Usaha pisang goreng madu bu Nanik. Siapa sangka, peluang kesuksesan seseorang ternyata bisa datang dari hal tak terduga bahkan di luar rencana?

Selama Anda mempunyai jiwa pantang menyerah dan keuletan, cukup menjadi modal besar untuk menghadapi segala bentuk persaingan dalam dunia bisnis.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Peluang Usaha dari Ide Sederhana

Banyak orang menyepelekan bahwa ide bisnis sederhana dan bermodal kecil tidak akan memberikan prospek yang jelas atau mendatangkan keuntungan fantastis, apalagi jika bisnis yang ditekuni hanya sekadar menjajakan jenis kuliner yang sudah banyak ditawarkan oleh kebanyakan orang.

Namun siapa sangka melalui olahan kuliner sederhana, Pisang Goreng Madu, berhasil mengantarkan Ibu Nanik Soelistiowati menjemput kesuksesannya menjadi pebisnis ulung yang produknya sudah dikenal seantero raya khususnya DKI Jakarta.

Pisang Goreng Madu Bu Nanik 02 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Cara Memulai Usaha Kuliner Untuk Anda yang Masih Pemula dan Belum Pernah Berbisnis Kuliner]

 

Seperti dilansir Liputan6.com Kamis (3/5/2018), Nanik menuturkan bahwa sebelum mengawali usaha pisang gorengnya, beberapa bidang seperti marketing pernah ia jalani hingga akhirnya masuk ke dunia kuliner, yakni penyediaan katering yang dirintis sejak tahun 1994.

Seiring dengan berjalannya waktu, usaha kulinernya pun mulai dikenal oleh khalayak.

Nanik bahkan bisa melayani penyediaan jasa makanan bagi perusahaan, perseorangan maupun hotel besar di Jakarta, dimana dalam paket makan tersebut Nanik harus lengkapi dengan menyertakan buah-buahan sebagai pelengkap paket makan yang dibuatnya.  

Seperti dikatakan kepada Kerjaonline.my.id, Nanik yang saat itu rutin mempersiapkan paket makan, tanpa disengaja harus membuang cukup banyak pisang, karena kondisinya tidak bagus dan terlalu masak.

Hingga terlintas di benaknya, sebuah inovasi dan eksperimen baru untuk mengolah pisang tersebut menjadi panganan yang lebih bermanfaat dan bisa dinikmati.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

Ketidaksengajaan Membawa Kesuksesan

Tanpa banyak pertimbangan, Nanik mencoba menggoreng pisang tersebut dengan adonan tepung, garam dan gula untuk di santap bersama keluarga.

Namun karena penyakit diabetes yang diidapnya membuat Bu Nanik betul-betul memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Ia yang tidak dapat mengonsumsi sembarang gula, lantas mencoba alternatif menggunakan madu khusus untuk membuat pisang goreng buatannya sehingga tetap manis.

Hasilnya pisang goreng terlihat seperti gosong.

Namun bukan berarti rasanya tidak enak, justru hasil karamelisasi madu menciptakan rasa pisang goreng yang unik dibandingkan pisang goreng biasa.

Pisang Goreng Madu Bu Nanik 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Manfaat Bisnis Ibu Rumah Tangga? Temukan 5 Alasannya]

 

Saat itu, Bu Nanik membagikan hasil kreasinya kepada keluarga dan kerabat dekat.

Mendapatkan respon positif yang hadir seolah menambah rasa percaya diri Bu Nanik untuk memperkenalkan Pisang Goreng Madu ke beberapa teman. Tak disangka, mereka menyukai panganan sederhana tersebut.

“Saya tenteng produksi (pisang) saya dan bawa ke mana pun dan memang tampang pasti tidak menarik tapi setelah dirasakan, tidak mengenal maka tak sayang. Orang yang mencicipi jadi ketagihan”

 

Kendati demikian, perjalanan Bu Nanik dalam merintis usahanya tidaklah berjalan mulus. Sebab produknya seringkali mengalami penolakan karena tampilannya yang meragukan seperti pisang goreng gosong.

Berkat jiwa pantang menyerah dan keuletan yang ada dalam diri Bu Nanik, akhirnya Pisang Goreng Madu pun berhasil mencuri hati masyarakat hingga kini telah mempunyai sederet penggemar.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

5 Rahasia Sukses Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Dibalik kesuksesannya saat ini, bisnis Pisang Goreng Madu yang telah dirintis sejak tahun 2007 baru menginjak pasar yang stabil di tahun kelimanya.

Salah satu titik balik keberhasilan saat beliau mengikuti bazaar di beberapa lokasi pada tahun 2009, dan pada tahun 2010 sudah mulai banyak masyarakat yang mengenal Pisang Goreng Madu milik Bu Nanik.

Pisang Goreng Madu Bu Nanik 04 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Rahasia Sukses Berbisnis yang Harus Diketahui oleh Entrepreneur]

 

Selama itu, Bu Nanik selalu berupaya untuk menerapkan cara-cara efektif dalam mempromosikan produknya. Apa saja yang dilakukannya? Yuk intip rahasianya berikut ini.

 

#1 Edukasi Produk

Dilansir dari Wanitawirausaha.com Kamis (3/5/2018), warna kecoklatan yang seringkali dikatakan gosong adalah warna yang diperoleh dari campuran madu. Hal tersebut pun disarankan oleh sang Ibunda untuk menjual produk yang tidak mengandung gula.

