Dana pensiun itu cocoknya buat siapa aja, ya? Apakah orang kaya juga membutuhkan dan hari tua ini untuk masa depannya?

Kalau kamu punya pertanyaan yang sama, simak aja artikel Finansialku berikut ini untuk mendapat jawaban yang tepat.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Dana Pensiun? Emang Penting?

Perlahan namun pasti, semua orang tentunya akan semakin bertambah tua dan akhirnya akan sampai ke masa pensiun.

Di masa pensiun ini, tingkat produktifitas setiap orang akan sangat menurun jika dibandingkan dengan ketika ia masih muda, dengan begitu tidak akan bisa lagi bekerja keras seperti dahulu.

Nah, di masa seperti ini, kamu membutuhkan yang namanya dana pensiun.

Dana pensiun atau dana hari tua adalah dana yang nantinya akan kamu gunakan untuk menikmati masa pensiun dengan nyaman, sehingga meskipun kamu sudah tidak memiliki penghasilan bulanan yang gede seperti dulu, tetapi kamu masih bisa tetap mempertahankan gaya hidup.

Apakah Orang Kaya Butuh Dana Pensiun 03 - Finansialku

[Baca Juga: Reksa Dana VS DPLK Untuk Dana Pensiun? Cek Solusinya]

 

Dengan adanya dana hari tua, kamu juga tidak perlu khawatir lagi dengan masalah keuangan, seperti misalnya sibuk mikirin uang buat beli kebutuhan, buat bayar kontrakan dan sebagainya.

Sebaliknya, kamu bahkan bisa tetap menjalani hobi kamu tanpa khawatir lagi soal uang.

Lalu bagaimana dengan orang kaya? Apakah masih perlu nyiapin dana pensiun? Bukankah duitnya sudah banyak?

Jawabannya, sangat perlu!

Mengapa? Alasannya sederhana saja, pertama adalah untuk menjaga agar kesehatan keuangan kamu tetap terjaga hingga hari tua nanti, sehingga tidak perlu nyusahin anak atau bergantung kepada orang lain buat penuhi kebutuhanmu.

Apakah Orang Kaya Butuh Dana Pensiun 01 - Finansialku

[Baca Juga: Fungsi, Rumus serta Peran Dana Pensiun, Tanpa Gagal!]

 

Meskipun saat ini bisa disebut sebagai orang kaya dan banyak duit, kamu pastinya setuju dong kalau kekayaan yang kamu miliki bukanlah sesuatu yang bersifat kekal.

Justru sebaliknya, kamu harus lebih berhati-hati agar jangan sampai mengalami kebangkrutan atau mengalami masalah keuangan lainnya, sehingga kekayaan yang kamu miliki bisa awet dan bahkan semakin bertambah.

Nah dengan begitu, orang kaya juga perlu banget mempersiapkan dana pensiun! Bahkan, orang kaya seperti Warren Buffet saja masih menganggap dana pensiun sebagai hal yang sangat penting lho, padahal kekayaan yang ia miliki banyaknya sudah luar biasa.

So, sudah paham kan betapa pentingnya mempersiapkan dana hari tua ini? Kalau kamu masih ragu dengan alasan di atas, berikut adalah 3 alasan mengapa orang kaya juga butuh mempersiapkan dana hari tua.

 

#1 Biaya Hidup Akan Terus Naik

Dari tahun ke tahun, biaya hidup pasti akan mengalami kenaikan atau yang disebut dengan inflasi. Bersamaan dengan meningkatnya biaya hidup atau harga-harga barang, nilai uang yang kamu miliki juga akan menurun.

Jadi, jika sekarang dengan Rp 2.000 kamu bisa membeli satu sachet kopi, bisa saja di 20 tahun yang akan datang kamu perlu mengeluarkan Rp 5.000.

Di Indonesia sendiri nilai inflasi dalam kurun waktu satu rata-rata sebesar 7%. Nah, jika sejak sekarang kamu tidak mempersiapkan diri untuk menghadapi inflasi ini, maka tentu nantinya nilai kekayaan yang kamu miliki sekarang akan sangat berkurang.

Apakah Orang Kaya Butuh Dana Pensiun 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Manfaat Program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)]

 

#2 Pengeluaran yang Tidak Diimbangi dengan Pemasukan

Setelah pensiun nanti, kebutuhan kamu pastinya akan cukup banyak, apalagi kalau kamu ternyata masih memiliki tanggungan yang belum diselesaikan sebelum memasuki masa pensiun.

Sebagian orang akan berfikir untuk mengandalkan dana pensiun yang diberikan oleh kantor di mana ia bekerja. Namun kalau dihitung-hitung, apakah menurutmu dana pensiun yang diberikan oleh kantor bisa memenuhi semua kebutuhan kamu?

Tentu tidak, bukan?

Maka dari itu, kamu juga perlu memiliki dana hari tua yang kamu persiapkan sendiri, sehingga nantinya kamu bisa mengimbangi pengeluaran kamu dan terbebas dari masalah keuangan.

 

#3 Mencegah Munculnya Sandwich Generation

Sebagai orang tua, kamu tentunya tidak ingin dong kalau keberadaan kamu nantinya ternyata menjadi beban bagi anak kamu, yang mana ia harus membiayai kehidupan kamu sekaligus membiayai kebutuhan keluarga yang telah ia bangun.

Nah, untuk mencegah hal ini, kamu perlu memastikan bahwa saat pensiun nanti kamu sudah tidak memiliki tanggungan seperti cicilan kendaraan, cicilan rumah, ataupun tanggungan lainnya.

Kalaupun tanggungan itu masih ada, kamu masih bisa mengatasinya dengan dana pensiun yang kamu miliki.

Jadi anak kamu nantinya bisa fokus membangun keluarganya sendiri, tanpa diliputi rasa khawatir dengan orang tuanya.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

12 Ebook Perencanaan Keuangan 30an

 

Trik Mempersiapkan Dana Hari Tua Ala Orang Kaya

Oke, setelah tahu pentingnya mempersiapkan dana hari tua dan kemudian kamu berniat untuk memulainya, kamu bisa mencoba beberapa trik mempersiapkan dana pensiun ala orang kaya berikut ini.

 

#1 Mulai Hidup Hemat

Kamu tahu gak sih bahwa meskipun memiliki uang yang sangat banyak, kebanyakan orang kaya masih mempertahankan gaya hidup hemat, lho

Ini membuktikan kalau menjadi orang kaya bukan berarti harus memboroskan uang yang ia miliki. Justru sebaliknya, mereka semakin berusaha agar kekayaan yang dimiliki saat ini tidak sampai ludes.

Nah, kamu pun sebaiknya melakukan hal yang serupa. Jadi, walaupun dari tahun ke tahun kekayaan kamu terus bertambah, baik itu dari bisnis yang semakin berkembang ataupun gaji yang semakin meningkat, kamu sebisa mungkin mempertahankan gaya hidup hemat.

Mengapa harus begitu? Salah satu jawabannya akan kita bahas di poin ke 2

 

#2 Lebih Banyak Menabung

Kebanyakan orang akan menabung 10% sampai 12% dari pendapatan bulanannya, dan ini biasanya karena mereka belum memiliki kemampuan untuk menabung lebih banyak dari jumlah itu.

Namun, beda lagi ceritanya dengan orang-orang kaya yang uangnya mencapai miliaran rupiah.

Kebanyakan dari orang-orang kaya ini akan menabung hingga 40% dari total penghasilan bulanan mereka, baik itu menempatkannya di tabungan bank ataupun dengan berinvestasi di produk-produk investasi seperti saham, reksa dana, obligasi, p2p lending dan yang lainnya.

Nah, berhubungan pendapatan bulanan kamu terus mengalami kenaikan setiap tahunnya, ada baiknya kamu juga mulai menabung lebih banyak dari rata-rata.

Tujuan Dana Pensiun 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Aturan Uang Pensiun di Indonesia Biar Makin Matang!]

 

Seperti di poin pertama, kamu bisa mempertahankan gaya hidup hemat sehingga uang yang bisa kamu tabung menjadi lebih banyak.

Mungkin saat ini kamu belum terbiasa dengan menabung hingga 40% dari total pendapatan bulanan kamu, maka dari itu mulailah dengan angka yang lebih kecil terlebih dahulu, misalnya sebesar 15% atau 20%.

Barulah nantinya jika memang memungkinkan kamu bisa menambah jumlah angka ini. Tapi ingat, jangan sampai hal ini malah menjadi pemicu masalah bagi keuangan kamu, ya.

Kamu perlu memiliki pengaturan keuangan dan juga merencanakan keuangan dengan baik agar kebutuhan kamu tetap terpenuhi, dan kamu pun bisa menabung tanpa mengalami masalah.

Btw, sekarang kamu sudah bisa mengatur dan merencanakan keuangan dengan lebih mudah lho, caranya ialah dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku dapat membantu kamu dalam melakukan pencatatan keuangan, membuat anggaran, mengelola investasi, membuat laporan keuangan, dan tentunya merencanakan tujuan keuangan kamu.

Keren banget, bukan? Dan lagi, ini semua bisa dilakukan hanya dengan satu aplikasi saja!!! Kalau kamu penasaran, kamu bisa langsung mengunduhnya saat ini juga, dengan mengklik link dibawah ini.

playstore icon
appstore icon

 

#3 Hindari Cicilan untuk Jangka Panjang

Salah satu cara untuk menghindari banyaknya tanggungan di hari tua ialah dengan tidak mengambil cicilan dalam jangka panjang, baik itu untuk membeli rumah ataupun yang lainnya.

Kebanyakan dari orang kaya akan membeli secara tunai, ataupun jika memang perlu menyicil ia akan memilih program cicilan dengan tenor yang singkat.

Hal ini bertujuan agar cicilannya cepat lunas, dan di hari tua nanti ia sudah tidak memiliki utang sama sekali.

Rekomendasi Usaha Bekal Pensiun yang Amankan Dana Hari Tua 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Sih Jenis Dana Pensiun? Ternyata Bermanfaat Yah!]

 

#4 Memiliki Investasi untuk Jangka Panjang

Ada begitu banyak produk investasi yang bisa kamu temui, namun jika kamu memang ingin mempersiapkan dana pensiun, ada baiknya jika kamu juga memilih produk investasi yang tujuannya ialah untuk jangka waktu yang panjang, salah satunya ialah dengan berinvestasi saham.

Investasi saham adalah salah satu jenis investasi yang menawarkan imbal hasil yang tinggi, namun tentunya untuk jangka waktu yang lebih dari 5 tahun.

Nah berhubung masa pensiun kamu masih cukup lama, gak ada salahnya kalau kamu memilih produk investasi ini.

 

#5 Memiliki Lebih Dari Satu Sumber Income

Apakah kamu termasuk orang yang mengandalkan income hanya dari satu sumber saja? Jika ya, maka sebaiknya mulailah meninggalkan hal yang kurang baik ini.

Kamu mungkin sudah bisa menjadi kaya hanya dengan satu sumber itu saja, tetapi bayangkan saja kalau misalnya sesuatu yang buruk terjadi dan sumber income yang kamu andalkan selama ini tiba-tiba bermasalah.

Tentunya kamu akan kerepotan, bukan?

Maka dari itu, sebisa mungkin miliki lebih dari satu sumber pendapatan.

Hal ini tidak hanya akan membuat kamu menjadi semakin aman secara finansial, tetapi juga tentunya akan membuat pundi-pundi uang kamu semakin bertumbuh, dan kamu pun bisa mempersipkan dana hari tua dengan lebih baik.

Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk mendapat sumber penghasilan baru yang jumlahnya sama seperti penghasilan utama kamu, sebab sekalipun jumlahnya lebih sedikit, kamu tetap bisa memanfaatkannya untuk beberapa keperluan, termasuk untuk menghimpun dana pensiun.

 

#6 Jangan Menunda, Mulai Sedini Mungkin

Salah satu ciri khas dari orang-orang kaya ialah berani untuk melangkah lebih awal dari kebanyakan orang, termasuk dalam menghimpun dana pensiun ataupun untuk mengumpulkan kekayaan.

Semakin cepat kamu memulai, maka tentunya akan lebih banyak lagi dana hari tua yang bisa kamu persiapkan.

 

Mempersiapkan Hal yang Baik untuk Diri Sendiri

Mempersiapkan dana pensiun sama dengan mempersiapkan masa tua yang baik untuk diri kamu sendiri. Kamu tentunya tidak ingin dong kalau misalnya di masa pensiun yang seharusnya bisa tenang malah direpotkan dengan masalah keuangan.

 

Nah maka dari itu, mulailah mempersiapkan hal-hal yang baik untuk diri kamu sendiri, agar kamu bisa menikmati hidup yang lebih baik.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 5 Alasan Kamu Perlu Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini. Qmfinancial.com – https://bit.ly/3jvKo53
  • Agustina Melani. 02 April 2016. 6 Trik Miliarder Siapkan Dana Pensiun. Liputan6.com – https://bit.ly/3lqrBZx

 

Sumber Gambar:

  • Pensiun 1 – https://bit.ly/3144JqN
  • Pensiun 2 – https://bit.ly/3dpHJY4
  • Pensiun 3 – https://bit.ly/3lHHz1c