Mengajukan KTA Online, Apa Saja Syaratnya dan Bagaimana Caranya

Apa saja syarat KTA Online dan bagaimana caranya? Kini terdapat banyak sekali alternatif solusi pinjaman bagi nasabah yang membutuhkan. Namun jika Anda berpikir bahwa pinjaman dari bank merepotkan dan sulit, kini ada solusi mudah dalam meminjam uang, yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA) online. Mari kita lihat beberapa hal terkait jika Anda ingin mengajukan KTA Online, apa saja syaratnya dan bagaimana caranya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pengembangan Kredit Tanpa Agunan (KTA): KTA Online

Untuk memenuhi tingginya permintaan, kini produk kredit atau pinjaman semakin bervariasi. Sebuah produk pinjaman dari bank berupa fasilitas kredit seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi semakin digemari dan pihak bank mengembangkannya demi kemudahan nasabah. Kini Anda dapat mengajukan KTA di beberapa bank secara online sehingga tidak perlu repot-repot lagi bolak balik ke bank.

Lalu apakah sebenarnya KTA online dan apa saja syarat pengajuannya? Kemudian bagaimanakah prosedur pengajuannya? Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan bagi Anda yang tertarik mengajukan KTA online, apa saja syaratnya dan bagaimana caranya?

Mengajukan KTA Online, Apa Saja Syaratnya dan Bagaimana Caranya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha]

 

Syarat-syarat Umum Pengajuan KTA Online

Kredit Tanpa Agunan online merupakan sebuah produk pinjaman dari pihak bank yang tidak mewajibkan debitor menjaminkan sebuah asetnya dan kini dimudahkan prosesnya dengan pengajuan secara online. KTA biasanya digunakan untuk nasabah yang sedang membutuhkan sejumlah dana cepat dan walaupun tanpa jaminan, bukan berarti tidak ada syarat yang harus dipenuhi.

Syarat KTA online sebenarnya sama dengan KTA pada dasarnya, dimana letak perbedaannya hanya pada sarana pengajuannya. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut merupakan syarat-syarat umum pengajuan KTA online:

 

Syarat Pribadi

Berikut ini, setidaknya ada 4 syarat pribadi dalam mengajukan KTA Online, yaitu sebagai berikut:

 

#1 Adanya Syarat Minimum Pendapatan

Syarat awal yang biasanya diajukan pihak bank sebelum melanjutkan pengecekan dan appraisal lebih lanjut untuk melihat kemampuan finansial Anda. Taksiran pinjaman yang akan Anda peroleh adalah berdasarkan kemampuan Anda dalam membayarnya, dimana tingkat kemampuan tersebut diukur oleh bank berdasarkan riwayat kredit Anda dan rekam jejak pendapatan dan pengeluaran Anda.

Mengapa dibutuhkan pengecekan kemampuan ini? Karena pihak bank perlu mengetahui kemampuan bayar Anda sehingga mengantisipasi kredit macet dimana KTA yang tidak meminta agunan atau jaminan dapat berisiko tinggi bagi pihak bank.

Studi Kasus Produk KTA KTA BCA, KTA Mandiri, KTA DBS, KTA Mega dan KTA ANZ 01 - Finansialku

[Baca Juga: Studi Kasus Produk KTA: KTA BCA, KTA Mandiri, KTA DBS, KTA Mega dan KTA ANZ]

 

#2 Syarat Usia Minimum dan Maksimum

Pihak bank juga mengukur kemampuan Anda untuk melunasi angsuran dengan mempertimbangkan usia pada saat awal Anda mengajukan KTA dan masa akhir tenor. Pihak bank mengantisipasi kredit macet dengan mempertimbangkan usia yang pantas untuk bekerja dan memperoleh pendapatan yang cukup untuk membayar angsuran.

 

#3 Status Kewarganegaraan dan Domisili

Syarat yang mungkin berbeda-beda pada setiap bank dimana ada bank yang memperbolehkan WNI (Warga Negara Indonesia) dan WNA (Warga Negara Asing) untuk mengajukan KTA, namun ada juga bank yang hanya memperbolehkan WNI saja.

Untuk pemohon KTA dengan kewarganegaraan asing, umumnya diminta persyaratan lain seperti melampirkan fotokopi paspor atau KITAS dan dokumen lain yang dibutuhkan oleh pihak bank. Umumnya domisili juga menjadi salah satu syarat identitas yakni wajib berdomisili di Indonesia, namun tidak semua bank lagi-lagi menetapkan syarat tersebut dalam pengajuan KTA-nya.

 

#4 Memiliki Kartu Kredit Bank Terkait atau Bank Lainnya

Ada beberapa bank yang menjadikan kepemilikan kartu kredit sebagai syaratnya. Mengapa demikian? Kartu kredit merupakan salah satu alat untuk mengukur kemampuan kredit seorang peminjam. Penggunaan kartu kredit menjabarkan secara jelas bagaimana riwayat kredit Anda dan perilaku atau pola Anda dalam melunasi utang.

Jika Punya Uang Lebih Mempercepat Pelunasan KPR atau Melakukan Investasi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Punya Uang Lebih: Mempercepat Pelunasan KPR atau Melakukan Investasi?]

 

Disini bank dapat mengambil keputusan jelas apakah Anda dapat mengatasi utang dengan baik atau tidak. Selain itu ada juga bank yang memberi keuntungan bagi pemilik kartu kredit pada bank yang bersangkutan atau jika payroll gaji dilakukan di bank tersebut untuk memudahkan pembayaran cicilan atau masa tenor yang lebih lama.

 

Syarat Dokumen

NoDokumen/Jenis PekerjaanKaryawanWirausahaProfesional
1Fotokopi KTP/KITAS
2Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT)x
3Fotokopi Kartu Kredit
4Fotokopi Rekening Tabungan (3 bulan terakhir)xx
5Fotokopi Surat Izin Profesixx
6NPWP
7Fotokopi Akta Pendirian/SIUP/TDPxx

 

Syarat yang terlampir di atas merupakan syarat umum yang biasa digunakan pada bank, namun mungkin terdapat perbedaan sehingga untuk lebih lengkapnya Anda dapat menanyakan kepada bank terkait.

 

Apakah Mengajukan KTA Membutuhkan Kartu Kredit?

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, terkadang beberapa bank menjadikan kepemilikan kartu kredit sebagai syarat pengajuan KTA. Bukan hanya kepemilikan saja, namun beberapa syarat terkait kartu kredit yang mungkin muncul dalam pengajuan KTA adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki kartu kredit bank terkait atau bank lain
  2. Adanya batas limit minimal kartu kredit yang Anda miliki
  3. Jangka waktu minimal kepemilikan kartu kredit

 

Lalu muncullah pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh nasabah, “Jadi, jika saya tidak memiliki kartu kredit, maka saya tidak bisa mengajukan KTA?” Tentunya ketidakadilan dirasa sangat besar pada kasus ini, sehingga banyak juga bank yang menghapuskan salah satu syarat pengajuan KTA ini.

Adapun beberapa bank yang tidak mengharuskan pemohon KTA dalam memiliki kartu kredit adalah sebagai berikut:

 

#1 Bank Amar (Tunaiku)

Bank Amar menawarkan jasa kredit tanpa jaminan tanpa syarat kepemilikan kartu kredit. Sesuai dengan slogannya yaitu: Butuh pinjaman tunai? Tanpa agunan. Tanpa kartu kredit.

Syarat umum yang ditetapkan bank Amar hanyalah KTP dan Anda bisa mencairkan dana jika lolos verifikasi dan appraisal. Bank Amar juga menyediakan kemudahan pengajuan KTA via online sehingga Anda bisa mengajukan KTA sambil bersantai di ruang tamu tanpa harus lelah mengemudi ke bank di tengah kemacetan dan cuaca yang tidak mendukung.

FiturKeterangan
Suku bungaFlat 3% per bulan
Masa tenor6 hingga 12 bulan
Plafon pinjamanRp2 juta hingga Rp10 juta

 

#2 CTBC (Dana Cinta)

China Trust Bank (CTBC) menawarkan kredit tanpa jaminan untuk seluruh kebutuhan mulai dari modal usaha, biaya pernikahan, biaya pendidikan, hingga modal liburan. KTA bernama Dana Cinta ini dapat diakses oleh karyawan, wirausaha, dan profesional tanpa kepemilikan kartu kredit asalkan terdapat riwayat kredit yang dapat dijadikan acuan untuk mengukur kemampuan finansial Anda.

FiturKeterangan
Suku bunga1,29% hingga 2,49% per bulan
Masa tenorHingga 60 bulan
Plafon pinjamanHingga Rp200 juta

 

#3 Citibank (Citibank Ready Credit)

Layanan kredit tanpa jaminan yang bentuknya seperti kartu debit dan dapat dicairkan namun menganut sistem kartu kredit dimana setiap Anda mencairkan dana, maka Anda otomatis memiliki utang yang akan dikenakan bunga. Namun Citibank menawarkan fasilitas pengajuan online dengan penawaran bunga lebih ringan.

FiturKeterangan
Suku bunga39,5% per tahun
Masa tenorHingga 36 bulan
Plafon pinjaman

 

#4 Bank Lainnya

Beberapa bank lain yang menawarkan jasa kredit tanpa jaminan tanpa syarat kepemilikan kartu kredit adalah BCA, HSBC, CIMB Niaga. Selain itu, ada juga bank yang menyediakan jasa KTA jika payroll gaji dilakukan di bank terkait seperti Bank Permata. Anda dapat menghubungi bank yang Anda gunakan saat ini untuk menanyakan lebih lanjut mengenai ada atau tidaknya syarat kepemilikan kartu kredit ini.

Simulasi Kredit Sebelum Cari Pinjaman Uang, Hitung Dulu Berapa Angsurannya - 2 Finansialku

[Baca Juga: Simulasi Kredit: Sebelum Cari Pinjaman Uang, Hitung Dulu Berapa Angsurannya]

 

Memang kartu kredit kerap kali dijadikan syarat karena sangat membantu bank dalam mengecek dan menghitung riwayat kredit serta kemampuan finansial Anda. Namun jangan cemas dulu jika Anda tidak memiliki kartu kredit, banyak juga bank yang tidak mengharuskan kartu kredit menjadi syarat pengajuan KTA-nya seperti beberapa bank yang telah disebutkan di atas.

 

Prosedur Pengajuan KTA Online

Prosedur pengajuan KTA secara umum yang disarankan agar pengajuan Anda diterima adalah:

  1. Memenuhi syarat identitas. Syarat identitas merupakan syarat pribadi seperti batas minimal dan maksimal usia, kewarganegaraan dan domisili, dan sebagainya.
  2. Menyediakan dokumen lengkap dan asli. Syarat dokumen seperti telah dicantumkan di atas perlu disediakan dan diverifikasi keasliannya oleh pihak bank.
  3. Menyediakan catatan kartu kredit. Bank akan mengecek pola pembayaran kartu kredit dan mengecek riwayat kredit Anda.
  4. Memiliki status profesi
    1. Karyawan: karyawan tetap minimal masa kerja 1 tahun dengan penghasilan minimal Rp5 juta
    2. Wiraswasta: kepemilikan usaha paling tidak selama 2 tahun
    3. Profesional: tempat praktik dengan akta sah secara hukum
  5. Memenuhi syarat debt ratio. Debt ratio merupakan perbandingan antara pendapatan per bulan dengan cicilan kredit yang sedang berjalan. Debt ratio yang ditentukan oleh pihak bank biasanya tidak melebihi 30%, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kredit macet. Mengapa semakin besar debt ratio maka semakin buruk? Karena apabila rasio lebih condong ke utang, maka dapat dipastikan Anda akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  6. Memvalidasi nomor telepon. Nomor telepon yang Anda berikan kepada bank wajib aktif dan dapat dihubungi dengan mudah.
  7. Memenuhi proses verifikasi. Pihak bank akan selalu memverifikasi seluruh data yang Anda berikan untuk mengecek keasliannya. Pastikan semua data yang Anda berikan benar adanya karena kebohongan hanya akan mempersulit proses pengajuan KTA Anda.

 

Fakta Membuktikan Belanja Impulsif dan Hedonisme adalah - Finansialku

[Baca Juga: Fakta Membuktikan: Belanja Impulsif dan Hedonisme adalah Tanda Seseorang Tidak Tahu Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga]

 

Lalu bagaimana dengan prosedur online? Umumnya prosedurnya hampir sama, hanya saja Anda dapat melakukannya dengan mudah hanya dengan menggunakan internet dan komputer tanpa perlu repot mengantri di bank. Masuklah ke situs bank terkait dan akan diberikan langkah-langkah detail terkait pengajuan. Pihak bank juga akan memberitahukan apabila diperlukan tatap muka untuk menandatangani perjanjian karena ada beberapa pengajuan online yang masih memerlukan tatap muka walaupun hanya sebentar.

 

Ketahui Syarat dan Prosedurnya, KTA Online semudah KTA Pada Umumnya

Bagi Anda yang masih pemula dalam pengajuan KTA, sebenarnya KTA dapat sangat membantu Anda dengan kebutuhan dana cepat jika Anda mengetahui syaratnya dan prosedurnya dengan baik. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sebelum Anda mengajukan KTA agar Anda tidak dirugikan di kemudian hari. Gunakan pengajuan secara online jika Anda malas bolak balik ke bank. Jangan cemas, pengajuan KTA online tidak sulit dan semudah KTA biasa.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai KTA online, apa saja syaratnya dan bagaimana caranya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Cermati. Bandingkan dan Ajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) Terbaik!. Cermati.com – https://goo.gl/qhS6Ri
  • Jonathan. 21 Mei 2016. PINJAMAN: Bagaimana Proses Persetujuan Limit KTA oleh Bank. Koinworks.com – https://goo.gl/6aZ8No
  • Hardian. 4 Mei 2017. Kredit Tanpa Agunan: Mau Ambil KTA tapi Gak Punya Kartu Kredit, Bisa Gak Ya? Duitpintar.com – https://goo.gl/fzadF3

 

Sumber Gambar:

  • Transaksi Bank – https://goo.gl/AJ19m6
  • Hitung Uang – https://goo.gl/cqefqD

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-07-01T23:10:12+00:00 June 29th, 2017|Categories: Kredit Tanpa Agunan, Utang|Tags: , , , |6 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

6 Comments

  1. slamet 1 October 2017 at 00:54 - Reply

    Saya pernah mengajukan KTA ke beberapa bank comercial baik secara langsung maupun on line, tapi saya tidak mendapatkan respon seperti yang di jelaskan di banyak penjelasan yang telah tertulis di setiap penawaran produck KTA di berbagai bank tersebut, Adapun faktor yang menjadi penyebab adalah karena saya tidak memiliki kartu kredit, jadi saya anggap produck KTA hanya untuk pemilik kartu kredit. jadi hanya menjadi mimpi saja untuk kami yang tidak memiliki kartu kredit untuk mendapatkan KTA.

    • Finansialku
      Finansialku 7 October 2017 at 01:48 - Reply

      Hi Pak Slamet
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Bapak bisa menggunakan jasa perusahaan startup fintech.
      Bisa jadi Bapak permasalahannya bukan di kartu kredit Pak.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  2. aal 6 November 2017 at 13:55 - Reply

    Mt siang
    Sya anjurkan utk smua bank jgn berdalih bisa dan gampang..bkti dn nytanya nol BESAAAAR…brpa x sya mngjukann ..minta cc lah ini..itu..reebeet semua jga.
    Mp ya ribeeet mksudnya.””.sya mebyerukan ksmua orang ….jgnnnnnn ribet ssah..bikin cc aja ssah..mp sya karyaaaawaaann guruu..trmkasih..

    • Finansialku
      Finansialku 7 November 2017 at 10:09 - Reply

      Hi Pak Aal
      Terima kasih atas sharringnya, sangat bermanfaat.
      Semoga sharing Bapak, dapat menginspirasi pembaca lainnya.

  3. Yulia juhari 8 November 2017 at 01:28 - Reply

    Sy ibu rumah tangga yg hanya mengadalkn gaji suami yg bekerja di kapal asing sebagal mentenen.bisa kah sy mengajukan kta .karena suami 80% di kapal..thx

    • Finansialku
      Finansialku 8 November 2017 at 09:15 - Reply

      Hi Bu Yulia
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Seharusnya bisa saja Bu, yang penting syarat ketentuannya terpenuhi.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download