Terkadang rasa bosan yang kita alami, seringkali mengarah pada kegiatan yang boros. Berikut ini 3 cara untuk mengalahkan rasa bosan, agar tidak boros.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

DuitPintar

 

3 Cara Kalahkah Rasa Bosan yang Bisa Menyebabkan Boros

Apakah Anda pernah merasa bosan di akhir minggu? Saat hari sabtu dan minggu datang, kemudian belum ada rencana atau janji nongkrong. Diem di rumah ga ada kegiatan, kemudian apa yang akan dilakukan? Menjadi shopaholic, mulai buka-buka online shop: lihat katalog di Instagram, Tokopedia, BukaLapak? Atau mulai contact teman-teman untuk pergi hang out ke bioskop, nongkrong lama di kafe, main game online atau jalan-jalan keliling mall?

rasa-bosan-kamu-membuat-jadi-boros-kalahkan-dengan-3-cara-ini-finansialku

[Baca Juga: 8 Ciri Shopaholic dan Solusinya]

 

Rasa bosan seringkali mengancam kondisi keuangan kita, karena orang cenderung menghabiskan waktu dan uang untuk membuat dirinya lebih bahagia. Iya sih dalam beberapa kasus uang dapat membuat Anda menjadi jauh lebih bahagia. Untuk menghindari boros dan mengeluarkan uang untuk mengalahkan bosan, mending Anda ikutin 3 cara ini:

 

#1 Siapkan Rencana untuk Menyibukkan Diri

Hal pertama yang perlu Anda miliki adalah jadwal atau rencana kegiatan. Anda dapat mulai menyiapkan kegiatan untuk meningkatkan kekompakkan dengan anggota keluarga, mulai dari bermain games (seperti main monopoli bareng pasangan dan anak-anak), bikin vlog (video blog) sama seluruh anggota keluarga (ini contoh keseruannya ngevlog bareng keluarga), menjalankan hobi, belajar skill baru, olahraga dan meditasi, membuat blog atau menggunakan internet untuk nambah penghasilan,

 

 

#2 Hati-Hati dengan Kebiasaan Impulsif dan Meledak-Ledak

Tahukah Anda, kebiasaan suka belanja yang tiba-tiba, kemudian meledak-ledak. Terkadang kebiasaan belanja seperti itulah yang membuat seseorang menjadi tiba-tiba boros. Dalam bahas pemasaran, istilah tersebut adalah buying impulsive. Contoh yang paling sederhana:

  • Anda lagi bosan kemudian lihat di Instagram ada promo 30%+20% makanan di rumah makan dekat rumah. Wow langsung merapat ke lokasi dan makan. Padahal ga ada rencana mau keluar makan.
  • Anda lagi bosan kemudian jalan-jalan ke mall. Eh ada promo diskon buy 2 get 3 free. Wah kesempatan jarang-jarang kan, kemudian langsung beli barang tersebut.
  • Termasuk juga ketika Anda berbelanja di department store, rak-rak didekat kasir selalu dihiasi oleh cemilan-cemilan yang 90% orang dan anak-anak suka. Tujuannya agar orang tiba-tiba lihat dan ingin membelinya (padahal tidak ada di daftar belanjaan).

 

#3 Coba Ubah Rutinitas

Terkadang rutinitas bisa membantu Anda menghemat waktu, karena Anda tidak perlu berpikir habis ini ngapain lagi ya. Namun rutinitas juga membuat orang bosan, lebih cepat lelah dan kehilangan kreativitas. Untuk mengubah rutinitas, memang membutuhkan usaha atau effort lebih. Anda dapat mencoba untuk rehat sejenak, misal jalan-jalan ke luar kota atau luar negeri serta mulai mempelajari skill baru. Menurut World Ecoomic Forum, manusia di abad 21 harus menguasai 16 skill utama. Apakah Anda sudah tahu dan sudah menguasai 16 skill wajib tersebut?

21-skill-yang-harus-dimiliki-jika-ingin-menjadi-orang-sukses-di-abad-21-finansialku

[Baca Juga: 16 Skill yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Orang Sukses di Abad 21]

 

Salah satu skill yang dibutuhkan adalah communication skill atau seni berkomunikasi. Coba ikutin kelas komunikasi dan rasakan keseruannya. Nambah teman sekaligus nambah kemampuan.

 

Lakukan Hal Kreatif dan Tidak Konsumtif untuk Hilangkan Bosan Anda

Salah satu cara paling gampang dalam mengatasi kebosanan tetapi tidak menyebabkan boros adalah memiliki budget untuk pribadi (personal budget) dan waktu pribadi (me time). Jadi tidak ada kata pengeluaran tiba-tiba yang jumlahnya besar dan keuangan tetap terkontrol. Anda bisa membuat anggaran untuk biaya memanjakan diri, namun ingat jumlahnya juga harus masuk akal. Silahkan pakai Aplikasi Finansialku untuk membantu Anda mengelola dan merencanakan keuangan Anda.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

Sumber Referensi:

  • Fafa Khalifah. 19 September 2016. Kala Rasa Bosan Malah Bikin Boros, Ini 3 Trik Mengusirnya. Blog Duit Pintar – https://goo.gl/06TKdG

 

Sumber Gambar:

  • bored – https://goo.gl/H6KVCD

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang