Pernah kesulitan dalam mengatur waktu untuk menyeimbangkan pekerjaan rumah, usaha sampingan, dan pekerjaan kantor?

Anda tidak sendirian, mayoritas ibu rumah tangga mengalami masalah yang serupa. Terlebih apabila Anda merupakan seorang single parent. Lalu bagaimana mengatasinya?

Simak beberapa tips berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Sulitnya Mengatur Waktu

Dewasa ini, kondisi perekonomian semakin memburuk sehingga memaksa kedua orangtua untuk bekerja, bahkan membuka usaha sampingan. Semua itu dilakukan demi kesejahteraan keluarga.

Terlebih jika Anda sudah memiliki buah hati, tentunya semakin sulit membagi waktu untuk mengurus rumah sambil menjalankan usaha sampingan dan pekerjaan kantor.

Single Moms 3 Cara Sederhana Mengatur Waktu dan Menemukan Waktu Berkualitas 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang Bahagia? Kalau Mau Keduanya, Ini Caranya]

 

Hal ini banyak terjadi pada single moms, dimana selain mengurus rumah, mereka juga harus merangkap sebagai tulang punggung keluarga. Pergi pagi pulang malam, tetapi masih harus menyediakan sarapan dan makan malam bagi buah hati Anda. Belum lagi jika Anda memiliki usaha sampingan, bisa-bisa begadang setiap hari.

Namun, jika Anda juga salah satunya, jangan khawatir, Anda bukan satu-satunya.

Daripada terus menerus melakukan hal yang sama dengan hasil yang sama, mengapa tidak mencoba beberapa tips mengatur waktu dari Finansialku berikut ini?

 

3 Tips Mudah Mengatur Waktu bagi Single Moms

Bagi Anda yang sudah menjadi orangtua tentunya paham sulitnya mengurus rumah tangga. Mulai dari merawat sang buah hati, mengurus kebutuhan pendidikannya, merawat dan membersihkan rumah, hingga menyediakan makan bagi keluarga.

Lalu apakah terbayangkan bagaimana nasib single moms yang harus mengerjakannya sendirian? Belum lagi jika ditambah dengan pekerjaan, tentunya sulit menyeimbangkan semuanya.

12 Cara Menghindari Stress akibat Masalah Keuangan bagi Anda yang Single Parents 02 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Single Parent Mengatur Keuangan Keluarga: Harta Gono Gini dan/atau Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa]

 

Menjadi single parent seringkali bukanlah sebuah pilihan. Anda diwajibkan menjadi single parent dalam waktu singkat dan diharapkan menjadi single moms yang mandiri serta pandai mengatur waktu.

Meski tidak pernah mengeluh, siapa saja bisa dengan jelas melihat kesulitan seorang single moms mengatur waktunya.

Memang betul semakin banyak pekerjaan semakin besar pula pemasukannya, tetapi Anda harus pandai-pandai mengatur waktu untuk bisa berbuat demikian. Penasaran dengan 3 tips mudah mengatur waktu bagi single moms? Simak pembahasannya berikut ini:

 

#1 Temukan Waktu Luang Tersembunyi Setiap Harinya

Menjadi single moms memang melelahkan, dan mungkin badan Anda sudah refleks untuk melakukan rutinitas yang sama setiap harinya. Mulai dari bangun pagi, menyiapkan sarapan, mengantar anak pergi ke sekolah, berangkat kerja, pulang kerja, menyiapkan makan malam, menidurkan anak. Demikian berulang terus setiap harinya.

Tetapi Anda bisa mengakalinya dengan mencari waktu luang tersembunyi di sela-sela kesibukan itu. Caranya adalah dengan melakukan perubahan-perubahan kecil yang bisa menghemat waktu sebagai berikut ini:

 

Pagi Hari

Gunakan waktu singkat di pagi hari untuk membuat jadwal, mengecek pesan dan email, serta mengecek usaha sampingan Anda. Sambil membiarkan si kecil sarapan, Anda bisa melakukannya tanpa gangguan.

Terlebih lagi, dengan jadwal yang Anda buat di pagi hari, seluruh kegiatan dapat berjalan dengan baik dan Anda bisa menghemat banyak waktu lainnya.

Apabila anak Anda sudah cukup umur untuk sarapan dan mandi sendiri, Anda malah memiliki lebih banyak lagi waktu luang.

 

Siang Hari

Jeda makan siang di kantor hanya 30 menit? Anda bisa menggunakan sisa waktu makan siang untuk mengecek usaha sampingan Anda. Dengan memanfaatkan istirahat makan siang dengan baik, Anda akan kaget melihat berapa banyak yang bisa Anda lakukan hanya dalam 30 menit itu.

Terlebih apabila Anda bekerja di kantor dan kebanyakan diam di belakang komputer. Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan menggunakan sisanya untuk mengurus kebutuhan lainnya, misalnya mengecek kondisi anak Anda di sekolah.

8+ Cara Jenius Mengatur Keuangan untuk Single Mom 2 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Apa Saja Tips Praktis Mempersiapkan Dana Pendidikan dan Asuransi Dana Pendidikan]

 

Malam Hari

Apabila di pagi hari Anda terlalu sibuk, malam hari juga bisa dijadikan alternatif. Siapkan segala sesuatunya setelah buah hati Anda tertidur, misalnya, siapkan peralatan makan dan siapkan sarapan yang sederhana.

Dengan demikian, di pagi hari Anda cukup memanaskannya saja.

Jika tidak, Anda bisa menggunakan waktu luang saat makan malam untuk bersantai dan mengobrol dengan buah hati tercinta.

 

#2 Maksimalkan Produktivitas dengan Mengatur Aktivitas Anda

Saat melihat seminggu ke depan dan akan membuat jadwal, pikirkan satu hal penting: EFISIENSI.

Tujuannya adalah untuk membuat seluruh aktivitas Anda dapat terlaksana dengan seproduktif mungkin.

Ketahui Manajemen Keuangan untuk Single Moms agar Sejahtera 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ibu Single Parent Gaji UMR Bandung: Bagaimana Cara Mengatur Keuangannya?]

 

Bagaimana caranya? Simak beberapa tips sederhana berikut ini:

 

Shopping

Bagaimana cara shopping dengan produktif? Mudah saja!

Apabila Anda terbiasa berbelanja dalam jumlah kecil setiap pulang kerja, hentikan sekarang juga. Berbelanja dalam jumlah besar sebulan sekali akan jauh menghemat waktu Anda.

Terlebih pada jam pulang kerja yang sangat macet dan memakan waktu banyak. Anda bisa pulang lebih cepat setiap harinya dengan mengeliminasi jadwal belanja harian tersebut.

 

Memasak

Buatlah jadwal memasak, dimana Anda melihat belanjaan bulan itu dan menentukan menu masakan untuk setiap harinya.

Pertimbangkan juga waktu untuk mencairkan makanan beku atau menghangatkan makanan siap saji. Dengan selalu tersedianya bahan makan di kulkas, dan jadwal memasak yang tepat, Anda bisa menghemat banyak sekali waktu.

Gunakan juga alat masak dan makan secara efektif, sehingga Anda bisa menghemat waktu untuk mencuci piring.

 

Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Membersihkan Rumah

Memang betul waktu untuk membersihkan rumah bergantung pada luas rumah tersebut. Tetapi Anda bisa mengakalinya dengan fokus kepada satu ruangan setiap harinya.

Daripada terburu-buru membersihkan seluruh ruangan dalam rumah setiap harinya, lebih baik Anda membersihkan satu ruangan dengan bersih dan teliti per satu hari.

Pada akhir minggu, Anda bisa kembali membersihkan ruang-ruang yang dirasa sudah agak kotor lagi.

Terlebih jika Anda memiliki buah hati yang sudah cukup besar, Anda bisa meminta bantuan mereka untuk membersihkan rumah. Lihatlah berapa banyak waktu yang dihemat dengan cara ini!

Masih Single di Usia 30 an Tenang, Banyak Kegiatan Bermanfaat Yang Bisa Anda Lakukan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ibu Muda Kenali dan Praktikkan Cara Merencanakan Keuangan Berikut Ini]

 

Mengatur Jadwal Anak

Apabila buah hati Anda memiliki banyak aktivitas di luar sekolah, misalnya les, berolahraga, dan sebagainya, Anda perlu mengatur jadwalnya dengan efektif dan efisien.

Bagaimana caranya?

Lihat lokasi aktivitas dan gabungkan aktivitas-aktivitas berlokasi dekat.

Kemudian, buatlah jadwal yang berendengan untuk aktivitas tersebut. Dengan demikian, Anda tidak perlu bolak balik mengantar jemput Anak meskipun jaraknya dekat.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Buatlah Rencana

Cara paling efektif dalam mengatur waktu adalah dengan merencanakan aktivitas sebulan ke depan dan membuat jadwal.

Untuk menciptakan waktu luang lebih banyak, Anda perlu melihat jadwal dalam gambaran besar.

Buatlah jadwal pada buku agenda dan gunakan 3 tips mudah berikut untuk membuat jadwal yang baik:

 

Utamakan Aktivitas yang Tidak Dapat Anda Kontrol

Apabila Anda membuat jadwal, pastikan untuk memberi huruf besar dan warna pada aktivitas-aktivitas yang tidak dapat Anda kendalikan.

Misalnya saja, jadwal sekolah anak Anda, jadwal pertemuan orangtua, pekerjaan Anda, dan sebagainya.

Aktivitas ini adalah yang utama dan tidak dapat ditoleransi lagi, jadi Anda harus mengalokasikannya dengan prioritas utama.

8 Tips Mengelola Keuangan untuk Wanita Single Parents 02 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Langkah Keuangan agar Hidup Kaya Sebagai Single Moms]

 

Tuliskan Aktivitas yang Dapat Dikontrol

Kedua adalah aktivitas yang dapat dikontrol, misalnya saja kunjungan dokter, pemeriksaan gigi, pelayanan, dan lain-lain.

Anda bisa menuliskan hal ini setelah memasukkan aktivitas utama tadi, dan usahakan untuk maksimalkan hari Anda agar tidak banyak membuang-buang waktu.

 

Tambahkan Aktivitas yang Fleksibel

Terakhir adalah menambahkan aktivitas yang fleksibel, misalnya saja acara keluarga, liburan, dan sebagainya.

Lihat waktu kosong yang tersedia dan masukkan aktivitas-aktivitas ini. Usahakan untuk mengelompokkan beberapa aktivitas serupa dalam satu hari daripada membagi-baginya agar hari Anda semakin produktif.

Tujuan Anda adalah untuk memiliki waktu luang sebanyak-banyaknya. Jika mungkin, temukan waktu kosong hingga beberapa hari agar Anda bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama buah hati Anda.

Yang penting adalah komitmen untuk mengikuti jadwal dengan taat dan baik, sehingga seluruh kerja keras Anda tidak sia-sia.

 

Single Mom atau Super Mom?

Meski selalu sibuk dan memiliki banyak tanggung jawab, namun single parents juga pastinya bisa mengatur waktu dengan mengaplikasikan beberapa tips di atas.

Dengan demikian, hidup sejahtera dan bahagia ala single moms pun bukanlah impian semata. Anda bisa menjadi super mom daripada single mom!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai 3 cara sederhana mengatur waktu bagi single moms? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • SingleMoms. 21 November 2014. 3 Foolproof Ways Single Moms Can Make Free Time for Freelancing. Singlemoms.org – https://goo.gl/wk7NfH

 

Sumber Gambar:

  • Mengatur Waktu Single Moms – https://goo.gl/92SVh8
  • Menemukan Waktu Single Moms – https://goo.gl/4F8eok

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang