Intip beberapa pemimpin hebat yang menginspirasi dan mengubah dunia, serta pastinya akan memotivasi Anda untuk menjadi orang hebat berikutnya!

Para pemimpin hebat memang dipercaya mampu memberikan inspirasi dan pengaruh bagi orang-orang di sekitarnya. 10 pemimpin hebat yang menginspirasi dengan aktivitas kepemimpinan mereka yang mengubah dunia.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pemimpin Hebat yang Menginspirasi & Mengubah Dunia

Dalam segala lini, baik dari segi bisnis, filantropi, hingga seni, ini dia para pria dan wanita yang telah memberikan inspirasi melalui kepemimpinan mereka yang bahkan mengubahkan dunia sehingga membuat orang lain ingin melakukan hal yang sama seperti mereka.

Berikut daftar 10 pemimpin hebat yang menjadi inspirasi bagi banyak orang dan berkontribusi dalam perubahan corak dunia ke arah yang semakin lebih baik.   

 

Pemimpin Hebat yang Menginspirasi #1 Bill & Melinda Gates

Sang pendiri Microsoft bersama sang istri, Melinda Gates merupakan pasangan pemimpin hebat sekaligus memiliki empati yang mendalam terhadap sosial dan kemanusiaan.

Melalui Bill & Melinda Gates Foundation, mereka memiliki kesatuan hati untuk merubah dunia menjadi lebih baik.

Dari Januari 1995 hingga akhir 2017, filantropi ternama ini (bersama dengan yayasan keluarga Gates sebelumnya yang digabungkan dalam Bill & Melinda Gates Foundation pada tahun 2000) telah mengerahkan dana yang luar biasa fantastis, hampir menembus US$45,5 miliar.

Daftar 10 Pemimpin Hebat yang Menginspirasi & Mengubah Dunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Dana Darurat: Tips Agar Anda Tidak Perlu Menambah Hutang Baru dan Cepat Melunasi Hutang Lama]

 

Pendanaan itu telah diluncurkan, dan kemudian secara terus-menerus mendukung aksi kesehatan global melalui berbagai kemitraan-kemitraan publik-swasta bertaraf internasional

Aksi yang paling sukses yang pernah dibentuk adalah GAVI – sebuah gerakan sosial kesehatan yang telah membantu negara-negara berkembang mengimunisasi 700 juta anak-anak dari penyakit yang dapat dicegah.

Berikutnya adalah Dana Global untuk Memerangi AIDS, Tuberkulosis dan Malaria.

Dampak kepemimpinan Bill dan Melinda Gates tidak hanya terletak pada setiap besaran uang yang mereka gelontorkan untuk berbagai aksi kemanusiaan.

Warren Buffet sempat memberikan pernyataan tentang Bill dan Melinda Gates bahwa pasangan ini memang memiliki efek ganda saat mereka bersinergi bersama. Mereka bertindak dalam satu kesatuan tujuan dan dengan perbedaan gaya.

 

Pemimpin Hebat yang Menginspirasi #2 Jacinda Ardern

Jacinda Kate Laurell Ardern adalah seorang politikus dari Partai Buruh Selandia Baru, yang kini menjabat sebagai Perdana Menteri Selandia Baru.

Jacinda Ardern merupakan perdana menteri termuda dalam 150 tahun terbentuknya Negara Selandia Baru, sekaligus menjadi pemimpin wanita termuda di dunia.

Wanita ini telah menunjukkan kepada dunia sebagai seorang pemimpin yang cekatan, punya rasa empatik mendalam dan dengan rendah hati memimpin Selandia Baru melalui serangan teror terburuk dalam sejarahnya, setelah 50 orang tewas di dua masjid di Christchurch silam.

Daftar 10 Pemimpin Hebat yang Menginspirasi & Mengubah Dunia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Liburan Menyenangkan dan Tidak Khawatir Mengenai Keuangan (Lihat Checklist-nya)]

 

Ia menghimpun orang-orang melalui propaganda “Kami adalah satu” dan menyalurkan rasa belasungkawa mendalam kepada komunitas Muslim melalui pidato pembukaannya yang diawali dengan salam Arab.

Melalui pidatonya, ia tetap menjaga ketulusan hati untuk tidak menyebutkan nama pihak teroris yang menyerang, tidak menyerukan seruan kebencian pada pihak tertentu namun tetap menolak segala tindak kekerasan.

Nampaknya, para pemimpin masa depan dapat mencari Jacinda Kate Laurell Ardern untuk kelas master tentang bagaimana membimbing suatu negara melalui krisis.

 

Pemimpin Hebat yang Menginspirasi #3 Robert Mueller

Robert Swan Mueller III adalah seorang pengacara Amerika dan pejabat pemerintah yang menjabat sebagai Direktur keenam dari Biro Investigasi Federal (FBI) dari tahun 2001 hingga 2013.

Pada bulan Juli 2001, Presiden Bush menominasikan Robert Swan Mueller untuk menggantikan Direktur FBI yang akan keluar, Louis Freeh.

Dengan suara bulat disetujui oleh Senat, Robert Swan Mueller secara resmi mengambil jabatannya sebagai direktur FBI keenam pada tanggal 4 September 2001, hanya satu minggu sebelum serangan teroris 11 September.

Daftar 10 Pemimpin Hebat yang Menginspirasi & Mengubah Dunia 04 - Finansialku

[Baca Juga: 24% Penyebab Perceraian di Indonesia adalah Masalah Keuangan Keluarga, Bagaimana Solusinya?]

 

Pada bulan-bulan berikutnya, Robert Swan Mueller mengakui bahwa serangan itu mungkin dapat dicegah seandainya markas FBI menindaklanjuti tip dari kantor lapangan.

Dia kemudian mengatur tentang reorganisasi biro secara dramatis, untuk memerangi kejahatan dengan cara meng-install operasi global berteknologi tinggi yang dirancang untuk mencegah ancaman teroris.

Robert Swan Mueller melakukan tugas tanpa pamrih dengan penuh martabat, integritas tinggi , kemauan untuk mengorbankan reputasinya sendiri untuk suatu tujuan, dan komitmen yang teguh pada aturan hukum.

Dia membuktikan institusi negara masih bekerja, bahkan dalam menghadapi kekacauan politik yang belum pernah terjadi sebelumnya. Usaha dan dedikasinya terhadap negara sangatlah tinggi bagi negara.

 

Pemimpin Hebat yang Menginspirasi #4 Ma Huateng / Pony Ma

Ma Huateng (juga dikenal sebagai Pony Ma) mengepalai raksasa internet China Tencent Holdings, yang berada di peringkat di antara bisnis terbesar negara berdasarkan kapitalisasi pasar.

Pony Ma mendirikan Tencent pada tahun 1998. Aplikasi pesan sosial populer Tencent, WeChat, memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.

Tencent juga mendaftarkan anak perusahaan streaming musiknya, Tencent Music, di New York Stock Exchange pada bulan Desember 2018.

Daftar 10 Pemimpin Hebat yang Menginspirasi & Mengubah Dunia 05 - Finansialku

[Baca Juga: Masalah: Besar Pasak Daripada Tiang Keuangan Keluarga, Solusi: Berat Sama Dipikul Ringan Sama Dijinjing]

 

Berbeda dengan rivalnya di Alibaba, Pony Ma memiliki gaya low-profile yang sesuai dengan latar belakang tekniknya. Dibandingkan dengan orang lain di kancah teknologi Cina yang riuh, Pony Ma selalu bersikap rendah hati.

Pengaruhnya telah meng-global berkat WeChat, layanan pesan instan Tencent yang beranggotakan miliaran orang.

WeChat adalah contoh model super-aplikasi, sebuah aplikasi interface tunggal dimana pengguna dapat membayar tagihan, memesan makanan, bermain game, dan berbagai fitur layanan yang sangat bermanfaat lainnya.

Bahkan saingannya, termasuk Facebook, sekarang beradaptasi untuk meniru kesuksesan Pony Ma.

 

Pemimpin Hebat yang Menginspirasi #5 Satya Nadella

Satya Nadella adalah seorang insinyur dan eksekutif bisnis Amerika – India. Dia saat ini menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Microsoft, menggantikan Steve Ballmer pada tahun 2014.

Sebelum menjadi chief executive, ia adalah Executive Vice President dari Cloud and Enterprise Group Microsoft, yang bertanggung jawab untuk membangun dan menjalankan platform komputasi perusahaan.

Daftar 10 Pemimpin Hebat yang Menginspirasi & Mengubah Dunia 06 - Finansialku

[Baca Juga: Mewaspadai 3 Masalah Psikologis yang Dapat Merusak Aktivitas Trading Anda dan Diri Anda]

 

Di bawah Satya Nadella, Microsoft telah menghasilkan pertumbuhan yang luar biasa dari bisnis baru seperti platform cloud Azure-nya.

Satya Nadella baru-baru ini menunjukkan bahwa ia dapat mengutamakan prinsip-prinsip saat menavigasi keresahan karyawan, saat ia menyetujui kontrak untuk memasok headset augmented reality kepada Angkatan Darat Amerika Serikat.

Dia berpendapat bahwa Microsoft tidak seharusnya menahan teknologi dari institusi yang melindungi demokrasi negaranya.

 

Pemimpin Hebat yang Menginspirasi #6 Greta Thunberg

Greta Thunberg adalah aktivis iklim asal Swedia, yang banyak disorot karena telah menginspirasi gerakan global tanpa kekerasan melalui lobi politik, protes jalanan, dan pilihan gaya hidup individu untuk mengurangi perubahan iklim akibat pemanasan global.

Pada bulan Agustus 2018, ketika Greta Thunberg berusia 15 tahun, dia mulai menghabiskan hari-hari sekolahnya di luar parlemen Swedia menyerukan aksi perubahan iklim global dengan berani.

Daftar 10 Pemimpin Hebat yang Menginspirasi & Mengubah Dunia 07 - Finansialku

[Baca Juga: HR: Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan]

 

Siswa lain segera terinspirasi dan melakukan protes serupa melalui komunitas mereka sendiri. Selain itu, mereka juga bersama-sama mengorganisir gerakan pemogokan iklim sekolah, dengan nama Fridays for Future.

Greta Thunberg berpidato di Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2018, gerakan ini dengan cepat menyebar, dengan pemogokan lokal mingguan terjadi di seluruh dunia, dan setidaknya dua protes multi-kota terkoordinasi yang melibatkan lebih dari satu juta peserta.

Greta Thunberg juga melakukan pidatonya melalui World Economic Forum dan membuat para pendengarnya cemas akan perubahan iklim global yang akan mengancam generasi selanjutnya.

Pada bulan September, ia mulai bolos sekolah pada hari Jumat sehingga ia dapat memprotes kelambanan pemerintah tentang perubahan iklim di Parlemen Swedia di Stockholm.

Dari gerakan yang ia pimpin, Greta Thunberg mampu menghimpun setidaknya 1.700 orang yang sebagian besar adalah kaum muda.

Gerakan protes itu juga mengumpulkan dukungan para pemimpin dari Selandia Baru, Jacinda Ardern kepada Walikota Paris Anne Hildalgo — dan memberinya Hadiah Nobel Perdamaian.

Gerakan Iklim dari Greta Thunberg adalah kontribusi besar bagi perdamaian.

 

Pemimpin Hebat yang Menginspirasi #7 Margrethe Vestager

Margrethe Vestager adalah politisi Denmark yang menjabat sebagai European Commissioner for Competition sejak 2014.

Dia sebelumnya menjabat sebagai anggota Folketing sejak 20 November 2001 hingga 2 September 2014, mewakili Partai Liberal Sosial Denmark (Radikale Venstre).

Margrethe Vestager adalah pemimpin politik partainya dari tahun 2007 hingga 2014, sekaligus menjabat sebagai Menteri Urusan Ekonomi dan Dalam Negeri dari tahun 2011 hingga 2014.

Daftar 10 Pemimpin Hebat yang Menginspirasi & Mengubah Dunia 08 - Finansialku

[Baca Juga: 12 Cara Menghindari Stress akibat Masalah Keuangan bagi Anda yang Single Parents]

 

Berikut ini beberapa tanggung jawab besar yang menjadi tugasnya:

  • Memobilisasi alat kebijakan persaingan dan keahlian pasar untuk berkontribusi, jika sesuai, alat kebijakan tersebut akan menciptakan lapangan kerja dan menuntun pada pertumbuhan.
  • Mengembangkan pendekatan ekonomi dan hukum untuk menilai masalah persaingan dan memantau pasar.
  • Secara efektif menegakkan aturan persaingan di bidang antimonopoli, kartel, merger, dan bantuan negara.
  • Memperkuat reputasi Komisi di seluruh dunia dan mempromosikan kerja sama internasional dalam masalah persaingan.

 

#8 Anna Nimiriano

Anna Nimiriano Nunu Siya, adalah Pendiri dan Pemimpin Redaksi Monitor Juba – surat kabar harian terkemuka di Sudan Selatan. Sebelumnya, Anna Nimiriano bekerja sebagai Managing Editor untuk Monitor Khartoum yang sekarang sudah tidak ada.

Sebagai anggota Forum Editor Nasional (NEF), Anna Nimiriano mewakili media selama Forum Perjanjian Perdamaian Revitalisasi tingkat tinggi di Sudan Selatan.

Di tahun 2019, ia menerima penghargaan berupa Afrika Award Laureate for the Women in News Editorial Leadership Awards dan sebelumnya telah menerima beberapa penghargaan di Khartoum dan Sudan Selatan.

Daftar 10 Pemimpin Hebat yang Menginspirasi & Mengubah Dunia 09 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Cerita Orang Sukses, Kaya dari Masalah Orang Lain dan Jadi Solusi untuk Orang Lain]

 

Sudan Selatan telah terhilang selama lima tahun dan diperkirakan 383.000 jiwa menjadi korban perang saudara, serta tantangan untuk mengatakan kebenaran pada kekuasaan melalui surat kabar Nimiriano.

Tidak hanya surat kabar yang ia kelola akan ditutup, tapi juga nyawanya dalam bahaya.

Ketika pasukan keamanan menyeret seorang rekannya ke penjara dan menyuruhnya untuk menutup surat kabar Monitor Juba, Anna Nimiriano membujuk mereka untuk membebaskan rekannya dan membiarkan dia menerbitkan berita tersebut.

 

#9 José Andrés

José Ramón Andrés Puerta adalah koki Spanyol – Amerika yang dikenal sebagai seorang koki yang membawa konsep makan piring kecil ke Amerika.

Dia memiliki restoran di Washington, D.C., Los Angeles, Las Vegas, Pantai Selatan – Florida, Orlando, New York City, dan Frisco – Texas.

José Ramón Andrés adalah pendiri World Central Kitchen, sebuah organisasi nirlaba yang menyediakan makanan pasca bencana alam. Dia dianugerahi Medali Humaniora Nasional 2015 pada upacara Gedung Putih tahun 2016.

José Andrés adalah salah satu pendukung gastronomi Spanyol paling aktif.

Daftar 10 Pemimpin Hebat yang Menginspirasi & Mengubah Dunia 10 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Menabung Usia 20 an yang Ga Bakal Lupa, Pasti Bisa Nabung, Terbukti 99% Berhasil]

 

Spanyol dan budaya kulinernya sekarang lebih akrab bagi masyarakat Amerika Serikat berkat upaya dan tekad José Ramón Andrés.

Dia tidak pernah berhenti bekerja, menyusun proyek-proyek baru dan mengimplementasikannya dengan tujuan utama untuk membawa kualitas, rasa dan semangat masakan tradisional Spanyol.

Pada bulan Maret, koki José Andrés turun ke Manhattan untuk mempersiapkan peluncuran tambahan baru restorannya di aula makanan Spanyol seluas 35.000 kaki persegi di kompleks Hudson Yards yang baru.

Di sini, bersama dengan para koki di daftar kelas-A lainnya seperti Laundry Prancis, Thomas Keller and David Chang, Momofuku, David Chang – konsep kuliner José Andrés di New York City akan memenuhi pengunjung dengan daging dan keju yang diawetkan, tapas dan paella, dan selusin sherry pilihan.

 

#10 Doug McMillon dan Lisa Woods

Biaya perawatan kesehatan di Amerika Serikat telah mencapai tingkat tinggi — pengeluaran mencapai USD$3,7 triliun pada 2018 — dan pengeluaran itu terus naik, membebani pasien dan pengusaha yang membantu membayar tagihan.

Sebagai perusahaan terbesar di Amerika Serikat, Walmart merasa perlu untuk berkontribusi dalam hal ini. Keadaan itulah yang telah membuat Doug McMillon dan Lisa Woods berinovasi untuk melakukan perawatan kesehatan dengan lebih baik.

Daftar 10 Pemimpin Hebat yang Menginspirasi & Mengubah Dunia 11 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pemimpin dan Pemilik Bisnis, Ini 7 Langkah Cara Coaching ala Dale Carnegie]

 

Bagi perusahaan yang memiliki 1,1 juta karyawan dan keluarga besar yang berdomisili di Amerika Serikat, Doug McMillon dan Lisa Woods meluncurkan program Centres of Excellence (COE) pada 2013, yang memungkinkan para pekerja untuk melakukan perjalanan ke setiap rumah sakit yang dikontrak Walmart dengan prosedur-prosedur tertentu.

Perusahaan merasa layak untuk membayar tagihan kesehatan mereka. Lebih dari setengah karyawan yang dirujuk oleh dokter setempat untuk menjalani operasi tulang belakang,

Bagi yang melakukannya, operasi di COE mengurangi pengeluaran sebesar 95%. Walmart mendapati bahwa karyawan yang dirawat di COE juga pulih lebih cepat, kembali bekerja tiga minggu lebih awal dari yang seharusnya.

Walmart kini telah memperluas model COE hampir ke setiap jenis perawatan. Model ini menjadi blue print yang mulai ditiru oleh orang lain dan yang mungkin mengguncang sistem perawatan kesehatan negara yang masih belum berfungsi.

 

Terinspirasi dari kisah para pemimpin hebat di atas? Jangan biarkan inspirasinya berhenti pada Anda!

Bagikan artikel bermanfaat ini pada grup pertemanan Anda dan jadilah pemimpin-pemimpin yang mengubah dunia!

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Fortune. World’s 50 Greatest Leaders. Fortune.com – https://bit.ly/2Y2Ln5a

 

Sumber Gambar:

  • Pemimpin Hebat yang Menginspirasi – http://bit.ly/2lZtSBp
  • Bill & Melinda Gates – http://bit.ly/2lD1IvB
  • Jacinda Ardern – http://bit.ly/2lRsL6z
  • Robert Mueller – http://bit.ly/2ksXYwx
  • Ma Huateng – http://bit.ly/2lYAQXj
  • Satya Nadella – http://bit.ly/2lCkwuV
  • Greta Thunberg – http://bit.ly/2k1Mi3O
  • Margrethe Vestager – http://bit.ly/2ktEurN
  • Anna Nimiriano – http://bit.ly/2lTOTgE
  • José Andrés – http://bit.ly/2lCkyD3
  • Doug McMillan dan Lisa Woods – http://bit.ly/2k3k0Gc