Bekerja pada bidang yang sesuai dengan passion merupakan impian bagi semua orang. Bagaimana cara sukses mencari lowongan kerja di job fair?

Mencari pekerjaan dapat menjadi proses yang dapat membuat Anda stres dan tertekan.

Mari simak artikel berikut ini yang akan membahas mengenai cara sukses mencari lowongan kerja di job fair.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Job Fair Sebagai Ajang Pencarian Kerja

Siapa yang tidak tahu ajang pencarian kerja yang satu ini? Job fair  menjadi sebuah tempat untuk mempertemukan  perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan baru dengan para pencari kerja prospektif.

Job fair biasanya diadakan di salah satu tempat yang sudah disediakan oleh pihak penyelenggara baik pihak pemerintah, swasta lembaga dan yang lainnya.

Cara ini cukup efektif dan efisien untuk membantu kedua belah pihak yang saling membutuhkan.

Job fair menjadi salah satu kesempatan emas bagi pencari kerja, karena Anda tidak perlu membuang waktu untuk mendatangi perusahaan satu persatu di tengah sibuknya kota.

Akan ada banyak perusahaan yang turut berpartisipasi di dalam job fair dan tentunya membuka lowongan untuk para pencari kerja yang hadir disana.

Cara Sukses Mencari Lowongan Kerja 02 Job Fair 2 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Melamar Kerja Terbaik Yaitu Mengetahui Hard Skill dan Soft Skill yang Dibutuhkan]

 

Sejauh ini, job fair selalu saja dibanjiri oleh kurang lebih 2.000 pencari kerja dan setidaknya ada lebih dari 50 perusahaan yang ikut berpartisipasi dan menawarkan berbagai posisi.

Biasanya informasi diadakannya job fair disebarkan melalui media sosial lengkap dengan daftar perusahaan yang akan ikut berpartisipasi.

Selain dari media sosial biasanya pihak penyelenggara juga akan menyebarkan brosur ataupun banner di berbagai tempat dengan tujuan memastikan semua pencari kerja mendapat informasi akan diadakannya job fair.

Oleh karena itu sebagai pencari kerja, jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan  yang sesuai harapan  Anda juga harus aktif dalam mencari informasi dan juga berusaha dengan maksimal.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

7+  Cara Sukses Mencari Kerja di Job Fair

Tentunya bukan hal baru lagi bagi telinga saat mendengar jumlah partisipan job fair yang sangat membludak. Hal ini berarti pesaing karir Anda juga akan membludak.

Jika lawan Anda memiliki kualifikasi yang lebih diinginkan oleh perusahaan maka tak menutup kemungkinan Anda akan gugur.

Oleh karena itu, Anda harus memiliki cara sendiri yang dapat meyakinkan pihak perusahaan untuk memilih Anda dibandingkan pesaing Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips-tips agar Anda dapat sukses mendapatkan pekerjaan di job fair yang patut untuk dicoba untuk mengalahkan pesaing Anda di ajang emas ini.

Cara Sukses Mencari Lowongan Kerja 03 Job Fair 3 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Cara Cerdas Karyawan Memulai Bisnis Tanpa Mengabaikan Pekerjaan Utama]

 

#1 Buat List Perusahaan dan Pelajari

Biasanya sebelum job fair diselenggarakan banyak brosur atau media sosial yang sudah membocorkan perusahaan apa saja yang akan berpartisipasi.

Catatlah perusahaan-perusahaan tersebut dan telitilah satu demi satu, kemudian Anda dapat membuat urutan mengenai perusahaan mana yang paling Anda minati sampai yang Anda kurang minati.

Jangan lupa untuk mempelajari tentang perusahaan tersebut untuk menambah wawasan Anda.

Selain itu catat pula posisi apa yang Anda inginkan. Banyak orang yang ingin bekerja sesuai dengan bidang studi yang di ambil.

Namun apa salahnya jika menantang diri sendiri untuk bekerja di bidang lain dan keluar dari comfort zone Anda? Bahkan hal ini bisa menambah wawasan dan juga pengalaman Anda.

 

#2 Buat Resume Semenarik Mungkin

Pastikan Anda membuat resume atau portofolio semenarik mungkin. Semakin menarik resume maka perusahaan juga akan semakin tertarik untuk membacanya.

Zaman sekarang Anda bisa dengan mudah mencari contoh di internet dan bahkan sudah ada banyak aplikasi yang dapat membantu Anda untuk membuat resume yang menarik dan unik.

Anda juga bisa bertanya kepada keluarga atau teman Anda yang sudah lebih berpengalaman.

 Hal penting lainnya yaitu pastikan resume Anda selalu yang ter-update!

Cara Sukses Mencari Lowongan Kerja 04 Job Fair 4 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Dengan Tepat 10 Hal Sepele Ini Sebelum Wawancara Kerja, Niscaya Berhasil!]

 

#3 Pastikan Semua Dokumen Lengkap

Dokumen adalah hal paling penting dalam menghadiri job fair. Jangan sampai Anda gagal hanya karena alasan dokumen yang tidak lengkap.

Periksa kembali dokumen-dokumen yang akan dibawa sehari sebelum datang ke job fair. Pastikan semua lengkap, rapi dan bersih.

Dokumen tersebut diantaranya adalah curriculum vitae, surat lamaran, ijazah terakhir, transkrip nilai, KTP, pas foto, piagam penghargaan, sertifikat dan dokumen pendukung lainnya.

 

Berkas-berkas tersebut dirapikan dan diklip lalu dimasukkan kedalam amplop coklat agar tetap rapi, bersih dan tidak berantakan.

Cara ini sangat memudahkan Anda ketika ingin mengajukan lamaran di stand-stand perusahaan dengan cepat serta efisien supaya bisa menghemat waktu dan dapat mendatangi stand-stand berikutnya.

Selain itu jangan lupa untuk mempersiapkan beberapa salinan dokumen agar Anda bisa sekaligus memberikan lamaran Anda pada beberapa stand perusahaan yang berbeda.

Cara Sukses Mencari Lowongan Kerja 05 Job Fair 5 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Sih Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Kerja?]

 

#4 Pastikan Pakaian Anda Rapi dan Sopan

Anda paham makna first impression kan? Nah, penampilan adalah salah satu penunjang first impression ini.

Pastikan pakaian dan penampilan Anda rapi dan bersih. Karena tidak ada perusahaan yang akan menerima karyawan dengan penampilan lusuh dan jorok, bahkan bila perlu lakukanlah beberapa perawatan ringan sebelum hari H.

Gunakan pakaian yang formal namun tidak berlebihan. Bagi laki-laki gunakanlah kemeja, celana bahan dan sepatu pantofel dan bagi perempuan gunakanlah kemeja/blouse, rok dan sepatu formal yang tertutup.

Jangan lupa juga untuk memastikan rambut atau hijab Anda sudah rapi.

Cara Sukses Mencari Lowongan Kerja 06 Job Fair 6 - Finansialku

[Baca Juga: Model Baju Kerja yang Cocok saat Interview Kerja]

 

#5 Jaga Stamina dan Kesehatan Tubuh

Job fair akan dipenuhi dengan orang yang sibuk kesana kemari untuk memberikan lamaran.

Bisa saja Anda akan bertabrakan dengan orang-orang yang lalu lalang, belum lagi Anda harus melalui antrean yang panjang.

Gerah, pusing dan lelah akan menjadi penghalang Anda ketika mencari kerja di job fair, oleh karena itu menjaga stamina adalah hal yang wajib agar Anda dapat mencari kerja dengan maksimal.

 

#6 Survei Lokasi Sebelum Hari H

Ada baiknya untuk melakukan survei lokasi dahulu sebelum hari job fair tersebut akan dilaksanakan. Pada hari H keadaan jalan pasti akan macet dan penuh, sehingga hal ini akan membuang waktu Anda sia-sia.

Hafalkan jalan menuju lokasi dan carilah toilet serta mushola terdekat untuk jaga-jaga sehingga Anda tidak kebingungan saat ingin buang air dan sholat.

Jika ternyata lokasi job fair yang diadakan cukup jauh dari tempat tinggal, maka Anda bisa mencari penginapan terdekat sembari jalan-jalan di daerah sekitar dan melepaskan penat.

 

#7 Buat Beberapa Pertanyaan Untuk Pihak Perusahaan

Anda harus menjadi pelamar yang aktif dan menonjol sehingga perusahaan akan optimis untuk merekrut Anda. Pelajari dulu perusahaan yang ada dan lakukan penelitian kecil untuk mengajukan pertanyaan pada pihak perusahaan.

Dengan mengajukan pertanyaaan, maka pihak perusahaan dapat menilai bahwa Anda bersungguh-sungguh melamar di perusahaan tersebut.

Cara Sukses Mencari Lowongan Kerja 07 Job Fair 7 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Berhasil? Inilah Kiat Memilih Lowongan Kerja dengan Tepat]

 

#8 Latihan Berbicara di Depan Cermin Itu Perlu

Nervous dapat menjadi sebuah penghambat besar saat wawancara. Latihlah cara berkomunikasi dan gesture bicara Anda di depan cermin untuk meminimalisasi rasa minder.

Latihan yang cukup akan mengurangi perasaan ragu-ragu dan juga kesalahan saat berbicara. Dimana hal ini juga akan meyakinkan perusahaan untuk merekrut Anda. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan perkenalan diri yang baik.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Perluas Jaringan Dengan Banyak Berkenalan

Selain mendapat pekerjaan, dengan menghadiri job fair Anda juga bisa mendapatkan kenalan dan koneksi yang baru. 

Manfaatkanlah waktu Anda saat berada di job fair dengan banyak berkomunikasi dengan pencari kerja lainnya.

Siapa tahu rezeki Anda berasal dari koneksi baru tersebut. Bahkan tidak menutup kemungkinan koneksi baru tersebut dapat memberikan informasi mengenai pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda.

 

Tuliskan pertanyaan dan pendapat Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda yang sedang mencari pekerjaan juga, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Amaniyah. Tips mencari Kerja di Job fairDuniakaryawan.com – https://goo.gl/ww26mu

 

Sumber Gambar:

  • Job fair 1 – https://goo.gl/zTG1F3
  • Job fair 2 – https://goo.gl/gujMnD