Mengapa ibu rumah tangga perlu berbisnis? Apa pula manfaat bisnis ibu rumah tangga untuk masa depan?

Kali ini, Finansialku akan membahas 5 alasan penting mengapa seorang ibu rumah tangga juga harus berbisnis

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Ibu Rumah Tangga Sebagai Pelaku Bisnis

Banyak orang yang mengatakan bahwa menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan paling mulia.

Bagaimana tidak? Dedikasi ibu rumah tangga untuk mengurus rumah dan pendidikan anak meskipun tanpa gaji resmi dan penghargaan, seperti karyawan. Bahkan banyak ibu-ibu kekinian yang rela meninggalkan gelarnya untuk mengabdi pada keluarga.

Meskipun menjadi pekerjaan yang paling mulia, tetapi pekerjaan ibu rumah tangga juga bisa dijalani oleh ibu rumah tangga.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Memiliki bisnis untuk mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja di kantor 8 jam sehari akan lebih fleksibel untuk ibu rumah tangga. Apalagi saat ini semua hal bisa di-handle secara online.

Jadi, bisnis online pun sangat bisa dijalankan siapa saja.

 

Jenis Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Ada banyak sekali bidang bisnis yang bisa dilakukan ibu rumah tangga. Namun, karena bisnis di sini ditekankan hanya sebagai usaha sampingan, dimana pekerjaan utama dan konsentrasi ibu adalah untuk rumah tangga, maka sebaiknya jangan memulai dengan modal terlalu besar.

Jika berjualan, pilih benda yang tidak busuk seperti peralatan elektronik atau baju.

Selain itu, supaya tidak perlu mengeluarkan banyak uang, maka gunakan sistem dropship. Barang yang dibeli hanya by order. Hanya dengan katalog gambar, proses jual beli pun bisa dilakukan via transfer dan kurir atau paket.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

5 Manfaat Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga

Setidaknya ada 5 manfaat bisnis bagi ibu rumah tangga.

Manfaat-manfaat tersebut ada yang bisa langsung dirasakan, ada juga manfaat yang baru dapat dilihat dalam jangka panjang.  Berikut ini adalah ulasannya!

 

#1 Mengasah Potensi dan Skill

Ibu rumah tangga telah membuktikan seluruh skill yang dimilikinya selama merawat anak, mendidik anak, memasak, mencuci, membersihkan rumah, dan meng-organize seluruh benda hingga keluarga bisa memanfaatkan barang apapun secara proper.

Jadi, dengan berbisnis tentunya potensi serta skill tersebut bisa semakin berkembang.

Apa Saja Manfaat Bisnis Ibu Rumah Tangga 02 - Finansialku

[Baca Juga: 25+ Cara Menghemat Uang Saat Memiliki Bayi]

 

Misalnya saja, skill untuk mengatur keuangan.

Jika biasanya ibu rumah tangga hanya mengatur pengeluaran dan tabungan bulanan, maka sekarang pengaturan cash flow bisnis juga akan di-handle. Potensi yang dimiliki di bidang pengaturan keuangan akan semakin berkembang.

Dalam jangka panjang, hal ini akan menginspirasi anak-anak untuk ikut bekerja keras demi masa depan.

Berdasarkan penelitian, anak-anak yang sukses di masa depan adalah mereka dengan ibu produktif. Bisa jadi, ibu tersebut adalah wanita karier atau ibu rumah tangga.

Kedua jenis ibu ini sama-sama bisa menginspirasi selama mereka memiliki affection yang tinggi dengan anak dan motivasi internal maksimal.

 

#2 Kestabilan Kondisi Finansial Keluarga

Kondisi ekonomi keluarga akan bisa semakin menunjang karena ada 2 sumber penghasilan yaitu dari ayah dan ibu.

Meskipun ayah bisa mencukupi kebutuhan keluarga dengan pendapatannya, tetapi ibu bisa memaksimalkan tabungan atau deposito yang sifatnya jangka panjang.

Tidak ada income yang sia-sia, karena pasti ada simpanan seperti asuransi pendidikan yang sangat bermanfaat.

40 Inspirasi Bisnis Ibu Rumah Tangga, yang Dapat Anda Lakukan. Kalau Bisa Nambah Pemasukan, Kenapa Tidak 02 - Finansialku

 [Baca Juga: Moms, Punya Anak Balita? Perlu Beli Asuransi Kesehatan Ga Ya?]

 

Soal kestabilan, sebenarnya kondisi ekonomi sebuah keluarga tidak ada yang benar-benar stabil. Karena anak akan bertambah usia dan kebutuhannya pun semakin berkembang.

Selain itu, ada juga risiko ayah kehilangan pekerjaan karena PHK, perceraian, serta kematian. Jadi, semua hal itu juga harus dipertimbangkan secara matang.

 

#3 Meningkatkan Produktivitas

Karena banyaknya akses media sosial dan page yang kurang bermanfaat, banyak ibu rumah tangga yang melalaikan pekerjaan rumah bahkan pengasuhan anaknya dan lebih memilih asyik bercengkrama di dunia maya.

Hal ini tentunya bisa mengganggu keharmonisan rumah tangga serta kondisi psikologis anak.  

5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ibu Single Parent Gaji UMR Bandung: Bagaimana Cara Mengatur Keuangannya?]

 

Dengan berbisnis, ibu rumah tangga akan lebih produktif dan mengalokasikan tenaga serta pikirannya untuk kegiatan bermanfaat.

Tentunya, produktivitas fisik serta pikiran seseorang akan membantunya berpikir lebih positif dan hidup sehat dengan motivasi hidup tinggi. Motivasi hidup yang tinggi akan mempengaruhi kebahagiaan keluarga.

Ketika pemikiran seseorang positif, maka atmosfer yang dibangun juga lebih bersemangat. Ingat, ibu adalah moodbooster keluarga. Jadi, ketika ibu kurang motivasi maka semangat keluarga pun berkurang.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#4 Menjadi Partner Suami dalam Segala Hal

Ketika menikah, keinginan terbesar para wanita adalah menjadi partner suami dalam segala hal. Jika bisa membantunya di bidang keuangan, mengapa tidak?

Apabila bisnis yang dijalankan berhasil, maka keuntungannya akan mengalir ke keluarga juga. Suami bisa terbantu untuk menyelesaikan berbagai kebutuhan rumah tangga.

5 Tahun Menikah, Masih Sulit Mengatur Keuangan Banyak Utang dan Ga Bisa Nabung. Gimana Solusi Buat Keluarga Saya 01 Pasangan - Finansialku

[Baca Juga: Financial Hacks! Atur Uang Sebelum Uang Mengatur Anda]

 

Apa manfaat jangka panjang untuk hal ini? Jika keluarga sudah bisa mencukupi semua kebutuhannya dan memiliki tabungan untuk masa depan, maka waktu bercengkrama tanpa pikiran tentang uang akan lebih banyak.

Tentunya, ketika ayah dan ibu memiliki waktu luang lebih banyak dengan pikiran fresh, maka segala kegiatan menyenangkan bisa dilakukan untuk kebahagiaan keluarga.

 

#5 Kesejahteraan Keluarga Lebih Terjamin

Saat ini, masih banyak keluarga yang hidup dengan tingkat kesejahteraan cukup rendah. Hal ini ditandai dengan banyaknya kriminalitas, perceraian karena uang, dan berbagai hal negatif yang dipengaruhi oleh kurang sejahteranya keluarga.

Kesejahteraan keluarga sangat penting karena berkaitan dengan kesehatan, pendidikan dan kelayakan baik makanan, pakaian serta hunian.

14 Cara Berpikir Positif di Keluarga yang Membuat Hubungan Kekeluargaan Makin Akrab 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sorry Rajin Menabung Gaji Tidak akan Membuat Kaya, Kalau Mau Begini Cara Menabung yang Bisa Bikin Kaya]

 

Kesejahteraan dapat diperoleh dengan uang. Jika ibu bisa berbisnis yang profitable dan mendapatkan lebih banyak uang untuk keluarga, maka akses menuju kesejahteraan pun bisa semakin besar.

Hal ini dalam jangka panjang akan bisa mengurangi risiko kriminalitas dan segala tindakan negatif akibat kurang sejahtera yang kerap terjadi di masyarakat.

 

Kesimpulannya? Ibu Produktif is The Best!

Kesimpulannya, ibu rumah tangga yang produktif adalah best mom.

Bagaimana tidak, ketika seluruh pekerjaan rumah tangga bisa selesai, anak terdidik oleh ibunya langsung dan bisnis lancar, maka hampir semua hal seperti dalam genggaman.

Tentunya anggapan ini sedikit hiperbola. Tetapi apalagi yang dibutuhkan seorang ibu selain melihat keluarganya harmonis dan bahagia?

 

Apakah Anda akan segera memulai bisnis sembari menjalankan tugas sebagai ibu rumah tangga? Bagaimana Anda akan memulainya?

Jika Anda merasa bahwa informasi ini sangat penting, maka jangan ragu untuk membagikannya dengan keluarga atau teman yang sedang merencanakan langkah bisnis, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 22 Februari 2018. 5 Manfaat Bisnis Ibu Rumah Tangga 5 Manfaat Bisnis Ibu Rumah Tangga. Cermatiaja.com – https://goo.gl/ziQj3V

 

Referensi Gambar:

  • Manfaat Bisnis Ibu Rumah Tangga – https://goo.gl/MwxgCV
  • Mengasah Keterampilan – https://goo.gl/rctBCM