Apa saja layanan pinjaman online untuk mahasiswa yang ramah di kantong? Lalu Apakah pinjaman online ini sesuatu yang legal dan cocok untuk mahasiswa?

Yuk, temukan pembahasan lengkap seputar pinjaman online untuk mahasiswa dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Layanan Pinjaman Online yang Terpercaya untuk Mahasiswa

Nah, sekarang kita sudah tahu bahwa pinjaman online untuk mahasiswa juga termasuk layanan yang legal, dan berikut ini adalah beberapa perusahaan fintech terpercaya yang bisa digunakan oleh mahasiswa untuk mendapat pinjaman.

 

#1 Tunai Kita

Tunai Kita adalah sebuah aplikasi yang menawarkan pinjaman online dengan jumlah pinjaman yang mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 20 juta, dengan jangka waktu pelunasan selama 10 hari hingga 6 bulan.

Bagi mahasiswa, sepertinya jumlah yang ditawarkan sudah termasuk cukup banyak dan bisa digunakan untuk memenuhi biaya sekolah dan biaya keperluan lainnya.

Selain itu jangka waktu pelunasannya pun masih memungkinkan mahasiswa untuk menghimpun dana.

Untuk mendapat pinjaman dari Tunai Kita, Anda harus memiliki usia di antara 21 tahun hingga 60 tahun, dan harus seorang warga negara Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk.

Selain itu, untuk memenuhi persyaratan administrasi, Anda juga perlu memiliki sebuah rekening bank pribadi dan NPWP.

Selain karena telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, hal lain yang membuat Tunai Kita menjadi aplikasi pinjaman online terpopuler adalah karena kemungkinan untuk disetujuinya pinjaman termasuk cukup tinggi dan tidak ribet.

Untuk melakukan pendaftaran layanan Tunai Kita, Anda bisa langsung mengunjungi situs resminya di www.tunaikita.com 

Kenapa Ada Pinjaman Online Untuk Mahasiswa, Legalkah 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Cara Belajar Manajemen Keuangan untuk Mahasiswa, Yuk!]

 

#2 Dana Rupiah

Jika opsi sebelumnya masih belum cocok karena mengharuskan Anda untuk berusia minimal 21 tahun serta memiliki NPWP, maka Dana Rupiah bisa menjadi solusi yang tepat, karena di sini Anda dapat mengajukan pinjaman hanya dengan melampirkan KTP, rekening bank pribadi, serta berusia minimal 18 tahun.

Dengan menggunakan Dana Rupiah, Anda dapat mengajukan pinjaman tanpa harus memberikan sesuatu sebagai jaminan.

Proses pencairan dana pinjaman juga termasuk cukup cepat, sehingga cocok bagi Anda yang membutuhkan dana secepat mungkin.

Kenapa Ada Pinjaman Online Untuk Mahasiswa, Legalkah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pinjaman Online VS Kartu Kredit, Mending yang Mana?]

 

Di Dana Rupiah, Anda dapat menemukan 2 kategori pinjaman yang bisa dipilih, yakni kategori pinjaman untuk biaya kuliah atau biaya pendidikan dan kategori personal.

Nah, jika Anda memang melakukan pinjaman untuk memenuhi biaya perkuliahan seperti pembayaran uang pangkal dan sejenisnya, Anda perlu menyertakan bukti bahwa Anda terdaftar sebagai mahasiswa aktif.

Meskipun pinjaman online di Dana Rupiah memiliki syarat yang lebih gampang untuk dipenuhi, hanya saja jumlah maksimum dana yang bisa diajukan lebih sedikit dari opsi yang sebelumya.

Di Dana Rupiah mahasiswa hanya bisa meminjam sebanyak Rp 400 ribu hingga Rp 8 juta saja.

Jika Anda tertarik untuk mendaftar layanan Dana Rupiah, bisa langsung mengunjungi situs resminya di www.danarupiah.id

 

#3 Uang Teman

Jika kamu berniat untuk meminjam uang dan akan melunasinya dalam waktu yang tidak lebih dari 1 bulan, maka Uang Teman bisa menjadi aplikasi yang sangat cocok untuk kamu gunakan.

Uang Teman menawarkan pinjaman dengan jumlah yang dimulai dari Rp 1 juta, dengan tenor pinjaman yang sangat singkat, yakni 10 sampai 30 hari.

Jenis pinjaman ini sangat cocok digunakan oleh mahasiswa yang uang bulanannya belum dikirim oleh orang tua, tetapi memiliki kewajiban untuk melunasi biaya kuliah.

Untuk mengajukan pinjaman ke Uang Teman, Anda perlu berusia minimal 21 tahun, memiliki rekening tabungan, KTP, dan harus memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap yang setidaknya sebesar Rp2 juta per bulan.

Oh ya, walaupun Uang Teman ini cukup populer, namun tidak seluruh mahasiswa Indonesia dapat mengaksesnya. Alasannya, untuk mendapat pinjaman Anda harus tercatat sebagai WNI yang berdomisili di Yogyakarta, Magelang, Klaten, Solo, Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Untuk mendaftar layanan ini Anda bisa langsung mengunjungi situs resminya di uangteman.com

 

Download Sekarang, GRATISSS!!!

8 Ebook Perencanaan Keuangan Mahasiswa

 

#4 Perdana

Aplikasi pinjaman online yang satu ini gampang banget buat diakses, dan proses pendaftarannya pun sangat cepat.

Setelah mendaftar Anda bisa langsung mengajukan pinjaman tanpa harus memberi jaminan, dan dana yang Anda pinjam akan langsung diproses dalam hitungan menit.

Persyaratan yang perlu Anda penuhi ialah memberi informasi pribadi, foto KTP, foto pribadi, informasi pekerjaan serta informasi kontak darurat.

Setelahnya, Anda bisa langsung meminjam mulai dari Rp 800 ribu hingga Rp 2 juta.

Saat meminjam dana dari Perdana, bunga pinjaman yang dikenakan kepada Anda hanya sebesar 0.8%, namun masa pelunasan utang di Perdana ialah selama 14 hari atau 2 minggu, yang artinya ini hanya cocok jika kamu merasa dapat melunasinya dalam waktu yang sangat singkat.

Kenapa Ada Pinjaman Online Untuk Mahasiswa, Legalkah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Awas! Pinjaman Online Ilegal Berkedok Koperasi Simpan Pinjam!]

 

#5 KoinWorks (Koin Pintar)

Hingga saat ini KoinWorks memang lebih dikenal sebagai tempat untuk berinvestasi di produk p2p Lending. Tetapi sebenarnya mahasiswa juga dapat memanfaatkan aplikasi KoinWorks ini sebagai tempat untuk meminjam uang secara online.

Pasalnya, pihak KoinWorks sendiri memang sudah memberikan layanan pinjaman yang ditujukan untuk yang membutuhkan dana pendidikan, jadi disini peminjam tidak hanya dari golongan pebisnis saja, ya.

Untuk mengajukan pinjaman di KoinWorks, Anda harus berstatus WNI yang berusia 17 tahun ke atas serta memiliki KTP, memiliki rekening bank pribadi yang masih aktif, memiliki sumber pendapatan ataupun memiliki jatah bulanan dari orang tua, dan tidak tercatat sebagai nasabah yang memiliki utang di BI.

Sangat mudah bukan? Yang pasti, KoinWorks telah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan, sehingga Anda tidak perlu khawatir!

Untuk mendaftar layanan Koinworks Anda bisa langsung mengunjungi situs resminya di koinworks.com.

 

Pinjaman Online untuk Mahasiswa

Selama beberapa waktu belakangan ini, mulai banyak perusahaan fintech (Financial Technology) yang menawarkan layanan pinjaman online.

Memang tidak akan menjadi sesuatu hal yang aneh apabila perusahaan-perusahaan ini melayani peminjam yang berstatus sebagai seorang karyawan ataupun pengusaha kelas menengah yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya.

Hanya saja, saat ini target mereka tidak hanya sebatas pengusaha kelas menengah ataupun karyawan saja, tetapi juga menawarkan pinjaman online untuk para mahasiswa.

Nah, yang menjadi pertanyaannya, apakah ini benar-benar legal? Bukankah sebagian besar mahasiswa masih belum memiliki pendapatan sendiri, lalu bagaimana caranya mereka membayar tagihan pinjamannya?

 

Masalah Keuangan Mahasiswa

Sebelum menentukan legal atau tidak legal, kita sepertinya perlu tahu terlebih dahulu bahwa yang sering mengalami masalah keuangan tidak hanya orang-orang yang sudah bekerja ataupun berumah tangga saja, tetapi juga mahasiswa.

Mengingat semakin tingginya biaya hidup saat ini, tidak jarang mahasiswa menjadi kesusahan untuk memenuhi biaya kuliah seperti uang pangkal, biaya semester, iuran, serta biaya untuk membeli perlengkapan kuliah.

Belum lagi buat mereka yang berkuliah di luar kota dan jauh dari orang tua, mereka masih perlu memikirkan biaya kehidupan sehari-hari, biaya transportasi, hingga kos jika mereka tinggal di kos-kosan.

Nah masalahnya, kebanyakan mahasiswa hanya bisa mengandalkan kiriman dari orang tua yang belum tentu kapan datangnya.

Sehingga, terkadang untuk menutupi biaya keperluaan para mahasiswa ini dengan terpaksa meminjam uang dari pihak lain, sembari menunggu kiriman dari orang tua atau gaji bulanan jika mereka mengambil kerja sampingan.

Kenapa Ada Pinjaman Online Untuk Mahasiswa, Legalkah 05 - Finansialku

[Baca Juga: Pinjaman Online Konvensional vs Syariah, Pilih Mana?]

 

Pinjaman untuk Mahasiswa, Legal atau Tidak?

Sebenarnya, adanya layanan pinjaman untuk para mahasiswa merupakan sebuah jawaban dari masalah finansial yang dialami oleh mahasiswa, khususnya yang ada di Indonesia, sebab tidak dapat dipungkiri bahwa bukan menjadi hal yang mudah untuk mereka mendapat pinjaman.

Ada banyak yang tidak berani untuk meminjamkan uangnya kepada mahasiswa karena takut mereka tidak mampu membayarnya, mengingat mereka belum memiliki sumber penghasilan yang tetap.

Hal ini sebenarnya sudah mendapat perhatian khusus dari pemerintah, khususnya pada tahun 80-an. Saat itu pemerintah membuat sebuah program yang dinamai dengan Kredit Mahasiswa Indonesia (KMI), dan bertujuan untuk membantu mahasiswa melewati masalah keuangan yang dihadapi.

Dengan program ini, setiap mahasiswa berkesempatan untuk mendapat pinjaman, dengan menjadikan ijazah yang dimiliki sebagai jaminan.

Namun sangat disayangkan karena kala itu ada banyak mahasiswa yang menyalahgunakan pinjaman KMI dan tidak membayarnya hingga lunas, sehingga akhirnya pemerintah menghentikan program ini.

Nah, pinjaman online yang saat ini banyak kita temukan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan KMI, hanya saja ini tidak datang dari pemerintah melainkan dari perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi finansial.

Kenapa Ada Pinjaman Online Untuk Mahasiswa, Legalkah 04 - Finansialku

[Baca Juga: Ngeri! Utang Pinjaman Online Bisa Bisa Naik 50 Kali Llipat!]

 

Mereka juga memiliki sebuah tujuan yang sama, yaitu untuk membantu mahasiswa saat membutuhkan dana dalam waktu yang singkat.

Hanya saja jika KMI disalurkan melalui bank-bank yang ada di Indonesia, kini perusahaan fintech melakukannya secara online, seperti menggunakan aplikasi, dengan tujuan untuk semakin mempermudah para mahasiswa dalam mengaksesnya.

Jadi apakah pinjaman online untuk mahasiswa merupakan sesuatu yang legal?

Jawabannya,

Ya! Ini bisa menjadi sesuatu yang legal apabila perusahaan penyedia pinjaman online telah mendapat izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan.

Namun mahasiswa juga perlu berhati-hati karena tidak tertutup kemungkinan adanya pihak yang meminjamkan dana online secara illegal.

Pada dasarnya perusahaan fintech yang telah diberi izin oleh Otoritas Jasa Keuangan memiliki keamanan yang terjamin. Tetapi untuk pihak yang menjalankan pinjaman online tanpa izin bisa saja memiliki motif tersembunyi yang akan merugikan kliennya.

Jadi, mahasiswa perlu sangat berhati-hati dan melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap pihak yang meminjamkan dana kepadanya.

 

Bijak Memanfaatkan Pinjaman Online untuk Mahasiswa

Meskipun saat ini mahasiswa dapat memanfaatkan layanan pinjaman online untuk memenuhi biaya perkuliahan di saat-saat yang terdesak, namun tetap saja mahasiswa perlu memanfaatkannya dengan bijak.

Sebisa mungkin Anda hanya menggunakan layanan ini untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak dan karena tidak ada pilihan lain lagi.

Anda juga perlu memastikan kalau Anda mampu membayar pinjaman beserta bunganya tepat waktu, agar tidak dapat mendapat penalti dari pihak pemberi pinjaman.

Untuk membantu Anda mengatur pengeluaran, gunakan aplikasi Finansialku yang merupakan aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Terdapat fitur-fitur khusus untuk mengelola keuangan, seperti mencatat keuangan, rencana keuangan, konsultasi keuangan, dan mengecek kesehatan keuangan. Download aplikasinya di sini dan coba jelajahi seluruh fiturnya.

playstore icon
appstore icon

 

Nah, apakah Anda memiliki pengalaman meminjam uang secara online? Jika ada, sempatkan diri untuk membagikan pengalaman Anda di kolom komentar ya…

 

 

Sumber Referensi:

  • Don Cuan. Ini Alasan dan Cara Mahasiswa Lakukan Pinjaman Online, Kamu Salah Satunya? https://bit.ly/3j83Ep6
  • Admin. 19 Juli 2020. Aplikasi Pinjaman Online Mahasiswa Cepat Cair dan Tanpa Jaminan. Moneyduck.com – https://bit.ly/2G7u8Za
  • Teti Purwanti. 28 Februari 2020. Beberapa Opsi Pinjaman Online untuk Mahasiswa, Simak Artikelnya! https://bit.ly/3cxYX5s
  • Dinda Luvita. 30 Juli 2020. Pinjaman Online untuk Pelajar yang Ramah di Kantong. Duniafintech.com – https://bit.ly/330XvFx

 

Sumber Gambar:

  • Pinjaman 1 – https://bit.ly/30AnOkl
  • Pinjaman 2 – https://bit.ly/3d2GLkI
  • Pinjaman 3 – https://bit.ly/3jKx908
  • Pinjaman 4 – https://bit.ly/3nnLr9A
  • Pinjaman 5 – https://bit.ly/30zS26J