Kali ini Finansialku akan melakukan review P2P Lending Modalku. Yuk, simak artikel berikut ini sebelum mulai investasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi P2P Lending Modalku

Dengan adanya P2P Lending setiap orang bisa memberi/mengajukan pinjaman untuk berbagai tujuan, tanpa menggunakan jasa dari lembaga perbankan.

Pada dasarnya, sistem P2P Lending ini sangat mirip dengan konsep market place online, yang menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara pembeli dengan penjual.

Modalku merupakan sebuah perusahaan naungan PT Mitrausaha Indonesia Grup. Modalku akan mempertemukan pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) yang membutuhkan modal dan layak kredit dengan pemberi pinjaman yang ingin mencari alternatif investasi.

Modalku menyelenggarakan layanan penyaluran pinjaman uang berbasis teknologi informasi finansial (Fintech).

Simak Review P2P Lending Modalku Sebelum Mulai Investasi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Platform P2P Lending Anak Sinarmas. Ini Review Aplikasi Danamas!]

 

Sebagai platform P2P Lending, skala usaha Modalku tergolong cukup besar. Hal ini dibuktikan dengan prestasi Modalku yang telah mendapatkan pendanaan seri A terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Selain itu, Modalku juga menerima banyak penghargaan, bahkan dinobatkan sebagai salah satu perusahaan Fintech 250, yakni daftar perusahaan terbaik yang melakukan terobosan inovasi teknologi finansial.

Prestasi membanggakan lainnya adalah Modalku berhasil memenangkan Digital Innovation Award dari Warta Ekonomi Indonesia.

 

Review Investasi P2P Lending Modalku

Sebelum investasi ada baiknya Anda melihat beberapa review investasi P2P Lending Modalku.

 

#1 Nilai Pendanaan

Bagi Anda yang ingin menginvestasikan dana Anda melalui Modalku, Anda hanya perlu deposit minimum Rp 10 juta. Jika Anda memiliki dana lebih tentu akan lebih baik, karena potensi return yang bisa diperoleh semakin besar.

Dengan nilai pendanaan minimum Rp 10 juta tersebut, Anda sudah bisa mendanai atau memberi pinjaman minimum Rp 1 juta. Artinya, Anda bisa memberikan pinjaman modal ke lebih dari satu pelaku UKM yang membutuhkan tambahan modal.

Simak Review P2P Lending Modalku Sebelum Mulai Investasi 02 - Finansialku

[Baca Juga: P2P Lending vs Forex, Mana yang Cocok untuk Dijadikan Investasi?]

 

#2 Variasi Pinjaman

Sampai saat ini, Modalku hanya menyediakan pinjaman untuk perusahaan. Namun demikian, perusahaan-perusahaan yang meminjam berasal dari berbagai industri seperti kuliner, logistik, perhotelan dan lainnya.

Tenor yang tersedia kebanyakan merupakan tenor pendek yaitu 1-4 bulan, tetapi ada juga yang di ACC dengan tenor Panjang.

Modalku menawarkan tingkat suku bunga yang kompetitif dan terjangkau antara 12 hingga 26% per tahun. Tingkat suku bunga tersebut tentu tergantung pada jenis dan nilai pinjaman yang diajukan.

 

#3 Keamanan Investasi

Mekanisme transaksi di Modalku menjamin keamanan dalam bertransaksi dan informasi pribadi dari peminjam.

Setiap transaksi baik pencairan modal hingga angsuran dicatat dan dibukukan secara transparan sehingga bisa diakses baik oleh peminjam maupun pemilik modal.

 

#4 Jumlah Minimal Investasi

Minimal investasi di Modalku ada Rp 100 ribu, yang merupakan jumlah standar di website lainnya.

Investasi Anda harus kelipatan Rp 100 ribu sehingga anda tidak bisa dengan mudah menginvestasikan kembali uang hasil return Anda.

Perlu diketahui juga bahwa Modalku juga telah menerapkan nominal maksimal investasi untuk mengontrol keseimbangan antara pendana dan peminjam.

Ketika Anda mencairkan uang Anda dari Modalku ke rekening, akan ada potongan transfer sekitar 5000 rupiah bila bank Anda bukan Sinarmas.

Jadi, harap dipertimbangkan ketika mencairkan dana, jangan sampai total return Anda lebih sedikit daripada potongan ini.

 

#5 Kualitas Customer Service

Modalku melayani keluhan maupun pertanyaan melalui fitur chat di website Modalku.

Respon dari customer service seperti sistem email sehingga keluhan atau pertanyaan Anda tidak akan langsung dibalas.

 

#6 Likuiditas Modalku

Banyaknya jumlah pinjaman tenor pendek serta pinjaman umumnya terdanai penuh dalam waktu singkat maka dapat dikatakan likuid.

Simak Review P2P Lending Modalku Sebelum Mulai Investasi 03 - Finansialku

[Baca Juga: Review Amartha, Salah Satu Aplikasi P2P Lending Tertua di Indonesia]

 

#7 Aksesbilitas

Jika Anda masuk ke dalam website Modalku, maka Anda akan melihat interface yang sangat membingungkan, sehingga perlu berkali-kali Anda melihat fitur-fitur yang ada di website tersebut.

 

#8 Persentase Non Performing Loan (NPL)

Modalku mengikuti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P Lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka.

Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya. Berikut adalah persentase pinjaman lancer secara realtime Modalku.

  • MK TKB Total :98,76%
  • MK TKB 90 : 94,10%

 

Angka yang wajib dijadikan patokan Anda merupakan TKB 90, yang juga dipakai oleh semua website P2P Lending di Indonesia.

Jika mengacu pada TKB90, ada sekitar 6 persen pinjaman Modalku yang bermasalah, sehingga dapat dikatakan jumlah bermasalahnya cukup tinggi.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

14 Ebook Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

#9 Perlindungan Modal Investor

Modalku memberikan kemudahan akses bagi investor untuk memantau bahkan mengendalikan investasinya. Artinya, investor dapat mengetahui secara jelas penyaluran modal yang ditanamkan pada Modalku, karena memang platform ini dikelola secara transparan.

Setiap investor pastinya ingin agar investasinya memiliki risiko rendah dengan tingkat pengembalian yang tinggi. Tidak bisa dipungkiri bahwa di setiap investasi akan ada risiko yang sulit untuk dihindari.

Modalku menjanjikan bahwa risiko investasi dapat dikendali dengan melakukan diversifikasi pendanaan. Diversifikasi merupakan penyaluran modal ke beberapa peminjam.

Artinya, modal yang diinvestasikan oleh investor tidak hanya dipinjamkan pada satu peminjam saja. Dengan demikian, risiko wanprestasi atau gagal bayar dapat diminimalkan.

 

#10 Promosi dan Program Referral

Salah satu kelebihan dari Modalku adalah adanya promosi dan program referral yang membuat banyak orang tertarik seperti cash back dan hal lainnya.

 

#11 Syarat Investasi di Modalku

Untuk berinvestasi di Modalku ada beberapa syarat sebagai berikut.

  • Anda telah berusia 18 tahun baik WNI (Warga Negara Indonesia) maupun WNA (Warga Negara Asing) dan memiliki dana lebih. Sementara syarat untuk pelaku UKM yang ingin mengajukan pinjaman melalui Modalku ditentukan sebagai berikut.
  • Warga Negara Indonesia.
  • Berusia minimum 21 tahun atau maksimum 60 tahun.
  • Menyerahkan identitas dan dokumen pribadi.
  • Jika mengajukan sebagai badan usaha, maka harus menyertakan legalitas perusahaan.
  • Memiliki NPWP pribadi atau perusahaan.
  • Menyerahkan laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit 2 periode terakhir.
  • Menyerahkan rekening bank 3 bulan terakhir.
  • Menyerahkan identitas penjamin.
  • Memiliki omzet per bulan minimum Rp 20 juta dan usaha yang dilakukan telah berjalan minimum 1 tahun.
  • Berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.

Simak Review P2P Lending Modalku Sebelum Mulai Investasi 04 - Finansialku

[Baca Juga: Review Investree, Produk Investasi P2P Lending Lengkap. Baca Di Sini!]

 

Bijaklah dalam Melakukan Investasi

Sebelum berinvestasi pelajari keunggulan dan kekurangan dari tempat Anda akan berinvestasi. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Semoga setelah membaca review P2P Lending Modalku ini Anda dapat melihat kelebihan dan kekurangannya, sehingga lebih bijak lagi dalam berinvestasi.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Itulah review P2P Lending Modalku yang bisa Anda jadikan acuan untuk berinvestasi di platform ini.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini pada teman-teman yang akan berinvestasi juga, ya. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Review Sekilas tentang Modalku.co.id. Simulasikredit.com – https://bit.ly/2LBwQZB
  • Adrian Siaril. 22 Februari 2020. Review Modalku – P2P Lending yang Merugikan Saya. Adriansiaril.com – https://bit.ly/2Wf67UM

 

Sumber Gambar:

  • P2P Lending 1 – http://bit.ly/3o8YWcU
  • P2P Lending 2 – http://bit.ly/350kEIG
  • P2P Lending 3 – http://bit.ly/3hwEnVo
  • P2P Lending 4 – http://bit.ly/2LbL0Aw