Investasi apa yang paling cocok untuk karyawan baru? Apakah Anda termasuk orang-orang yang baru bekerja dan ingin memulai berinvestasi? Baca panduan berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

rubrik-ask-the-financial-planner

 

Para Karyawan Baru: Investasi Apa dan Jumlahnya Berapa?

Ternyata banyak sekali karyawan baru yang penasaran bagaimana berinvestasi, karena investasi memang bukan hal yang diajarkan di dunia pendidikan (kecuali Anda kuliah atau mengambil jurusan terkait dengan keuangan). Dalam artikel kali ini, Finansialku.com akan menjawab pertanyaan dari salah seorang pengunjung di Facebook Finansialku.

Para Karyawan Baru, Enaknya Investasi Apa dan Berapa Jumlahnya 2 - Finansialku

Pertanyaannya: Selamat sore Finansialku, aku mau nanya nih, aku kan baru kerja dan tertarik dengan investasi, bagusnya aku investasi apa? Dan harus kaya gimana sih biar ga salah langkah, terima kasih sebelumnya.

Jika Anda memiliki pertanyaan silakan like Facebook Finansialku dan kirimkan pertanyaan Anda:

 

Jawabannya: Investasi Sesuai dengan Rencana Keuangan Anda

Sebelumnya saya sangat bangga, karena ada seorang yang baru mulai kerja dan sudah mulai memikirkan investasi. Hal yang sangat bagus untuk ditiru oleh teman-teman pembaca. Agar tidak salah langkah sebaiknya ikuti aturan-aturan ini dalam mempersiapkan investasi Anda:

 

#1 Miliki Rencana Keuangan, karena Tanpa Rencana, Investasi Anda Bisa Jadi Berantakan

Poin pertama yang paling penting adalah miliki rencana investasi dan rencana keuangan, karena tanpa rencana yang benar investasi Anda akan jadi berantakan. Di Finansialku.com, saya dan tim meyakini bahwa investasi adalah kendaraan yang akan membantu seseorang mencapai atau mewujudkan tujuan-tujuan keuangan.

Investasi Terbaik Adalah - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Investasi adalah Rencana bukan Produk]

 

Coba Anda bayangkan, Anda mengendarai motor atau mobil bepergian ke tempat tujuan baru yang belum pernah didatangi sebelumnya. Tentu akan sangat membingungkan, jika tanpa peta dan tanpa GPS.

Rencana keuangan (financial planning) adalah peta dan GPS Anda, dalam mencapai tujuan keuangan. Jika Anda belum memiliki rencana keuangan, segera buat. Silakan hubungi perencana keuangan untuk membantu Anda menyiapkan rencana keuangan atau daftar Aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#2 Perbaiki Mindset, Hilangkan Mindset yang Salah Ini

Poin kedua adalah perbaiki mindset, karena 8 dari 10 investor pemula ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi dalam waktu yang cepat. Saya sendiri sudah bertemu dengan banyak investor, banyak yang sukses, banyak yang agak sukses dan banyak juga yang gagal.

Dimana saya harus berinvestasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku - Investasi

[Infografis: Anda Harus Berinvestasi, Jangan Berjudi]

 

Mayoritas orang-orang yang sukses berfokus untuk investasi dengan cara yang benar. Artinya mereka berinvestasi dengan cara yang benar, memiliki strategi manajemen risiko dan punya rencana. Semuanya dijalankan dengan disiplin tinggi. Sebaliknya investor-investor yang gagal, kebanyakan menyebut dirinya investor padahal cara kerjanya adalah penjudi (gambler).

 

#3 Berinvestasi Setelah 3 Syarat Ini Terpenuhi

Dalam perencanaan keuangan, terdapat sebuah piramida yang menggambarkan prioritas dalam hal keuangan. Saya harus mengatakan bahwa investasi adalah hal yang penting, bahkan sangat penting sekali. Di sisi lain, investasi bukanlah hal pertama yang harus dilakukan, jika kebutuhan jangka pendek dan kebutuhan proteksi Anda tercukupi. Coba perhatikan gambar piramida di bawah ini (atau lihat infografis ini).

Piramida Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku Konsultasi Perencanaan Keuangan Seminar dan Pelatihan Perencanaan Keuangan Aplikasi Finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anda Sehat Keuangan Sebelum Berinvestasi?]

 

Beberapa hal yang perlu Anda miliki adalah:

  • Dana Darurat (Emergency Fund): dana yang dicadangkan untuk kebutuhan-kebutuhan mendadak. Jika Anda belum memiliki dana darurat, maka Anda harus segera menyiapkan dana darurat sekarang juga.
  • Arus Kas yang Positif, artinya Anda harus menyusun prioritas keuangan agar keuangan Anda tetap, seperti rasio investasi minimal 20% dari penghasilan, rasio pembayaran cicilan utang maksimal 35%. Jika Anda masih penasaran dengan kondisi keuangan Anda, silakan cek di sini (gratis kok).
  • Asuransi (khususnya asuransi kesehatan): jangan sampai ngenes, sudah capai-capai kerja dan berinvestasi, eh uangnya malah habis untuk biaya berobat. Sangat disayangkan bukan, penghasilan dari kerja dan investasi habis untuk investasi. Oleh sebab itu beli asuransi kesehatan sekarang juga.

 

#4 Berinvestasi dengan Cara yang Benar dan Miliki Manajemen Risiko

Poin keempat, Anda perlu tahu cara yang benar dalam berinvestasi. Misal dalam investasi saham, Anda perlu tahu cara-cara untuk melakukan analisis teknikal dan/atau analisis fundamental. Selain itu selalu miliki manajemen risiko yang terukur. Risiko selalu ada dan tidak ada yang tahu riisko itu akan datang. Anda tidak dapat menghilangkan risiko, tetapi Anda dapat melakukan manajemen risiko.

 

#5 Berinvestasi dengan Disiplin

Poin kelima adalah berinvestasi dengan cara yang disiplin. Semua investor sukses adalah orang-orang yang disiplin berinvestasi dengan cara yang benar, metode yang benar dan manajemen risiko yang tepat. Saya jarang menemukan investor yang bisa sukses secara konsisten, berinvestasi dengan gaya tebakologi (ilmu tebak menebak berdasarkan feeling).

 

Selamat Memulai Berinvestasi, Tapi Ingat dengan Rencananya Lebih Dahulu

Apakah jika saya sudah disiplin dalan berinvestasi, pasti saya untung? Jawabannya tidak ada jaminan dalam berinvestasi. Namun dengan disiplin yang tinggi, peluang Anda melakukan kesalahan dalam berinvestasi menjadi berkurang. Singkatnya investasilah dengan cara yang benar dan keuntungan (profit) akan mengikuti Anda.

 

Apakah Anda memiliki kesulitan dalam hal teknis? Atau masalah keuangan lainnya? Silakan kirim komentar dan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Karyawan Indonesia – https://goo.gl/lTf13v

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang