Bagaimana Peran Fintech Indonesia Bisa Mengubah Bisnis dan Konsumen Anda?

Sudahkah Anda mengenal Fintech dan peran Fintech di dalam bisnis Indonesia?

Fintech memang kerap berkembang dewasa ini, dan sebagai pebisnis Anda juga perlu mengenalnya lebih dalam.

Jika Anda juga penasaran dengan perkembangan ini, tengok informasi terbaru mengenai perkembangan Fintech di Indonesia berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Financial Technology (Fintech)

Fintech merupakan singkatan dari financial technology dan bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses produk-produk keuangan, mempermudah transaksi dan juga meningkatkan literasi keuangan

Dilansir dari Wikipedia, Fintech merupakan teknologi dan inovasi baru dengan tujuan bersaing dengan layanan keuangan tradisional dan mempermudah akses masyarakat pada layanan tersebut.

National Digital Research Centre di Dublin, Irlandia mendefinisikan financial technology atau Fintech sebagai innovation in financial services atau inovasi dalam layanan keuangan.

Merujuk pada Cekindo, Fintech menjadi suatu fenomena keadaan dimana teknologi dan keuangan (finansial) beradu.

Bagaimana Peran Fintech Indonesia Bisa Mengubah Bisnis dan Konsumen Anda 02 -Finansialku

[Baca Juga: Marak Bermunculan Fintech, Bank Indonesia Buatkan Regulasi Fintech]

 

Namun seiring perkembangannya, Fintech kini lebih menonjol daripada sistem keuangan tradisional, dengan investasi di dalamnya mencapai US$12 miliar pada awal tahun 2015. Nilai ini diperkirakan terus naik meninjau grafik perkembangan industri Fintech yang cenderung naik.

Dengan semakin berkembangnya industri ini, Anda sebagai seorang pebisnis tentunya bertanya-tanya: Apa itu Fintech? Apa kehebatannya sampai bisa mengguncang dunia bisnis? Mengapa bisnis ini terus berkembang?

Jika memang Anda belum mengenal industri tersebut, ada baiknya Anda mengenal Fintech untuk tetap mengembangkan bisnis Anda.

Bersama Finansialku, mari kita simak bersama serba serbi Fintech serta pernah Fintech yang bisa mengubah bisnis dan konsumen Anda di Indonesia yang mengguncang dunia bisnis.

Bagaimana Fintech Mengubah Bisnis Anda?

Pada keuangan tradisional, saat Anda ingin memulai sebuah bisnis dan membutuhkan pinjaman modal, Anda biasanya akan pergi ke bank terdekat untuk mengajukan kredit atau mencari investor tradisional.

Tetapi kini semuanya sudah berubah!

Fintech dengan layanan keuangan seperti crowdfunding, mobile payments, dan jasa transfer uang menyebabkan revolusi dalam bisnis startup.

Fintech membuat pembangunan sebuah bisnis yang dulunya sulit dan berliku menjadi mudah dan praktis.

Jika Anda tidak punya dana, tidak menemukan investor yang tepat, atau jika Anda bahkan tidak punya aset berharga yang bisa dijadikan agunan, kini semua itu TIDAK MASALAH.

Sudah Resmi! Pahami Klasifikasi Fintech Menurut Bank Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Industri Financial Technology (Fintech Indonesia)]

 

Dengan crowdfunding, Anda bisa memperoleh dana dari seluruh dunia dengan mudah, bahkan dari orang yang belum pernah Anda temui sekalipun.

Ini mengubah semuanya dalam pembangunan bisnis, dimana proses yang biasanya butuh berbulan-bulan bisa menjadi satu minggu saja.

Serupa halnya dengan proses pembayaran, bisnis kecil pun kini bisa memiliki sistem pembayaran yang mudah dan praktis. Tidak peduli dimana letak bisnis Anda, di pusat kota atau di pesisir desa, pembayaran kini bisa dilakukan dari mana saja. Terima kasih pada teknologi mobile payments yang memungkinkan pembayaran via kartu debit, kartu kredit, PayPal, dan lainnya.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Meskipun umumnya dikenakan biaya dalam mobile payments ini, tetapi terdapat kelebihan di dalamnya, yakni pihak penjual tidak dikenakan syarat. Berbeda dengan keuangan tradisional, dimana saat seorang penjual mengajukan mesin Electronic Data Capture (EDC), dibutuhkan beberapa syarat sebagai kualifikasinya.

Fintech juga memungkinkan transfer uang secara global atau internasional. Jasa pembayaran seperti PayPal otomatis mengubah kurs mata uang, sehingga Anda yang berada di Amerika bisa membeli barang dari Indonesia dengan mudahnya.

 

Bagaimana Fintech Mengubah Konsumen Anda?

Di samping perannya dalam mengubah bisnis di Indonesia, ternyata Fintech juga memiliki peran penting dalam mengubah perilaku dan ekspektasi konsumen.

Konsumen kini dapat mengakses data dan informasi kapan saja dan dimana saja. Misalnya saja, mereka dapat mencari instrumen investasi sambil menunggu antrian makanan atau saat berada di kendaraan umum.

Mengenal 10 Perusahaan Fintech Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Alasan Pinjaman P2P Lending Dapat Membuat UMKM Lebih Berkembang]

 

Selain itu, konsumen juga kini menyamaratakan bisnis besar dan kecil, sehingga mereka cenderung untuk memiliki ekspektasi tinggi meski terhadap bisnis kecil yang baru dibangun.

Memang kedengarannya tidak adil, namun dengan perkembangan Fintech, seorang konsumen kini berharap untuk bisa melakukan pembayaran dengan mudah, baik di perusahaan kecil dan besar.

Bahkan, konsumen sudah memiliki ekspektasi untuk bisa bertransaksi online menggunakan smartphone-nya baik di retail-retail besar hingga toko kelontong di ujung jalan.

Sudah Resmi! Pahami Klasifikasi Fintech Menurut Bank Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sanggupkah Industri Fintech mengalahkan Industri Perbankan?]

 

Mengapa Industri Fintech Terus Berkembang?

Secara global, industri Fintech terus berkembang dengan pesat. Terbukti dari bermunculannya perusahaan startup di bidang ini serta besarnya investasi global di dalamnya.

Khususnya di Indonesia, bisnis ini berkembang sangat pesat hingga menarik perhatian seluruh pebisnis di Indonesia.

Mengapa ya industri ini begitu digemari di Indonesia? Mari kita simak beberapa alasannya berikut ini:

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#1 Fintech Memudahkan Berbagai Proses dalam Bidang Keuangan

Tak dapat dipungkiri Fintech memberi kemudahan dengan jangkauan luar biasa bagi mereka yang belum terjangkau produk keuangan dari bank.

Selain itu, Fintech juga menyentuh generasi muda yang sudah familiar dengan internet dan memanfaatkan internet dalam segala kebutuhannya. Mengapa tidak? Nyatanya Fintech juga dapat membuat segalanya lebih sederhana dan efisien.

Fintech juga membuka peluang usaha bagi generasi Y yang selalu aktif menyelesaikan masalah. Bila tidak ditemukan solusi, mereka akan membangun usaha startup dengan tujuan menghasilkan solusi bagi masyarakat.

Mengenal 10 Perusahaan Fintech Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Negara yang Akan Menjadi Markas Fintech Asia Pasifik]

 

#2 Perkembangan Teknologi yang Menunjang Fintech

Seiring dengan perkembangan teknologi, muncul sebuah peluang untuk membuat perusahaan berbasis online. Misalnya saja, dalam bidang keuangan.

Karena ada peluang inilah, perusahaan Fintech terus bermunculan dengan misi memenuhi kebutuhan masyarakat untuk melakukan aktivitas keuangan secara online.

 

#3 Terinspirasi Pelaku Bisnis Sebelumnya

Siapa yang tidak tahu perusahaan startup ternama seperti Gojek?

Beberapa perusahaan startup yang sukses layaknya dongeng menjadi kenyataan. Seseorang bisa sukses hanya dalam waktu yang singkat, serta berkembang menjadi perusahaan multinasional.

Marak Bermunculan Fintech, Bank Indonesia Buatkan Regulasi Fintech 02 - Finansialku

[Baca Juga: Penghasilan Tambahan Bulanan dari Hasil Investasi di Peer To Peer Lending (Studi Kasus)]

 

Hal ini menjadi salah satu pendorong para generasi muda untuk juga meraih impiannya melalui industri Fintech. Mengapa Fintech?

Karena Fintech masih tergolong baru, sehingga masih ada peluang tinggi dalam memasukinya dan menjadi sukses di dalamnya.

 

#4 Anggapan Bisnis Fintech yang Fleksibel

Karena baru sedikit peraturan yang melingkupinya, industri Fintech kerap dianggap fleksibel dan tidak kaku dibandingkan dengan bisnis konvensional.

Oleh karena itu, industri ini menjadi lahan yang tepat bagi para pebisnis muda yang ingin menyalurkan kreativitasnya dalam berbisnis.

Aturan OJK Fintech Lending Resmi Dirilis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Finansialku.com Salah Satu Fintech Dengan Pertumbuhan Terbesar Di Indonesia Versi IDC]

 

#5 Penggunaan Teknologi, Software, dan Big Data

Usaha Fintech menggunakan teknologi, software dan big data. Selain itu Fintech juga menggunakan data dari media sosial. Data-data tersebut dapat dijadikan bagian dari analisis risiko.

Demokrasi Layanan Keuangan: Fintech

Fintech menciptakan sebuah demokrasi dalam layanan keuangan, namun juga menjadi tanda bahaya dalam sebuah bisnis.

Tidak peduli jenis, ukuran, cakupan bisnis Anda, Anda harus siap memberikan layanan termudah dan terbaik bagi konsumen. Anda yang gagal memberikannya bisa kalah dalam persaingan dan hancur.

Industri Fintech terus berubah-ubah dengan cepat, dan tentunya Anda sebagai pebisnis perlu mengikuti perkembangannya.

Kami yakin Anda juga bisa tetap menjaga bisnis Anda, asalkan Anda selalu menjadi yang terdepan di bidangnya dan tidak mengenal kegagalan!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai peran Fintech Indonesia yang bisa mengubah bisnis dan konsumen Anda? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Bernard Marr. 10 Februari 2017. The Complete Beginner’s Guide To Fintech In 2017. Forbes.com – https://goo.gl/1aC3qR
  • Cekindo. 2 Juni 2017. Perkembangan Teknologi Finansial (Fintech Di Indonesia. Cekindo.com – https://goo.gl/AGGDwM
  • Funding Societies. 22 Juni 2017. Perkembangan Fintech di Indonesia. Modalku.co.id – https://goo.gl/e76K2Y

 

Sumber Gambar:

  • Peran Fintech – https://goo.gl/F1EFWY
  • Fintech – https://goo.gl/BUv1PW

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download