Chris Gardner tak pernah menyangka bahwa kisah hidupnya akan berubah menjadi film Hollywood yang terkenal, “The Persuit of Happiness”. Simak kisah sukses Chris Gardner melalui pembahasan artikel berikut ini.

Selamat membaca dan semoga terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

                                     

Kerasnya Masa Kecil Sang Calon Miliarder – Chris Gardner

Chris Gardner lahir dari pasangan Bettye Jean Gardner dan Thomas Turner pada 9 Februari 1954, di Milwaukee, Wisconsin.

Chris Gardner memiliki saudara tiri bernama Ophelia, dari pernikahan ibunya sebelumnya, selain dua saudara tirinya, Kimberly dan Sharon, dari suami ketiga sang ibu, Freddie Triplett.

Semasa kecilnya, Chris Gardner bersama dengan saudara tirinya memiliki masa kecil yang keras.

Apalagi dengan contoh perceraian orangtua mereka di mana saat itu Bettye Jean Gardner dituduh melakukan sebuah tindak kejahatan oleh sang suami, Freddie Triplett hingga memperlakukannya dengan kejam.

Dalam kejadian yang tidak menyedihkan itu, justru sang ibu menjadi salah satu inspirasi bagi Chris Gardner dibalik setiap kesuksesannya yang ia tuai saat ini.

Keadaan malang yang dialami sang ibu memberikan motivasi tersendiri bagi Chris Gardner menjadi pribadi yang mandiri dan percaya diri, terlepas dari setiap masalah yang ia dan keluarganya alami.

Ditambah lagi, selama akhir tahun 1960-an, pemikiran dan cara pandang Chris Gardner dipengaruhi oleh tokoh-tokoh politik seperti Eldridge Cleaver, Martin Luther King, dan Malcolm X.

Kisah Sukses Chris Gardner 02 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Cara Hidup Sukses yang Dijalankan oleh 80% Orang Sukses di Dunia. Berapa Banyak yang Sudah Anda Jalankan?]

 

Atur arus kas Anda dengan rapi, teratur dan tidak ribet dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansial Anda semakin baik.

Setelah Anda memiliki semua fakta tersebut, Anda dapat memutuskan bagaimana mulai menumbuhkan uang Anda.

Jika uang Anda ingin dialokasikan untuk membangun keuntungan melalui investasi dengan cara yang tepat, bangun dasar pengetahuan Anda dengan mendengarkan tayangan cara berinvestasi yang benar dalam channel Youtube Finansialku.

Anda juga bisa mendaftar seminar atau meminta nasihat dari penasihat keuangan terpercaya, salah satunya Penasihat Keuangan Finansialku.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Masa Sulit Chris Gardner

Pada awal tahun 1980-an, Chris Gardner, yang saat itu berusia 27 tahun bersama dengan putranya yang masih balita, mereka  kehilangan tempat tinggal di San Francisco selama kurang lebih satu tahun.

Saat itu adalah masa-masa tersulit dalam hidupnya, bahkan ia sendiri tidak dapat mengumpulkan tabungan untuk keperluan tempat tinggal seperti menyewa apartemen sekalipun.

Oleh sebab itu, mau tidak mau ia harus menerima kenyataan bahwa ia dan anaknya yang masih balita harus tidur dimanapun yang mereka dapati.

Selain toilet di stasiun kereta api, mereka juga biasa tidur di taman, di tempat penampungan atau di gereja.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Liku Kehidupan Chris Gardner

Saat menyelesaikan sekolah, Chris Gardner mengikuti saran pamannya, Henry dan bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat. Ia bertugas di ‘Camp Lejeune’ Carolina Utara, untuk masa jabatan selama empat tahun.

Di sinilah ia bertemu dengan Robert Ellis, seorang ahli bedah jantung terkenal, yang menyarankan agar dia bergabung dengan tim peneliti di ‘Pusat Medis Universitas California dan Rumah Sakit Administrasi Veteran’ di San Francisco.

Pada tahun 1974, pria muda itu keluar dari Angkatan Laut, dan mengambil posisi sebagai asisten peneliti klinis di rumah sakit sesuai saran dari Robert Ellis.

Dalam rentang waktu dua tahun, Chris Gardner telah membuktikan bahwa dia siap untuk mengambil posisi yang lebih besar, dan pada tahun 1976 dia menjadi penanggung jawab laboratorium dengan menulis artikel medis bersama Robert Ellis.

Namun sayangnya pekerjaan ini tidak memberikan bayaran yang cukup baik, dan dengan tanggungan keluarga pada saat itu, ia terpaksa harus bekerja sebagai salesman yang menjual peralatan medis.

Kisah Sukses Chris Gardner 03 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Jatuh Bangun Chris Gardner Mengawali Usaha Pialang Saham

Pada suatu kesempatan, Chris Gardner melihat seorang pria berpakaian mewah sedang mengendarai Ferrari. Ia sangat ingin mengetahui karier apa yang orang itu sedang kerjakan.

Ketika Chris Gardner mengetahui bahwa pria itu adalah Bob Bridges, seorang pialang saham, dia terinspirasi untuk melakukan pekerjaan yang sama.

Keberuntungan memang sedang di pihak Chris Gardner kala itu.

Bob Bridges sang pialang saham kebetulan saat itu sedang membuka peluang bagi para salesman muda dan saat itu memberikan kesempatan kepada Chris Gardner.

Bob Bridges pun melatih Chris Gardner dan memperkenalkan dunia pialang saham kepadanya.

Dalam meniti karier di bidang pialang saham, Chris Gardner mencoba peruntungannya di berbagai perusahaan pelatihan pialang saham, seperti ‘Dean Witter Reynolds’, ‘Paine Webber’, ‘Smith Barney’, ‘Merrill Lynch’, dan ‘E.F. Hutton‘.

Saat masuk ke ‘Hutton’, Chris Gardner berniat untuk berhenti bekerja sebagai salesman demi mengejar pelatihan sebagai seorang pialang saham.

Namun sayangnya, pada saat dia akan bergabung, perekrut pelatihan ‘Hutton’ telah berhenti dan Chris Gardner harus kembali ke titik awal sebagai salesman penjual peralatan medis dan kembali mengawali kariernya dari nol.

Segera setelah itu, ia dipekerjakan oleh perusahaan pelatihan pialang saham ‘Dean Witter Reynolds’ sebagai trainee, tanpa gaji hingga ia mendapatkan pekerjaan yang ia inginkan.

Kata-kata Bijak Chris Gardner 07 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Hal yang Dilakukan oleh Setiap Orang Sukses dan Tidak Pernah Diajarkan Kepada Orang Lain]

 

Satu-satunya cara dia bisa mempertahankan hidup adalah dengan mempergunakan secara bijak sejumlah uang yang nilainya sedikit yang telah dia dapatkan dari penjualan peralatan medis.

Sebagai trainee dalam perusahaan pelatihan pialang saham, ia banyak mendapatkan pengalaman berharga dan memupuk dedikasi dalam dirinya sebagai calon pialang saham yang sukses di kemudian hari.

 

Karier Menanjak, Chris Gardner Memulai Binis Pialangnya Sendiri

Kembali, Dewi Fortuna sang pemberi keberuntungan sedang menghampirinya. Pada tahun 1982, Chris Gardner ditarik sebagai karyawan penuh waktu setelah menyelesaikan tes ‘Seri 7’.

Selanjutnya, ‘Bear Stearns & Company’ yang berbasis di San Francisco merekrut Chris Gardner sebagai pialang saham.

Kariernya pun semakin menanjak dan melesat. Pada tahun 1987, pialang saham yang terampil memutuskan untuk memulai usaha bisnisnya sendiri itu telah mendirikan ‘Gardner Rich & Co’, di Chicago, Illinois.

Dalam memulai perusahaan kecilnya itu, Chris Gardner bekerja di apartemen mungilnya di ‘Presidential Towers’, dengan investasi kecil senilai US$10.000.

Bisnis pialang saham yang ia jalankan itu ternyata sukses besar dengan mayoritas saham dipegang oleh Chris Gardner sendiri.

Pada tahun 2006, ia menjual saham ‘Gardner Rich’ dengan harga beberapa juta Dollar, dan kemudian mendirikan perusahaan besar yang ia namakan ‘Christopher Gardner International Holdings’, dengan cabang-cabangnya di San Francisco, New York, dan Chicago.

Demi menciptakan peluang kerja yang signifikan, Chris Gardner berencana untuk memulai bisnis dengan investor Afrika Selatan.

Setelah berbagai pengalaman penderitaan, kehidupan yang penuh dengan kemiskinan dan pelecehan sebagai seorang anak sewaktu ia masih kecil, Chris Gardner mewujudkan impiannya untuk menyediakan rumah dan standar hidup yang layak bagi mereka yang kurang mampu.

Chris Gardner secara finansial juga membantu organisasi seperti ‘Glide Memorial United Methodist Church’ yang menyediakan pendanaan dan tempat tinggal bagi para tunawisma.

Menjadi seorang ayah yang berdedikasi, ia juga adalah anggota Dewan Direksi dari ‘National Fatherhood Initiative’ – sebuah LSM, dan ‘National Education Foundation’.

Kata-kata Bijak Chris Gardner 06 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

Penghargaan Chris Gardner

Chris Gardner telah mendapatkan penghormatan atas kehidupan dan kariernya yang menginspirasi banyak orang.

Berbagai penghargaan telah ia dapatkan sejak tahun 2002, termasuk di antaranya adalah ‘Father of the Year Award’, ’25th Annual Humanitarian Award‘ dan ‘Friends of Africa Award’.

 

Menilik Kehidupan Pribadi Chris Gardner

Chris Gardner menikah dengan seorang ahli matematika, Sherry Dyson, pada tanggal 18 Juni 1977.

Namun, kehidupan pernikahan yang mereka jalani ternyata tidak semulus yang dibayangkan dan diimpikan.

Ketika masih menikah, Chris Gardner berselingkuh dengan seorang gadis muda bernama Jackie, yang hamil dalam beberapa bulan setelah memiliki hubungan.

Mempertanggunjawabkan perbuatannya, Chris Gardner segera pindah dan tinggal bersama Jackie setelah meninggalkan istrinya.

Ia dan Jackie dikaruniai seorang bayi laki-laki yang diberi nama Christopher Jarrett Medina Gardner Jr pada tahun 1981. Dia juga kemudian memiliki seorang putri, Jacintha, yang lahir empat tahun kemudian.

Segera, hubungan Chris Gardner dengan Jackie kandas di tengah jalan dan sang istri menuduhnya telah secara fisik menyiksanya.

Meski Chris Gardner membantah tuduhan itu, ia memang harus menghadapi hukuman penjara, dan berpisah dari putranya, Christopher Jarrett Medina Gardner Jr selama beberapa bulan.

Dalam waktu empat bulan, Jackie – sang ibu membawa kembali hak asuh Christopher Jr. dari tangan Chris Gardner.

Namun, Chris Gardner berusaha keras untuk mengambil kembali hak asuhnya atas putranya, Christopher Jarrett Medina Gardner Jr, meskipun ia harus mengalami berbagai rintangan seperti kemiskinan, kekurangan makanan, hingga keadaan sebagai tunawisma.

Kata-kata Bijak Chris Gardner 05 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Ini Kiat Sukses Cara Memulai Usaha dari 10 Tokoh Bisnis Sukses Dunia]

 

Perjuangan Hidup & Kesuksesan Chris Gardner Diadopsi Dalam Film Layar Lebar

Kehidupan dan perjuangan Chris Gardner diadopsi dalam film layar lebar yang dibintangi oleh Will Smith di tahun 2006 dengan mengangkat judul film The Pursuit of Happiness‘, berdasarkan buku biografi yang ia tulis sendiri tentang perjalanan hidupnya.

Film ini pun menyentuh hati para penonton dan menerima beberapa nominasi di ‘Academy Award’.

Segera setelah meroketnya film “The Persuit of Happiness”, Chris Gardner kembali muncul dalam sebuah film dokumenter berjudul ‘Come on Down: Searching the American Dream’, pembawa acara TV yang ia bintangi bersama, Bob Barker, dan jurnalis, Hunter S. Thompson.

Chris Gardner juga memiliki peran sebagai bintang tamu dalam komedi 2008, ‘The Promotion’, yang dibintangi oleh Seann William Scott dan John C. Reilly.

 

Sudah nonton filmnya? Inspirasi apa yang kamu dapatkan dari kisah hidup Chris Gardner? Berikan tanggapan dan komentarmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Kamu dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalanmu yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Chris Gardner’s Bio. Premierespeakers.com – http://bit.ly/2PbtPwI
  • Admin. Chris Gardner Biography. Thefamouspeople.com – http://bit.ly/2GoCHMD
  • Admin. Gardner, Chris. Encyclopedia.com – http://bit.ly/2UCOf7P
  • Chris Gardner. Chris Gardner. Chrisgardnermedia.com – http://bit.ly/2Iy1OhD

 

Sumber Gambar:

  • Kisah Sukses Chris Gardner 1 – http://bit.ly/2PHBcwp
  • Kisah Sukses Chris Gardner 2 – http://bit.ly/2DCaXCF
  • Kisah Sukses Chris Gardner 3 – http://bit.ly/2WaglUT