Para pebisnis, ada baiknya Anda mengenali beberapa istilah marketing dulu sebelum Anda terjun langsung untuk melakukan bisnis.

Istilah marketing ini akan membantu Anda dalam menentukan keberhasilan Anda dalam berbisnis juga lho. Bagaimana tidak, rata-rata pebisnis selalu menggunakan beberapa istilah marketing ini dalam memasarkan produk atau jasanya.

Mau tahu apa saja istilah marketing yang sering digunakan? Mari baca artikel Finansialku berikut ini, kemudian coba dan isi Teka Teki Silang (TTS) Finansialku. Cek, bagaimana hasil Anda dalam mengenali istilah marketing tersebut?

Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pentingnya Marketing Dalam Dunia Bisnis

Di dalam kehidupan ini, pasti kita sering mendengar istilah marketing atau pemasaran.

Banyak orang yang bekerja di bidang marketing, seperti orang yang bekerja sebagai Sales Man, Sales Girl, Marketing Officer, Digital Marketing, Manager Marketing dan posisi lainnya di bidang tersebut.

Tapi, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan marketing atau pemasaran?

Sederhananya, marketing adalah seluruh kegiatan bisnis yang di dalamnya mencakup perencanaan, penentuan harga barang atau jasa, promosi, distribusi kepada konsumen dan kepuasan konsumen.

Kemudian, tahukah Anda bahwa marketing memiliki peran yang sangat penting dari suatu bisnis? Tahukah Anda bahwa marketing merupakan sebuah ujung tombak dan pintu utama sebuah bisnis?

Ya, setiap kegiatan marketing yang dilakukan, tentunya akan berpengaruh kepada kelangsungan bisnis itu sendiri, tidak memandang bisnis tersebut besar maupun kecil.

Jika dalam suatu bisnis tidak ada kegiatan marketing, maka konsumen tidak akan mengetahui tentang adanya sebuah produk atau jasa yang dihasilkan dari bisnis itu dan kemudian akan membuat penjualan produknya menjadi rendah.

TTS Istilah Marketing 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Manfaat Online Marketing untuk Bisnis Waralaba]

 

Namun sebaliknya, jika bisnis Anda melakukan suatu kegiatan marketing yang baik, maka para konsumen akan tahu tentang produk atau jasa dari usaha bisnis Anda.

Akibatnya, Anda bisa membuat banyak konsumen tertarik kepada produk Anda yang memiliki kualitas, nilai inovasi dan keunikan tersendiri. Di saat itulah, Anda bisa membangun kekuatan merek (brand equity) terhadap produk tersebut.

Brand equity yang kuat akan memperbesar tingkat penjualan dan pendapatan bahkan akan berkelanjutan dengan munculnya kesetiaan pelanggan kepada produk (brand loyalty).

Dengan adanya brand loyalty dari konsumen, maka akan membuat bisnis tetap berjalan dan bertahan hidup.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Menurut Nancy Giddens (2002), ciri-ciri konsumen yang memiliki brand loyalty, yaitu:

  • Memiliki komitmen pada merek tersebut.
  • Membayar lebih pada merek tersebut daripada merek lain.
  • Merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain.
  • Melakukan pembelian kembali pada produk tersebut tanpa melakukan pertimbangan.
  • Mengikuti informasi yang berkaitan dengan merek tersebut.
  • Mengembangkan hubungan dengan merek tersebut.
  • Melakukan promosi kepada orang lain.

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Teka Teki Silang (TTS): Dunia Marketing Online

Pentingnya marketing online dalam sebuah bisnis perlu membuat kita belajar lebih lanjut. Selain itu, Anda perlu mengetahui berbagai informasi dalam dunia marketing online, termasuk istilah marketing yang digunakan.

Apakah Anda sudah memahami istilah dalam dunia marketing online? Coba buktikan kesiapan Anda dalam memulai bisnis dengan mengisi Teka Teki Silang (TTS) berikut ini:

 

TTS-Istilah-Marketing-03-Finansialku

YUK ISI TTS

 

Mengenal Istilah Marketing Online yang Sering Digunakan

Jika Anda masih merasakan kebingungan saat mengisi Teka Teki Silang (TTS), maka Anda perlu membaca informasi selanjutnya.

Ada setidaknya 20 istilah penting dalam dunia marketing online yang akan Finansialku bahas. Beberapa istilah yang efektif ini berpengaruh besar pada hasil yang akan Anda capai dalam sebuah proses penjualan.

Setelah Anda selesai membaca artikel ini, maka dijamin, wawasan Anda akan terbuka lebar dan keberhasilan dalam berbisnis akan berada di dekat Anda!

 

#1 Blogosphere

Blogosphere merupakan sebuah istilah untuk kumpulan dari seluruh blog atau weblog yang saling terhubung dan tersambung di sebuah internet.

Hal inilah yang mengakibatkan setiap pengguna dapat terhubung dan tersambung dengan pengguna lainnya. Mereka memiliki sebuah tempat mereka sendiri yang dapat diakses secara bersama-sama.

Inilah yang disebut dengan Blogosphere.

 

#2 Brand Storytelling

Brand storytelling merupakan sebuah teknik atau cara yang dipakai dalam pemasaran, di mana kita bisa menceritakan awal mula berdirinya sebuah bisnis yang dirintis serta menceritakan manfaat lebih yang diberikan oleh bisnis tersebut kepada para pelanggan.

Teknik ini merupakan salah satu cara jitu yang disukai oleh pelanggan baru, Kita bisa memperkenalkan perusahaan atau produk, bisa melalui cerita dari pelanggan ataupun cerita bisnis sendiri.

Hal inilah yang biasanya dipakai oleh perusahaan untuk melakukan branding perusahaan.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Catfishing

Catfishing atau catfished merupakan sebuah istilah yang digunakan para milenial untuk menggambarkan penipuan identitas diri oleh seorang atau sesuatu yang sebelumnya tidak pernah dikenal apalagi bertemu.

Penipuan biasanya dilakukan secara online atau tidak nyata.

Istilah catfishing sendiri mulai digunakan oleh warga dunia maya (netizen) setelah adanya serial dokumenter Catfish milik MTV. Di tahun 2012, serial ini mengupas kebenaran dan kebohongan di balik kencan online yang semakin populer.

 

#4 Conversation Marketing

Jika diartikan langsung ke dalam bahasa Indonesia, maka conversation marketing adalah percakapan dalam dunia pemasaran.

Istilah ini dimaksudkan untuk menciptakan komunikasi secara langsung dengan pelanggan atau konsumen serta mendorong adanya percakapan di antara keduanya (bagian pemasaran dan konsumen).

Para Manajer! Ketahui Cara Mengawasi dan Mengontrol Psikologi Kepribadian Karyawan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Pasangan, Khususnya Masalah Keuangan]

 

Contoh yang biasanya terjadi, yaitu posting-an di sebuah media sosial. Ketika Anda membuat posting-an, pasti Anda menginginkan followers untuk menyampaikan pendapat atau memberikan pertanyaan. Kemudian, Anda membalas pendapat dan menjawab pertanyaan tersebut.

Saat inilah terjadi sebuah percakapan/komunikasi atau kita sebut sebagai conversation marketing.

 

#5 Emoji

Istilah emoji merupakan istilah dalam bahasa Jepang. Secara harafiah, kata emoji terdiri dari 2 bagian “e” yaitu gambar dan “moji” adalah huruf atau karakter. Istilah ini mengingatkan kita kepada era tahun 1990-an.

Jadi, emoji adalah ekspresi visual yang mengungkapkan emosi dan perasaan seseorang melalui suatu karakter gambar atau emoticon yang digunakan dalam komunikasi, baik dalam pesan elektronik maupun pada halaman website.

