Mau Tambah Penghasilan? Cek 7 Pekerjaan Sampingan Ojek Online

Apakah kamu merasa penghasilanmu sebagai ojek online masih juga kurang padahal masih banyak cicilan? Yuk simak ulasan 7 pekerjaan sampingan ojek online!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Profesi Ojek Online

Profesi ojek online memang semakin digandrungi oleh masyarakat perkotaan. Selain punya fleksibilitas jam kerja yang tinggi, menjadi driver ojek online juga dirasa tidak membosankan, karena bisa sekaligus jalan-jalan.

Tapi setiap pekerjaan pasti punya sisi positif dan negatifnya. Di tengah kondisi jalanan perkotaan yang semakin macet dan cuaca yang tidak menentu, target para driver untuk mendapatkan insentif tinggi pun semakin sulit dicapai karena halangan tersebut.

Terlepas dari itu, penghasilan per bulannya juga menjadi tidak menentu.

 

Saatnya Mencoba Pekerjaan Sampingan

Karena tuntutan biaya hidup akan semakin banyak, ada baiknya kamu mencoba melakukan pekerjaan sampingan juga. Kalau bisa menghasilkan pendapatan lebih dalam satu waktu, mengapa tidak?

Kali ini, Finansialku akan membahas 7 pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan para driver ojek online.

 

#1 Berjualan Pulsa

Hampir setiap orang memiliki handphone dan membutuhkan pulsa, bukan? Apalagi di kalangan ojek online di mana pulsa sudah menjadi kebutuhan utama untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Selain praktis, modal untuk berjualan pulsa ini juga ringan. Asal punya handphone, kamu bisa langsung mendaftarkan diri ke distributor pulsa dan langsung siap untuk aktif berjualan.

Di sela-sela istirahat dengan driver lain, kamu bisa mempromosikan diri sebagai agen pulsa. Biasanya promosi yang berawal dari mulut ke mulut ini berpotensi menguntungkan.

Tidak menutup kemungkinan karena kedekatan sesama driver, nantinya status kamu sebagai agen pulsa akan tersebar ke driver yang lain atau bahkan keluarga si driver jadi langganan beli pulsa juga sama kamu.

Mau Dapat Penghasilan Tambahan Cek 7 Pekerjaan Sampingan Ojek Online 02

[Baca Juga: FinStory Ojek Online Ep 03: Tolong!! Anak Saya Kelelep Di Bak!]

 

Selain menawarkan ke driver, kamu juga bisa tawarkan jasa kamu yang satu ini kepada pelanggan. Siapa tahu saat kamu tawarkan, dia memang sedang butuh. Tak ada salahnya mencoba.

 

#2 Dagang Makanan Ringan

Banyak ojek online yang sekarang sudah punya pangkalan sendiri layaknya ojek pangkalan. Biasanya pangkalan digunakan untuk beristirahat dan bertukar cerita dengan driver lain sambil menunggu orderan.

Di saat seperti ini, manfaatkan peluang kamu untuk berjualan makanan kepada mereka. Makanan ringan bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk dijadikan bisnis dalam hal ini.

Mau Dapat Penghasilan Tambahan Cek 7 Pekerjaan Sampingan Ojek Online 03

[Baca Juga: FinStory Ojek Online Ep 02: Pergi Pagi Pulang Pagi]

 

Kamu hanya perlu membeli makanan ringan rumahan dengan harga terjangkau lalu menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Tawarkan camilan itu untuk sekedar bersantai dari hari yang melelahkan.

Bukankah makanan ringan adalah teman terbaik saat bersantai?

 

#3 Kurir Antar Barang

Seperti yang kita ketahui bahwa ojek online tidak hanya berfungsi untuk antar jemput penumpang tapi juga mengambil dan mengantar barang alias merangkap sebagai kurir.

 Kalau kurir di aplikasi kadang upahnya tidak sebanding, mengapa tidak mencoba menjadi kurir independen yang tidak bergantung pada pesanan pelanggan di aplikasi online?

Mau Dapat Penghasilan Tambahan Cek 7 Pekerjaan Sampingan Ojek Online 04

[Baca Juga: FinStory Ojek Online Ep 01: Tak Semudah Itu FERGUSO]

 

Terkadang, menjadi kurir suruhan dapat upah yang jauh lebih besar.

Cobalah untuk menawarkan jasa tersebut misalnya dengan menjadi kurir katering tetangga, kurir laundry, dan lain sebagainya. Pasti pendapatanmu akan semakin bertambah.

 

#4 Pemandu Wisata

Pekerjaan yang menuntut untuk berada di jalanan setiap hari secara tidak langsung mengasah kemampuanmu dalam menghafal setiap seluk beluk jalanan.

Belum lagi destinasi pelanggan ke tempat-tempat hiburan atau kuliner membuat kamu jadi tahu beragam tempat menarik di kotamu. Wawasan seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi pemandu wisata.

Mau Dapat Penghasilan Tambahan Cek 7 Pekerjaan Sampingan Ojek Online 05

[Baca Juga: WOW! Sudah Tahu Ada Tabungan Haji GoJek? Begini Infonya!]

 

Kelebihan profesi driver ojek online yang tak kenal jam operasional bisa mendukung ide bisnis kamu yang satu ini.

Kamu bisa menjadi pemandu wisata part time! Syaratnya gampang, yang penting kamu punya pengetahuan luas tentang jalanan dan tempat hiburan menarik di kotamu.

Kamu juga bisa memperdalam pengetahuanmu itu dengan sering browsing di internet. Setelah kamu punya bekal wawasan yang cukup, gunakan media sosialmu dan sesama driver untuk sarana promosi.

Siapa tahu kamu bisa mendapatkan klien turis dan tip kamu dibayar dengan dolar. Jangan lupa belajar bahasa asing dan selalu bersikap ramah untuk daya tarik yang lebih tinggi.

 

#5 Antar Jemput Anak Sekolah

Jam masuk dan pulang sekolah yang sudah pasti dapat mempermudah kamu untuk menjadi ojek pribadi anak sekolah tanpa meninggalkan pekerjaanmu sebagai driver ojek online.

Kamu cukup mengantarkan anak tersebut di pagi hari saat berangkat ke sekolah dan menjemputnya kembali saat jam pulang sekolah tiba.

Mau Dapat Penghasilan Tambahan Cek 7 Pekerjaan Sampingan Ojek Online 06

[Baca Juga: Siap-siap! Minggu Depan Tarif Ojek Online Kesukaanmu Naik!] 

 

Di sela waktu tersebut kamu bisa tetap mencari penumpang lewat aplikasi.

Kelebihan antar jemput anak sekolah adalah penghasilan yang pasti. Biasanya, orang tua sang anak akan mengupah kamu per bulan dengan jumlah yang sudah ditentukan berdasarkan kesepakatan awal. Setidaknya kamu tenang karena punya penghasilan tambahan yang pasti.

 

#6 Online Shop

Sekarang zamannya serba online termasuk dalam berbelanja barang kebutuhan. Karena potensi keuntungan dari bisnis online lumayan besar dan dapat dilakukan di mana saja, tak ada salahnya kamu ikut mencoba.

Kamu cukup memiliki media sosial seperti Instagram, Facebook, atau aplikasi jualan lainnya lalu mengupload barang-barang jualan kamu di sana.

Komunikasi dan transaksi online shop kamu dapat berlangsung 24 jam bahkan saat kamu masih melakukan pekerjaanmu sebagai driver ojek online.

Mau Dapat Penghasilan Tambahan Cek 7 Pekerjaan Sampingan Ojek Online 07

[Baca Juga: Gojek Gandeng Boy Thohir Jadi Komisaris, Kok Bisa?]

 

Gunakan hobi kamu untuk mendukung pekerjaan yang satu ini. Misalnya saja kalau kamu suka memasak, kamu bisa membuka preorder untuk menjual masakan kamu secara online.

Kalau masih bingung produk apa yang harus kamu buat, kamu bisa mencoba untuk menjadi reseller. Caranya adalah bekerjasama dengan seller pertama untuk membantu menjual produknya melalui media sosial kamu, tentunya dengan harga yang lebih tinggi.

Mau Dapat Penghasilan Tambahan Cek 7 Pekerjaan Sampingan Ojek Online 08

[Baca Juga: Diskon Ojek Online akan Dihapus! Mengapa Bisa Terjadi?]

Setiap seller akan memberlakukan ketentuan yang berbeda-beda, maka pastikan kamu bekerjasama dengan seller yang memiliki potensi keuntungan paling besar dan tentunya barang jualan yang berkualitas.

 

#7 Tukang Pijat

Kata siapa keahlianmu memijat akan jadi sia-sia? Sebagai sesama driver ojek online, badan rasanya akan sangat pegal karena berkendara seharian. Ini kesempatanmu untuk mencari penghasilan tambahan kecil-kecilan!

Tawarkan jasa pijatmu kepada teman-teman driver dengan harga yang bersahabat. Penghasilan dari memijat ini bisa menggantikan biaya makan siangmu. Lumayan kan?

 

Manfaatkan Kesempatan dengan Mulai Bekerja Sampingan

Ternyata banyak pekerjaan lain yang dapat dilakukan selain hanya menjadi driver ojek online. Apa salahnya mencoba kalau memang bisa membantu perekonomian kamu atau sekedar membantu kamu untuk menabung lebih banyak setiap bulannya.

Yuk kerja sedikit lebih keras untuk hidup yang lebih baik. Jadi, kapan mau mulai kerja sampingan?

Jangan lupa catat semua pemasukanmu dengan aplikasi Finansialku. Download aplikasinya di Google Play dan App Store!

 

Sekarang kamu tahu ternyata ojek online juga bisa punya pekerjaan sampingan alias part time job.

Semoga artikel ini dapat menginspirasi kamu untuk ikut mencoba salah satu tipe pekerjaan sampingan di atas. Ada tanggapan? Tulis di kolom komentar ya!

 

Sumber Referensi:

  • Okky Budi. 3 Juli 2019. Pendapatan Gak Menentu? Ini 6 Kerja Sampingan yang Cocok buat Ojol. Lifeppal.com – http://bit.ly/37sqdOB

 

Sumber Gambar:

  • Pekerjaan 01 – http://bit.ly/2HqhiCr
  • Pekerjaan 02 – https://bit.ly/39S0nFt
  • Pekerjaan 03 – https://bit.ly/3aTPmUh
  • Pekerjaan 04 – https://bit.ly/38T9uEG
  • Pekerjaan 05 – https://bit.ly/39WwAMc
  • Pekerjaan 06 – https://bit.ly/2TPh279
  • Pekerjaan 07 – https://bit.ly/2QifbWq
  • Pekerjaan 08 – https://bit.ly/2W8n1FM
  • Pekerjaan 09 – https://bit.ly/38U4cIV

About the Author:

Aguina Serana, S.I.Kom.
Aguina Serana memiliki background pendidikan S1 di jurusan Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Memiliki pengalaman di bidang Public Relations, Tenancy Relations, Event Management, dan Entertainment dengan ketertarikan di bidang PR dan Marketing Communication.

Leave A Comment