Lebih lanjut, ternyata rasa manis dari Pisang Goreng Madu Bu Nanik juga diperoleh alami dari air dari pisang raja tua.

Hal inilah yang terus-menerus dilakukan oleh Bu Nanik agar para konsumen lebih paham akan produk yang dijualnya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Free Product

Pisang Goreng Madu Bu Nanik yang semula hanya diberikan sebagai camilan dan pelengkap untuk pemesan kateringnya, kini menjadi bisnis yang diminati banyak penggemar.

Dulunya, pemesan di tahap awal adalah mereka yang tertarik saat mencobanya.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, saat ini diproduksi ribuan Pisang Goreng Madu tak kurang dari 70 peti pisang raja setiap harinya yang harus diantar menggunakan dua hingga tiga truk pick up.

Alhasil, keuntungan bisnis Pisang Goreng Madu Bu Nanik pun telah menyalip bisnis kateringnya dan menjadi produk unggulan. Hingga beliau memutuskan untuk berhenti dari usaha kateringnya agar bisa fokus mengembangkan usaha Pisang Goreng Madunya tersebut.

 

#3 Diversifikasi Produk

Tidak cepat berpuas diri, Bu Nanik terus berupaya melakukan pengembangan untuk dunia bisnis yang ia tekuni saat ini. Salah satunya berinovasi lewat produk dengan memperkenalkan gorengan ubi madu, nanas, nangka, sukun, dan cempedak.

Pisang Goreng Madu Bu Nanik 05 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Mengembangkan Bisnis Kuliner dan Rumah Makan Milik Anda]

 

Teguh pada pendiriannya, inovasi yang ditawarkan tersebut tidak keluar dari spesialisasinya untuk mempertegas konsep brand yang diusung oleh Bu Nanik.

 

#4 Direct Selling

Membuat konsumen percaya pada produk yang dijualnya, adalah kerja keras yang telah dilakukan Bu Nanik. Karena merupakan olahan Pisang Goreng yang dimodifikasi, tiada yang lebih mengenali produknya daripada dirinya sendiri.

“Dulu, laku 20 buah saja susah banget. Saya menyelipkan flyer di wiper mobil-mobil, menawarkan pisang goreng kepada para pelintas jalan di depan rumah. Dikira pisang goreng gosong, tapi waktu dicoba malah ketagihan!”

 

#5 Kemasan Berkonsep

Kedua anaknya menggelar kompetisi logo melalui Instagram dan mendapatkan logo karikatur sang ibu yang dinilai pas.

“Kata anak saya, logo foto udah enggak zaman.”

 

Tak hanya kotak yang diberi logo dan brand color, bahkan tiap pisang goreng diberi kemasan kertas satuan, lengkap dengan identitas branding yang sama.

Berbagai upaya dan kerja keras yang telah dilakukan Bu Nanik dalam merintis usaha, pada akhirnya berbuah manis.

Kini Bu Nanik memiliki sebuah toko di kawasan Tanjung Duren Jakarta yang setiap harinya tidak pernah sepi didatangi para pecinta kulinernya.

 

Motivasi untuk Berani Mengambil Langkah

Kisah inspiratif Bu Nanik bisa menjadi salah satu motivasi bagi Anda untuk berani mengambil langkah berbisnis, bahkan dari hal sederhana sekalipun.

Tanamkan selalu jiwa pantang menyerah dan keuletan, serta jeli dalam melihat peluang untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam produk yang ditawarkan.

Selamat mencoba!

 

Setelah Anda membaca artikel ini, apa yang bisa Anda peroleh dari kisah inspiratif usaha pisang goreng madu Bu Nanik?

Silakan beri pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Trifitria S. Nuragustina. Semula Dikira Gosong, Ini 5 Rahasia Nanik Soelistiowati Sukses Jualan Pisang Goreng Madu. Wanitawirausaha.com – https://goo.gl/yqdoA3
  • Nurmayanti. 29 Juli 2017. Kunci Sukses Pemilik Pisang Goreng Madu Bu Nanik. Liputan6.com – https://goo.gl/d2PLwr
  • Tresna Ajha. 10 Oktober 2017. Cerita Sukses Nani Soelistiowati, Pemilik Pisang Goreng Madu Bu Nanik Yang Terkenal DI Jakarta. Kerjaonline.my.id – https://goo.gl/GwRfGE

 

Sumber Gambar:

  • Kisah Pisang Goreng Madu Bu Nanik 01 – https://goo.gl/pqx6Lv
  • Ibu Nanik Soelistiowati – https://goo.gl/hbPGbX
  • Pisang Goreng Madu Bu Nanik – https://goo.gl/CWcaiU
  • Kisah Pisang Goreng Madu Bu Nanik 02 – https://goo.gl/zR923k
  • Kisah Pisang Goreng Madu Bu Nanik 03 – https://goo.gl/woJPLB
Summary
Apa yang Membuat Usaha Pisang Goreng Madu Bu Nanik Berhasil? Apa Rahasianya?
Article Name
Apa yang Membuat Usaha Pisang Goreng Madu Bu Nanik Berhasil? Apa Rahasianya?
Description
Usaha pisang goreng madu bu Nanik. Siapa sangka, peluang kesuksesan seseorang ternyata bisa datang dari hal tak terduga bahkan di luar rencana
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo