Semua orang tentu ingin menjadi sukses, tapi tidak semua orang bisa mewujudkannya kecuali kamu memiliki 6 kualitas hebat orang sukses berikut ini.

Dengan mempelajari kualitas hebat orang sukses, Anda bisa menempatkan diri sebagai salah satunya dan mempelajari strategi bagaimana menggandakan uang Anda.

Mari kita lihat yuk 6 kualitas hebat yang dimaksud.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Komik: Apa Saja Sih Kualitas Hebat Orang Sukses?

Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa sebagian orang bisa sukses dan sebagian sisanya tidak? Mengapa tidak semua orang bisa menjadi sukses?

Orang sukses mampu melihat dunia dan berpikir dengan caranya sendiri. Inilah salah satu pembeda antara mereka dengan jutaan orang lainnya. Mereka juga punya kebiasaan yang membedakan mereka dari orang lain.

Komik_ Mau Sukses_ Miliki Dulu 6 Kualitas Hebat Orang Sukses Ini 02

[Baca Juga: Jembatan Menuju Kebebasan Finansial: Berpindah dari Sisi Kiri ke Sisi Kanan Kuadran]

 

Jadi, meskipun semua orang memulai dari titik nol yang sama, ada sebagian yang berhasil menjadi sukses karena menerapkan kualitas yang terpatri dalam diri mereka. Inilah kualitas hebat yang mereka miliki.

Nah, apa sih 6 kualitas hebat yang dimiliki orang sukses tersebut? Pastinya Anda juga penasaran kan? Yuk simak melalui komik berikut:

 

Berapa banyak kualitas hebat orang sukses yang sudah Anda miliki? Agar bisa menjawabnya, yuk simak pembahasan lebih lanjut mengenai 6 kualitas hebat tersebut:

 

6 Kualitas Hebat Orang Sukses

Apakah terdapat formula untuk membangun kesuksesan? Apa betul semua miliarder mengambil langkah yang sama dalam menempuh kesuksesannya? Bisakah kita mempelajarinya?

Kabar baiknya adalah jawaban dari ketiga pertanyaan tersebut adalah: YA.

Walaupun bidang yang ditempuh setiap orang berbeda, semua orang sukses memiliki pola serupa dalam kemampuannya membangun kesuksesan. Hal ini tercermin dalam 6 kualitas hebat orang sukses berikut ini:

 

#1 Hasrat Melakukan yang Terbaik

Sebelum memasuki penjelasan lebih lanjut mengenai poin pertama, cobalah Anda duduk sejenak dan renungkan apa tujuan yang ingin Anda capai dengan menjadi sukses?

Apakah Anda ingin membiayai kebutuhan keluarga? Ataukah Anda hanya ingin memperoleh kebebasan keuangan?

Cobalah ketahui dengan jelas alasan Anda ingin menjadi kaya dan Anda boleh memiliki lebih dari satu alasan, bahkan tulislah sebanyak-banyaknya.

Setelah Anda menjawab, kini mari lihat hasilnya.

Pada dasarnya manusia tergolong dalam tiga kategori:

  • Manusia yang memiliki kebiasaan melakukan sesuatu di bawah ekspektasinya. Karakteristiknya jelas dimana mereka biasanya menulis 3 atau 4 alasan untuk menjadi kaya. Jika ditanya mengapa, biasanya mereka akan memberikan jawaban seperti “Saya tidak memiliki waktu yang cukup” atau “Tidak terpikir lagi alasan lainnya” Manusia dalam kategori ini biasanya melakukan sesuatu lebih buruk dari seharusnya, sehingga bisa dikatakan mereka menjadi liabilitas atau beban bagi orang lain.
  • Manusia yang terbiasa melakukan sesuatu sesuai ekspektasinya. Kelompok ini termasuk orang-orang yang patuh, dimana jika diminta menulis 5 alasan mereka akan menuliskan lima. Jika diminta sepuluh alasan, mereka menuliskan sepuluh. Mereka hanya melakukan sesuatu sesuai standar dan tidak berharap lebih sehingga bisa dikatakan mereka adalah investasi dengan tingkat pengembalian rendah.
  • Manusia yang memiliki kebiasaan melakukan sesuatu melebihi ekspektasinya. Mereka yang menuliskan sebanyak-banyaknya alasan biasanya merupakan kaum minoritas yang tergolong pembuat nilai. Umumnya merekalah yang akan menjadi sukses dan kaya. Terlepas dari warisan dan pendidikan yang dimiliki, mereka memiliki kebiasaan untuk berbuat lebih baik dari seharusnya. Sehingga bisa dikatakan mereka adalah aset berharga yang sulit tergantikan.

Komik_ Mau Sukses_ Miliki Dulu 6 Kualitas Hebat Orang Sukses Ini03

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi: Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook]

 

Nah, umumnya orang sukses tergolong dalam kategori 3, di mana mereka selalu berupaya atau berhasrat untuk melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya. Mereka selalu terdorong untuk lebih baik daripada orang lain.

Hal ini yang menyebabkan mereka tidak mudah puas dengan hasil dan selalu berupaya lebih.

 

#2 Memiliki Keberanian

Kebiasaan selanjutnya yang umum dimiliki miliarder adalah keberanian menerima kegagalan dan mengubahnya menjadi sebuah kesuksesan. Mereka tidak takut untuk maju dan siap menghadapi semua risiko akan tindakannya.

Mereka sadar di mana kegagalan adalah hal yang umum terjadi, dan mereka tidak menganggap kegagalan tersebut sebagai sebuah akhir. Mereka justru ingin mengubah kegagalan tersebut menjadi kesuksesan.

Mau Sukses dan Menjadi Orang Kaya Awali Dengan Menerapkan Prinsip Dasarnya Terlebih Dahulu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kebebasan Finansial Bukan Berarti Kaya dan Bebas Utang Lho! Tapi…]

 

Kebiasaan inilah yang kerap kali membuat miliarder sukses, dengan melihat kegagalan sebagai sebuah langkah menuju kesuksesan dan bukannya akhir.

Mereka gagal, belajar dari kegagalan, lalu mencari solusinya dan mencoba hal baru demi mencapai tujuannya. Mereka akan terus melakukan riset dan meminta feedback demi membuat strategi yang berhasil sampai mereka berhasil.

Oleh karena itulah, jadikan kegagalan sebagai pengalaman yang berharga, di mana Anda bisa belajar darinya untuk mencoba strategi baru lagi.

Itulah mengapa orang selalu berkata bahwa pengalaman itu mahal. Karena tanpa pengalaman, Anda hanya tahu apa yang sebaiknya dilakukan tanpa tahu apa yang salah dan bagaimana cara memperbaikinya.

 

#3 Berkomitmen Tinggi

Jika Anda diberi pertanyaan, “Apakah Anda MAU menjadi sukses?” Kemungkinan besar semua orang akan menjawab IYA.

Namun jika Anda ditanya kembali, “Apakah Anda sudah BERKOMITMEN 100% untuk menjadi sukses?” maka jawaban sebagian orang bisa berubah.

Maksudnya adalah, terdapat perbedaan antara MAU menjadi sukses dan BERKOMITMEN menjadi sukses.

Jika Anda hanya menginginkannya tanpa berbuat apa-apa, maka Anda tidak akan bisa menjadi sukses.

Inilah yang menjadi alasan mengapa hanya segelintir orang yang berhasil mencapai tujuannya yaitu menjadi sukses, padahal hampir semua orang ingin menjadi sukses.

Komik_ Mau Sukses_ Miliki Dulu 6 Kualitas Hebat Orang Sukses Ini 05

[Baca Juga: Anda Bisa Kaya Hanya Dengan 10 Tips Sukses Jadi Orang Kaya Sebelum Usia 40 Tahun Ala Warren Buffet]

 

Berbagai studi membuktikan bahwa orang yang mencapai kesuksesan tidak hanya menginginkan kekayaan, namun juga memberikan komitmen 200% untuk mencapainya.

Tentunya dengan melakukan apapun demi sebuah tujuan, Anda akan selalu menemukan cara dan tidak akan pernah buntu di tengah jalan.

Jangan jadikan kesuksesan sebagai “andai” namun jadikan sebagai “harus”. Niscaya Anda juga bisa mencapai kesuksesan tersebut.

 

#4 Memiliki Persiapan Matang

Tahukah Anda akan kisah Henry Ford, tokoh revolusi transportasi dan industri di Amerika yang juga merupakan pendiri Ford Motor Company?

Henry Ford yang lahir pada 30 Juli 1863 di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat tidak sukses begitu saja. Awalnya beliau bekerja di sebuah pabrik di kota dengan gaji 2,5 dollar seminggu, namun gaji itu tidak dapat menutupi kebutuhannya.

Sehingga Ford menambah pekerjaan ekstra sebagai pelayan ada sebuah toko permata dengan penghasilan tambahan sebesar 2 dolar.

Melihat hidupnya yang sulit dengan keuangan yang terbatas, Ford mulai membuat rencana untuk menghasilkan uang lebih banyak. Ia sadar tidak dapat terus bekerja seperti ini untuk bisa sukses.

Ford kemudian merencanakan untuk memaksimalkan kecintaannya akan dunia pemesinan dengan cara membuat mesin traktor yang dapat bekerja membajak di ladang, untuk memajukan usaha pertanian ayahnya.

Setelah itu, beliau juga berhasil membuat kereta kuda di Detroit melalui hasil kerja kerasnya di perusahaan lampu Edison.

Dari pengalaman itulah kita bisa belajar bahwa orang sukses bukan sekedar beruntung, namun berani MEMBUAT RENCANA NYATA dengan cara berpikiran luas dan jauh ke depan.

Berhentilah bekerja keras seumur hidup tanpa sempat menikmati kesuksesan. Belum terlambat untuk membuat rencana demi masa depan Anda. Ingatlah bahwa hidup masih panjang.

Satu contoh nyata adalah dengan membuat perencanaan keuangan. Dengan perencanaan keuangan, masa depan Anda akan lebih jelas dan terefleksikan sejak dini.

Orang Sukses Menang a05 Investasi - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang Bahagia? Kalau Mau Keduanya, Ini Caranya]

 

Apabila Anda memang kesulitan membuat rencana keuangan dan masih bingung akan jenis investasi apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan ragu untuk meminta bantuan perencana keuangan, misalnya Finansialku.

Finansialku merupakan aplikasi perencana keuangan yang memberikan fakta dan solusi keuangan bagi Anda.

Dengan bantuan Finansialku, Anda bisa merencanakan keuangan dengan lebih efektif dan tanpa ribet. Jadi tujuan finansial Anda pun akan lebih mungkin tercapai.

 

#5 Haus akan Pengetahuan

Banyak orang bilang, “Ngapain sih terus belajar, toh sudah lulus sekolah dan universitas? Cape deh.”

Padahal tahukah Anda? Tidak ada seorang pun di dunia yang sudah memiliki pengetahuan penuh. Selalu ada pengetahuan baru yang bisa kita pelajari.

Menjadi sukses itu dimulai dari seseorang yang haus akan pengetahuan. Sebagai contohnya pengetahuan keuangan.

Komik_ Mau Sukses_ Miliki Dulu 6 Kualitas Hebat Orang Sukses Ini 04

[Baca Juga: Konsultasi: Apa Saja Tips Praktis Mempersiapkan Dana Pendidikan dan Asuransi Dana Pendidikan]

 

Sebuah survei oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dilakukan pada tahun 2016 silam menyebutkan, keuangan 49 persen masyarakat Indonesia masih didominasi dengan tujuan jangka pendek untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mempertahankan hidup.

Perencana keuangan Prita Ghozie menanggapi hal ini dalam acara talkshow yang diadakan Kompas.com dan BTPN Jenius bertema ‘Cara Pintar Atur Finansial’ di Jakarta (2/2):

“Tak jarang pendapatan mulai menipis menjelang akhir bulan. Kadang juga tabungan terpakai untuk memenuhi kebutuhan tersier.”

 

Mereka menyebutkan ini akibat gagap keuangan, dan berakhir dengan keuangan yang menipis di akhir bulan.

Padahal, mengelola keuangan di zaman serba modern ini tidaklah sulit loh. Dewasa ini sudah banyak tools yang dapat membantumu mengelola keuangan dengan cepat dan mudah, misalnya dengan menggunakan aplikasi Finansialku. Dengan demikian generasi milenial pun bisa bebas keuangan.

Penasaran bagaimana aplikasi Finansialku bisa membantu kamu? Yuk segera download aplikasinya.

Bagi kamu pengguna baru, unduh aplikasi Finansialku sekarang secara GRATIS melalui Google PlayStore atau dengan klik tautan berikut ini:

Kamu pun dapat menambah ilmu pengetahuan mengenai keuangan dengan mengunduh buku-buku elektronik yang tersedia secara gratis di perpustakaan buku Finansialku.

Atau, jika ingin membaca pengetahuan keuangan yang bisa langsung dikerjakan, kamu bisa memesan dan membaca buku Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True karya CEO Finansialku, Melvin Mumpuni ST., MBA., CFP., QWP di bawah ini.

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 01 - Finansialku

Pesan Buku Finansialku

 

#6 Bertanggung Jawab

Kebiasaan terakhir dari mereka yang sukses adalah bertanggung jawab 100% akan hasil yang diperoleh. Dengan kata lain, menerapkan pola pikir “pemenang” dan bukan pola pikir “korban”.

Apa maksudnya?

“Pemenang” cenderung menerima apapun yang terjadi, dan bukannya mencari alasan atau menyalahkan keadaan.

Para Pebisnis UMKM Masih Ribet Membuat Pembukuan Sederhana Lupakan Saja, Ini Solusi untuk Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Sukses dan Menjadi Orang Kaya? Awali Dengan Menerapkan Prinsip Dasarnya Terlebih Dahulu]

 

Saat Anda hanya menyalahkan orang lain atau keadaan, Anda sama saja menyerahkan kendali kepada orang lain.

Dengan demikian, selalu bertanggung jawab akan seluruh hasil yang diperoleh akan memberikan kekuatan lebih. Kekuatan untuk mengubah strategi dan aksi demi mencapai hasil yang lebih baik lagi.

Ditambah lagi, dimana kebanyakan orang cenderung melihat masalah, orang sukses malah melihat peluang sukses di tengah-tengah masalah itu.

Saat orang lain menyatakan kegagalan, mereka malah melihat pelajaran berharga untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar lagi.

Tanpa pola pikir ini, selamanya Anda tidak akan bisa melihat peluang di sekitar Anda. Hanya dengan menerapkan pola pikir inilah Anda bisa fokus dan memiliki keinginan yang tinggi untuk aktif mengimplementasikan ide dan strategi brilian.

 

Meraih Kesuksesan Dimulai dari Mempelajari Kualitasnya

Bagaimanakah hasil checklist Anda? Apakah Anda sudah mengaplikasikan mayoritas kualitas hebat orang sukses di atas? Jika belum, cara hidup sukses diatas bisa Anda gunakan untuk selangkah lebih maju menuju kesuksesan.

Ubah pola pikir Anda dan berikan tindakan yang tepat sehingga Anda juga bisa memperoleh hasil yang sukses seperti layaknya para orang sukses. Selamat mencoba!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai 6 kualitas hebat orang sukses lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Masih banyak orang yang belum mengetahui tentang hal ini dan karena ketidaktahuan mereka mungkin saat ini mereka sedang stress bahkan frustrasi.

Anda bisa menjadi pahlawan bagi mereka dengan membagikan artikel bermanfaat ini.

 

Sumber Referensi:

  • Adam Khoo. 2006. Secrets of Self-Made Millionaires (How You Can Create an Extraordinary Income and Build a Million-Dollar Net Worth… Starting from Scratch)
  • AllBusiness Editors. 10 Ways to Improve Your Financial Literacy. Allbusiness.com – http://bit.ly/2Q2RH89

 

Sumber Gambar:

  • Kualitas Hebat Orang Sukses 01 – http://bit.ly/2K44oMr
  • Kualitas Hebat Orang Sukses 02 – http://bit.ly/2Q3vJCi
  • Kualitas Hebat Orang Sukses 03 – http://bit.ly/2K6ixsg
  • Kualitas Hebat Orang Sukses 04 – http://bit.ly/2NZ2P3t
  • Kualitas Hebat Orang Sukses 05 – http://bit.ly/2Q3uFhI

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang