Apa bisa membuka bisnis mebel online? Bagaimana caranya? Berapa besar peluangnya?

Yuk kupas tuntas peluang bisnis mebel online sebagai usulan Anda di tahun 2018 ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Berkembangnya Bisnis Online, Kini Merambah ke Mebel

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan bisnis online bukan? Dengan adanya teknologi internet yang memungkinkan Anda membuka bisnis secara online, kini sudah ada ribuan toko online dengan beragam produk atau jasa.

Bisnis online merupakan sebuah lahan yang berpotensi memberi keuntungan. Dengan modal kecil, Anda bisa memulai bisnis tanpa mengganggu jadwal kerja Anda.

Bisnis online memberikan tawaran yang menarik dengan risiko rendah dan potensi keuntungan yang tinggi.

8 Metode Online Ini Dapat Membuat Bisnis Waralaba Sukses 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelance, Mau Bebas Keuangan? 20 Usaha Sampingan yang Dapat Anda Jalankan]

 

Sudah banyak sekali produk yang bisa diperjualbelikan secara online, misalnya saja makanan dan minuman, pakaian, kosmetik dan produk kecantikan, alat elektronik, dan masih banyak lagi.

Tetapi pernah gak sih Anda mendengar mebel atau perabot rumah tangga diperjualbelikan secara online?

Dengan kecanggihan teknologi serta berkembangnya variasi jasa pengiriman produk dalam berbagai ukuran, bukan hal yang tidak mungkin jika produk seperti mebel dijual secara online.

Nah, apakah Anda juga berminat menjadi pebisnis mebel online? Yuk simak pembahasan Finansialku berikut ini:

 

NEWS: Fabelio.com, Bisnis Mebel Online yang Naik Daun

Kemarin, saya sempat membaca sebuah berita di Finance.detik.com tentang seorang pebisnis muda yang berhasil masuk Peringkat Forbes Under 30 karena kesuksesan bisnis mebel online-nya.

Saya penasaran dengan cara berbisnis ini, alhasil saya pun membaca lebih lanjut artikel tersebut.

Marshall Utoyo (28 tahun), Krishnan Menon (28 tahun), dan Christian Sutardi (33 tahun) merintis bisnis online yang khusus menjual mebel sejak 2015 silam. Bisnis mebel ini diberi nama Fabelio.

Melihat Ke Depan Peluang Bisnis Mebel Online 01 Fabelio Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

Marshall yang merupakan Co Founder Fabelio menceritakan ide awal mengembangkan bisnis mebel ini kepada Detik.com di showroom Fabelio di Jakarta.

“Kebetulan di Conclave (coworking space) ‘kan furniturnya unik, jadi dari situ Krishnan sama Christian lagi pengin kembangin apa sih bisnisnya kalau mau yang belum ada apa sih, atau kalau yang sudah ada tapi kita bisa do better apa sih. Dari situ lah.”

 

Co Founder Fabelio Christian Sutardi mengungkapkan bahwa e-commerce untuk produk mebel sudah tidak asing lagi, terutama di luar negeri. Oleh karena itulah dirinya melihat peluang karena di Indonesia sudah banyak pengrajin mebel.

Hal inilah yang mendasari Fabelio.com dibentuk pada tahun 2015 silam. Konsep awal dari Fabelio.com dibentuk oleh ketiga anak muda tersebut dan beberapa bulan kemudian mendapatkan permodalan dari eksternal sekitar US$500.000 atau sekitar Rp7 miliar.

Christian mengungkapkan:

“Kita launch bulan Februari, riset dulu, Maret cari investor dapat langsung hiring, Mei design bikin website-nya.”

Namun bisnis ini bukannya tanpa tantangan, karena sejak didirikan, Fabelio sudah mengalami beberapa tantangan dengan ragam yang berbeda, antara lain:

  • Memperkenalkan produk Fabelio kepada masyarakat
  • Penjalinan kemitraan dengan para pengrajin mebel yang sebagian besar ada di Jawa Tengah, khususnya Jepara

 

Mebel yang dijual di Fabelio.com cukup beragam, antara lain kursi, sofa, meja, hingga tempat tidur.

Hingga saat ini, terhitung lebih dari 4.200 jenis produk dijual di Fabelio.com. Harga yang ditawarkan beragam, mulai dari Rp300.000 hingga yang paling mahal mencapai Rp13 juta.

 

Lalu, apa kelebihan Fabelio dibandingkan pesaing?

Marshall mengatakan kemudahan berbelanja menjadi keunggulan Fabelio dibandingkan para pesaingnya. Para pembeli bisa memilih ragam mebel dari telepon pintarnya atau perangkat lain dan memilih model yang disukai.

Kegigihan dalam merintis bisnis mebel online pun berbuah manis. Nama Marshall Utoyo dan Krishnan Menon menjadi dua dari sekian anak muda Indonesia yang dinilai sukses menurut Forbes.

Keduanya masuk ke dalam kategori Retail & e-Commerce ’30 Under 30 Asia’ Forbes 2018 (peringkat 30 anak muda di bawah 30 tahun yang meraih sukses).

Melihat Ke Depan Peluang Bisnis Mebel Online 03 Fabelio Finansialku

Showroom Fabelio di Alam Sutera, Tangerang

 

Marshall mengaku dirinya tidak menyangka akan menerima penghargaan bergengsi tersebut:

“Saya senang banget, beruntung banget dijajarkan sama orang-orang yang jauh lebih hebat daripada kita.”

Saat ini, Fabelio memiliki 9 showroom di Jakarta dan sekitarnya. Di tahun 2018 ini sendiri ditargetkan jumlah showroom akan menjadi 16.

 

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

 

Peluang Bisnis Mebel Online

Melihat kesuksesan Fabelio memang tidak akan ada habisnya. Setelah tiga tahun dirintis, penjualan Fabelio pun menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Pada awalnya, hanya mencapai 1 hingga 3 digit, namun saat ini hingga 10.000 mebel bisa terjual setiap bulannya.

E-Commerce mebel ini juga baru saja mendapatkan suntikan dana sebesar US$6,5 juta (setara dengan Rp92 miliar) oleh investor yang dipimpin oleh Aavishkaar Frontier Fund (AFF).

Dengan demikian, tercatat Fabelio telah mendapatkan tiga kali suntikan dana dari investor sejak didirikan di 2015 silam.

Tips Memilih Broker Forex yang Tepat Bagi Investor Pemula 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Rumah Kontrakan Menguntungkan? Ketahui 4 Tips Saat Memilih Tenan dan Jalin Hubungan Baik Dengannya]

 

Dengan begitu bisa dibilang bisnis ini masih memiliki peluang berkembang yang sangat besar. Mengingat e-commerce memang disambut baik oleh masyarakat Indonesia.

Kemudahan berbelanja mebel tentunya disambut baik oleh masyarakat, mengingat Anda bisa dengan mudah membeli mebel sambil bersantai di rumah. Hanya berbekalkan komputer, laptop, atau smartphone.

 

TIPS: Bisnis Mebel Online

Berbeda dengan jenis produk lainnya yang dipasarkan secara online, ada tips dan trik tertentu dalam memasarkan produk berukuran jumbo ini. Anda tidak bisa mengandalkan sistem pemasaran biasa loh!

Mau tahu gimana tips berbisnis mebel online? Simak penjabarannya di bawah ini:

 

#1 Ketahui Pasar Anda & Produk yang Cocok

Sebelum menentukan produk yang ingin dijual (mebel), lihatlah dahulu pasar Anda. Pasar merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis.

Segmentasi pasar sendiri adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

Sebagai contoh, mari melihat perbandingan berikut:

  • Apabila Anda memilih untuk menjual mebel kayu, pasarnya sangatlah luas. Anda harus memikirkan bagaimana cara agar pasar bisa mengenal mebel kayu Anda dan mengetahui apa bedanya dengan mebel kayu lainnya.
  • Apabila Anda memilih untuk menjual mebel kayu jati dengan model klasik, maka Anda harus menentukan kira-kira siapa orang yang mau dan mampu membelinya untuk menentukan segmen pasar. Dengan kata lain, pasarnya lebih segmented.

 

Setelah menentukan pasar, kini waktunya menentukan produk atau jasa yang ingin Anda jual. Jika sudah menentukan produk yang dijual adalah mebel, maka mebel seperti apa yang akan Anda jual? Apakah mebel klasik dengan ukiran Jepara, atau mebel minimalis?

 

#2 Buka Toko Online

Selanjutnya, Anda perlu menentukan sarana dalam proses jual beli tersebut. Apakah Anda ingin membuka sebuah aplikasi, atau membuka website?

Karena dalam topik kali ini yang dibahas adalah bisnis online, maka Anda bisa mempertimbangkan membuka sebuah website, marketplace, media chat sosial,  atau akun media sosial sebagai sarananya.

Pastikan lagi media ini tepat dan menyasar pada target pembeli produk atau jasa yang Anda jual, misalnya:

  • Jika Anda ingin menarget anak muda, gunakan media sosial yang digemari anak muda seperti Instagram dan Twitter
  • Jika Anda ingin menarget keluarga dan kelompok yang lebih luas, Anda bisa menggunakan BukaLapak atau Facebook

 

Pemerintah-Dorong-UMKM-Jualan-Online,-Berharap-Tingkatkan-Devisa-Negara-2-Finansialku

[Baca Juga: Kenali Peluang Usaha Melakukan Bisnis Online Untuk Wanita Karir]

 

Jika modal yang dimiliki sedikit dan Anda baru saja memulai, disarankan untuk menggunakan sarana yang sudah ada, misalnya:

  • Marketplace: Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan sebagainya
  • Media sosial: Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya
  • Aplikasi social chat: BBM, LINE, WhatsApp, dan sebagainya

 

Jika bisnis semakin berkembang, maka Anda bisa mulai membuat website sendiri. Mengapa? Karena membuat sebuah website membutuhkan biaya. Dengan kata lain, modal Anda akan bertambah.

 

#3 Foto Produk Jelas dan Berkualitas

Mengingat produk cukup besar dengan berbagai dimensi, maka penting untuk memasang foto produk yang jelas sehingga konsumen bisa membayangkan dengan gamblang seperti apa produk mebel tersebut.

Beberapa tips dalam membuat foto produk antara lain adalah sebagai berikut:

  • Foto diharapkan berkualitas (tidak buram saat diperbesar)
  • Menggunakan latar belakang yang kontras sehingga mudah dilihat hingga sedetil-detilnya
  • Diberikan tampak depan, atas, samping, bawah (jika perlu) dengan detail ukuran
  • Berikan detail produk (jika perlu), misalnya lekuk atau ornamen
  • Berikan deskripsi jelas mulai dari nama artikel, jenis bahan yang digunakan, dimensi, jenis lapisan, harga, dan sebagainya

 

#4 Foto Sesuai dengan Aslinya

Jika Anda membuat foto lalu mengeditnya habis-habisan hingga tidak dapat teridentifikasi hanya untuk menarik pelanggan, maka bisa bahaya akibatnya. Mengapa?

Karena bisa jadi pelanggan kecewa saat menerima barang aslinya, mengingat gambar yang tidak sesuai dengan aslinya.

Ide-Bisnis-yang-Cocok-untuk-Single-Parents-Fotografer-2-Finansialku

[Baca Juga: Inilah 5 Cara Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Sampingan Anda]

 

Dalam berbisnis online, kuncinya adalah kejujuran. Jadi, meski Anda ingin menarik pelanggan, janganlah melakukan edit foto berlebihan sehingga jauh beda dengan aslinya.

Jika Anda merasa foto kurang baik, justru sebaiknya perbaikilah teknik fotonya atau upgrade produk terkait agar lebih baik lagi.

 

#5 Pelajari Pemasaran Digital

Setelah tokonya tersedia, kini saatnya mulai berjualan. Namun sayangnya sebagus apapun produk atau jasanya, akan sia-sia jika produknya tidak diketahui orang.

Anda bisa memulai pemasaran digital dengan memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Saat ini, internet sudah sangat banyak membantu, dan aksesnya mudah serta luas. Dengan demikian, media sosial kini menjadi salah satu sarana pemasaran yang efektif.

Selain itu, gunakanlah juga marketplace untuk memperluas jaringan Anda. Dengan memamerkan produk dan jasa di marketplace, produk Anda akan diketahui publik lebih cepat.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Nah, jika keduanya masih kurang efektif, Anda bisa buat blog sederhana dan gratisan, melalui blogger, medium, tumblr atau situs lainnya. Fungsinya sebagai tempat untuk menuliskan testimonial, penjelasan produk dan lain sebagainya.

Terakhir, gunakan teknik pemasaran yang lebih menyeluruh seperti memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization) dalam situs pencarian seperti Google.

Dengan memahami SEO, secara tidak langsung Anda mempermudah pencarian produk Anda di dunia maya.

 

#6 Hati-hati dengan Manajamen Keuangan

Masalah keuangan adalah salah satu penyebab kegagalan usaha bisnis online paling utama. Banyak yang terjerumus dalam kegagalan hanya karena gagal me-manage keuangannya.

Apabila Anda ingin sukses jualan mebel online, mulailah anggap penting manajemen keuangannya. Misalnya dengan memperlakukan bisnis dengan profesional.

Salah satu contohnya dengan memisahkan uang pribadi dan uang bisnis agar tidak pernah tercampur.

Anda bisa membuat sistem keuangan sendiri atau menyewa jasa akuntan sehingga sistem yang dibuat semakin jelas dan terjamin.

Jika belum memiliki modal untuk menyewa jasa akuntan, pelajari dasar-dasarnya lewat ebook bisnis dari Finansialku!

Lewat ebook ini, Anda dapat mempelajari kiat-kiat memisahkan uang pribadi dan uang hasil bisnis. Segera download ebook-nya, GRATIS!

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Selain itu, satu hal yang tak kalah penting adalah menentukan modal awal bisnis, seperti biaya izin usaha, peralatan, branding, riset pasar, penyimpanan, dan sebagainya.

Biaya ini kemudian dilanjutkan dengan biaya operasional seperti biaya perawatan, marketing dan iklan, biaya produksi, bahan baku, upah pegawai, dan sebagainya.

Kemudian pertimbangkan juga ongkos kirim yang tentunya akan mempengaruhi harga jual, mengingat ongkos kirim mebel tentunya cukup mahal karena volume dan beratnya yang cukup besar.

Jangan sampai biaya ini membebani konsumen sehingga enggan membeli mebel secara online.

 

#7 Mencari Komunitas yang Mendukung

Langkah terakhir adalah mencari komunitas positif yang senantiasa mendukung bisnis Anda. Anda bisa menemukan mentor atau sang ahli dalam komunitas tersebut. Dengan demikian, Anda bisa bergaul sambil menimba ilmu.

Keuntungan dari belajar kepada pengalaman orang lain adalah Anda meminimalisasi trial and error, artinya Anda belajar untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan pebisnis lain.

Baru Memulai Bisnis Simak Cara Pengadaan Tenaga Kerja dimulai dari Analisis Jabatannya! 02 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Nekat Mulai Bisnis, Modal Kartu Kredit. Coba Baca Dulu Penjelasannya!]

 

Cara ini sangatlah tepat bagi pebisnis pemula, karena istilahnya Anda bisa meminimalisasi kerugian dan kegagalan serta bagaimana mengatasi masalah.

Hal ini bahkan tidak diajarkan di sekolah atau universitas ternama, loh. Hanya dari seseorang yang pernah menjalaninya, Anda bisa belajar mengenai kesalahan dan solusinya secara langsung.

Namun jangan lupa untuk juga membangun hubungan yang saling menguntungkan. Maksudnya adalah Anda harus membantu orang lain juga, jangan hanya mengharapkan bantuan.

Dengan simbiosis mutualisme, maka Anda bisa bersama-sama maju dan meraih kesuksesan!

 

Miliki Bisnis Mebel Online Sukses Sendiri!

Nah, sudahkah Anda terbayang bagaimana cara menjalankan bisnis mebel online ini? Lalu siapkah Anda memulainya?

Anda tidak perlu ragu lagi dan bisa memulai bisnis mebel online sukses milik Anda sendiri.

Jika Anda berhasil, jangan lupa untuk berikan komentar di kolom komentar dan bagikan artikel ini kepada teman-teman yang juga sedang mempertimbangkan untuk membuka bisnis mebel online.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai peluang bisnis mebel online sebagai usulan bisnis lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Mimma. 1 Desember 2015. 4 Tips Menjual Furniture Secara Online. Jarvis-store.com – https://goo.gl/GyRkKh
  • Ardan Adhi Chandra. 21 Mei 2018. Bisnis Mebel Online, Anak Muda Ini Masuk Daftar Forbes Under 30. Finance.detik.com – https://goo.gl/tbFyNt

 

Sumber Gambar:

  • Tim Fabelio – https://goo.gl/FZjWHM
  • Bisnis Mebel Online 1 – https://goo.gl/nKpWK6
  • Bisnis Mebel Online 2 – https://goo.gl/hFRLhu
  • Bisnis Mebel Online 3 – https://goo.gl/F1wyhk