Cara Mudah Melakukan Transaksi Jual Beli Obligasi Online

Apa itu obligasi online? bagaimana cara melakukan transaksi jual beli obligasi online?

Beberapa orang memiliki keinginan untuk membeli obligasi atau surat utang tapi tidak tahu bagaimana caranya. Atau menganggap bahwa prosesnya akan cukup ribet dan merepotkan.

Tapi saat ini, pemerintah sudah membuat pembelian obligasi jadi jauh lebih mudah dengan adanya obligasi online. Bagaimana cara melakukan transaksinya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Produk Obligasi Online

Kemajuan dalam dunia digital memberikan banyak kemudahan dan mengubah gaya hidup manusia dalam berbagai aspek.

Kemudahan yang ditawarkan seiring dengan perkembangan dunia digital ini membuat aktivitas manusia jadi dituntut serba cepat dan produktif. Termasuk di antaranya dalam transaksi di pasar modal.

Menyadari hal ini, pemerintah juga memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi pembelian surat obligasi negara dengan diluncurkannya Electronic Trading Platform (ETP).

ETP adalah sebuah platform digital yang dapat dipantau secara online. Peluncuran ETP ini merupakan hasil dari kerja sama antara Bank Indonesia dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).

Melakukan Transaksi Obligasi Online 02 Obligasi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Penerbitan SBN Obligasi Ritel di Tahun 2019! Bersiap Untuk Investasi]

 

Dalam hal ini, KPEI memiliki peran sebagai penyelenggara kliring atas transaksi obligasi negara yang terjadi di pasar sekunder, baik yang terjadi di bursa maupun non bursa.

Sebelum sistem ETP ini diluncurkan, pembelian obligasi sebelumnya menggunakan sistem Over the Counter (OTC), yaitu sistem pembelian obligasi secara offline.

Dengan sistem ini, informasi akan lebih lama sampai ke investor karena ada beda satu hari harga dengan harga settlement.

Adanya obligasi online ini tentu saja akan sangat membantu, salah satunya dalam hal transparansi harga. Investor dapat langsung mengetahui berapa harga obligasi yang ia beli tanpa harus menunggu keesokan harinya.

Melakukan Transaksi Obligasi Online 03 Obligasi 3 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk, Hitung Keuntungan Hasil Investasi Obligasi SBR004!]

 

Produk obligasi online pertama kali diluncurkan pada tanggal 14 Mei 2018, dan memungkinkan masyarakat serta investor ritel perdana domestik untuk bisa melakukan jual beli obligasi atau Surat Utang Negara (SUN).

Produk obligasi online yang ditawarkan pada saat peluncuran adalah saving bond ritel dengan seri SBR003. Surat utang ini menyasar investor ritel, khususnya dari segmen milenial.

Karena itu, investor dapat membeli Surat Utang Negara ini dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp1 juta sebagai nilai investasi minimal, dan Rp3 miliar sebagai batas maksimal investasi.

Penjualan SUN sebagai SBN ritel ini memang lebih fokus menargetkan kaum milenial yang kerap akrab terhadap gadget.

 

Hal ini menyebabkan Kementrian Keuangan berusaha mendekatkan investasi SUN kepada milenial dengan cara meluncurkan obligasi online yang dapat diakses dari mana saja dengan mudah.

Dengan adanya obligasi online ini, Kementrian Keuangan berusaha mengubah paradigma masyarakat dari saving society menuju investment society.

Keberadaan obligasi online membuat orang-orang jadi lebih mudah mengakses sistem obligasi tanpa harus melewati proses yang panjang karena seluruh informasi dapat diakses melalui gadget.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Penjualan Obligasi Online

Pemerintah melakukan pemasaran obligasi online dengan menetapkan mitra distribusi yang disesuaikan dengan lingkup kemampuan layanan pemesanan pembelian.

Selain itu, pemerintah juga melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan financial technology atau fintech agar pemasaran dan penjualan obligasi online surat utang negara ini jadi lebih luas.

Kerja sama dengan berbagai pihak ini diharapkan dapat memenuhi target pembelian obligasi sampai dengan Rp1 triliun.

Dalam merealisasikan hal ini, pemerintah melakukan kerja sama dengan enam bank, satu perusahaan efek, dan dua perusahaan fintech. Enam bank tersebut adalah Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BCA, Bank Permata, dan DBS.

Sedangkan perusahaan efek diwakili oleh Trimegah, dan fintech sebagai mitra distribusi diwakili oleh Investree dan Bareksa.

Keuntungan Berinvestasi Obligasi 04a Obligasi Pemerintah - Finansialku

[Baca Juga: Obligasi Ritel Berkupon Tinggi, Produk Bank Tak Laku?]

 

Pembelian Surat Utang Negara

Bagi investor yang ingin melakukan pembelian Surat Utang Negara, Anda hanya perlu melakukan registrasi lebih dulu di mitra distribusi echannel.

Pendaftaran dapat Anda lakukan dengan mengirim registrasi data investor, informasi SID (Single Investor Identification), dan pastikan Anda telah memiliki rekening surat berharga atau rekening dana.

Setelah data investor diterima, maka proses pemesanan bisa diterima dan Anda akan mendapat kode billing atau ebilling. Selanjutnya Anda perlu membayar ke bank persepsi, baik secara online maupun offline.

Lalu Anda akan menerima Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN), dan pemesanan Anda akan berstatus complete. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu settlement saja.

 

Kenapa Obligasi Online Diluncurkan?

Dibandingkan waktu-waktu sebelumnya, penjualan Surat Utang Negara sebagai obligasi online memang menjadi sebuah inovasi yang luar biasa.

Ada banyak kemudahan dan tawaran menarik bagi investor yang membeli Surat Utang Negara ini.

Lalu, kenapa Surat Utang Negara kali ini diluncurkan dalam bentuk obligasi online?

Ada beberapa alasan mengapa Surat Utang Negara diterbitkan dalam bentuk obligasi online, di antaranya adalah sebagai berikut ini:

 

#1 Menjaring Investor Baru, Khususnya Milenial

Seiring dengan bertumbuhnya generasi milenial, pemerintah menganggap bahwa para generasi milenial dapat menjadi investor-investor baru.

Akan tetapi karakteristik milenial yang akrab dengan gadget dan tidak terlalu suka prosedur yang berbelit membuat pemerintah mencoba membuat inovasi pembelian obligasi jadi lebih mudah bagi milenial.

Pemerintah memutuskan untuk membuat sistem obligasi online beserta dengan besaran minimal investasi yang lebih terjangkau bagi milenial.

 

#2 Menambal Defisit Keuangan Negara

Surat Utang Negara ini memang diluncurkan sebagai sarana menambal defisit keuangan negara. Sehingga di samping berinvestasi, masyarakat juga dapat memberikan kontribusi nyata untuk negeri.

Nantinya, hasil dari penjualan Surat Utang Negara SBR003 ini akan digunakan untuk memperkuat APBD. Misalnya untuk menambah dana pendidikan dan juga infrastruktur negeri.

Keuntungan Berinvestasi Obligasi 07a Sukuk - Finansialku

[Baca Juga: Antrean Obligasi Korporasi di BEI Capai Rp21 Triliun, Mayapada Terbesar]

 

Kekuatan Hukum Surat Utang Negara

Anda tidak perlu khawatir tentang kekuatan hukum dari penjualan Surat Utang Negara secara online karena hal ini sudah tertuang dalam Undang-Undang, yaitu dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 31/PMK.08/2018 tentang Penjualan Surat Utang Negara Ritel di Pasar Perdana Domestik.

Aturan ini juga menjadi revisi dari PMK Nomor 42 Tahun 2014 tentang Penjualan Obligasi Negara kepada investor ritel di pasar perdana.

 

Mencatat Transaksi Investasi

Setelah melakukan pembelian Surat Utang Negara, jangan lupa untuk melakukan pencatatan atas investasi yang Anda lakukan. Anda dapat memanfaatkan Aplikasi Finansialku untuk mencatat investasi Anda.

Setelah Anda menyelesaikan transaksi pembelian obligasi online, bukalah Aplikasi Finansialku dan pilih menu investasi. Selanjutnya pilih Investasi Obligasi dan masukkan data yang diperlukan.

Melakukan Transaksi Obligasi Online 04 Aplikasi 1 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Isi semua kolom yang ada, seperti tanggal pembelian obligasi, nama akun instrumen investasi Anda, tanggal penyelesaian, bank tempat Anda membeli obligasi, nominal investasi Anda.

Melakukan Transaksi Obligasi Online 05 Aplikasi 2 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Jangan lupa juga untuk mengisi bunga yang Anda dapatkan, sumber dana, tujuan investasi Anda, dan juga keterangan yang menurut Anda perlu. Setelah itu klik simpan dan selesai.

Melakukan Transaksi Obligasi Online 06 Aplikasi 3 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Jika Anda menjual investasi obligasi Anda, Anda bisa masuk kembali ke menu Investasi, kemudian pilih Investasi Obligasi, dan di sisi kanan investasi yang ingin Anda jual, klik icon opsi yang ada di bagian kanan layar dan klik jual.

Selanjutnya, Anda perlu mengisi beberapa data seperti tanggal transaksi, nilai jual akhir, rekening tujuan untuk menampung dana hasil penjualan investasi, dan keterangan yang menurut Anda perlu. Setelah itu, klik tombol Jual, dan selesai.

 

Itulah beberapa hal terkait obligasi online yang perlu Anda tahu. Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, Anda dapat membagikannya ke kerabat dan keluarga Anda.

Tuliskan juga pertanyaan dan tanggapan Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Cantika Adinda Putri Noveria. 6 April 2018. Makin Mudah, Beli Obligasi Kini Bisa OnlineAlinea.id – https://goo.gl/WSz35h
  • Dede Suprayitno. 7 April 2017. Jual Beli Obligasi Negara Lebih Mudah Via Online. Investasi.kontan.co.id – https://goo.gl/DGxsjM
  • Yayu Agustini Rahayu. 14 Mei 2018. Begini Cara Pembelian Surat Utang Negara Lewat OnlineMerdeka.com – https://goo.gl/CWcMuW

 

Sumber Gambar:

  • Obligasi 1 – https://goo.gl/KXsucw
  • Obligasi 2 – https://goo.gl/qKoL2y
  • Obligasi 3 – https://goo.gl/WyXnQZ

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment