Investasi Dollar adalah salah satu bentuk investasi mata uang asing (nama lainnya valuta asing, foreign exchange – forex). Investasi Dollar atau valas di sini adalah investasi mata uang fisik, artinya Anda benar-benar melihat memegang Dollar yang Anda beli.

Rupiah_Dollar Investasi Dollar

 

Perdagangan mata uang asing lewat perdagangan online (online trading) lebih tepat disebut perdagangan future atau skopenya adalah perdagangan derivative. Finansialku akan membahas perdagangan derivative pada kesempatan yang akan datang. Pada kesempatan ini Finansialku akan membahas mengenai investasi Dollar fisik.

 

Kenalan dengan Investasi Dollar

Investasi Dollar atau investasi pada mata uang asing adalah salah satu bentuk investasi dengan cara membeli sebuah mata uang asing kemudian berharap nilai mata uang asing tersebut naik, untuk dieksekusi keuntungannya. Contohnya Seseorang mulai investasi Dollar dan membeli Dollar di harga Rp 9.000, saat ini harga Dollar mencapai Rp 10.000 maka setiap Dollar yang dimilikinya Orang tersebut mendapat untung Rp 1.000 per Dollarnya.

Keuntungan yang didapat dalam investasi Dollar antara lain selisih kurs, dengan cara membeli di harga rendah kemudian menjual dengan harga lebih tinggi (buy low sell high) atau membeli di harga tinggi dan menjual di harga yang lebih tinggi (buy high sell higher). Padahal sepengetahuan Kita ada 3 kemungkinan pergerakan harga yaitu harga Dollar naik (uptrend), harga Dollar berjalan tetap (sideways) dan berjalan turun (downtrend). Invesati Dollar hanya akan mendapatkan keuntungan apabila harga Dollar naik (uptrend). Walaupun tidak tepat 100%, tetapi dapat Kita asumsikan peluang untung investasi Dollar adalah 1/3.

Jangan Berpikir Pensiun di Usia Muda, Jika 5 Hal Ini Belum Beres - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : 3 Cara Berinvestasi Jika Pendapatan Masih Mini]

 

Kerugian atau risikonya adalah investasi Dollar atau mata uang asing dipengaruhi banyak variabel dan kompleks. Bagi orang awam (baca: orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan cukup di makro ekonomi atau analisa teknikal) investasi Dollar bisa saja menguntungkan tetapi tidak terlalu efektif. Maksudnya efektif disini adalah keuntungan yang didapat dari investasi Dollar tidak dapat maksimal untuk memenuhi tujuan-tujuan keuangan yang telah ditetapkan. Lain halnya dengan seorang professional (memiliki edukasi, pengalaman dan dana yang memadai) yang dapat mendapatkan untung dari investasi Dollar.

Bagaimana jual dan beli mata uang asing jika Kita ingin investasi Dollar? Ketika Kita di Bank atau money changer (tempat penukaran mata uang asing) sering kali tertulis di counter seperti ini:

 Kurs JualKurs Beli
Kurs US Dollar (USD)11.35010.900

Apa artinya? Kok beda antara jual dan beli? Perbedaan antara kurs beli dan jual adalah salah satu bentuk keuangan yang didapat oleh bank atau money changer. Apabila Kita ingin membeli Dollar maka kita lihat kurs Jual, sebaliknya apabila Kita ingin menjual Dollar maka kita lihat kurs Beli.

Tulisan kurs jual dan kurs beli yang ada di tabel di atas adalah posisi yang dimiliki oleh bank atau money changer. Kurs Jual adalah harga jual 1 US Dollar Bank atau money changer ke customer. Kurs Beli adalah harga beli 1 US Dollar Bank atau money changer dari customer.

 

 

Investasi Dollar untuk Mencapai Tujuan Keuangan

Hal-hal yang penting dalam Investasi Dollar

#1. Pastikan tujuan investasi Anda, buat tujuan dengan SMART.

Tujuan keuangan harus dibuat dulu, agar investasi yang Kita buat dapat lebih maksimal.

#2. Pastikan dana darurat dan memiliki asuransi kesehatan. Dana darurat dan asuransi kesehatan dapat digunakan untuk kondisi yang genting. Apabila terjadi sesuatu investasi Dollar dapat tetap berjalan untuk memenuhi tujuan keuangan yang telah Kita buat.

#3 Kenali pola dari pergerakan mata uang asing yang akan dibeli. Sebelum investasi apapun termasuk investasi Dollar sebaiknya Kita pelajari dulu aturan-aturan mainnya, coba dari yang kecil dan siapkan dana dingin (dana diluar kebutuhan hidup dan cicilan).

#4 Apabila Kita investasi Dollar fisik maka hati-hati dalam penyimpanannya. Kerusakan pada uang fisik Dollar dapat menurunkan nilainya. Bank atau money changer biasanya memberikan nilai yang kurang, apabila Dollar Kita dalam keadaan terlipat atau rusak.

#5 Memiliki rencana investasi. Jangan sampai panic dan melakukan keputusan-keputusan yang tergesa-gesa hanya karena kondisi ekonomi yang tidak stabil.

 

Dampak Kenaikan Dollar

Bagi yang investasi Dollar, beberapa orang mulai melakukan aksi taking profit (menjual Dollar untuk mendapatkan keuntungan). Berikut ini grafik pergerakan harga Rupiah terhadap US Dollar

Rupiah USD

Kenaikan US Dollar memiliki dampak ke kondisi ekonomi Indonesia. Saat ini kondisi ekonomi Indonesia sedang dalam keadaan yang kurang bagus. Pemerintah Indonesia, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan telah mengeluarkan beberapa paket kebijakan yang digunakan untuk memperbaiki kondisi ekonomi Indonesia. Selengkapnya dapat Anda baca di

Begini Urutanya, Literasi Keuangan dulu Baru Bisa Bebas Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga :  Paket Stimulus Ekonomi Pemerintah Indonesia]

 

 

Kesimpulan

Investasi Dollar atau investasi apapun memiliki keuntungan dan kerugian serta karakteristik yang unik dibanding investasi lainnya. Pelajari karakteristik-karakteristik unik investasi Dollar untuk menghasilkan keuntungan yang lebih. Investasi adalah sebuah alat, yang penting fokus pada tujuan keuangan Anda. Seperti kata pepatah lama banyak jalan menuju Roma, cara memenuhi tujuan keuangan Anda dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah investasi Dollar.

 

 

 

Jangan lupa baca artikel Finansialku lainnya:

finansialku

Rencana Keuangan Pertama: Dana Darurat

Baca
finansialku

Rencana Keuangan Kedua: Manajemen Risiko Pribadi

Baca
finansialku

Banyak Orang Bilang Berinvestasi di Reksadana, Apa Sih Tu? #1

Baca
finansialku

Banyak Orang Bilang Berinvestasi di Reksadana #2

Baca
finansialku

Menabung Kok Menjadi Lebih Miskin?

Baca
finansialku

Utang Baik dan Utang Buruk, Menurut Kiyosaki.

Baca

 

Kurs Jual