Memberikan contoh adalah cara terbaik untuk mengajarkan anak tentang keuangan, termasuk mengajarkan dalam hal apapun.

Kelak Si Kecil tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang mandiri dan pintar dalam mengatur keuangannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

10 Tips Praktis Mendidik Anak Tentang Keuangan

Moms, dalam setiap tahap perkembangan anak, orangtua berkesempatan untuk melatih dan menerapkan strategi tentang uang, agar kelak mereka menjadi pribadi mandiri dan mampu membuat serta memenuhi tanggung jawabnya.

Sedini mungkin, Si Kecil mulai diajak berkenalan dengan hal-hal yang berkaitan dengan dunia keuangan karena melalui pengajaran yang tepat, anak juga akan lebih menghargai uang sehingga tidak memboroskannya.

Adanya dorongan dan rasa keingintahuan anak yang cukup tinggi, para orangtua bisa memanfaatkannya sebagai pintu masuk untuk memberikan edukasi keuangan kepada anaknya. Meski terbilang susah-susah gampang, bukan berarti orangtua menutup mata untuk tidak memberikan pemahaman tentang keuangan kepada anaknya.

Mengajarkan Anak Tentang Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengajarkan Anak tentang Keuangan Berdasarkan Kelompok Usia]

 

Nah, perlu diketahui lho Moms, ternyata ada 10 tips praktis yang bisa memudahkan orangtua untuk mendidik Si Kecil tentang keuangan seperti dilansir dari Motherandbaby.com.

Yuk, simak artikel berikut ini.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

#1 Mengajak Berbelanja

Moms, ajaklah anak untuk mengunjungi pusat perbelanjaan baik tradisional ataupun modern dan cobalah membeli barang dengan jumlah uang yang sama.

Misalnya ketika berbelanja di pasar tradisional, Moms membeli satu kilogram bawang putih dengan harga Rp10.000 dan dengan harga yang sama juga bisa mendapatkan satu botol kecap manis.

Hal ini bertujuan agar anak memahami tentang perbedaan harga, bahwa dengan jumlah uang yang sama besarnya belum tentu bisa mendapatkan barang dengan jumlah yang sama.

 

#2 Mengunjungi Bank

Sebagai instansi yang berkecimpung di dunia keuangan, bank menjadi salah satu pilihan yang bisa dikunjungi untuk mengenalkan edukasi tentang keuangan kepada anak.

Dengan melihat transaksi yang Anda lakukan, tentunya ia akan mempelajari arti uang sebenarnya. Moms pun bisa melibatkan si Kecil dari hal-hal sederhana, seperti memberikan uang kepada teller.

Saat ini, hampir setiap bank menawarkan program rekening khusus untuk anak dan Anda pun bisa mencoba hal itu seiring bertambahnya usia Si Kecil. Hal ini agar membuat ia merasa memiliki tanggung jawab untuk dapat memantau arus pengeluaran dan pemasukan dalam rekeningnya.

 

#3 Jadikan Bill Asisten

Menjelang akhir bulan biasanya berbagai tagihan mulai antre untuk dibayarkan satu per satu, seperti listrik, air, internet, dan sebagainya.

Tidak ada salahnya Anda mengajak Si Kecil ketika melakukan pembayaran, terlebih jika Anda menggunakan kartu kredit maka Anda pun bisa sekaligus memperkenalkan fungsi dari ‘kartu ajaib’ tersebut.

5 Alasan Mengapa Anak Harus Mengenal dan Belajar Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Lebih Baik Bayar Lunas Tagihan Kartu Kredit atau Bayar Minimum?]

 

Saat membayar tagihan tunjukkan rincian tagihan dan ingatkan kembali bahwa Anda tengah melakukan berbagai transaksi. Jelaskan padanya bahwa Anda hendak membayar hal-hal yang telah digunakan atau dibelanjakan tersebut.

Selain pengetahuan tentang arus keuangan, kegiatan seperti ini dapat membuat Si Kecil turut berperan menghemat pengeluaran. Terutama setelah memahami besar biaya yang diperlukan untuk membayarnya.

 

#4 Berburu Kupon

Voucher atau kupon seringkali menjadi incaran banyak orang terutama para Ibu. Sebaiknya jika Anda menerima kupon, biarkan Si Kecil menyimpannya dan beritahu jumlah uang yang bisa dihemat dengan menggunakan kupon tersebut agar nantinya bisa digunakan saat diperlukan.

Secara tidak langsung, Anda juga telah mengajarkan bahwa ada berbagai cara yang bisa dilakukan dalam menghemat uang dan tentunya hal tersebut memberikan keuntungan.

 

#5 Mengikuti Kelas

Moms, saat ini semakin banyak konsultan yang memberikan kelas keuangan untuk anak dengan cara menyenangkan.

Bahkan ada yang menyederhanakan konsep keuangan melalui permainan sederhana dimana Si Kecil dihadapkan langsung dengan berbagai pilihan dan kemungkinan, seperti membeli rumah dan memilih profesi.

 

#6 Manfaatkan Teknologi

Era digital seperti saat ini sudah banyak aplikasi di smartphone yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan seperti pencacatan pemasukan dan pengeluaran. Contohnya Aplikasi Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Ketika anak dinilai terlalu dini untuk menggenggam smartphone sendiri, Anda bisa lakukan pencatatan keuangan tersebut di smartphone Anda dan biarkan Si Kecil untuk memerhatikannya dan sesekali Anda bisa sembari menjelaskan fungsi dari pencatatan keuangan tersebut.

Bingung Menyiapkan Dana Pendidikan untuk Anak Anda Simak Cara Rahasia Berikut Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: #LangsungCatat, Cara Mengatur Keuangan yang Mudah dan Praktis: Aplikasi Keuangan untuk Mencatat Pengeluaran]

 

#7 Bermain Game

Dengan cara yang menyenangkan, biasanya Si Kecil akan lebih mudah tertarik pada suatu hal. Selain melalui aplikasi pencatatan keuangan, Anda bisa mencoba untuk memberikan pemahaman tentang uang melalui permainan online yang mengajarkan konsep keuangan.

 

#8 Menetapkan Tujuan

Apakah Si Kecil memimpikan untuk membeli sebuah barang atau pergi ke suatu tempat? Mulailah belajar mengumpulkan dana atau menabung bersama dalam sebuah wadah atau sering kita sebut celengan.

Biarkan anak belajar bahwa uang di celengan sebaiknya dikumpulkan dengan tujuan dan jangka waktu tertentu.

Untuk anak-anak yang masih sangat kecil, mungkin akan sulit memahami konsep waktu dan tujuan, jadi cobalah untuk mengajarkan dengan singkat dan spesifik.

Si Kecil bisa ikut berkontribusi dengan memasukkan sisa uang jajannya. Melalui cara ini, anak akan merasa bahwa menabung adalah kegiatan yang menyenangkan.

 

#9 Berdonasi

Dalam buku The Opposite of Spoiled: Raising Kids Who Are Grounded, Generous, and Smart about Money, Ron Lieber (Pakar Keuangan Pribadi) berkata:

“Sebanyak 64 persen anak tak tahu cara orangtuanya menggunakan uang, apalagi menyumbangkan uang ke pihak-pihak yang butuh bantuan. Jadi, bila Anda memang tipe yang memiliki alokasi dana untuk disumbangkan atau diamalkan, coba untuk ajak terlibat.”

 

Memahami bahwa beberapa orang memiliki lebih banyak uang dibandingkan yang lain adalah salah satu tujuan dari melek keuangan. Melalui kelebihan tersebut, seseorang mampu membantu mereka yang kekurangan.

Wujud sosial inilah yang penting ditanamkan kepada Si Kecil dan para Ibu bisa membantu untuk memfasilitasinya, seperti berbagi makanan di panti asuhan saat ulang tahunnya atau membelikan makanan untuk hewan di penampungan.

5 Alasan Mengapa Anak Harus Mengenal dan Belajar Keuangan 05 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Punya Anak Usia 10 Tahun? Berikut 12 Cara Mendidik Anak tentang Uang yang Dapat Anda Praktikkan]

 

Dengan melibatkan anak dalam memilih lembaga amal yang ditunjuk akan membantu anak merasa perlu mengawasi dan memahami pentingnya transparansi keuangan.

 

#10 Menghasilkan Uang Sendiri

Moms, tidak ada salahnya mengajarkan kepada anak untuk bisa menghasilkan uang sendiri misalnya dengan berjualan kecil-kecilan. Bukan tujuan mengeksploitasi atau menjadikan Si Kecil sebagai pekerja, tetapi agar ia memiliki gambaran mengenai konsep bisnis dan penghasilan.

Melalui bazaar yang sering diadakan di sekolah, bisa melibatkan anak-anak agar membawa sesuatu untuk dijual, tentu saja didampingi oleh guru. Agar lebih menyenangkan, ajak Si Kecil berdiskusi mengenai barang atau makanan yang akan dijualnya dan bantu ia menyiapkan dagangannya.

 

Mudah Saat Mengajarkan Anak Tentang Keuangan

Gimana Moms? Menyenangkan bukan mengajarkan Si Kecil tentang dunia keuangan?

Yuk, mulai coba satu per satu tips tersebut agar Si Kecil bisa menjadi mandiri dan pintar mengelola keuangannya.  

 

Berikan komentar Moms setelah membaca artikel ini, apakah ada cara yang sering Moms lakukan untuk mengajarkan anak tentang keuangan?

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 9 April 2018. 10 Cara Seru Ajarkan Konsep Keuangan pada Anak. MotherandBaby.com – https://goo.gl/HchsMe

 

Sumber Gambar:

  • Mengajarkan Anak Tentang Keuangan 01 – https://goo.gl/NfuFh3
  • Mengajarkan Anak Tentang Keuangan 02 – https://goo.gl/aD6xsC