Pernah dengar program Car 3i Networks? Asuransi jiwa ini booming di masyarakat, tapi yang jadi pertanyaan ‘apakah program ini menguntungkan?’

Yuk kita bahas!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Mengenal Program Car 3i Networks

Program Car 3i Networks adalah program dari PT AJ Central Asia Raya (CAR Life Insurance) yang dimiliki oleh Salim Group.

3i Networks merupakan sistem pemasaran asuransi jiwa melalui jaringan keagenan yang mengajak nasabah mendapat perlindungan (proteksi) dan investasi, juga penghasilan sebagai agen asuransi jiwa (mengikuti peraturan keagenan yang berlaku dan agen wajib berlisensi dari AAJI) atau sebagai pemberi referensi calon nasabah potensial.

3i Networks memiliki arti Insurance sebagai asuransi jiwa unitlink, Investment yaitu produk investasi, juga Income yaitu penghasilan sebagai seorang agen asuransi yang berlisensi dari proses bekerjanya 3i Networks.

Sementara Networks adalah jaringan keagenan dalam pemasaran asuransi jiwa yang memberikan nilai tambah bagi pemegang polis ketika menjadi bagian dari atau bergabung dalam keagenan 3i Networks.

Review Program Car 3i-Networks 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7+ Asuransi Syariah Terbaik Versi Finansialku 2019]

 

Sebelum lebih jauh membahas tentang program Car 3i Networks perlu diketahui bahwa artikel ini hanya ditujukan untuk me-review produk dan program bukan untuk menjual atau mempromosikan ya…

 

Apakah Produk Car 3i Networks Ini Menguntungkan?

Program yang menawarkan beberapa produk Car 3i Networks tengah jadi perbincangan di masyarakat, ingin tahu lebih lanjut apakah produk ini menguntungkan? Simak artikel berikut ini!

 

#1 Produk Asuransi

Berdasarkan sudut pandang perencana keuangan, asuransi jiwa adalah salah satu cara memindahkan (mentransfer) risiko (baca: kerugian finansial), dari seseorang kepada perusahaan asuransi.

Maka dari itu, disarankan untuk membeli asuransi jiwa sesuai kebutuhan saja.

Jika Anda membeli asuransi jiwa, sebenarnya Anda membeli uang pertanggungan (UP).

 

Beli asuransi jiwa = Beli uang pertanggungan (UP)

 

Lalu, berapa uang pertanggungan (UP) yang Anda butuhkan?

Anda dapat menghitung kebutuhan uang pertanggungan asuransi jiwa dengan menggunakan Aplikasi Finansialku (Silakan daftar di aplikasi.finansialku.com atau download di Google Play Store).

Cara menghitung uang pertanggungan, silakan cek di sini.

Produk yang dijual saat ini adalah unitlink dengan nama CARLink Pro, tepatnya adalah CARLink Pro-Mixed.

CARLink Pro merupakan gabungan produk asuransi berjangka dan investasi dimana pemegang polis mempunyai kebebasan untuk memilih penempatan Dana Investasi yang disediakan dan dikelola oleh PT AJ Central Asia Raya.

Terdapat empat jenis pilihan investasi CARLink Pro:

  • CARLink Pro Safe: Memberikan hasil investasi yang kompetitif dengan mengutamakan keamanan dan tingkat likuiditas yang tinggi.
  • CARLink Pro Fixed: Mengoptimalkan hasil investasi dengan menjaga keamanan dan risiko pada tingkat yang dapat diterima (tolerable risk).
  • CARLink Pro Mixed: Memperoleh hasil investasi yang optimal dalam jangka panjang dengan tetap menjaga tingkat risiko sesuai dengan kondisi ekonomi mikro maupun makro.
  • CARLink Pro Flexy: Memperoleh hasil investasi yang optimal dalam jangka panjang dengan tetap menjaga portfolio investasi yang terdiri dari saham-saham yang berkualitas dan mempunyai catatan pertumbuhan yang positif.

 

Berikut kebijakan Investasi CARLink Pro:

 

Pro Safe

Pro Fixed

Pro Mixed

Pro Flexy

Pasar Uang

100%

0-20%

10-90%

0-20%

Efek Pendapatan Tetap

 

80-100%

10-90%

 

Efek Ekuitas

 

 

10-90%

80-100%

 

Standard pilihan investasi pada Program 3i Networks adalah menggunakan CARLink Pro Mixed, namun nasabah diperkenankan untuk memilih yang lain.

 

#2 Investasi

Sudah tahu bagaimana konsep kerja sebuah produk unitlink? Produk unitlink menguntungkan nasabah, karena uang hasil investasi dapat digunakan untuk membayar premi (cost of insurance).

Artinya, pada tahun ke-5 atau tahun ke-10, bisa melakukan cuti premi.

Logo CAR 3i Networks New

[Baca Juga: Tidak Mau Beli Asuransi? Ini 7 Penyebabnya]

 

But anyway, selain konsep kerja Anda perlu tahu cara kerja unitlink ya. Berikut mengenai produk investasi di unitlink yang perlu Anda ketahui:

  1. Produk unitlink ini sifatnya investasi, jadi uang Anda yang diinvestasikan bisa mengalami kenaikan, bisa tetap dan bisa turun.
  2. Investasi di unitlink memiliki fungsi utama untuk membayarkan premi asuransi jiwa. Jika Anda menarik semua investasi di unitlink Anda (dan Anda tidak membayar kembali atau top up premi), maka polis unitlink Anda akan hangus (lapse).
  3. Kurang tepat menyebut investasi di unitlink, sebagai tabungan. Hal ini karena adanya potensi risiko yang bisa terjadi.
  4. Prospektus yang tertulis dalam penawaran adalah hasil perhitungan berdasarkan kinerja masa lalu. Meskipun perusahaan memberikan yang terbaik, tetapi tidak ada garansi atau jaminan.

 

#3 Bisnis

Apresiasi positif diberikan untuk agen Car 3i Network yang didorong mengambil sertifikasi AAJI.

Artinya seluruh agen memiliki kompetensi untuk menjelaskan produk unitlink kepada nasabah. Sehingga tenaga penjual asuransi yang profesional akan menawarkan produk sesuai dengan kebutuhan setiap orang.

Bisnis agensi ini juga menawarkan 6 bonus keuntungan, antara lain:

  1. Bonus referensi
  2. Bonus elit
  3. Bonus level
  4. Bonus posisi
  5. Bonus royalty
  6. Bonus persistensi

 

Tetap Aman Mengejar Keuntungan

Setelah membaca ulasan diatas, apakah Anda tertarik untuk menjadi bagian dari program Car 3i Networks?

Oia, program ini bukanlah MLM karena keagenan 3i Networks tidak melakukan penjualan langsung secara multilevel, tetapi melakukan pemasaran asuransi pada umumnya dan dijual oleh seorang agen asuransi yang wajib memiliki lisensi keagenan.

Keamanannya pun tak perlu dikhawatirkan karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Surat keputusan izin usaha nomor: KEP-013/KM.13/1987 tanggal 18 Desember 1987.

Sehingga produk asuransi jiwa yang ditawarkan/dipasarkan adalah produk asuransi yang terdaftar di OJK.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar program Car 3i Networks.

Informasi ini langsung kami peroleh dari staf Marketing Controller PT AJ Central Asia Raya (update terakhir: 28 Agustus 2018).

3i Networks adalah suatu sistem pemasaran asuransi jiwa melalui jaringan keagenan yang mengajak Nasabah selain mendapat perlindungan (proteksi) dan Investasi, juga penghasilan sebagai agen asuransi jiwa (mengikuti peraturan keagenan yang berlaku dan agen wajib berlisensi dari AAJI) atau sebagai pemberi referensi calon nasabah potensial.

 

Kepanjangan dari 3i Networks, yaitu:

I: Insurance, Asuransi Jiwa Unitlink (Asuransi dan Investasi), dengan Uang Pertanggungan Rp21.000.000 (dengan premi bulanan Rp350.000). Asuransi Jiwa Unitlink (Asuransi dan Investasi), dengan Uang Pertanggungan Rp42.000.000 (dengan premi bulanan Rp700.000).

I: Investment, Premi (setelah dikurangi biaya asuransi dan biaya lain) diinvestasikan dalam produk Unitlink, yaitu suatu produk investasi (bukan tabungan murni) dalam pasar uang dan pasar modal yang dikelola oleh manajer investasi terpercaya.

I: Income, Penghasilan yang dapat dihasilkan seorang agen asuransi yang berlisensi dari proses bekerjanya 3i Networks (komisi dan penghasil-penghasil lain dari penjualan produk).

N: Networks, Jaringan keagenan dalam pemasaran asuransi jiwa yang memberikan nilai tambah bagi Pemegang Polis ketika menjadi bagian dari atau bergabung dalam keagenan 3i Networks.

3i Networks bukan MLM, karena jaringan keagenan ini tidak melakukan penjualan langsung secara multilevel dan tidak memasarkan asuransi secara MLM. 

Jaringan ini memasarkan produk asuransi jiwa seperti pemasaran asuransi pada umumnya dan dijual oleh seorang agen asuransi yang wajib memiliki lisensi keagenan.

PT AJ Central Asia Raya adalah perusahaan berbadan hukum di Indonesia, berdiri sejak tahun 1975 dengan memiliki izin usaha yang jelas sebagai member Salim Group, serta terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Surat keputusan izin usaha nomor: KEP-013/KM.13/1987 Tanggal 18 Desember 1987.

Produk asuransi jiwa yang ditawarkan/dipasarkan adalah produk asuransi yang terdaftar di OJK. 

TIDAK. 3i Networks tidak memasarkan tabungan, tetapi memasarkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unitlink.

Produk yang dijual saat ini dalam keagenan 3i Networks adalah Unitlink dengan nama CARLink Pro, tepatnya adalah CARLink Pro-Mixed.

CARLink Pro merupakan gabungan dari produk asuransi berjangka (term insurance) dan investasi dimana Pemegang Polis mempunyai kebebasan untuk memilih penempatan Dana Investasi yang disediakan dan dikelola oleh PT AJ Central Asia Raya.

Produk UnitlinkCARLink Pro adalah produk Konvensional. Untuk produk terkait portofolio investasi Syariah, CAR mempunyai produk bernama CARLisya yang saat ini belum masuk dalam penjualan melalui Program 3i-Networks.

Usia minimal adalah 17 tahun (memiliki KTP) dan tidak ada batasan maksimal asalkan masih sehat, berpikiran waras dan dapat beraktivitas untuk melakukan kegiatan.

Sedangkan untuk Pemegang Polis: usia minimal adalah 21 tahun dan maksimal adalah 65 tahun.

Dan untuk Calon Tertanggung: usia minimal adalah 6 bulan dan maksimal adalah 59 tahun.

Calon Nasabah dapat membeli Polis dengan Premi berapa pun. Tetapi untuk masuk dalam jaringan 3i Networks minimal premi adalah Rp350.000 per Polis/bulan. Jika ada permohonan di luar dari ketentuan, maka Proposal dan Polis yang disetujui akan dicetak sesuai dengan pengajuan.

Ahli waris atau orang/pihak yang mempunyai kepentingan asuransi (insurable interest) atau karena ikatan perkawinan dan hubungan darah (misalnya: istri, anak, saudara, ayah dan ibu).

Melalui transfer ke rekening virtual account yang telah ditentukan atau autodebet rekening. Cara pembayaran dapat Anda pelajari ketika Anda bergabung dalam 3i Networks.

Premi dibayarkan selama 5 tahun.

Bisa, Top Up dapat dilakukan dengan jumlah minimal Rp500.000 dan maksimal Rp10.000.000.000, dengan alokasi investasi sebesar 95%.

Betul. Untuk memasarkan produk asuransi jiwa melalui 3i Networks wajib memiliki lisensi keagenan dan merupakan agen PT AJ Central Asia Raya.

 

Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan atau masukan silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini. Terima kasih, sukses selalu.

 

Sumber Gambar:

  • Car3inetworks – https://goo.gl/JU795a, https://goo.gl/ed84FQ, https://goo.gl/yEEx3G
  • Writing – https://goo.gl/tKZEpo