba menghilang di akhir tahun 90-an, tetapi pada tahun 2011, Rooty kembali berjaya di bawah kepemilikan baru.

Dia telah ditampilkan di situs web A&W dan di berbagai iklan media cetak di berbagai video YouTube dan Vine juga sebagai suara dari akun Twitter resmi mereka.

Pada tahun 2013, Rooty tercatat sebagai maskot pertama yang memiliki profil resmi dalam LinkedIn, tetapi dengan cepat ditutup oleh pihak berwenang karena Rooty dianggap tidak nyata.

 

Produk Baru A&W

Pada tahun 2013, A&W memperkenalkan produk baru pertamanya yaitu versi enam ons dari sajian hidangan penutup campuran soft-service-nya.

Pada musim panas berikutnya, 250 restoran A&W mulai mengolah ayam dengan resep cita rasa rahasia dari dapur sendiri.

Mereka bergerak ke arah item menu berkualitas unik dan memperluas kategori penjualan ayam mereka. Pada tahun 2014, mereka menambahkan Sandwich Toast Breaded Chicken Tender Texas Toast ke dalam menu.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Mereka juga memiliki kampanye menciptakan tagar bermerek terpanjang di dunia. Pada tahun yang sama di bulan Juni, A&W merilis dua rasa baru dari suguhan dessert Polar Swirl-Nutter Butter dan Sour Patch Kids.

Hingga kini, produk makanan waralaba A&W Restaurant masih eksis dan menjadi favorit bagi para keluarga untuk mengisi perut kosong mereka dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat di restoran A&W.

 

Ide bisnis apa yang Anda temukan setelah membaca kisah sukses dari A&W Restaurant? Berikan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. A&W Restaurants. Revolvy.com – https://goo.gl/4QvK7R
  • Admin. The A&W Story. Awharwichport.com – https://goo.gl/rB7xCU
  • Admin. Roy W. Allen. Wikipedia.org. https://goo.gl/5Tx9Qb
  • Admin. 12 Februari 2017. The History Of The A & W Drive In. Viralmemories.com – https://goo.gl/GVCKNz
  • Admin. 11 Februari 2019. A&W Restaurants, Inc. Beef2live.com – https://goo.gl/eXS229 Admin. 1 Juli 2014. A&W Restaurants Celebrates National Root Beer Float Day On August 6th By Honoring America’s Veterans. Prnewswire.com – https://goo.gl/XyD5j5
  • Cecilia Deck, Knight-Ridder Newspapers. 19 November 1989. Fast-Food Pioneer A&W Survives To Map Comeback. Chicagotribune.com – https://goo.gl/vf7vT8
  • Emma Roberts. 21 Juli 2018. Why is A&W Called A&W?. Rewindandcapture.com – https://goo.gl/CRs5iw
  • Janet Patton. 7 Agustus 2017. After Yum, A&W Returned To Its Roots: Real Root Beer, Burgers. Kentucky.com – https://goo.gl/4u5yhH
  • Scott Sloan. 9 Desember 2011. A&W returning headquarters to Lexington. Kentucky.com – https://goo.gl/Xv6XCN

 

Sumber Gambar:

  • Kisah Sukses Allen & Wright, Pendiri A&W Fastfood Restaurant 1 – https://goo.gl/4sme3e
  • Kisah Sukses Allen & Wright, Pendiri A&W Fastfood Restaurant 2 – https://goo.gl/XSukCY
  • Kisah Sukses Allen & Wright, Pendiri A&W Fastfood Restaurant 3 – https://goo.gl/SShcxJ
  • Kisah Sukses Allen & Wright, Pendiri A&W Fastfood Restaurant 4 – https://goo.gl/LCQtiB
  • Kisah Sukses Allen & Wright, Pendiri A&W Fastfood Restaurant 5 – https://goo.gl/aMQv4r
  • Kisah Sukses Allen & Wright, Pendiri A&W Fastfood Restaurant 6 – https://goo.gl/z9s5cR