Pacar pinjam uang? Terlalu bucin gak sih kalau meminjamkan uang ke pacar? Gak mau pinjemin tapi sayang. Bagaimana ya?

Gak perlu galau. Yuk simak ulasan Finansialku mengenai hal ini dalam artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Komik: Pacar Pinjam Uang, Pinjamin Uang Ke Pacar?

 

Belum lama ini saya melihat komik di atas, dan menurut saya ini sangat ironis. Betul sih nama kamu akan diingat selamanya jika ngutang ke gebetan, tapi diingat dalam konteks apa dulu nih?

Jika dalam konteks negatif bahaya juga, dikenal sih dikenal tapi bisa saja dia jadi malas pacaran sama kamu. Pacaran saja belum sudah pinjam uang, bagaimana setelah pacaran nanti?

Terlebih setelah pacaran, pacaran memang bisa menyebabkan kantong bolong jika tidak direncanakan dengan baik. Terlebih jika kamu beranggapan bahwa berkencan itu haruslah mewah dan penuh kejutan.

Ujung-ujungnya kamu bisa ngutang lagi nih ke pacarmu demi modal pacaran.

Komik_ Pacar Pinjam Uang, Bucin Gak Sih_ Kan Sayang 04

[Baca Juga: Menghadiri Pernikahan di Luar Kota dengan Anggaran Terbatas]

 

Tetapi meskipun dengan pacar sendiri, kamu tidak boleh asal pinjam meminjamkan uang begitu saja loh. Ada aturannya sehingga hubunganmu dengannya bisa adem ayem dan langgeng selalu.

Bagaimana aturannya? Melalui artikel berikut ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa aturan pinjam uang dari pacar. Yuk simak ulasannya:

 

#1 Ada Alasan Jelas yang Bisa Dipertanggungjawabkan

Bayangkan jika kamu mendengar pacarmu pinjam uang hanya untuk membeli tas atau sepatu mewah. Bayangkan lagi jika dirinya meminjam uang darimu untuk membiayai pengobatan ibunya yang sedang sakit parah.

Mana yang menurutmu lebih pantas dipertimbangkan?

Tentunya kamu lebih ikhlas meminjamkan uang saat alasannya jelas dan bisa dipertanggungjawabkan bukan? Oleh karena itulah, prinsip ini sangat penting diingat dalam kasus pinjam meminjam uang antar pasangan.

Jangan meminjam uang tanpa alasan yang jelas, terlebih untuk alasan yang memang kurang bijak seperti untuk keinginan konsumtif semata.

Komik_ Pacar Pinjam Uang, Bucin Gak Sih_ Kan Sayang 02

[Baca Juga: Pahami 7 Prinsip Inti dalam Pernikahan agar Pasangan Sejahtera]

 

Dengan memberikan alasan yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan, maka pinjam uang dari pacar akan lebih nyaman dilakukan. Selain itu kamu juga tidak akan memicu pertengkaran.

 

#2 Sepakati Aturan Pinjam Meminjamnya

Bila pacar sering pinjam uang tanpa dikembalikan, bisa saja lama kelamaan akan muncul beban tak tersampaikan di dalam hati kamu. Hal ini juga berlaku sebaliknya.

Mengingat kalian belum menikah, tentunya harta juga sepenuhnya terpisah. Oleh karena itu, jangan pernah merasa tidak enak untuk membuat aturan yang jelas soal pinjam meminjam uang ini.

Buatlah sebuah aturan sederhana sehingga kamu tidak perlu berantem dengannya setiap lupa bayar utang atau tidak enak menagih. Misalnya saja tentukan batas waktu pembayaran dan bagaimana cara membayarnya.

Sampaikan juga kondisi-kondisi terkait uang yang dipinjamkan. Misalnya, sebulan lagi uang akan dipakai bayar kosan sehingga sebaiknya dikembalikan sebelum itu.

Komunikasikan hal ini dengan sopan tanpa maksud merendahkan. Kemudian sepakatilah peraturan yang sudah kalian buat bersama ini.

 

#3 Mencari Solusi Alternatif

Sebelum memutuskan untuk meminjam uang atau meminjamkan uang antar pacar, cobalah duduk sejenak dan memikirkan terlebih dahulu solusi lain yang bisa dijadikan alternatif. Mengapa demikian?

Hal ini bisa mencegah hal-hal tidak diinginkan yang bisa terjadi dalam hubunganmu, mengingat masalah uang adalah isu yang sensitif meski antar pasangan.

Komik_ Pacar Pinjam Uang, Bucin Gak Sih_ Kan Sayang 03

[Baca Juga: Mau Menikah Tahun Ini? Ketahui 10 Tips Memilih Wedding Organizer dan Vendor Pernikahan]

 

Misalnya saja, jika kebutuhan dana cukup besar, kamu bisa membantunya mencari pekerjaan sambilan untuk menghasilkan uang lebih atau kamu pun bisa membantunya membuat bisnis kecil-kecilan seperti online shop.

Kamu bisa juga mengajaknya berkonsultasi dengan Financial Planner supaya mengerti bagaimana cara menanggulangi kebutuhan dana yang mendesak.

Atau sama-sama mempelajari tentang perencanaan keuangan supaya pinjaman uang tidak terjadi lagi di kemudian hari. Kamu bisa memberikan e-book yang bisa kamu berikan gratis untuk pacar kamu seperti e-book di bawah ini.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Dengan demikian, kalian berdua bisa menyelesaikan masalah kebutuhan uang tanpa risiko berantem karena masalah uang. Cerdas bukan?

 

#4 Jangan Keseringan

Pinjam meminjam uang antar pacar memang kedengarannya sepele, terutama jika nominalnya kecil. Tetapi perlu diingat bahwa hal ini sebaiknya tidak dilakukan sering-sering.

Jika dilakukan terlalu sering, hal ini bisa jadi kebiasaan. Kebiasaan ini bisa menimbulkan banyak efek negatif dalam hubunganmu dengannya.

Misalnya saja si dia bakal merasa jadi ATM berjalan-mu saja, selain itu dia akan menyangka kamu berpacaran dengannya demi uangnya saja.

Efek lainnya adalah perasaan bersalah, sehingga mungkin saja salah satu pihak mulai menghindari pihak kedua karena takut ditagih utang. Pastinya kamu tidak mau berakhir seperti ini kan?

Jadi, sebisa mungkin hindari deh yang namanya pinjam uang pacar. Terus solusinya gimana?

 

Mencegah Pacar Pinjam Uang dengan Mengelola Keuangan

Melihat banyaknya efek berbahaya dari pinjam uang pacar, tentunya kamu langsung memutar otak. Bagaimana ya caranya menghindari pinjam meminjam uang antar pasangan?

Yuk mulai dengan mengelola keuangan sehingga tidak perlu lagi deh pinjam uang pacar terus menerus.

Komik_ Pacar Pinjam Uang, Bucin Gak Sih_ Kan Sayang 05

[Baca Juga: Ini Perhitungan Realistis Biaya Pernikahan Jika Diadakan di Pihak Wanita]

 

Jangan takut untuk memulai, karena kini sudah banyak tools yang dapat membantu kamu mengatur keuanganmu.

Salah satunya adalah aplikasi Finansialku yang dapat kamu akses dengan klik banner berikut atau kamu bisa langsung download aplikasinya di Google Play Store.

Beberapa benefit yang bisa kamu peroleh dari aplikasi Finansialku antara lain sebagai berikut:

  • Up to date dengan kondisi keuanganmu
  • Miliki kontrol atas keuanganmu
  • Cari tahu dan perbaiki kebocoran-kebocoran keuangan
  • Perbaiki kondisi utang konsumtif
  • Merencanakan dan mewujudkan kepemilikan kebutuhan mulai dari dana darurat, rumah, kendaraan, dana pendidikan anak, dana pensiun, dan masih banyak lagi.

Banyak sekali bukan benefit-nya?

Jadi tunggu apa lagi? Langsung download aplikasi Finansialku sekarang juga!

Selain itu, ada beberapa tips kencan hemat sehingga kamu tidak perlu lagi pinjam uang pacar. Yuk kita lihat apa saja tipsnya:

 

#1 Manfaatkan Happy Hour

Biasanya restoran atau café memberikan promo harga lebih murah pada saat happy hour. Potongan harganya cukup besar dengan tujuan meramaikan restoran meski bukan jam makan.

Kamu WAJIB Baca Tips Keuangan Saat Pacaran - Finansialku

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Bisa Belanja Hemat Pakai Kartu Kredit yang Tepat]

 

Kamu juga bisa memanfaatkan harga murah pada malam hari, misalnya saja toko roti yang biasanya akan memberikan potongan harga besar-besaran di malam hari untuk produk yang mudah kedaluwarsa.

Makanan itu dijual murah bukan karena sudah kadaluwarsa, namun masih aman jika segera dikonsumsi. Jadi, tidak ada salahnya dicoba kan?

 

#2 Rencanakan Piknik di Taman

Apakah kamu selalu makan di restoran atau café mewah saat kencan? Mengapa tidak mencoba hal baru, misalnya piknik di taman atau di pantai?

Kamu bisa mengajak pasangan membuat bekal sederhana bersama, misalnya saja sandwich dan french fries. Jangan lupa membawa taplak dan tikar.

Voila, kamu bisa berkencan hemat sambil menikmati makanan buatan sendiri di tengah pemandangan indah dan angin sepoi-sepoi.

 

#3 Berjalan-jalan di Pantai

Bagi kamu yang tinggal di kota dengan pantai, mengajak pacar berjalan-jalan di pantai sambil menikmati sunset juga bisa jadi kencan yang romantis loh.

Dengan romantisme ini, dijamin pacar tidak lagi memperhitungkan soal mahal murahnya biaya kencan.

 

#4 Pergi Menonton pada Hari Kerja

Umumnya bioskop memberikan banyak promo dan potongan harga pada hari tertentu. Misalnya saja pada hari senin, dimana biasanya orang lain sibuk bekerja.

Kamu dan pasangan bisa memanfaatkan hal ini dan memilih untuk menonton pada hari kerja.

Pacar yang Hebat Mengatur Keuangan 02 Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ketahui 5 Cara Menghemat Uang Tagihan Listrik: Tips Cara Hemat Daya dan Energi Listrik]

 

Tidak ada ruginya loh, film dan fasilitas yang diperoleh sama saja, namun Kamu memperoleh untung dengan harga yang jauh lebih pas di kantong.

Menakjubkan bukan?

 

#5 Game Night

Bosan pergi menonton atau makan di luar? Cobain deh kencan dengan mengadakan game night di rumah. Kamu bisa memainkan permainan papan atau video games bersama pasangan.

Untuk menambah keseruannya, ajak teman-temanmu dan buatlah taruhan lucu-lucuan. Misalnya, yang kalah main kartu akan dihukum makan keripik super pedas. Seru kan?

 

#6 Hiking Bersama

Selain berkencan dengan makan enak, Kamu juga perlu mengingat kesehatan. Coba deh berkencan hemat dengan cara hiking bersama.

Kamu akan merasakan serunya berolah raga bersama dengan harga yang terjangkau. Terlebih Kamu secara tidak langsung sudah diet untuk hari pernikahan. Ide bagus ya!

 

#7 Berjalan-jalan dengan Binatang Peliharaan

Kencan tidak melulu harus dilakukan berdua saja loh! Kamu bisa saja berkencan sambil mengajak binatang peliharaan berjalan-jalan.

Sekali dayung dua pulau terlampaui alias kamu bisa berkencan sekaligus mengajak binatang peliharaanmu bermain bersama.

Terlebih jika pasanganmu menyukai binatang, pastinya kencan akan semakin menyenangkan.

 

#8 Berjalan-jalan di Tengah Kota

Kamu suka fotografi dan senang travelling? Ajak pasanganmu berjalan-jalan di kota tetangga sambil menikmati pemandangan kota.

Kamu tidak perlu menginap agar tidak memakan banyak biaya, namun dijamin pengalaman ini akan sangat berkesan bagi kamu dan pasangan. Ditambah, nikmati juga berbagai kuliner nikmat di tengah kota tersebut.

 

#9 Manfaatkan Event Gratis

Biasanya banyak event atau festival gratis yang dilakukan pemerintah. Nah, cobain deh mengikuti berbagai event gratis ini dengan pasangan. Selain seru, semuanya GRATIS.

 

#10 Berjalan-jalan ke Tempat Baru

Kencan dihabiskan dengan aktivitas yang gitu-gitu saja? Bosan dong!

Cobain deh ajak pasangan untuk melakukan hal baru, misalnya kamu bisa mengajaknya memancing atau berkuda di daerah atas kota, misalnya Lembang. Selain aktivitas seru, banyak juga kuliner murah menarik yang bisa dicoba.

 

#11 Mengajak Teman-teman untuk Botram

Kencan tidak harus selalu dilakukan berdua saja, namun sesekali akan sangat menyenangkan untuk juga berkumpul bersama teman-teman.

Agar praktis, ajak teman-teman botram di rumah, dimana setiap orang membawa satu jenis makanan. Ditambah kamu bisa bermain games bersama sambil mengenalkan pasangan kepada teman-teman main kamu. Dijamin seru deh!

 

#12 Berjalan-jalan di Mall

Sesekali, tidak ada salahnya kencan sambil window shopping di mall. Selain tidak membosankan, tentunya murah karena tidak mengeluarkan uang sepeser pun.

Tapi jangan sampai pasangan malah belanja banyak ya!

 

#13 Ngopi Murah di Kedai

Kencan juga bisa dilakukan di berbagai kedai kopi yang sedang tren belakangan ini. Kamu dan pasangan bisa menikmati berbagai sajian kopi lokal dengan harga yang jauh lebih murah daripada café.

7 Cara Menghemat Uang Saat Pacaran bagi Pasangan Muda 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ada 9 Aktivitas Keluarga yang Seru dengan Biaya Hemat untuk Keluarga Anda]

 

Terlebih biasanya suasana kedai kopi ini sangat kental akan kekeluargaan dan jika beruntung Kamu bahkan bisa mencoba latte art atau teknik membuat kopi dari pemilik atau baristanya.

Menarik bukan?

 

Pacaran Tanpa Rasa Bersalah

Masa pacaran biasanya merupakan masa indah-indahnya loh! Jangan jadikan masa ini penuh keributan dan ketidaknyamanan, terutama hanya karena masalah uang.

Nah, mulailah persiapkan masa depan bersama dengan belajar mengatur keuangan bersama-sama. Jika perlu, kamu bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan.

Kamu bisa menggunakan jasa perencana keuangan seperti Finansialku. Dengan perencana keuangan bersertifikat/CFP, Finansialku akan memberikan solusi terbaik dalam merencanakan dan mengatur keuanganmu dan pasangan.

Kamu dan pasangan bisa menghubungi Finansialku sekarang juga di sini atau Whatsapp di 0819-1151-6119.

 

Kini kamu tahu kan bagaimana harusnya merespon saat pacar pinjam uang? Bagaimana menurutmu? Tinggalkan komentar kamu di bawah ini.

Mungkin ada banyak teman kamu yang terlalu bucin dan sering pinjam meminjam uang pacar secara tidak sehat. Kamu bisa jadi teman penyelamat dengan membagikan artikel ini pada mereka.

Selamat berbagi!

 

Sumber Referensi:

  • Ulfa Sekar. 29 September 2018. Sayang Sih, Tapi Jangan Meminjamkan Uang ke Pacar! Kecuali…. Moneysmart.id – http://bit.ly/2qQs5RE
  • Admin. 19 Maret 2016. 20 Cheap Date Ideas. Thelattebudget.com – http://bit.ly/2KnKfku

 

Sumber Gambar:

  • Pacar Pinjam Uang 01 – http://bit.ly/2CHtjRI
  • Pacar Pinjam Uang 02 – http://bit.ly/2KnTPnj
  • Pacar Pinjam Uang 03 – http://bit.ly/2rMmfRI
  • Pacar Pinjam Uang 04 – http://bit.ly/2QhcJAh
  • Pacar Pinjam Uang 05 – http://bit.ly/2Oiboql