Sebagian orang ingin pensiun dini dengan beberapa alasan. Sebelum memutuskannya, ketahui dulu apa saja aturan dan strategi pensiun dini.

Jangan lupa juga ulasan tentang hak pensiun dini dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Fenomena Pensiun Dini dan Perencanaannya

Jika ada tawaran untuk pensiun dini dari tempat kerja Anda, sebaiknya bukan keputusan yang dibuat beberapa menit saja untuk dipilih.

Ada beberapa hal yang sangat perlu dipertimbangkan dalam membuat keputusan akan pensiun di waktu yang lebih cepat dari seharusnya.

Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut Anda akan bersikap lebih mantap dengan apa saja yang ada di depannya nanti. Anda akan menjadi pensiunan yang lebih siap atas segala hal.

 

Apa Saja yang Harus Diketahui Tentang Pensiun Dini?

Sebelum masuk ke bagaimana peraturannya dan strateginya, Anda harus tahu dulu hal hal lain yang sifatnya lebih mendasar.

Setelah cukup kenal dengan jenis pensiun ini, barulah Anda bisa membuat keputusan dan belajar bagaimana strateginya berdasarkan peraturannya.

 

#1 Definisi Pensiun Dini Secara Etimologis

Prosedur ini merupakan pemberhentian masa kerja seseorang di perusahaan atau instansi dengan waktu yang lebih cepat dari semestinya. Itulah mengapa disebut sebagai ‘dini’ yaitu untuk mendapatkan masa pensiun dengan waktu yang lebih dini.

Ingin Pensiun Dini Sudah Tahu Peraturan dan Strateginya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kalau Anda Punya Ini, Anda Punya Alasan Tepat untuk Pensiun Dini]

 

#2 Rencana Perusahaan

Sebenarnya tidak melulu karyawan yang harus ajukan pensiun ini, perusahaan pun boleh-boleh saja menawarkan pensiun ini pada siapa saja karyawannya yang memang mau.

Jika demikian, perusahaan akan mengatur keuangan sehingga karyawannya mau pensiun lebih dini dan perusahaan pun dapatkan keuntungan.

 

#3 Peraturan yang Mendasarinya

Bukan sembarang ‘lebih dini’, karyawan harus bekerja minimal selama 20 tahun di perusahaan untuk bisa dapatkan pensiun ini. Peserta juga harus berusia minimal 45 tahun.

Harus ada persetujuan antara perusahaan dengan karyawan sebagai peraturan selanjutnya. Juga ada pesangon pensiun atau gaji pensiun yang diberikan, apakah itu gaji atau pesangon ditentukan oleh perusahaan yang bersangkutan.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

4 Ebook Panduan Sukses Mengatur Gaji Ala Karyawan

 

#4 Kerugian

Terancam kehilangan pemasukan yang banyak, bosan dengan keseharian, dan meningkatnya probabilitas rentan masalah keuangan adalah kerugian yang harus dihadapi.

 

#5 Keuntungan

Jelas pensiun dini ada keuntungannya, seperti misalnya Anda bisa mendapatkan lebih banyak waktu bersama keluarga, bisa fokus ke hobi, hingga keleluasaan dalam membuka usaha atau bisnis karena memang menjadi salah satu strategi.

 

#6 Langkah yang Dilakukan

Pensiun dini karyawan swasta sangat disarankan untuk mengambil langkah berupa menambah wawasan dan skill. Latihan berbisnis juga disarankan supaya tetap memiliki kesibukan dan tentunya pemasukan di masa pensiun nanti.

Langkah yang tak kalah penting adalah untuk memahami hak pensiun. Akan sayang bila seorang karyawan yang sudah mengabdikan dirinya untuk perusahaan namun tidak tahu apa yang menjadi haknya.

 

#7 Strategi yang Harus Dilakukan

Strategi yang disarankan hampir serupa dengan langkah yang dilakukan.

Anda bisa mengambil strategi berupa menghitung total biaya hidup supaya bisa mendistribusikan gaji pensiun atau pesangon dengan baik, menghitung total utang dan melunasinya, serta belajar mengelola pesangon dengan baik.

Pastikan Anda tidak gegabah dalam mengambil keputusan yang menyangkut pengeluaran uang, sebab ingat, penghasilan Anda tidak sama lagi seperti dahulu.

Ditambah lagi, sebesar apapun pesangon bisa ludes dalam waktu yang singkat jika anda tidak hati-hati.

Ingin Pensiun Dini Sudah Tahu Peraturan dan Strateginya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kapan Saya Bisa Pensiun Dini? Cari Tahu Jawabannya Disini!]

 

Putuskan Pensiun dengan Perencanaan Matang

Setelah cukup kenal dengan jenis pensiun ini, Anda sudah bisa membuat keputusan lebih matang daripada sebelumnya.

Ada kerugian dan keuntungan menjalani pensiun ini, terlepas apakah pensiun ini ditawarkan oleh perusahaan atau Anda sendiri yang mengajukan.

Jika Anda merasa bisa melalui semua itu atau siap dengan segala langkah dan strateginya, maka keputusan yang tepat sudah ada di benak Anda.

Untuk menambah keyakinan Anda menyiapkan pensiun, Anda dapat melakukan konsultasi perencanaan hari tua dengan ahli keuangan Finansialku melalui website resmi atau melalui aplikasi Finansialku.

Tidak hanya konsultasi, Anda juga bisa mengatur keuangan, mencatat keuangan, dan melakukan pembelian produk keuangan. Untuk mendapatkan aplikasinya, download gratis di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Apakah setelah membaca artikel ini ada beberapa tambahan rencana pensiun Anda? Segera bagikan informasi penting di atas pada sesama karyawan yang ingin mengajukan pensiun, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Bivisyani Questibrilia 27 Oktober 2019. 7 Langkah Merencanakan Pensiun Dini dengan Baik. Jojonomic.com – https://bit.ly/33CEN7m
  • Noviyanto. Strategi Untuk Pensiun Dini di Bawah 40 Tahun. Koinworks.com – https://bit.ly/2SFLMpD
  • Admin. 4 September 2019. Pensiun Dini Menurut Undang-Undang ASN. Bkpsdm.baritoselatankab.go.id – https://bit.ly/3loSr4e
  • Admin. 24 Maret 2020. Terpikir Pensiun Dini? Simak Tips dan Untung Ruginya, Yuk! Linovhr.com – https://bit.ly/30XZglx
  • Sovia Hasanah. 11 September 2017. Aturan tentang Batasan Usia Pensiun Dini PNS. Hukumonline.com – https://bit.ly/3d7uZpd

 

Sumber Gambar:

  • Pensiun 1 – https://bit.ly/30J6dGG
  • Pensiun 2 – https://bit.ly/30EQCrI