Pernahkah Anda membayangkan bagaimana kehidupan Anda di usia 30an? Bagaimana cara mengatur keuangan di usia 30an? Jika Anda adalah salah seorang yang sangat memperhatikan keuangan Anda mulai dari usia 20an, mungkin Anda sudah akan membayangkan kehidupan yang menyenangkan di usia 30, tetapi jika Anda masih kesulitan dengan keuangan Anda di usia 20an, maka usia 30 adalah saat dimana Anda mengatur keuangan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Mengatur Keuangan

Seperti yang sudah Anda ketahui, uang adalah suatu hal yang tidak pernah akan bisa lepas dari kehidupan setiap manusia. Oleh karena itu, mengatur keuangan menjadi salah satu hal yang cukup penting bagi setiap dari kita. Mengatur keuangan seharusnya dimulai sejak kita menerima penghasilan pertama. Bahkan bisa dikatakan, kita sudah dapat belajar untuk mengatur keuangan kita sejak dari kita sekolah.

Jika Anda terbiasa untuk mengatur keuangan Anda, maka hal tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan yang baik untuk Anda bawa terus. Tetapi jika Anda belum terbiasa untuk mengatur keuangan, maka hal tersebut akan terus menyulitkan Anda bahkan sampai pada saat usia 30an.

8 Hal yang Harusnya Anda Lakukan untuk Mengatur Keuangan di Usia 30an 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan dari Kaum Milenial dalam Cara Mengatur Keuangan]

 

Padahal usia 30an adalah usia yang cukup penting. Kenapa? Karena usia 30an mendekati setengah dari rata-rata usia harapan hidup manusia dan biasanya kebanyakan dari kita sudah cukup settle, baik dengan pekerjaan kita maupun tujuan hidup kita.

Oleh karena itu, dapat mengatur keuangan dengan baik merupakan hal yang sangat penting pada usia 30an, karena hal tersebut akan menentukan bagaimana Anda akan menjalani kehidupan Anda di setengah fase berikutnya atau di usia 40an. Berikut ini adalah beberapa hal yang harusnya Anda lakukan di usia 30an untuk mengatur keuangan Anda.

 

8 Hal Yang Seharusnya Anda Lakukan Untuk Mengatur Keuangan Di Usia 30an

Ada 8 hal yang seharusnya Anda lakukan untuk mengatur keuangan di usia 30an. Selamat membaca!

 

#1 Membuat Anggaran dan Catatan Arus Kas

Usia 30an adalah usia yang cukup penting karena banyak hal yang sudah harus Anda persiapkan. Jika Anda sudah berkeluarga, maka Anda harus mempersiapkan dana pendidikan anak Anda, meningkatkan aset Anda, mewujudkan mimpi Anda dan pasangan Anda dan lain sebagainya.

Jika Anda belum berkeluarga, maka usia tersebut, Anda harus memikirkan bagaimana Anda dapat mempersiapkan diri Anda jika Anda ingin berkeluarga nantinya atau memasuki usia 40 tahun nanti. Oleh karena itu, Anda harus membuat anggaran dan pencatatan arus kas dari penghasilan dan pengeluaran Anda, agar Anda dapat mengatur dengan baik keuangan Anda.

Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini Dengan Aplikasi Finansialku]

 

Anggaran dan catatan arus kas merupakan dasar yang sangat fundamental untuk dapat mengatur keuangan Anda, karena dengan adanya anggaran dan pencatatan, Anda dapat mengetahui dengan pasti kemana uang Anda pergi, sehingga Anda dapat memprioritaskan uang Anda untuk hal-hal yang lebih penting.

 

#2 Bebas Dari Utang

Terbebas dari utang adalah sebuah keputusan terbaik yang harus Anda lakukan. Jika Anda masih suka menggunakan kartu kredit Anda, sekarang saatnya untuk membatasi penggunaannya dan melunasi utang-utangnya. Anda pasti tidak ingin masuk ke usia 40 tahun dengan terlilit utang. Oleh karena itu, utamakan bebas dari utang-utang Anda.

 

Utamakan bebas dari utang! Click to Tweet

 

Dengan bebas dari utang, Anda dapat menggunakan dana tersebut untuk hal-hal yang lainnya. Anda dapat mulai membangun aset dan masa depan keuangan yang lebih stabil. Dengan terbebas dari utang, Anda juga dapat menabung lebih banyak untuk dana pensiun Anda. Ketika utang tidak lagi mengikat Anda, Anda dapat bergerak dengan lebih bebas dengan keuangan Anda. Hindari berutang mulai dari sekarang.

 

#3 Menyesuaikan Dana Darurat

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Anda harus mempunyai dana darurat sebesar 6 hingga 12 kali pengeluaran bulanan Anda. Seiring dengan bertambahnya usia dan adanya inflasi, pasti pengeluaran Anda juga bertambah. Anda tidak boleh lupa untuk menyesuaikan jumlah dana darurat Anda.

Para Karyawan Jangan Hanya Andalkan Uang Pesangon PHK, Tetapi Juga Dana Darurat! - Finansialku 01

[Baca Juga: Jangan Hanya Andalkan Uang Pesangon PHK, Tetapi Juga Dana Darurat!]

 

Anda juga harus memperbesar dana darurat Anda apabila Anda sudah menduduki posisi tertentu atau sudah memiliki keluarga, karena dana darurat digunakan selain untuk hal-hal penting yang mendesak, juga untuk pengganti biaya hidup Anda apabila penghasilan Anda berhenti sementara, baik karena risiko kesehatan atau karena di-PHK. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar mempersiapkan dana darurat Anda.

 

#4 Menyesuaikan Perlindungan Asuransi

Ketika penghasilan Anda bertambah, aset dan pengeluaran Anda bertambah, Anda tidak boleh lupa untuk menyesuaikan perlindungan asuransi Anda. Mungkin selama ini Anda tidak pernah me-review-nya kembali. Usia 30an adalah usia yang tepat untuk melakukannya. Anda harus me-review kembali asuransi apa saja yang sudah Anda miliki dan seberapa besar yang seharusnya Anda miliki. Hal ini akan menjaga keamanan keuangan Anda jika terjadi risiko. Anda tentu tidak ingin ketika nantinya risiko datang tanpa terduga, Anda harus menghabiskan seluruh aset yang sudah Anda bangun.

 

#5 Menabung Untuk Dana Hari Tua

Usia 30an adalah usia dimana Anda sudah mulai harus memikirkan persiapan hari tua Anda. Jika Anda sudah mulai menabung untuk dana hari tua sebelumnya, teruskan kebiasaan baik tersebut, bahkan tambah tabungan Anda. Tetapi jika Anda belum pernah menabung atau memikirkannya, Anda harus memulainya sekarang. Karena akan ada masa dimana Anda tidak akan dapat bekerja lagi, bukan karena Anda tidak mau bekerja tetapi karena kondisi Anda yang tidak memungkinkan Anda untuk bekerja lagi.

Bagaimana Cara Menghemat Uang agar Dana Pensiun Dapat Terwujud 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menghemat Uang agar Dana Pensiun Dapat Terwujud?]

 

Anda harus mulai menghitung seberapa besar kebutuhan Anda akan dana hari tua, menghitung berapa besar yang harus Anda tabung dan mulai menabungnya dari sekarang. Pada akhirnya, saat dibutuhkan nanti, dana tersebut sudah akan terkumpul.

 

Menabung Dana Hari Tua = Masa Depan Terjamin Click to Tweet

 

#6 Prioritaskan Berinvestasi

Seperti yang sudah kita ketahui, menabung saja tidaklah cukup. Setiap tahun nilai uang Anda akan berkurang karena inflasi. Oleh karena itu, di usia 30an, Anda harus mulai memprioritaskan berinvestasi. Mulailah mencari informasi tentang investasi yang cocok dengan Anda dari sekarang. Pilihlah instrumen yang sesuai dengan profil risiko Anda, dan mulainya berinvestasi.

Ingat jangan langsung mencari keuntungan besar dari investasi Anda, tetapi dapatkanlah pengalamannya terlebih dahulu, meskipun hasilnya masih belum terlihat. Anda harus memprioritaskan hal ini, karena suatu saat nanti, hasil investasi dapat menjadi penghasilan Anda yang dapat memenuhi kebutuhan hidup Anda.

 

#7 Tuliskan Tujuan Keuangan Anda

Menuliskan tujuan keuangan adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan dalam mengatur keuangan Anda. Dengan menuliskan tujuan keuangan, Anda dapat lebih fokus dan termotivasi untuk memprioritaskan hal yang lebih penting. Dana-dana yang harus Anda siapkan, seperti dana hari tua, dana pendidikan anak, dana membeli rumah, dan lainnya dapat menjadi tujuan keuangan Anda, karena hal tersebut cepat atau lambat akan Anda butuhkan.

Ketahui Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Dalam Mengatur Keuangan Keluarga 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Dalam Mengatur Keuangan Keluarga]

 

#8 Diversifikasi Investasi Anda

Pada tahap ini, Anda sudah mulai fokus untuk membangun aset. Anda sudah mempunyai dana darurat yang cukup, mempunyai perlindungan asuransi yang sesuai, dan Anda sudah mengatur keuangan Anda dengan baik serta memprioritaskan untuk berinvestasi. Untuk menjaga investasi Anda dari risiko-risiko investasi, Anda harus mendiversifikasi investasi Anda.

Mulai bermain tidak hanya di satu instrumen investasi, Anda dapat mulai mencari pengalaman dan informasi akan investasi lainnya. Anda dapat juga membaca beberapa artikel atau berita, seperti yang ada di Finansialku.com atau mengikuti komunitas para investor untuk dapat belajar lebih banyak tentang investasi.

 

Aturlah Keuangan Anda Sebelum Terlambat

Usia 30an adalah usia yang cukup penting bagi kita semua. Kita harus mulai lebih serius dalam memperhatikan masa depan keuangan kita di usia ini. Oleh karena itu, kita harus mengatur keuangan kita dengan baik agar nantinya kita tidak dipersulit dengan masalah keuangan.

 

Atur Keuangan sebelum Masalah Datang! Click to Tweet

 

Ketika kita tidak mengatur keuangan dengan baik maka akan ada masalah-masalah keuangan yang datang dan bahkan tidak mungkin pada akhirnya hidup kita hanya berfokus untuk menyelesaikan masalah keuangan, bukan menciptakan aset dan berdampak bagi keluarga dan lingkungan kita. Aturlah keuangan Anda sebelum terlambat.

 

Terima kasih karena Anda sudah membaca sampai pada bagian ini. Apakah informasi ini dapat membantu Anda untuk dapat lebih mengatur keuangan Anda? Apakah Anda memiliki teman atau rekan kerja atau saudara yang juga membutuhkan pengetahuan tentang bagaimana cara mengatur keuangan mereka? Bagikan artikel ini kepada mereka.

 

Sumber Referensi:

  • Sienna Beard. 29 Februari 2016. 6 Good Financial Habits for 30-Somethings. Cheatsheet.com – https://goo.gl/7qBHzy
  • Stacy Rapacon. Januari 2015. 10 Financial Commandments For Your 30s. Kiplinger.com – https://goo.gl/sEQjDN

 

Sumber Gambar:

  • Asian Man – https://goo.gl/WiHYLY
  • Asian Woman – https://goo.gl/nenCdt

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana