Menjadi miliarder dan cepat kaya mungkin menjadi mimpi bagi banyak orang, tapi bagaimana rahasia bisnis agar bisa seperti itu? Kabar baiknya adalah setiap orang sudah memiliki bekal awal untuk menjadi kaya.

Perbedaannya hanya mereka yang sukses tahu bagaimana mengembangkan bekal awal tersebut menjadi kesuksesan.

Nah, mari kita lihat rahasia sukses yang harus Anda ketahui untuk bisa seperti mereka!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Anda Juga Punya Bekal Awal untuk Sukses

Mendengar bahwa semua orang memiliki bekal awal yang sama untuk menjadi sukses tentunya menimbulkan rasa penasaran baru: apakah bekal awal yang dimaksud?

Jawabannya bukanlah gelar sarjana, profesor, dan bukan juga warisan dari orang tua kaya. Bekal awal ini berupa aset yang sangat kuat dan memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Jika dimanfaatkan dengan baik, aset ini bisa memberikan pengembalian tak terbatas. Aset tersebut sangatlah sederhana, yaitu: PIKIRAN atau bisa disebut juga aset intelektual.

Dengan kata lain, jika Anda menginvestasikan waktu dan uang untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan Anda, maka Anda bisa memperoleh pengembalian tak terbatas sepanjang hidup.

Coba Anda lihat sejarah dari banyak miliarder, yang memulai tanpa bekal apapun selain pikirannya. Ada miliarder yang memulai dari bawah dan melatih pikirannya untuk mencari kekayaan.

Ide Bisinis dan Peluang Bisnis 2019 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jembatan Menuju Kebebasan Finansial: Berpindah dari Sisi Kiri ke Sisi Kanan Kuadran]

 

Bahkan, 90% perusahaan kini lebih mementingkan aset intelektual daripada aset lainnya (mesin, peralatan, tanah, dan lainnya).

Sebagai contoh Google, perusahaan multinasional bernilai puluhan triliun rupiah. Google tidak memiliki banyak aset kasat mata, namun lebih memprioritaskan kecerdasan karyawannya.

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana memperkaya aset intelektual ini? Salah satu caranya adalah dengan banyak mencari informasi baru, baik dengan membaca atau menonton.

Untungnya, kini sudah banyak sumber informasi yang bisa Anda akses dengan mudah.

Salah satunya adalah situs Finansialku yang selalu siap menyediakan informasi dan berita terkini, trend dan fashion masa kini, hingga tips-tips keuangan semacam ini.

Jadi jangan ragu untuk selalu mengakses situs Finansialku dan peroleh informasi terkininya ya. Nah, untuk mencari artikel-artikel lainnya, kamu dapat kunjungi situs Finansialku.com atau download aplikasinya secara gratis di Google PlayStore.

Selain memperkaya aset intelektual, Anda juga bisa belajar dari pengalaman para pebisnis yang sudah mencicipi kesuksesan. Jadi, di sini kami mengajak Anda mengintip bagaimana para pebisnis sukses berhasil mengembangkan aset intelektualnya menjadi sebuah kesuksesan.

Dalam artikel Finansialku kali ini, yuk lihat 10 rahasia bisnis orang super sukses berikut ini:

 

10 Rahasia Bisnis Orang Super Sukses

Seperti telah dijabarkan sebelumnya, semua orang memiliki bekal awal yang sama yaitu pikiran. Jadi, intinya yang membedakan satu orang dan lainnya sehingga bisa menjadi sukses adalah dengan rahasia bisnisnya.

Dengan mencontoh pola pikir dan strategi orang-orang super sukses, Anda juga bisa berhasil mencapai tujuan.

Seperti apa sih rahasia bisnis para pebisnis super sukses ini? Mari kita simak 10 rahasia bisnis yang tentunya kami rangkum khusus untuk Anda:

 

#1 Bermimpi Besar

Setiap pebisnis yang mencapai kesuksesan tentunya sudah mencapai mimpi-mimpi mereka. Namun, tanpa mulai bermimpi tentu kesuksesan tersebut mustahil dicapai.

Sebuah kesuksesan muncul dari mimpi yang besar, dan Anda harus berani bermimpi. Anda harus mempunyai visi dan misi yang jelas tentang apa yang ingin dicapai.

Mari melihat sebuah contoh Adam Khoo, penulis yang juga merupakan miliarder termuda asal Singapura pada usia 26 tahun akan berbagi rahasianya dengan Anda.

10-Pelajaran-Kepemimpinan-dari-Desain-Cara-Berpikir-2-Finansialku

[Baca Juga: Kebebasan Finansial Bukan Berarti Kaya dan Bebas Utang Lho! Tapi…]

 

Adam mengungkapkan bahwa faktor pendorong terbesar dalam kesuksesannya yang membedakannya dari calon miliarder lainnya adalah keinginan besar untuk sukses dan kaya.

Hal ini disebabkan didikan orang tuanya yang membatasi mereka agar tidak dimanja, jadi mereka harus berusaha keras sendiri untuk memperoleh sesuatu yang diinginkannya.

Dari situ Adam mulai berpikir bahwa dirinya bertanggung jawab atas masa depannya.

Adam bermimpi untuk bisa sukses dengan kerja kerasnya sendiri, bahkan ingin menjadi miliarder agar bisa membeli segala sesuatu yang diinginkannya tanpa harus meminta izin dari ayahnya.

Hasilnya?

Adam berhasil menjadi miliarder termuda di Singapura pada usia 26 tahun, semua ini dimulai hanya karena mimpinya yang ingin bebas keuangan dan bisa menjadi miliarder dengan tangannya sendiri.

 

#2 Melakukan Apa yang Anda Minati

Banyak orang bertanya, “Apa sih sebenarnya industri paling menguntungkan? Apakah makanan, asuransi, atau properti?”

Jawabannya adalah: INDUSTRI MANAPUN bisa menjadi bidang yang menguntungkan, asalkan Anda menjadi salah satu yang terbaik di bidang tersebut.

Kemudian muncul lagi pertanyaan kedua, “Bagaimana saya bisa menjadi salah satu yang terbaik dalam industri itu?”

Bagaimana Kepemimpinan Generasi Milenial 05 Milenial 5 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi: Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook]

 

Jawabannya adalah dengan memberikan totalitas baik dalam komitmen maupun tindakan untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Orang memberikan totalitas hanya jika ia menggemari apa yang dikerjakannya, dan karena kegemaran itulah ia memberikan hampir seluruh hidupnya untuk memikirkannya.

Dengan kata lain, mereka terobsesi untuk melakukan apa yang mereka gemari dan terus mencari cara untuk melakukannya dengan lebih baik lagi.

Seperti sebuah pepatah dari Steve Jobs,

“The only way to do great work is to love what you do.”

 

#3 Berkomitmen Tinggi

Jika Anda diberi pertanyaan, “Apakah Anda MAU menjadi kaya?” Kemungkinan besar semua orang akan menjawab IYA.

Namun jika Anda ditanya kembali, “Apakah Anda sudah BERKOMITMEN 100% untuk menjadi kaya?”, maka jawaban sebagian orang bisa berubah.

Maksudnya adalah, terdapat perbedaan antara MAU menjadi kaya dan BERKOMITMEN menjadi kaya. Jika Anda hanya menginginkannya tanpa berbuat apa-apa, maka Anda tidak akan bisa menjadi kaya.

Inilah yang menjadi alasan mengapa hanya segelintir orang yang berhasil mencapai tujuannya yaitu menjadi kaya, padahal hampir semua orang ingin menjadi kaya.

Solusi dan Panduan Membuat Bisnis Startup Untuk Pemula 03 Bisnis Startup 3 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses John D Rockefeller, Pebisnis Industri Minyak AS]

 

Berbagai studi membuktikan bahwa orang yang mencapai kesuksesan tidak hanya menginginkan kekayaan, namun juga memberikan komitmen 200% untuk mencapainya.

Tentunya dengan melakukan apapun demi sebuah tujuan, Anda akan selalu menemukan cara dan tidak akan pernah buntu di tengah jalan.

Jangan jadikan kekayaan sebagai “andai” namun jadikan sebagai “harus”. Niscaya Anda juga bisa mencapai kesuksesan dan kekayaan tersebut.

 

#4 Melebihi Ekspektasi

Untuk mengetahui apakah Anda sudah punya rahasia sukses yang satu ini, cobalah Anda duduk sejenak dan renungkan apa tujuan yang ingin Anda capai dengan menjadi kaya?

Apakah Anda ingin membiayai kebutuhan keluarga? Ataukah Anda hanya ingin memperoleh kebebasan?

Cobalah ketahui dengan jelas alasan Anda ingin menjadi kaya dan Anda boleh memiliki lebih dari satu alasan, bahkan tulislah sebanyak-banyaknya.

Pebisnis Kalau Mau Sukses Harus Punya Program Kerja, Berikut ini Tips Menyusun Program Kerja 02 - Finansialku

[Baca Juga: Anda Bisa Kaya Hanya Dengan 10 Tips Sukses Jadi Orang Kaya Sebelum Usia 40 Tahun Ala Warren Buffet]

 

Setelah Anda menjawab, kini mari lihat hasilnya. Pada dasarnya manusia tergolong dalam tiga kategori:

  1. Manusia yang memiliki kebiasaan melakukan sesuatu di bawah ekspektasinya.

Karakteristiknya jelas dimana mereka biasanya menulis 3 atau 4 alasan untuk menjadi kaya. Jika ditanya mengapa, biasanya mereka akan memberikan jawaban seperti “Saya tidak memiliki waktu yang cukup” atau “Tidak terpikir lagi alasan lainnya”.

Manusia dalam kategori ini biasanya melakukan sesuatu lebih buruk dari seharusnya, sehingga bisa dikatakan mereka menjadi liabilitas atau beban bagi orang lain.

  1. Manusia yang terbiasa melakukan sesuatu sesuai ekspektasinya.

Kelompok ini termasuk orang-orang yang patuh, dimana jika diminta menulis 5 alasan mereka akan menuliskan lima. Jika diminta sepuluh alasan, mereka menuliskan sepuluh.

Mereka hanya melakukan sesuatu sesuai standard dan tidak berharap lebih sehingga bisa dikatakan mereka adalah investasi dengan tingkat pengembalian rendah.

  1. Manusia yang memiliki kebiasaan melakukan sesuatu melebihi ekspektasinya.

Mereka yang menuliskan sebanyak-banyaknya alasan biasanya merupakan kaum minoritas yang tergolong pembuat nilai. Umumnya merekalah yang akan menjadi sukses dan kaya.

Terlepas dari warisan dan pendidikan yang dimiliki, mereka memiliki kebiasaan untuk berbuat lebih baik dari seharusnya. Sehingga bisa dikatakan mereka adalah aset berharga yang sulit tergantikan.

 

Jika Anda tergolong dalam kategori 3, maka Anda sudah memiliki satu kebiasaan hidup sukses yang akan mendorong Anda untuk lebih baik daripada orang lain.

 

#5 Mau Terus Belajar

Orang yang ingin sukses tidak pernah berhenti belajar. Mereka tahu bahwa di atas langit masih ada langit, jadi tidak ada alasan untuk puas dengan apa yang sudah mereka ketahui. Mereka rindu akan ilmu.

Sikap ini mungkin sudah menjadi rahasia umum, namun sayangnya banyak yang mencari alasan untuk berhenti belajar.

5 Manajemen Keuangan Anak Kost 01 Mahasiswa Belajar - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Bijak Mark Cuban: Suka Terlibat Dalam Bisnis]

 

Jika Anda ingin sukses, jangan pernah puas dengan pengetahuan Anda dan selalu bekali diri lebih untuk bersaing dalam dunia bisnis.

Kini sudah sangat banyak kok sumber pengetahuan yang mudah diakses. Misalnya saja e-book keuangan dari Finansialku yang bisa Anda peroleh gratis disini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#6 Disiplin

Aristoteles pernah berkata,

We are what we repeatedly do. Excellence, then, is not an act but a habit.”

 

Artinya kita akan menjadi manusia yang terbentuk dari kebiasaan. Dibutuhkan kebiasaan untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa, dan waktulah yang akan membentuk kebiasaan.

Orang bilang bahwa kesuksesan itu muncul dari kebiasaan baik yang dipupuk terus.

Kedisiplinan Diri Adalah Kunci Segala Keberhasilan! Buktikan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang Bahagia? Kalau Mau Keduanya, Ini Caranya]

 

Contohnya saja saat Anda memiliki kebiasaan menunda gratifikasi, maka saat Anda sukses pun Anda tidak akan langsung menghambur-hamburkan uang tersebut.

Anda pasti tetap mempertahankan kebiasaan untuk menunda gratifikasi dan mempertahankan kekayaan Anda. Dengan demikian, Anda berhasil menyelamatkan kesuksesan Anda dari keadaan yang sesaat.

Jadi, intinya Anda bisa sukses berbisnis jika menerapkan kebiasaan baik yang terus dilakukan hingga sukses nanti.

 

#7 Bertanggung Jawab

Rahasia ke-7 dari orang sukses adalah bertanggung jawab 100% akan hasil yang diperoleh. Dengan kata lain, menerapkan pola pikir “pemenang” dan bukan pola pikir “korban”.

“Pemenang” cenderung menerima apapun yang terjadi, dan bukannya mencari alasan atau menyalahkan keadaan.

Saat Anda hanya menyalahkan orang lain atau keadaan, Anda sama saja menyerahkan kendali kepada orang lain. Dengan demikian, selalu bertanggung jawab akan seluruh hasil yang diperoleh akan memberikan kekuatan lebih.

Kekuatan untuk mengubah strategi dan aksi demi mencapai hasil yang lebih baik lagi.

 

#8 Mampu Mengubah Kegagalan jadi Kesuksesan

Rahasia selanjutnya yang umum dimiliki orang sukses adalah kemampuan menerima kegagalan dan mengubahnya menjadi sebuah kesuksesan. Salah jika Anda menganggap bahwa orang kaya tidak pernah gagal.

Sebenarnya, mereka mengalami banyak kegagalan pada titik tertentu, namun menolak untuk menyerah.

Sikap inilah yang kerap kali membuat orang menjadi sukses, dengan melihat kegagalan sebagai sebuah langkah menuju kesuksesan dan bukannya akhir.

Belum Mengutamakan Program Pelayanan Karyawan 02 - Sukses Finansialku

[Baca Juga: 5 Pebisnis UKM Sukses Indonesia yang Jadi Teladan Anak Muda, Simak Kisahnya]

 

Mereka gagal, belajar dari kegagalan, lalu mencari solusinya dan mencoba hal baru demi mencapai tujuannya. Mereka akan terus melakukan riset dan meminta feedback demi membuat strategi sampai mereka berhasil.

Itulah mengapa orang selalu berkata bahwa pengalaman itu mahal. Karena tanpa pengalaman, Anda hanya tahu apa yang sebaiknya dilakukan tanpa tahu apa yang salah dan bagaimana cara memperbaikinya.

 

#9 Proaktif

Pernahkah Anda memiliki teman di dalam kelas yang selalu berusaha mengenal semua orang dan bertanya dengan aktif? Jika ada, maka dia sudah menunjukan tanda-tanda menjadi proaktif.

Orang yang proaktif memiliki kecenderungan untuk mengambil inisiatif. Saat tidak ada peluang, mereka tidak menyerah, namun mencari atau bahkan membuat peluang baru.

23 Ilmu Yang Perlu Anda Pahami Agar Bisnis Sukses 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Sukses dan Menjadi Orang Kaya? Awali Dengan Menerapkan Prinsip Dasarnya Terlebih Dahulu]

 

Kebalikan dari orang proaktif adalah orang reaktif, dengan karakteristik hanya menunggu sesuatu untuk terjadi tanpa melakukan apapun. Mereka akan bertindak hanya sebagai reaksi dari aksi orang lain.

Hasilnya adalah biasa mereka memiliki kendali lebih kecil dan bahkan dikendalikan orang lain. Saat tidak ada peluang, orang reaktif hanya menunggu ada peluang baru.

Dengan berpikiran proaktif, Anda memberikan kekuatan dan pilihan bagi diri sendiri. Anda memiliki kendali penuh akan aksi untuk mencapai kesuksesan.

Sehingga lebih baik Anda tinggalkan karakteristik reaktif sekarang juga dan mulai menjadi proaktif.

 

#10 Bertindak Sesuai Rencana

Dalam bisnis, semuanya membutuhkan waktu lebih lama dari yang Anda bayangkan. Jangan mencoba memperoleh banyak dalam jangka waktu yang pendek.

Kecepatan bukanlah faktor penting dalam membangun bisnis. Anda bisa menjalaninya dengan perlahan selama apa yang Anda lakukan adalah benar.

Setelah menentukan apa tujuan Anda, buatlah rencana terperinci mengenai apa yang akan Anda lakukan. Lalu ikutilah rencana tersebut sesuai jangka waktunya.

Selalu ada godaan dan perubahan yang bisa menghasilkan kegagalan, sehingga jangan lupa untuk membuat rencana cadangan.

Tom Ferry, CEO Tom Ferry International, #1 Swanepoel Power 200 real estate coach, dan penulis buku NYT-bestseller Life! By Design” pernah mengatakan,

If you’re smart enough to write your own plan and then dumb enough to follow it, you’re gonna crush it.

 

Kesimpulan

Setiap orang memiliki bekal yang sama dalam mencapai kekayaan, yaitu “pikiran” atau “aset intelektual”.

Kini keputusan berada di tangan Anda, apakah Anda ingin menjadi seseorang yang sukses dan kaya atau hanya ingin hidup biasa-biasa saja dan sederhana?

Jika Anda juga ingin sukses, mulailah aplikasikan 10 rahasia bisnis yang sudah dilakukan para pebisnis super sukses di atas. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda dalam meraih kesuksesan!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai 10 rahasia bisnis yang dilakukan orang super sukses lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Adam Khoo. 2006. Secrets of Self-Made Millionaires (How You Can Create an Extraordinary Income and Build a Million-Dollar Net Worth… Starting from Scratch). Singapura: Adam Khoo Learning
  • THE ORACLES. 24 Januari 2018. 11 Ways to Stay Motivated, According to Highly Successful Business People. Money.com – http://bit.ly/2YZjKq8

 

Sumber Gambar:

  • Rahasia Bisnis – http://bit.ly/2Kxc0Yd