Bank Permata adalah salah satu bank yang menyediakan berbagai fasilitas transaksi yang mudah, salah satunya adalah Permata Mobile Banking.

Artikel Finansialku kali ini akan memberikan informasi mengenai fitur dan petunjuk untuk mendaftar dan mengaktivasi layanan Permata Mobile Banking. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Permata Mobile Banking

PT Bank Permata Tbk, atau biasa dikenal PermataBank, merupakan salah satu bank swasta yang berasal dari hasil merger 5 (lima) Bank, yaitu PT Bank Bali Tbk, PT Bank Universal Tbk, PT Bank Artamedia, PT Bank Patriot, dan PT Bank Prima Ekspress.

Pada tahun 2002, dan saat ini telah berkembang menjadi sebuah bank swasta utama yang menawarkan produk dan jasa inovatif yang dapat memberikan layanan keuangan menyeluruh secara sederhana, cepat, dan dapat diandalkan.

Bank Permata memberikan fasilitas layanan yang beragam, yaitu:

  • PermataATM
  • PermataMobileX
  • PermataNet
  • PermataEDC
  • PermataTel
  • PermataSMS Navigator
  • Permata Bisnis Payment Point

 

Di dalam Permata Mobile sendiri ternyata dibagi menjadi 3 fitur:

  1. PermataMobile SMART CX
  2. PermataMobile SMS
  3. PermataMobile Kartu Kredit

 

Ketiga layanan ini dapat digunakan hanya dengan melalui ponsel, sambungan internet, dan layanan operator.

Permata Mobile Banking 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Daftar, Aktivasi dan Gunakan BNI Internet Banking Finansialku Lifestyle]

 

Permata Mobile juga menyediakan berbagai fasilitas di dalam aplikasinya, selain fitur layanan Permata Mobile SMART CX, Anda dapat melakukan aplikasi kartu kredit, serta membuka rekening baru.

Melalui aplikasi Permata Mobile, Anda dapat mengetahui informasi keuangan seperti nilai tukar valuta asing.

Anda pun dapat mengetahui promo kerja sama Bank Permata terbaru serta mengetahui cabang ATM dan cabang Bank Permata terdekat.

 

Sebelum membahas lebih jauh, apakah Anda sudah melakukan pencatatan keuangan hari ini? pengeluaran apa saja yang sudah Anda lakukan?

Jika belum, yuk segera catat! Ingat ya, pencatatan keuangan itu sangat penting. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui arus kas keuangan setiap harinya.

Untungnya kini sudah ada aplikasi yang dapat memudahkan Anda untuk mencatat keuangan, seperti aplikasi Finansialku.

Gunakan saja fitur “Transaksi” untuk melakukan pencatatan uang masuk, uang keluar, atau transfer dari rekening yang telah Anda catat sebelumnya.

Caranya sangatlah mudah, yaitu:

  • Buka aplikasi Finansialku kemudian pilih menu “Transaksi”.
  • Klik ikon “+” pada bagian kanan bawah layar.
  • Pilih menu di bagian atas, apakah itu “Uang Keluar”, “Uang Masuk”, atau “Transfer” pada bagian atas “Input Panel”.
  • Masukan data yang diperlukan.
  • Setelah semua terisi, klik ikon ceklis untuk menyimpan pada bagian kanan atas.

 

 

Bagaimana, mudah bukan?

Langsung saja download melalui Goggle Play Store atau registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Selain itu, jangan lupa juga untuk senantiasa melakukan perencanaan keuangan. Dengan melakukannya, Anda akan mengetahui hal apa saja yang dapat Anda rencanakan atau persiapkan secara keuangan untuk saat ini dan masa mendatang.

Jika ingin mempelajarinya lebih dalam, gunakan ebook Finansialku berikut ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Anda akan memperolehnya secara GRATIS tanpa dipungut biaya apapun. Tunggu apalagi? Yuk mulai praktikkan semuanya sejak hari ini.

 

Fitur Layanan Permata Mobile

Permata Mobile menyediakan beragam layanan dan semua fitur ini dapat Anda nikmati hanya dengan smartphone dan koneksi ke internet.

 

#1 Informasi

Dengan Permata Mobile, Anda hanya perlu menggunakan satu klik untuk mengecek seluruh akun atau rekening Anda. Anda dapat mengetahui saldo rekening dan mutasi rekening sampai dengan 90 hari terakhir.

 

#2 Transfer

Dengan Permata Mobile, Anda dapat melakukan transfer hanya dalam waktu 5 detik.

Bukan hanya transfer dana ke sesama rekening Bank Permata, Anda pun dapat melakukan transfer dana secara online ke bank lain yang merupakan anggota jaringan ALTO, ATM Bersama, dan jaringan ATM Prima.

Anda juga dapat melakukan transfer dana ke bank lain via LLG/RTGS (Lalu Lintas Giro/Real Time Gross Settlement).

Dengan fitur Permata Mobile, Anda juga dapat melakukan transfer scheduler, yaitu transfer yang dijalankan pada tanggal yang Anda inginkan.

Anda juga dapat melakukan recurring transfer yaitu transfer yang dijalankan secara berkala dengan periode pilihan Anda (mingguan atau bulanan).

Permata Mobile Banking 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah dan Aman Bertransaksi Dengan Klikbca Individual]

 

#3 Isi Ulang Pulsa

Anda dapat mengisi ulang pulsa untuk smartphone prabayar dan dapat mengisi ulang pulsa internet (paket data). Anda pun dapat mengisi ulang saldo aplikasi Go-jek (Go-Pay) dan saldo aplikasi Grab (Grab Pay).

 

#4 Kartu Kredit

Permata Mobile Kartu Kredit adalah salah satu aplikasi Permata Mobile untuk mengetahui informasi mengenai kartu kredit. Anda dapat mengetahui informasi dasar mengenai kartu kredit, seperti transaksi dan tagihan.

Kemudian, Anda dapat melakukan pengajuan cicilan Simple Pay, pengajuan dana tunai, kenaikan limit sementara, pengajuan kartu kredit tambahan, dan melakukan pendaftaran fitur pembayaran tagihan.

 

#5 Pembayaran

Anda dapat melakukan pembayaran kartu kredit untuk kartu kredit Bank Permata dan seluruh kartu kredit yang terbit di Indonesia.

Selain itu, Anda dapat melakukan pembayaran listrik dan air, Telkom, tagihan pascabayar, asuransi, cicilan, internet, sekuritas dan lainnya.

 

#6 Reservasi Mobile Cash

Fitur layanan ini memungkinkan Anda untuk menarik uang tunai di Permata ATM tanpa menggunakan kartu debit

Cara Registrasi Permatanet 02 Permatanet 2 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Tahu Tentang Rekening Koran? Ketahui Cara Mengajukannya]

 

#7 Fitur Lainnya

Permata Mobile juga menyediakan pilihan Permata Store yang mana Anda dapat berbelanja produk pilihan Bank Permata melalui Permata Store.

Aplikasi perbankan Bank Permata juga menyediakan pilihan reksa dana dan obligasi yang mana Anda dapat melakukan transaksi jual beli reksa dana dan obligasi kapan saja dan di mana saja.

 

#8 Login Tanpa Username dan Password

Permata Mobile memberikan Anda kemudahan bertransaksi dengan login aman dan cepat tanpa perlu mengetik username dan password. Anda dapat menggunakan fingerprint atau Face ID.

Fitur ini dapat digunakan apabila didukung oleh ponsel Anda dan minimum menggunakan software 0S 6.0 untuk Android atau OS 9.0 untuk iPhone.

 

Cara Registrasi Permata MobileX (dengan Internet)

Untuk melakukan registrasi, terdapat beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan, sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Permata Mobile melalui App Store untuk smartphone ios dan melalui Google Play Store untuk smartphone Android.
  2. Ketika Anda memulai aplikasi, Anda akan melihat pilihan “Login”, klik pilihan tersebut.
  3. Pada tampilan muka, Anda akan menemukan pilihan “Pengguna Baru? Register di sini”, klik pilihan tersebut.
  4. Kemudian, Anda akan dibawa kepada halaman Registrasi Permata Mobile Banking. Masukkan nomor rekening Bank Permata dan PIN ATM Anda.
  5. Setelah memasukkan seluruh data, Anda dapat memasukkan nomor telepon yang akan digunakan sebagai token (SMS Token/Mobile Token).
  6. Setelah berhasil, Anda akan dituntun ke halaman Syarat dan Ketentuan, luangkan waktu Anda untuk membaca syarat tersebut. Jika sudah, Anda dapat menyetujui syarat dan ketentuan tersebut dengan mencetang kotak “Setuju”.
  7. Selanjutnya, akan ada halaman Verifikasi Kode Registrasi. Pada tahap ini, Anda akan dikirimkan SMS oleh 63399 ke nomor yang telah didaftar yang berisi kode registrasi. Untuk operator seluler AXIS, Smartfren dan 3 serta nomor asing, Anda akan menerima SMS dari nomor 08158263399 atau 081287663399.
  8. Masukkan kode registrasi pada kotak yang telah disediakan. Jika Anda belum menerima SMS, Anda dapat memilih “Kirim Ulang”.
  9. Selanjutnya, Anda akan menuju ke halaman User Di sini Anda akan memilih User ID dan Password. Perhatikan syarat pemilihan nama dan password yang diminta. Selain itu, Anda juga harus memasukkan email, dan kemudian pilih tombol “Selesai”
  10. Anda pun akan kembali menerima SMS dari operator Bank Permata yang berisikan konfirmasi layanan Permata Mobile dan SMS Token telah aktif.
  11. Setelah Anda selesai memasukkan seluruh data tersebut, maka layanan Permata Mobile akan aktif dan Anda dapat mencoba login dengan masuk ulang ke aplikasi Permata Mobile.

 

Cara Transaksi Permata MobileX

Berikut adalah salah satu contoh cara transaksi menggunakan Permata Mobile Banking (transfer sesama rekening Bank Permata):

  1. Buka Aplikasi Permata Mobile dan lakukan proses log in.
  2. Pilih Menu Transfer.
  3. Kemudian, pilih transfer antar rekening Bank Permata.
  4. Masukkan nomor rekening tujuan, tanggal transfer, dan nominal jumlah biaya yang ingin ditransfer.
  5. Selanjutnya Anda harus mengkonfirmasi nomor rekening, nominal serta tanggal transfer dan pilih “Kofirmasi”.
  6. Kemudian, masukkan token yang dikirimkan oleh operator Bank Permata pada kotak yang telah disediakan dan pilih “Konfirmasi”.
  7. Transaksi Anda selesai, dan Anda dapat memilih pilihan untuk mengecek mutasi rekening atau mendapatkan konfirmasi transaksi via email.

 

 

Transaksi lainnya memiliki tahapan cara yang serupa. Anda hanya perlu memilih pilihan transaksi yang sesuai kemudian memasukkan data yang diminta.

Kemudian Anda mengkonfirmasi transaksi dengan memasukkan token yang telah dikirimkan dengan SMS.

 

Bertransaksi dengan Aman

Pastikan bahwa Anda menjaga kerahasiaan username dan password agar tidak disalahgunakan oleh pihak manapun.

Jika Anda merasa ada transaksi yang mencurigakan, segera buat ulang password Anda dan hubungi PermataTel di 1500111.

 

Apakah Anda memiliki aplikasi Permata Mobile atau aplikasi perbankan lainnya? Apa pendapat Anda mengenai aplikasi tersebut? Bagikan pengalaman Anda bertransaksi melalui smartphone, dan bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Permata MobileX. Permatabank.com – https://goo.gl/nBDCg1

 

Sumber Gambar:

  • Permata Mobile Banking 1 – https://goo.gl/iwmaqZ
  • Permata Mobile Banking 2 – https://goo.gl/Cgwz2s
  • Permata Mobile Banking 3 – https://goo.gl/wqSWHk