 

#6 Freemium

Freemium merupakan sebuah model bisnis di mana perusahaan akan memberikan produknya secara gratis. Produk gratis ini hanya diberikan untuk pelanggan atau konsumen yang membeli dalam jumlah tertentu atau program premium.

Kata Freemium sendiri sebenarnya berasal dari dua kata, yaitu free (gratis) dan premium (berbayar). Model bisnis Freemium sudah ada dari zaman dahulu, saat aplikasi-aplikasi komputer desktop berkembang.

6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pelajaran dari Film Catch Me If U Can (2002) Supaya Anda Sukses Dalam Bisnis]

 

Salah satu manfaat utama dari model bisnis Freemium adalah membangun komunitas besar untuk para pelanggan atau konsumen yang puas melalui penawaran produk secara gratis.

Tentu saja, hal ini akan berpengaruh terhadap para pelanggan atau konsumen yang lainnya.

 

#7 Gifs and Memes

Gif merupakan sebuah singkatan dari Graphics Interchange Format yang mengandung arti video pendek yang berulang-ulang.

Meme adalah istilah untuk sebuah gambar lucu yang memiliki tujuan menghibur dan dibagikan di internet.

Sebenarnya, gif dan meme merupakan salah satu media yang dapat kita gunakan untuk membuat konten berupa gambar menarik yang dapat dihubungkan dengan konten bisnis kita.

Konten bisnis yang mengandung gif dan meme menjadi salah satu daya tarik bagi pembaca (pelanggan atau konsumen) karena mereka senang dengan sesuatu yang menghibur.

 

#8 Go Viral

Go Viral adalah upaya untuk menyebarluaskan konten atau produk perusahaan kepada orang lain melalui dunia teknologi.

Cara ini merupakan salah satu media promosi untuk membuat konten atau produk dapat lebih dikenal oleh orang yang lebih potensial. Dengan bantuan teknologi dan perkembangan zaman ini akan membuat konten atau produk tersebar secara luas.

 

#9 H2H

Pernahkah Anda mendengar istilah B2B (Business to Business) atau B2C (Business to Consumer) dalam dunia pemasaran? Selain dua istilah tersebut, ternyata ada istilah lain, yaitu H2H (Human to Human).

H2H merupakan istilah yang mengacu pada cara terbaru untuk mempertimbangkan pelanggan atau konsumen di masa kini dan masa depan, antara manusia ke manusia.

Istilah ini diciptakan sebagai cara dari pemasaran yang lebih individual/pribadi sehingga membuat gaya komunikasi yang terjalin dapat lebih intim, langsung kepada pribadi yang bersangkutan.

Sebaiknya, jika Anda membuat kampanye pemasaran perusahaan, maka buat kampanye Anda lebih terfokus kepada pengalaman manusia dan posisi perusahaan sebagai teman, bukan sebagai bisnis.

 

#10 Hashtag

Anda pasti sudah pernah dengar dengan istilah “hashtag” yang biasanya Anda temukan di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya. Dan biasanya, Anda hanya menuliskan sebuah kata setelah hashtag atau tanda pagar (#).

Tapi tahukah Anda bahwa menggunakan hashtag memberikan keuntungan dan manfaat yang sangat banyak untuk meningkatkan ketenaran di sosial media?

Apakah Anda juga tahu bahwa menggunakan hashtag juga akan mempermudah orang lain dalam menemukan kita saat hashtag kita populer dalam pencarian?

Ayo Manfaatkan Media Sosial untuk Pelayanan Konsumen yang Lebih Baik 1 - Finansialku

[Baca Juga: Manfaat Penggunaan Media Sosial untuk Karier Anda]

 

Peluang dan kesempatan inilah yang banyak digunakan perusahaan besar menciptakan dan memiliki Hashtag yang unik untuk bisnis mereka. Tidak hanya itu saja, mereka juga akan banyak membuat Hashtag sesuai dengan kondisi dan kebutuhan promosi produk yang dipromosikan perushaan.

 

#11 Infographic

Infographic atau infografis merupakan sebuah istilah yang umum digunakan untuk mempublikasikan konten agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh pembaca (pelanggan atau konsumen).

Biasanya, dalam infografis tersaji gambar dan angka yang menggambarkan data-data statistik.

Hal inilah yang akan memudahkan pelanggan dan konsumen untuk mengetahui dan memahami maksud dari konten yang disajikan.

 

#12 Promoted

Promoted adalah usaha promosi yang dilakukan. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa selain produk yang Anda tawarkan, konten yang Anda buat pun harus dipromosikan sebaik-baiknya.

Konten yang menarik dan bagus biasanya akan membuat orang semakin mudah dan semakin tertarik untuk mengenal merek dan produk yang Anda tawarkan.

Mulai sekarang Anda bisa promosikan merek dan semua produk Anda melalui media sosial sehingga semakin banyak orang yang mengetahui produk tersebut karena produk memiliki jangkauan dan sebaran yang luas.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#13 Second Screen

Istilah second screen (layar kedua) sering dikaitkan dengan televisi masa kini (smart TV) yang sudah bisa melakukan 2 aktivitas berbeda sekaligus.

Smart TV memiliki feature atau fungsi yang serba guna. Selain menyalakan TV untuk menonton film atau DVD, Anda juga bisa menggunakannya untuk update di akun media sosial, mengirim emai, mengirim SMS dan lain sebagainya.

Second screen memiliki manfaat yang luar biasa bagi bisnis Anda.

 

#14 Selfie

Menurut bahasa Indonesia, selfie atau swafoto merupakan sebuah istilah yang menggambarkan aktivitas mengambil sebuah foto diri sendiri dan melakukan upload ke media sosial.

Di zaman ini, sudah banyak alat-alat yang mendukung untuk melakukan selfie, termasuk juga Anda kan?

 

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

 

Pasti Anda tidak pernah menyangka jika selfie dapat dijadikan sebagai salah satu cara yang cukup jitu dalam membantu bisnis Anda. Hal ini erat kaitannya dengan melakukan promosi.

Anda bisa meminta tolong pelanggan atau konsumen untuk melakukan foto selfie bersama dengan produk yang sudah mereka dapatkan dari bisnis Anda. Cara ini tergolong mudah untuk dilakukan dan bahkan dinilai cukup efektif untuk mendapatkan banyak pelanggan atau konsumen lainnya.

 

#15 Snackable Content

Snackable content adalah elemen utama dalam strategi marketing bisnis Anda.

Snackable content merujuk kepada konten-konten ringan yang menarik perhatian pembaca sebagai makanan ringan. Ibarat makanan, snackable content adalah snack, cemilan atau makanan ringan yang tidak mengenyangkan.

Para pembaca menyukai konten yang seperti ini lho!

Ternyata, para pembaca (pelanggan atau konsumen) ingin memiliki kemudahan dalam mengakses berita/informasi, kemudahan dalam memahami informasi dan pembaca ingin terus up-to-date atau tidak ingin ketinggalan zaman.

Cobalah untuk membuat konten yang seperti ini untuk menjangkau pelanggan atau konsumen bisnis lainnya!

 

#16 Social Influencer

Social influencer adalah istilah kepada orang yang mengetahui produk Anda dengan baik. Bisa juga diartikan sebagai para penggemar yang mengenal dan menginginkan merek atau produk Anda.

Merekalah orang yang sangat antusias dalam berbagi dan terlibat aktif dalam setiap posting-an konten yang Anda buat. Mereka akan mempengaruhi orang lain untuk menjadi pelanggan atau konsumen Anda.

Mulailah mencari dan membangun social influencer untuk bisnis Anda sehingga Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari mereka, para social influencer.

Inilah Cara Mendapatkan Viewer YouTube yang Cocok pada Vlog Kamu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ayo Manfaatkan Media Sosial untuk Pelayanan Konsumen yang Lebih Baik]

 

#17 Trolls

Istilah trolls sebenarnya bermula dari permainan pada tahun 1990 an. Istilah tersebut kini menjadi pengacu kepada orang-orang yang tidak tahu bagaimana muncul di seluruh internet.

 

#18 Twitterverse

Twitterverse adalah sebuah tempat di mana semua orang yang aktif menggunakan media sosial Twitter bisa berkumpul dan menggunakan Twitter.

Anda bisa memanfaatkan tempat ini sebagai media bisnis Anda, yaitu memasarkan merek dan produk Anda.

 

#19 User Generated Content

User Generated Content atau biasa disebut sebagai UGC adalah segala macam dan jenis konten buatan pengguna yang dipublikasikan secara terbuka dalam sebuah sistem.

Jadi, Anda tidak harus membuat konten baru untuk di-posting pada website Anda. Anda bisa mem-posting konten yang sudah dibuat oleh pengguna website.

Konten tersebut bisa menjadi blog tamu, video pribadi, foto dari pelanggan dan juga pendapat atau testimoni pelanggan atau konsumen.

Tujuan dari UGC yaitu untuk mencari pengguna dan menampilkan betapa pentingnya pengguna bagi bisnis Anda.

UGC merupakan salah satu metode yang digunakan dalam dunia marketing. Dalam banyak kasus di dunia, UGC dapat mendatangkan konversi lebih tinggi dan meningkatkan reputasi merek dan produk di mata pelanggan.

 

#20 Vlogging

Kata vlogging sudah muncul di tahun 2005 dan menjadi sangat terkenal di tahun 2015.

Istilah vlogging atau video blogging merupakan kombinasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat konten yang lebih kreatif dalam sebuah video yang disajikan.

Cari ini dapat Anda gunakan untuk menciptakan konten pemasaran dengan cara yang lebih meraik, lebih unik dan tentunya berbeda. Niscaya, banyak pelanggan atau konsumen Anda tertarik untuk lebih mengenal merek atau produk Anda.

Mendapatkan-Uang-dari-Google-3-Finansialku

[Baca Juga: 5 Hal Penting Sebelum Membuat Vlog di YouTube]

 

Memahami Istilah Marketing Online Tidak Sulit

Bagaimana dengan perjelasan sebelumnya? Apakah Anda sudah mengenal dan memahami istilah tersebut?

Anda bisa belajar istilah ini untuk menjalankan strategi bisnis Anda lho! Tentunya hal ini akan membawa kesuksesan bagi bisnis Anda.

Apakah informasi ini memberikan ilmu pengetahuan dan wawasan baru bagi Anda? Jika Anda ingin membagikan artikel ini kepada teman terdekat Anda, Anda bisa klik tombol share pada bagian atas artikel maupun bagian bawah artikel ini.

 

Silakan beri komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih. Semoga sukses!!

 

Sumber Referensi:

  • Haris Aji Hogantoro. 23 November 2017. 20 Istilah dalam Marketing yang Harus Anda Tahu. Mebiso.com – https://goo.gl/AehGkB
  • Jeha. 19 Oktober 2012. Loyalitas Merek (Brand Loyalty). Joniharyanto.co.id – https://goo.gl/bp6uv5
  • Aulia Adam. 12 Maret 2017. Catfishing: Tipu Muslihat Gebetan Khayalan. Tirto.co.id – https://goo.gl/vFKvwM
  • Ismarlina Mokodompit. 6 Oktober 2017. 9 Emoji yang Sering Digunakan Saat Chatting ini Ungkapkan Kepribadianmu. Brilion.net – https://goo.gl/gC4XJE
  • Admin. Snackable Content: Short, Sweet and Extremely Filling. Thehalogroup.com – https://goo.gl/9h4HAx
  • Ayyub Mustofa. 7 Desember 2017. Memanfaatkan User Generated Content untuk Marketing. Techinasia.com – https://goo.gl/BaJDNX

 

Sumber Gambar:

  • Istilah Marketing – https://goo.gl/wMxLBw
  • Dunia Marketing – https://goo.gl/cM4SKB