Lakukan Dengan Tepat 10 Hal Sepele Ini Sebelum Wawancara Kerja, Niscaya Berhasil!

Daripada fokus menunggu panggilan bekerja, sebaiknya manfaatkan waktu untuk pelajari beberapa tips sederhana sebelum wawancara kerja yang bisa menambah kepercayaan dirimu ketika diwawancara.

Simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Inilah 10 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Wawancara Kerja

Perasaan gugup, gelisah, dan menegangkan seringkali dialami para job seeker sebelum wawancara kerja. Karenanya sebagian besar dari mereka memilih untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin termasuk pada hal-hal detail yang bisa mendukung kelancaran wawancara.

Selama kurang lebih 15 menit biasanya kamu akan diberikan waktu untuk bisa memanfaatkan detik demi detiknya, memberikan jawaban terbaik dari apa yang ditanyakan, bersikap wajar, dan menciptakan first impression yang baik.

Sayangnya semua itu tidak selalu berjalan mulus, karena masih banyak diantara kita yang belum berhasil mengendalikan rasa gugupnya di hadapan interviewer. Sama seperti kita melewatkan kesempatan berharga di hidup kita…

Lakukan Dengan Tepat 10 Hal Sepele Ini Sebelum Wawancara Kerja, Niscaya Berhasil! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Fresh Graduate, Mari Mengenal Wawancara Kerja dan Tips Agar Bisa Diterima Kerja]

 

Salah seorang konsultan marketing juga sebagai career author, mengungkapkan:

Those 15 minutes are your opportunity to get yourself into the right frame of mind, and set your energy and focus on who you’ll be meeting with, what you want them to remember about you, and what you want to ask them.”

 

Agar kamu tidak menyianyiakan kesempatan itu, sebelum wawancara kerja sebaiknya pelajari 10 hal sederhana ini di 15 menit sebelum wawancara kerja dengan harapan bisa mengantarkan keberhasilanmu selama proses wawancara kerja berlangsung, check it out!

 

#1 Tetap Tenang

Seperti dilansir dari Time.com (Selasa, 30/10/2018), sebaiknya hindari stres, karena tubuh pun akan merespon dan melepaskan hormon stres seperti kortison dan epinefrin yang bisa menghambat kamu untuk berpikir jernih.

Pastikan kamu tetap tenang, dan fokus berpikir positif.  

Attridge mengatakan:

“In addition, you are better able to think how you can best present your accomplishments in alignment with what is important to the interviewer — and being calm also demonstrates your ability to deal with stressful situations.”

 

#2 Datang Lebih Awal ke Tempat Wawancara

Beberapa diantara calon pekerja sering kali gagal pada proses wawancara karena tidak mempersiapkan diri dengan baik, salah satunya terlambat datang ke tempat wawancara.

Minimal 10 menit sebelumnya kamu harus sudah standby di area tempat wawancara, kamu bisa melihat dan menikmati lingkungannya terlebih dahulu supaya lebih rileks dan siap untuk diwawancara.

Dengan datang lebih awal secara tidak langsung menunjukan kesiapan kamu dalam bekerja dan kedisiplinan waktu yang sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Tips Interview 03 Interview 3 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Melamar Kerja? Hindari Beberapa Penyebab Kegagalan Wawancara Ini]

 

#3 Bersikap Ramah

Memasuki lingkungan baru artinya kamu harus belajar beradaptasi, istilah don’t judge by its cover harus kamu terapkan, salah satunya bersikap ramah kepada siapapun yang ada di lingkungan tersebut tanpa memandang jabatannya.

Tak sedikit yang beranggapan bahwa hanya interviewer lah yang perlu dihormati, selebihnya tidak perlu. Padahal itu kesalahan besar.

Friedman mengatakan:

“It’s very likely that he or she will be reporting back to the hiring manager about how you behaved.”

 

#4 Fokuskan Pada Satu atau Dua Hal yang Ingin Kamu Ingat

Apa yang membuat kamu berbeda dari pelamar lain, dan apa yang kamu tahu tentang kriteria perusahaan yang selama ini dicarinya? Manajemen proyek, kecerdasan komunikasi, atau keterampilan lain yang membedakan kamu dengan pelamar lainnya?

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Yup, jadilah berbeda karena kamu ‘istimewa’. Munculkan sisi positif yang sangat kamu kuasai, baik soft kill ataupun hard skill agar membuat interviewer terkesan. Kenali diri kamu sebaik mungkin, dan lakukan yang terbaik.

Shane mengungkapkan:

“Keying in on a few things that will impact your memorability and likeability is a smart way to approach the interview.”

 

#5 Stop Berlatih

Mendekati waktu wawancara kerja, bukan momen yang tepat untuk kamu berlatih menjawab pertanyaan, mempersiapkan tanggapan terbaik, atau membuat jawaban-jawaban secara tertulis. Hal ini hanya akan membuat kamu stres, dan tidak fokus pada saat wawancara nanti.

Ciptakan suasana wawancara kerja yang mengalir apa adanya, kamu bisa dengan enjoy untuk menjawab pertanyaan dengan persiapan matang yang sudah dilakukan jauh sebelum wawancara kerja bukan dilakukan saat detik-detik jelang wawancara.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#6 Mengatur Napas

Treatment ini bisa membantu kamu untuk lebih tenang dan sedikit banyak menghilangkan rasa tegang dan grogi sebelum wawancara kerja agar nantinya tidak mengganggu proses wawancara.

Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, tahan dua detik, lalu keluarkan lewat mulut. Lakukan 4-5 kali supaya lebih rileks.

Saat di dalam ruang wawancara, lakukan sekali lagi sebelum kamu jawab pertanyaan pertama.

Parnell mengatakan:

“Counting your breath is one of the most immediate and impactful techniques for calming your nerves. Simply focus on your breaths, counting each until you reach 10, and repeat.”

 

#7 Perhatikan Postur dan Gesture

Posisi duduk, kontak mata, hingga pemilihan kata per kata yang kamu gunakan dalam proses wawancara adalah hal penting yang harus diperhatikan.

Pakai Kata-kata Sakti Ini Selama Anda Melakukan Interview Kerja 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Dilakukan! 10+ Kebiasaan Pelamar Kerja Yang Tidak Disenangi Oleh HRD]

 

Business Insider’s, Erin Brodwin menulis tentang bagaimana menjaga postur duduk yang baik:

Pertama, duduk di ujung kursi (jangan menyandarkan badan). Biarkan tubuh masuk ke posisi membungkuk. Sekarang, cobalah untuk duduk tegak, dengan menonjolkan lekukan punggung sebanyak mungkin. Tahan posisi ini selama beberapa detik.

Selanjutnya, lepaskan posisinya sedikit. Pastikan kaki rata di lantai dan bahu juga rileks.

 

#8 Jangan Membuka Email, Media Sosial, atau Portal Berita

Jelang wawancara kerja bukan waktu yang tepat untuk kamu menggali informasi, baik politik, ekonomi, sosial dan lainnya. Karena hal ini bisa mempengaruhi konsentrasi dan kepercayaan diri sebelum wawancara kerja.

Shane mengatakan:

“You may hear or read something that will get you all worked up, Then, you’ll be distracted and harried rather than calm and confident.”

 

Ada hal lain yang bisa kamu lakukan selain browsing informasi yang sebenarnya tidak memiliki keterkaitan dengan proses wawancara. Buat dirimu tenang, perbanyak berdoa agar segala sesuatunya berjalan lancar sesuai harapan.

 

#9 Lihat Kembali Catatan Singkat dalam Waktu Singkat

Memang bukan waktu yang tepat untuk berlatih atau melakukan penelitian tambahan tentang apapun. Tapi jika kamu sebelumnya telah membuat catatan untuk diri sendiri, inilah saat yang tepat untuk kembali melihatnya. Tapi hanya sebentar saja ya….

Friedman mengungkapkan:

“This is not the time to be using your phone to look up the company’s recent achievements or earnings report. Giving big numbers of projects a glance at the last second is a good way to misinterpret key information.”

 

#10 Berpikir Positif dan Jangan Lupa Senyum

Meski terdengar klise, tetapi memikirkan hal-hal positif dan menyenangkan bisa membantu kamu untuk merasa lebih baik di tengah situasi gugup yang mungkin dirasakan.

A smile can do wonders on how people perceive you.

 

9-Cara-Mengatasi-Gugup-Saat-Interview-Kerja-1-Finansialku

[Baca Juga: Waspada! Jangan Lakukan Hal ini Ketika Wawancara Kerja!]

 

Manfaatkan Kesempatan Terbaikmu

Tidak semua job seeker berkesempatan mencapai proses wawancara dalam upaya mendapatkan pekerjaan. Wawancara biasanya dijadikan tahap akhir sebelum kamu mendapatkan final decision apakah kamu diterima atau tidak bekerja di perusahaan tersebut.

Manfaatkan kesempatan terbaikmu yang mungkin tidak dirasakan oleh banyak orang. Persiapkan diri secara matang dan pelajari 10 tips sederhana yang bisa membantu kamu mencapai kelancaran proses wawancara.

 

Menurut kamu, apa saja persiapan lainnya yang harus dilakukan sebelum wawancara kerja?

Share pengalaman yang kamu tahu, agar orang-orang pun mendapatkan informasi tambahan untuk menghindari kegagalan wawancara, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rachel Premack. 12 Oktober 2018. 11 Simple Things to Do Right Before a Job Interview So You’ll Be in Top FormTimes.com – https://goo.gl/hx7Ji1

 

Sumber Gambar:

  • Sebelum Wawancara Kerja 01 – https://goo.gl/EkNBdH
  • Sebelum Wawancara Kerja 02 – https://goo.gl/3nGN8f
Summary
Lakukan Dengan Tepat 10 Hal Sepele Ini Sebelum Wawancara Kerja, Niscaya Berhasil!
Article Name
Lakukan Dengan Tepat 10 Hal Sepele Ini Sebelum Wawancara Kerja, Niscaya Berhasil!
Description
Daripada fokus menunggu panggilan bekerja, sebaiknya manfaatkan waktu untuk pelajari beberapa tips sederhana sebelum wawancara kerja.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
Ismyuli Tri Retno Kusuma Wardani, S.I.Kom,
Ismyuli Tri Retno Kusuma Wardani, S.I.Kom, seorang praktisi humas di salah satu perguruan tinggi di Kota Bandung. Memiliki background pendidikan S1 Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Humas di Universitas Komputer Indonesia, dengan pengalaman menjadi bagian dari Media Mahasiswa Indonesia dan tertarik mengembangkan kemampuan di bidang penulisan.

Leave A Comment