7+ Hal Yang Dimiliki Jika Ingin Memiliki Hubungan Sehat

Siapa disini yang tidak ingin memiliki hubungan sehat? Bagaimana hubungan sehat yang dimaksud?

Setiap individu sebagai makhluk sosial pasti akan berhubungan satu dengan yang lain. Ini adalah salah satu kebutuhan dari sebuah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian.

Miliki hubungan sehat yang semakin bermakna, bukan sekadar hubungan biasa, namun sebuah hubungan yang semakin bermakna seperti kata Jim Rohn.

Dalam pembahasan rubrik berikut ini, ada 7+ hal yang perlu Anda miliki untuk memiliki hubungan yang sehat. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pentingnya Hubungan Sehat

Jacky (bukan nama sebenarnya) adalah seorang karyawan bagian marketing sebuah perusahaan.

Dengan kemampuannya berbicara dan mengambil hati para pelanggan, ia mampu memasarkan setiap produk dari perusahaannya, bahkan produk yang sebetulnya kurang banyak diminati oleh konsumen. Jacky tetap saja mendapatkan hasil penjualan yang tidak sedikit jumlahnya.

Ia mengenal setiap pemilik toko, dimana ia memasarkan produknya. Ia tidak hanya memiliki hubungan secara profesional namun mampu menjalin pertemanan dengan para customer.

Hubungan yang dijalin oleh Jacky dengan para kliennya memang terjalin atas dasar profesional dan pekerjaan. Tapi ada juga hubungan yang terjalin, tidak sekadar pekerjaan tetapi karena pertemanan yang lebih bermakna.

7+ Hal Yang Dimiliki Jika Ingin Memiliki Hubungan Sehat 02 Rekan Bisnis - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Memiliki Masa Depan Keuangan Cerah? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Saat Kuliah]

 

Jim Rohn, seorang pembicara motivasi dan juga penulis serta pengusaha sukses asal Amerika mengatakan bahwa tidak ada yang lebih bermakna dan membawa sukacita daripada sebuah hubungan yang terjalin dengan indah, damai dan harmonis.

Namun dalam perjalanan sebuah hubungan, tak jarang ada kesalahpahaman yang membawa kepada keretakan atau kerenggangan hubungan.

Keadaan ini bisa mencapai pada pemutusan hubungan, perselisihan secara frontal (terlihat di permukaan) atau bisa saja seperti hubungan “perang dingin”, keadaan dimana hubungan tetap berjalan tanpa ada komunikasi yang baik satu dengan yang lain.

 

Hubungan Sehat Ala Jim Rohn

Lantas, bagaimana caranya menjaga agar sebuah hubungan dapat tetap berlangsung dengan harmonis, saling memberi dampak positif dan tentu saja meminimalkan kesalahpahaman yang dapat menimbulkan hubungan yang tidak sehat?

Jim Rohn menyatakan bahwa setidaknya ada hal-hal yang dapat mendasari sebuah hubungan bisa terjalin dengan sehat.

Berikut ini Jim Rohn memberikan 7+ hal yang perlu dimiliki jika Anda ingin menjaga hubungan sehat dengan orang-orang di sekitar Anda, baik dengan rekan kerja, klien, atasan, bahkan orang-orang yang Anda kasihi seperti keluarga, orangtua, istri anak dan juga orang-orang dalam masyarakat sekitar Anda.

 

#1 Kasih atau Cinta

Dua hubungan yang satu ini tergantung pada definisi cinta yang terbentuk dalam pikiran atau paradigma Anda. Kebanyakan orang berpikir bahwa cinta hanyalah sebuah perasaan yang timbul.

Namun apakah benar demikian? Bagaimana menurut Anda?

Konsep cinta atau kasih memang didasari oleh perasaan yang timbul, namun tidak sebatas hanya perasaan. Cinta atau kasih itu jauh melebihi dari sebuah perasaan belaka.

Ketika Anda mencintai atau mengasihi seseorang, Anda perlu memiliki komitmen kepada orang tersebut untuk selalu memperlakukan orang itu dengan benar dan secara terhormat.

Bagi para kawula muda atau remaja, cinta atau kasih memang selalu dikaitkan dengan hubungan yang lebih dari sekadar pertemanan.

Namun, cinta seperti itu bisa dikatakan sebagai hubungan yang terdefinisi secara lebih khusus.

7 Tips Memilih Asuransi Jiwa Untuk Karyawan, Agar Anda Sekeluarga Tetap Terlindungi (Meski Sudah Resign) 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Mutiara Stephen Covey, Pengarang Buku 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif]

 

Untuk memiliki hubungan yang sehat dengan banyak orang termasuk dengan teman, kolega, rekan kerja dan orang-orang di sekitar masyarakat, kita perlu mendasarinya dengan cinta atau kasih.

Jika Anda merasa tidak menaruh rasa hormat pada seseorang, dapat dipastikan bahwa Anda tidak ada rasa kasih yang Anda masukkan dalam hubungan Anda dengannya.

Sebuah kutipan mengatakan, “Anda dapat memberi tanpa mengasihi tapi Anda tidak dapat mengasihi tanpa memberi.”

 

Nobody can predict the future. You just have to give your all to the relationship you’re in and do your best to take care of your partner, communicate and give them every last drop of love you have. I think one of the most important things in a relationship is caring for your significant other through good times and bad. – Nick Cannon

Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan. Anda hanya harus memberikan semua hubungan Anda dan melakukan yang terbaik untuk merawat pasangan Anda, berkomunikasi dan memberi mereka setiap tetes cinta terakhir yang Anda miliki. Saya pikir salah satu hal terpenting dalam sebuah hubungan adalah merawat orang yang paling penting dalam hidup Anda melalui masa-masa indah dan buruk.

 

#2 Hati yang Mau Melayani

“You can have everything you want in life if you help enough other people get what they want out of life.” – Zig Ziglar

Anda dapat memiliki semua yang Anda inginkan dalam hidup jika Anda cukup membantu orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan dari kehidupan.

 

Konsep yang Zig Ziglar ingin bicarakan adalah memiliki hati dan kehidupan yang terfokus pada melayani orang lain. Hidup yang terbaik adalah hidup dalam pelayanan kepada orang lain. Ini tidak berarti bahwa kita tidak berusaha untuk menjadi yang terbaik bagi diri kita sendiri (egois).

Dasar hubungan sehat yang kedua ini artinya bahwa dalam semua hal yang kita lakukan haruslah melayani orang lain, termasuk keluarga, rekan kerja dan teman kita. Kita harus belajar untuk membantu orang-orang yang pantas mendapatkannya, bukan hanya mereka yang membutuhkannya.

 

#3 Komunikasi yang Jujur

Dalam sebuah hubungan baik dan sehat, Anda akan menemukan suatu komunikasi yang terbuka dan jujur.

Komunikasi sangat penting karena merupakan kendaraan yang memungkinkan kita untuk mengungkapkan secara verbal apa yang ada di dalam diri kita dan memungkinkan Anda berhubungan dengan orang lain.

Melalui komunikasi, Anda dapat membagikan pengalaman Anda yang luar biasa menyenangkan hingga pengalaman paling menyeramkan yang pernah Anda alami kepada orang lain.

Dan ini adalah tujuan terpenting dalam sebuah hubungan yang baik dan tentu saja hubungan yang sehat untuk berkomunikasi, saling menceritakan apa yang sedang kita pikirkan dan apa yang kita rasakan.

Ini memungkinkan kita membuat koneksi.

Bagaimana Cara Entrepreneur Mempersiapkan Sukses Bisnis Keluarga dan Menuju Pensiunnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Alasan Karyawan Milenial Belum Mulai Berinvestasi, Padahal Sudah Tahu Manfaatnya]

 

Dalam komunikasi, ada kalanya kita berbicara dan ada kalanya kita sebagai pendengar.

Salah satu kunci keberhasilan dan kesuksesan adalah dengan memiliki kemampuan komunikasi yang jujur dan baik yang semakin dikembangkan.

 

#4 Keramahan

Sebuah hubungan akan berlangsung semakin lebih baik saat kita bersikap ramah dengan orang lain. Bersikap ramah dapat melindungi “perjalanan bergelombang” dalam sebuah hubungan yang terkadang kita alami.

Dengan sikap yang ramah, sebuah hubungan akan terjalin lebih awet. lebih langgeng.

Tidak ada orang yang ingin disapa dengan muka cemberut, sikap dingin dan pandangan yang tidak bersahabat.

Sebuah fakta menyatakan bahwa semakin Anda bersikap ramah dengan orang lain, semakin Anda akan memiliki orang-orang yang ingin mengejar hubungan yang lebih lama dan saling menguntungkan dengan Anda.

Ingin memiliki hubungan yang sehat? Perlakukan orang dengan keramahan yang Anda miliki (dari dalam hati) dengan baik dan Anda akan melihat hubungan Anda semakin membaik.

 

#5 Kesabaran

Tidak ada batasan dari sebuah kesabaran. Setiap manusia yang semakin dewasa dan ingin menjadi dewasa (secara akhlak) tentu sedang dalam proses pembelajaran untuk semakin lebih sabar.

Tak jarang dalam sebuah hubungan, kekecewaan dapat timbul akibat perkataan atau perilaku orang lain terhadap kita, baik itu ia sadari maupun tidak disadari. Tapi, jangan salah sangka, kita pun bukanlah manusia yang sempurna.

Kita bisa juga membuat orang lain kecewa tanpa kita sadari melalui perilaku yang kita perbuat atau ucapan yang tidak sengaja kita katakan.

Kiat-Sukses-Motivasi-Bisnis-03- bahagia Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Investasi Emas? Ketahui Dulu Cara Perhitungan Pajak Penghasilan Beli Emas]

 

Jim Rohn menyatakan bahwa kesabaran perlu diaplikasikan dalam segala lini kehidupan termasuk persahabatan, pernikahan, hubungan bisnis, dan hubungan lainnya.

Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa pernikahan yang mengalami gejolak besar, dan kemudian berhasil melewatinya, ini berkat kesabaran yang terus dipupuk di dalamnya.

Mereka yang menyerah pada hubungan terlalu dini, atau karena merasa orang lain tidak sempurna bagi dirinya, seringkali lupa bahwa teman hidup mereka adalah pasangan mereka yang juga tidak akan sempurna seperti dirinya!

Kembangkan soft skill ini dan Anda akan menuai hasilnya yang tidak bisa Anda duga.

 

Miliki panduan yang jelas dalam melakukan investasi dengan men-download Ebook Gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku berikut ini:

 

#6 Kesetiaan

Kesetiaan adalah komitmen kepada orang lain. Sayangnya, loyalitas sering menjadi unsur yang hilang dalam banyak hubungan saat ini. Kita sudah lupa apa artinya menjadi setia.

Sayangnya, ini telah menyebar ke dalam hubungan kita.

Sebuah hubungan yang tidak loyal layaknya mengganti deterjen mesin cuci dengan merek lain yang dirasa lebih menguntungkan atau lebih hemat di kantong.

Dalam sebuah hubungan yang sehat membutuhkan kesetiaan.

Terkadang kita hanya perlu berkomitmen untuk bersikap loyal dan membiarkan hubungan bergerak maju.

Ikuti Cara Cerdas Ini Dalam Mengembangkan Bisnis Waralaba 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mudah Investasi Untuk Mahasiswa: Belajar Berinvestasi Dari Sekarang!]

 

Kesetiaan akan membawa hubungan kita ke tingkat yang jauh lebih dalam. Betapa perasaan yang kuat dan aman untuk mengetahui bahwa Anda memiliki hubungan dengan seseorang atau beberapa orang yang setia kepada Anda dan Anda kepada mereka.

Kemanakah Anda akan pergi meminta bantuan ketika Anda membutuhkan? Tentu kepada kawan-kawan Anda yang Anda rasa sebagai sahabat yang memiliki komitmen dan kesetiaan bukan?

Sama seperti Finansialku yang selalu setia untuk menolong keluarga Indonesia dalam menghadapi masalah pengaturan finansial pribadi, keluarga maupun perusahaan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#7 Tujuan Bersama

Salah satu dasar hubungan yang sehat adalah memiliki tujuan bersama, dan seringkali ini adalah komponen yang pada awalnya diabaikan, namun untuk hubungan jangka panjang, komponen ini sangat penting.

Pikirkan berapa banyak teman yang pernah Anda temui atau bekerja sama selama bertahun-tahun saat mengerjakan tujuan bersama.

Mungkin itu adalah seseorang yang Anda temui saat berpartisipasi dalam olahraga, saat bekerja dalam sebuah kampanye politik, menghadiri pertemuan di komunitas religius, di kantor Anda, atau apa pun yang membawa Anda bersama untuk mencapai tujuan bersama.

Calon Pebisnis, Inilah Panduan Cara Mendirikan Firma 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pebisnis Kalau Mau Sukses Harus Punya Program Kerja, Berikut ini Tips Menyusun Program Kerja]

 

Anda memiliki ikatan tujuan bersama yang kuat yang membawa Anda bersama dan menahan Anda bersama-sama dalam sebuah lingkaran yang saling mengikat.

Bekerja sama, membangun bersama, gagal dan berhasil bersama, semua itu terjadi seiring mengejar tujuan bersama.

Orang yang berhasil dalam usaha, tidak terlepas dari kerja sama dengan orang-orang di sekitarnya yang memiliki tujuan bersama.

Temukan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dengan Anda dan melakukan kerja sama yang hebat, dan kemudian menuai keuntungan jangka panjangnya.

Apakah Anda memiliki tujuan untuk berhasil dalam investasi yang Anda lakukan? Miliki komunitas yang memiliki tujuan yang sama dengan Anda bersama Komunitas Finansialku.

Komunitas Finansialku bertujuan membantu Anda meningkatkan literasi keuangan dengan cara yang fun dan practical melalui games, kisah sukses orang terkemuka dunia. Tidak banyak teori, yang penting praktik, praktik dan praktik.

Ayo segera bergabung dengan Komunitas Finansialku!

 

#8 Bersenang-senang

Setiap hubungan yang baik tidak terlepas dari sebuah elemen bersenang-senang.

Ini bukan artinya sebuah pesta pora yang berjalan tidak semestinya dalam sebuah hubungan.

Tidak hanya dalam hubungan pertemanan, persahabatan, keluarga, bahkan dalam hubungan profesional bisnis dengan kolega atau rekan kerja, bersenang-senang harus masuk dalam daftar yang Anda lakukan dalam hubungan tersebut.

Dalam melakukan bisnis harus ada unsur yang membuat Anda senang melakukannya bersama dengan orang-orang yang bekerja sama yang saling menguntungkan dengan Anda dan berlangsung jangka panjang.

23 Ilmu Yang Perlu Anda Pahami Agar Bisnis Sukses 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ada 9 Aktivitas Keluarga yang Seru dengan Biaya Hemat untuk Keluarga Anda]

 

Kesenangan dapat membawa kenyamanan dalam sebuah hubungan, dan ini adalah hal yang penting.

Terkadang, unsur bersenang-senang bisa terlupakan atau terabaikan dalam sebuah hubungan keluarga dan juga dengan pasangan yang mungkin sudah cukup berusia.

Pada masa bulan madu tentu akan sangat menyenangkan, namun kesenangan cenderung terabaikan saat usia pernikahan telah bertambah seiring dengan berbagai ombak dalam perjalanan pernikahan yang diarungi bersama.  

Sadari selalu bahwa kesenangan sangat dibutuhkan dalam sebuah hubungan dan bangunlah kesenangan dalam setiap situasi sehingga Anda dapat membuat berbagai kenangan yang tak terlupakan bersama dengan orang-orang yang Anda kasihi.

Dengan demikian, hidup kita akan semakin bahagia.

 

Fokus Mengembangkan Hubungan Sehat

Itulah hal-hal mendasar yang perlu disadari dan dimiliki untuk membawa sebuah hubungan dinamis yang semakin harmonis dalam hidup kita.

Fokuskan diri kita untuk mengembangkan hubungan kita dalam setiap area di atas dan lihatlah berbagai keajaiban yang akan Anda alami kemudian.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Jkrampe. 12 Februari 2018. 8 Traits of Healthy Relationships. Jimrohn.com – https://goo.gl/1uvUTd

 

Sumber Gambar:

  • Hubungan Sehat dalam Bisnis 01 – https://goo.gl/PyhLU1
  • Hubungan Sehat dalam Bisnis 02 – https://goo.gl/kG3zAx

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
7+ Hal Yang Dimiliki Jika Ingin Memiliki Hubungan Sehat
Article Name
7+ Hal Yang Dimiliki Jika Ingin Memiliki Hubungan Sehat
Description
Siapa disini yang tidak ingin memiliki hubungan sehat? Bagaimana hubungan sehat yang dimaksud? Setiap individu sebagai makhluk sosial
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By | 2018-03-06T11:35:40+00:00 March 6th, 2018|Categories: Bisnis, Karir, Kepemimpinan|Tags: , , , , |0 Comments
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment