Pernikahan menjadi sebuah cita-cita bagi banyak orang, namun pernikahan umumnya diawali dengan acara lamaran. Bagaimana merencanakan persiapan lamaran pernikahan yang sesuai dengan idaman Anda?

Yuk kenali dahulu susunan acara lamaran pernikahan agar Anda tidak salah.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Lamaran: Prosesi Menuju Jenjang Pernikahan

Apakah Anda merasa bahwa pernikahan adalah tujuan hidup dan akhir dari perjalanan mencari pasangan? Namun nyatanya pernikahan barulah awal kehidupan Anda bersama pasangan.

Dan sebelumnya Anda akan melewati berbagai tahapan untuk mencapai jenjang pernikahan itu, dan salah satunya adalah prosesi lamaran pernikahan.

Acara ini tentunya sudah sangat dinanti-nantikan oleh calon pengantin beserta keluarganya.

Pada saat inilah, pihak keluarga pria secara resmi meminang sang mempelai wanita untuk memasuki jenjang pernikahan.

Biasanya, acara lamaran dilakukan sekitar tiga hingga enam bulan sebelum hari pernikahan diadakan.

5+ Inspirasi dan Harga Dekorasi Lamaran yang Minim Bujet 04

 

[Baca Juga: Menghadiri Pernikahan di Luar Kota dengan Anggaran Terbatas]

 

Prosesi lamaran ini pun biasanya berbeda-beda, karena umumnya dipengaruhi oleh ragam tradisi pernikahan.

Acara lamaran adat dari setiap suku juga berbeda-beda, dan semuanya memiliki ciri khas tersendiri dari budaya yang diwariskan secara turun menurun.

Perbedaan susunan acara dan bagaimana acara dilakukan sering kali menimbulkan kebingungan ketika menyusun konsep dan susunan acara.

Namun, kabar baiknya adalah ada satu garis besar susunan acara yang dapat diterapkan untuk lamaran dengan adat apa pun. Penasaran bukan?

Finansialku akan menjabarkan susunan acara lamaran pernikahan yang lazim diadakan di Indonesia sebagai berikut ini.

banner -mau lamaran tapi dompet menipis

 

#1 Kedatangan Keluarga Calon Mempelai Pria

Prosesi lamaran pernikahan umumnya dimulai ketika keluarga mempelai pria tiba di rumah mempelai wanita.

Kemudian, pihak mempelai wanita akan menyambut serta mempersilakan keluarga mempelai pria untuk masuk ke dalam rumah atau venue lain di mana acara dilangsungkan.

Umumnya calon mempelai pria umumnya didampingi oleh rombongan keluarga besarnya diiringi dengan hantaran atau seserahan untuk melamar sang mempelai wanita.

 

#2 Acara Pembukaan Lamaran

Setelah keluarga calon mempelai pria hadir, mereka akan diperkenankan masuk. Selanjutnya saat kedua keluarga sudah berada di dalam rumah, prosesi lamaran dibuka dengan kata sambutan oleh pembawa acara.

Sang pembawa acara atau MC menyampaikan ucapan selamat datang serta terima kasih atas kehadiran seluruh pihak disertai dengan doa.


Setelahnya, pembawa acara akan menjelaskan urutan acara lamaran secara singkat. Biasanya, diselipkan juga sedikit nasihat serta cerita singkat tentang asal usul kedua calon mempelai yang akan menikah.

Kemudian, proses pembukaan sampai ke puncaknya saat pembawa acara menanyakan maksud kedatangan keluarga pria ke kediaman keluarga wanita.

5+ Inspirasi dan Harga Dekorasi Lamaran yang Minim Bujet 03

 

[Baca Juga: Mau Menikah Tahun Ini? Ketahui 10 Tips Memilih Wedding Organizer dan Vendor Pernikahan]

 

#3 Pernyataan Tujuan Keluarga Calon Mempelai Pria

Setelah acara pembukaan selesai, maka inti acara lamaran itu sendiri akan dimulai.

Biasanya menyambut pertanyaan sang pembawa acara, dimana keluarga calon mempelai pria akan mengutarakan maksud kedatangan mereka, yaitu untuk melamar sang mempelai wanita.

Pernyataan ini umumnya dilengkapi dengan pertanyaan kepada keluarga calon mempelai wanita mengenai kesediaan sang mempelai wanita untuk menikahi mempelai pria.

728x90 Buat rencana sekarang 2 Pre Wedding
300x250 - Buat Rencana Sekarang 2 Pre Wedding

 

#4 Penyampaian Jawaban dari Keluarga Calon Mempelai Wanita

Pernyataan dari keluarga mempelai pria kemudian akan diterima oleh keluarga calon mempelai wanita dan disambut dengan jawaban dari perwakilan keluarga wanita.

Apabila lamaran tersebut diterima, pihak keluarga wanita akan memberikan jawaban yang menyambut baik rencana pernikahan antara kedua mempelai.

 

#5 Pemberian Seserahan Kepada Keluarga Calon Mempelai Wanita

Ketika lamaran keluarga calon mempelai pria telah diterima sepenuhnya oleh keluarga calon mempelai wanita, umumnya prosesi dilanjutkan dengan pemberian seserahan.

Ibu dari calon mempelai pria akan memberikan seserahan atau peningset kepada ibu calon mempelai wanita.

Seserahan tersebut memiliki makna simbolis sebagai tanda keseriusan pihak keluarga pria dalam meminang calon mempelai wanita.

Sesuai kesepakatan antara kedua keluarga, seserahan tersebut biasanya diikuti oleh rangkaian hantaran lainnya yang berisi makanan dan kebutuhan sehari-hari sang mempelai wanita.

Susunan Lamaran 3

 

[Baca Juga: Ini Perhitungan Realistis Biaya Pernikahan Jika Diadakan di Pihak Wanita]

 

#6 Pemberian Perhiasan Secara Simbolis

Setelah itu, umumnya ada beberapa keluarga yang menginginkan prosesi tukar cincin tunangan. Nah, inilah saat yang tepat untuk melangsungkannya.

Umumnya, ibu dari calon mempelai wanita akan memasangkan cincin kepada calon mempelai pria dan begitu pula sebaliknya, di mana ibu dari calon mempelai pria memasangkan cincin kepada calon mempelai wanita.

Tradisi ini bukanlah keharusan dalam sebuah acara lamaran, karena ada juga pasangan yang melakukan tukar cincin kawin saat upacara pernikahan. Dengan demikian langkah ini dapat dilewati.

Tahapan ini umumnya bergantung dari adat yang dipilih serta kesepakatan antara kedua belah pihak, cincin tunangan dapat digantikan oleh perhiasan atau benda lain yang bersifat simbolik, seperti kalung, gelang, atau bahkan kain tradisional.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#7 Perkenalan Antar Keluarga Kedua Calon Mempelai

Tahapan ke-7 dari acara lamaran pernikahan akan dilanjutkan dengan sesi perkenalan antara keluarga kedua calon mempelai dengan tujuan untuk mempererat hubungan antara dua keluarga.

Pihak calon mempelai pria akan terlebih dahulu memperkenalkan setiap anggota keluarga yang hadir, diikuti dengan perkenalan dari pihak calon mempelai wanita.

Biasanya, sesi perkenalan keluarga bersifat lebih informal, diiringi dengan canda tawa dan senyum bahagia.

 

#8 Penutupan Acara Lamaran Pernikahan

Pada tahap ini, seluruh prosesi lamaran sesungguhnya sudah selesai.

Jadi kita akan memasuki tahapan penutupan acara lamaran pernikahan yang biasanya ditandai dengan doa singkat agar seluruh perencanaan pernikahan dapat berjalan dengan lancar.

Acara ini kemudian biasanya dilengkapi dengan prosesi foto bersama seluruh keluarga yang dilakukan sebelum pihak calon mempelai wanita mempersilakan para tamu untuk menyantap hidangan yang tersedia.

Susunan Lamaran 2

 

[Baca Juga: Apakah Saya Bisa Mewujudkan Resepsi Pernikahan Impian? Tentu BISA!]

 

#9 Acara Menyantap Hidangan dari Calon Mempelai Wanita

Sebagai wujud berakhirnya proses lamaran, kedua keluarga kemudian akan menikmati santapan siang atau malam bersama.

Acara makan-makan ini juga menjadi kesempatan bagi para tamu untuk saling mengenal dan mengobrol dengan lebih santai.

 

#10 Pemberian Kembali Seserahan Kepada Calon Mempelai Pria

Selepas acara makan bersama, pihak keluarga mempelai pria bersiap-siap untuk meninggalkan rumah mempelai wanita.

Sesuai kesepakatan sebelumnya, keluarga wanita memberikan seserahan balasan yang juga berisi makanan atau kebutuhan sehari-hari untuk sang mempelai pria.

 

BONUS: Tips Menghemat Biaya Lamaran

Biaya lamaran cenderung mahal meskipun Anda sudah mengalokasikannya sedemikian rupa, maka banyak pasangan yang menunda pernikahan karena beban finansial tersebut.

Oleh karena itu, perlu adanya beberapa penghematan yang dapat mempengaruhi anggaran biaya lamaran pernikahan secara signifikan.

Susunan Lamaran 1

 

[Baca Juga: Pahami 7 Prinsip Inti dalam Pernikahan agar Pasangan Sejahtera]

 

#1 Memilih Lokasi Lamaran yang Tepat

Pada umumnya, lokasi yang digunakan untuk acara lamaran adalah rumah dari pihak mempelai wanita.

Tapi ada beberapa orang yang menginginkan acara lamaran lebih berkesan dengan cara menyewa gedung serba guna atau bahkan hotel.

Selain membutuhkan dana lebih besar, penyewaan gedung atau hotel berarti Anda membutuhkan dekorasi besar-besaran dengan jumlah undangan yang tentunya lebih banyak.

Anda tidak ingin acara lamaran Anda terkesan sepi bukan?

Dengan demikian, pilihlah lokasi sesuai anggaran dan jangan memaksakan diri untuk terkesan mewah.

Acara lamaran merupakan sebuah momen berharga, yang penting adalah kenangan dan kesannya, bukan kemewahan gedungnya.

Tips tambahan adalah jika memang Anda terpaksa menyewa gedung, sewalah pada hari kerja untuk menghemat beberapa biaya, karena biasanya biaya sewa gedung yang ditawarkan lebih murah pada hari biasa daripada akhir pekan.

728x90 Buat rencana sekarang 1
300x250 - Buat Rencana Sekarang - bulan madu

 

#2 Menentukan Jumlah Undangan yang Tepat

Tidak ada undangan tanpa makanan, sehingga Anda perlu menghitung dengan betul berapa jumlah undangan yang perlu disediakan konsumsi.

Hitunglah jumlah tamu yang ingin diundang baik saudara maupun teman, kemudian Anda dapat menentukan jasa katering yang sesuai dengan tema pernikahan Anda dan menu yang diinginkan.

Nah, apabila Anda ingin momen kekeluargaan dengan harga pas di kantong, maka mengapa perlu mengundang banyak orang yang tidak familiar?

Lamaran adalah acara yang penuh keakraban, hingga tidak perlu mengundang terlalu banyak orang. Undanglah keluarga dan kerabat dekat saja yang akan membuat momen pernikahan semakin berkesan.

10 Bawaan Lamaran Pernikahan Sederhana Namun Penuh Makna 00- Finansialku

 

[Baca Juga: 5+ Cara Berhemat Dalam Mempersiapkan Pernikahan Mewah]

 

#3 Gunakan Undangan Online

Seiring kemajuan teknologi, kini Anda tidak perlu lagi menggunakan undangan berupa kertas atau kartu yang bernilai puluhan ribu rupiah.

Kini Anda dapat menggunakan undangan pernikahan online, terutama untuk teman Anda, sehingga biaya undangan pernikahan dapat diminimalisasi.

Namun memang biasanya undangan fisik juga diperlukan untuk kerabat dekat yang masih harus dihormati. Namun Anda bisa menghemat banyak loh. Karena undangan online bisa Anda dapatkan dengan sangat murah bahkan gratis.

Apabila Anda tetap mencetak undangan, maka mintalah softcopy undangan untuk dijadikan undangan online.

Namun, apabila Anda memutuskan untuk menggunakan undangan online sepenuhnya, maka Anda bisa mencari jasa design undangan yang terjangkau. Menarik bukan?

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#4 Mempersiapkan Biaya Adat

Umumnya di Indonesia, acara lamaran dilakukan sesuai dengan adat masing-masing.

Misalnya pada Suku Betawi, acara adat yang akan digunakan adalah seperti membawa seserahan kepada calon pengantin wanita seperti makanan, barang-barang pecah belah, atau uang yang dibingkai, dan masih ada serangkaian proses adat lainnya lainnya.

Biasanya hal ini bisa dipersiapkan oleh pihak keluarga calon mempelai pria. Nah, jangan lupa memperhitungkan biaya adat yang dibutuhkan sesuai dengan tradisi masing-masing.

Siapkan juga dana darurat untuk tambahan kebutuhan tak terduga. Dengan demikian Anda tidak akan kekurangan dana pada saat acara.

10 Bawaan Lamaran Pernikahan Sederhana Namun Penuh Makna 10 - Finansialku

 

[Baca Juga: Cara Merencanakan Dana Lamaran Pernikahan Dengan Aplikasi Finansialku]

 

#5 Menyewa Pakaian Daripada Membeli

Berbeda dengan cincin pernikahan yang harus Anda gunakan dalam jangka panjang, beberapa hal dalam pernikahan hanya perlu digunakan pada saat momen pernikahan terjadi.

Sebagai contoh adalah gaun pengantin dan tuksedo, sepatu heels, dan masih banyak lagi.

Nah, tips untuk menghemat biaya pernikahan bisa dengan cara menyewa daripada membeli. Gaun pengantin hanya akan digunakan satu kali saja, sehingga tidak ada gunanya jika Anda membelinya.

Pertimbangkan pula designer baru yang harganya masih terjangkau daripada designer ternama.

Begitu pula halnya dengan tuksedo, heels, Anda sebaiknya memilih untuk menyewa yang masih bagus daripada harus membeli baru. Dijamin Anda bisa menghemat banyak uang dari sini.

 

#6 Mengatur Pernikahan Sendiri

Tahukah Anda? Per tahun 2017 biaya event organizer di Bandung sudah mencapai angka 20 jutaan? Padahal sesungguhnya Anda bisa menghemat biaya ini loh!

Aturlah pernikahan Anda sendiri untuk menghemat biaya panitia atau wedding organizer. Anda bisa memulai dengan membuat list kebutuhan pernikahan.

Tentukan dahulu seberapa besar budget pernikahan dan apa saja kebutuhan pernikahan Anda berikut vendor-vendor yang memungkinkan dan sesuai dengan anggaran Anda.

Beberapa kebutuhan pernikahan standar yang digunakan antara lain:

  • Tempat (Venue) dan Dekorasi
  • Jasa Katering
  • Susunan Acara
  • Undangan
  • Souvenir
  • Baju dan Jas Pengantin
  • Panitia
  • Rias pengantin
  • Fotografi dan Videografi
  • MC dan Music Entertainment

Lamaran Pernikahan Sederhana 02 - Finansialku

 

[Baca Juga: Konsultasi: Buat Biaya Pernikahan Lebih Baik Invest Emas atau Reksa Dana?]

 

#7 Menggunakan Cincin Warisan Daripada Membeli

Cincin lamaran merupakan suatu tanda pernikahan yang penting, namun kata siapa harus mahal?

Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan cincin warisan dari kakek nenek alih-alih membeli. Selain lebih murah, ada nilai kenangan yang tersimpan di dalamnya.

 

#8 Manfaatkan Keterampilan Teman dan Kerabat

Jika Anda memiliki kerabat atau teman dengan keterampilan tertentu, misalkan fotografi atau make up artist, tidak ada salahnya menggunakan jasa teman untuk menghemat biaya.

Selain bisa memperoleh harga teman yang tentunya lebih murah, tentunya Anda akan merasa lebih nyaman karena vendor pernikahan Anda adalah teman dekat.

 

#9 Eliminasi Biaya yang Tidak Penting

Apakah perlu mendekorasi rumah dengan bunga besar bertuliskan nama pengantin? Mungkin bagus untuk dilihat, namun sebenarnya malah menyulitkan tamu undangan saling berbincang-bincang.

Atau Anda ingin menggunakan karpet bertabur bunga untuk jalan masuk? Selain tidak terlalu penting, hal ini malah bisa menimbulkan bahaya tersandung.

Terutama saat Anda mengenakan gaun yang panjang, bunga-bunga malah akan terseret di dalam gaun.

Anda bisa mengeliminasi beberapa hal yang memang tidak memberi nilai lebih dan mengalokasikan dana tersebut untuk hal lain yang mungkin lebih penting.

Daftar Persiapan Lamaran 02 Finansialku

 

[Baca Juga: Yuk Intip 10 Hotel di Bali yang Dipakai Sebagai Tempat Resepsi Pernikahan Pasangan Artis Indonesia]

 

Siap Menjalani Lamaran Pernikahan tanpa Beban

Nah, kini Anda sudah mengetahui susunan acara lamaran pernikahan yang lazim dilakukan di Indonesia dengan lengkap. Anda tidak perlu lagi ragu dan takut salah.

Namun perlu dicatat bahwa prosesi tersebut bisa berubah sesuai kebutuhan dan budaya atau adat masing-masing. Jadi Anda masih bisa memodifikasinya sedikit-sedikit dan tidak perlu terpaku 100%.

Anda juga sudah siap menjalani lamaran pernikahan dengan hemat menggunakan tips-tips sederhana di atas. Tunggu apa lagi?

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai susunan acara lamaran pernikahan agar tidak salah lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Karina Leviani 27 Apr 2017. 10 Tahap Dalam Susunan Acara Lamaran Pernikahan. Bridestory.com – https://goo.gl/o46uJy
  • Riza Dian. Pingin Acara Lamaran Berkesan dengan Budget Seadanya? Intip Caranya Disini! Selipan.com- https://goo.gl/eKDEMz

 

Sumber Gambar: