Dengan melakukan strategi mencapai financial freedom, Anda pun bisa menjadi seorang financial freedom!

Tidak percaya?! Jangan salahkan kami jika Anda dapat menjadi seorang financial freedom dengan membuktikan sendiri melalui setiap strategi mencapai financial freedom melalui pembahasan berikut ini!

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mencapai Impian Financial Freedom

Dalam dunia keuangan, sudah tak asing lagi istilah financial freedom atau kebebasan keuangan.

Uang adalah salah satu aspek yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan. Tak perlu disangkal lagi karena uang hampir menduduki sebagian besar kebutuhan manusia.

Itulah sebabnya jika seseorang memiliki posisi keuangan yang baik atau stabil, tentu hidupnya pun akan baik. Tak heran jika semua orang berlomba untuk memiliki karier atau usaha yang mapan dan mampu menghasilkan uang yang dapat memberikan kehidupan yang cukup bahkan kalau bisa mencapai kebebasan finansial atau financial freedom.

Seseorang dikatakan dalam kondisi financial freedom jika ia dapat memenuhi setiap kebutuhan sehari-harinya tanpa perlu bekerja dengan keras.

Bahkan bagi mereka yang sudah dalam level financial freedom, aset yang mereka miliki bisa menghasilkan keuntungan yang melebihi biaya hidupnya.

Jika diilustrasikan tentang bagaimana kondisi seseorang yang mencapai financial freedom adalah sebagai berikut.

Mencapai Kebebasan Keuangan Tidak Sulit 01 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda]

 

Ardi adalah seorang pegawai di salah satu perusahaan dengan gaji Rp10 juta dan memiliki aset yang menghasilkan keuntungan setiap bulannya hingga Rp20 juta, baik dari bisnis dan juga investasi.

Total pengeluaran Ardi selama sebulan untuk kebutuhan hidupnya adalah sebesar Rp8 juta. Dengan demikian total pendapatannya setelah dipotong pengeluaran adalah sebagai berikut:

  • Gaji = Rp10.000.000
  • Pendapatan aset = Rp20.000.000
  • Sub-Total Penerimaan = Rp30.000.000

 

  • Pengeluaran = Rp8.000.000
  • Total Pendapatan (total penerimaan dikurangi pengeluaran) = Rp22.000.000

 

Kehidupan Ardi di atas sedang dalam kondisi financial freedom dimana total pengeluarannya lebih kecil daripada total pendapatan yang ia terima setiap bulannya.

 

Strategi Mencapai Financial Freedom

Lantas, bagaimana caranya untuk dapat mencapai kondisi financial freedom seperti itu?

Tenang! Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa financial freedom dapat dicapai! Anda hanya perlu mengumpulkan niat dan dengan segera mengambil langkah aktif dengan semangat untuk mencapai kehidupan financial freedom melalui ulasan berikut mengenai strategi mencapai financial freedom!

 

#1 Strategi Mencapai Financial Freedom: Pahami Kondisi Keuangan Anda!

Kehidupan financial freedom tidak tergantung pada seberapa besar pendapatan seseorang. Poin penting dari kehidupan financial freedom terletak pada sebuah pertanyaan:

“Apakah pendapatan yang Anda dapatkan dapat menutupi semua kebutuhan sehari-hari Anda?”

 

Untuk mengetahui segala pengeluaran yang harus Anda keluarkan, tentu Anda melakukan penganggaran setiap bulannya. Rinci secara detail dan jangan sampai terlupakan setiap pengeluaran dan tagihan yang perlu Anda bayar setiap bulannya.

Prioritaskan untuk hal-hal yang bersifat kebutuhan agar Anda tidak tergiur untuk melakukan pengeluaran yang tidak perlu sehingga membebani pos pengeluaran sehingga semakin membengkak.

Pencatatan keuangan sangat disarankan untuk membuat setiap pengeluaran dapat tersimpan dengan baik dan Anda dapat melacak setiap pengeluaran yang bisa diminimalkan atau setidaknya dihapus.

Aplikasi Finansialku dapat menjadi sarana yang menolong Anda untuk mencatat pengeluaran arus kas harian Anda.

Unduh secara gratis melalui Google Play Store dan gunakan kode promo: POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan sebesar Rp50 ribu bagi Anda yang ingin berlangganan selama 1 tahun.

Hebatnya, Anda akan mendapatkan fasilitas terlengkap dan leluasa untuk berkonsultasi dengan Profesional Konsultan Keuangan Finansialku.

 

Konsisten dalam melakukan pencatatan arus kas harian akan sangat membantu Anda untuk mengetahui kondisi keuangan Anda.

Dengan demikian, Anda sudah satu langkah lebih maju memenuhi strategi mencapai financial freedom.

Financial freedom is a mental emotional and educational process – Robert T. Kiyosaki

 

Untuk menambah pengetahuan tentang perencanaan keuangan, Anda juga perlu mengetahui rencana keuangan Anda sesuai usia. Gunakan ebook gratis Panduan Perencanaan Keuangan Sesuai Usia dari Finansialku berikut ini:

 

#2 Strategi Mencapai Financial Freedom: Lunasi Segala Kewajiban Utang Konsumtif!

Setelah memiliki catatan anggaran bulanan untuk setiap kebutuhan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya, tak ketinggalan Anda perlu melunasi setiap utang yang menjadi kewajiban Anda untuk melunasi.

Upayakan untuk bisa melunasi setiap utang Anda dengan pendapatan yang Anda miliki.

Prioritaskan untuk melunasi utang yang lebih besar terlebih dahulu. Apabila dari pihak penagih utang memberikan kelonggaran cicilan, gunakan kesempatan ini secara bijak untuk melunasi sedikit demi sedikit utang Anda.

Setelah utang Anda terlunasi, ada baiknya jika Anda berkomitmen untuk tidak menggali lubang utang di kemudian hari, terutama untuk setiap utang yang bersifat konsumtif.

 

#3 Strategi Mencapai Financial Freedom: Tentukan Tujuan Keuangan!

Anggaran sudah oke dan kewajiban utang konsumtif sudah lunas. Kondisi seperti ini tentu membuat Anda lebih longgar untuk menentukan tujuan keuangan Anda di masa depan dan menata kehidupan finansial Anda.

Masih tetap menggunakan fasilitas Aplikasi Finansialku, Anda akan terbantu dalam menentukan setiap tujuan keuangan masa depan Anda.

Langkah berikutnya dalam menjalankan strategi mencapai financial freedom adalah menentukan tujuan keuangan yang paling dasar, yaitu mengumpulkan dana darurat.

Karyawan Milenial Siapkan Dana Darurat 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis Wanita, Simak 6 Strategi Bisnis yang Akan Mendatangkan Pertumbuhan]

 

Dana darurat adalah alokasi dana yang Anda simpan dan dapat Anda gunakan saat keadaan darurat atau genting, misalnya ketika perlu mengganti ban kendaraan, ketika harus memperbaiki genting yang bocor atau saat terjadi bencana alam atau situasi genting lainnya yang membuat Anda harus mengeluarkan dana tak terduga.

Semua itu tentu butuh dana bukan? Melalui dana darurat, setidaknya Anda tidak perlu khawatir untuk pembiayaannya dan tentunya akan mengurangi tingkat frustasi Anda.

Lantas, berapa besaran dana darurat yang perlu disiapkan? Setiap orang tentu memiliki total dana darurat yang berbeda-beda. Anda dapat mengetahui berapa besarnya dana darurat yang harus Anda persiapkan melalui Aplikasi Finansialku.

Dalam Aplikasi Finansialku, kebutuhan akan dana darurat dapat Anda persiapkan melalui “Rencana Keuangan”.

 

Selain dana darurat, Anda juga dapat mempersiapkan dan mewujudkan berbagai tujuan keuangan melalui “Rencana Keuangan” dalam Aplikasi Finansialku, diantaranya dana membeli barang, dana pernikahan, dana membeli kendaraan, dana asuransi jiwa, dana perjalanan Umrah, dana pelunasan utang, dana menabung rutin dana pendidikan, dana liburan hingga dana hari tua.

Apa impian yang ingin Anda wujudkan? Wujudkan saja bersama Aplikasi Finansialku!

 

#4 Strategi Mencapai Financial Freedom: Proteksi Jiwa & Kesehatan!

Sedia payung sebelum hujan. Nasihat ini sangat ampuh, salah satunya dalam kehidupan finansial. Kita perlu menyediakan payung saat keadaan darurat menjelang, disamping menyediakan dana darurat yang juga diperlukan.

Ada dua payung yang merupakan proteksi yang diperlukan jika kita ingin mencapai financial freedom, yaitu proteksi jiwa dan proteksi kesehatan.

Proteksi ini akan menolong keuangan kita untuk tetap stabil sehingga dapat mencapai berbagai tujuan keuangan yang menjadi impian yang ingin kita raih pada langkah strategi mencapai financial freedom sebelumnya.

 

#5 Strategi Mencapai Financial Freedom: Prioritaskan Menabung Dalam Keranjang Investasi

Masuk dalam strategi mencapai financial freedom selanjutnya, tentu sudah tidak asing lagi dengan kata “menabung”.

Pengertian menabung seringkali disalahartikan dengan menyisihkan (sisa). Untuk mencapai kondisi financial freedom, masa depan keuangan bukanlah disisihkan atau dari dibangun dari sisa-sisa, tetapi diprioritaskan.

Memprioritaskan artinya mendahulukan.

Sebelum kita membagi setiap pengeluaran kebutuhan bulanan, jika kita ingin mencapai kondisi financial freedom, kita perlu memprioritaskan tabungan di awal, setelah itu, kita dapat membagi ke dalam setiap pos pengeluaran kebutuhan bulanan.

Setelah memprioritaskan tabungan, meski sudah banyak orang mengetahui pentingnya menabung, tapi aktivitas menabung seakan menjadi sebuah kegiatan yang sia-sia, apalagi di zaman yang semakin berkembang, termasuk inflasi yang semakin berkembang hingga kini dan menjadi musuh terbesar bagi keuangan kita.

Kesalahan Keuangan 03 Finansialku Inflasi

[Baca Juga: Para Manajer! Ketahui Cara Mengawasi dan Mengontrol Psikologi Kepribadian Karyawan]

 

Tahukah Anda bahwa menabung saja tidaklah cukup?

Berapa besar uang yang dipotong melalui tabungan kita untuk biaya administrasi? Jika disimpan di rumah, apakah uang kita akan dijamin keamanannya?

Lantas bagaimana mengamankan uang kita dari bahaya inflasi dan penyusutan nilainya?

Investasi adalah jawabannya!

Melalui investasi, uang yang Anda simpan dan prioritaskan untuk masa depan akan berkembang. Ada banyak pilihan kendaraan investasi yang dapat Anda gunakan seperti deposito, Reksa Dana, Emas, P2P Lending, Saham dan lain sebagainya.

Mau Ebook Gratis Panduan Berinvestasi Untuk Pemula dan mengembangkan uang Anda agar tidak tergerus inflasi? Terus baca artikel ini dan dapatkan informasinya dalam langkah strategi berikutnya mencapai financial freedom.

 

#6 Strategi Mencapai Financial Freedom: Maksimalkan Penghasilan Hasil Investasi & Penghasilan Pasif

Sudahkah Anda mengetahui perbedaan antara Penghasilan Aktif, Penghasilan Hasil Investasi & Penghasilan Pasif?

  • Penghasilan Aktif adalah penghasilan yang Anda dapatkan karena Anda menukarkan waktu, tenaga, pikiran untuk mendapatkan uang.
  • Penghasilan Hasil Investasi adalah penghasilan yang Anda dapatkan karena uang Anda bekerja dan menghasilkan uang untuk Anda.
  • Penghasilan Pasif adalah penghasilan yang Anda dapatkan karena aset Anda bekerja dan menghasilkan uang untuk Anda.

 

Masih banyak orang yang memiliki pemahaman yang salah dengan memaksimalkan penghasilan aktif sehingga mereka membanting tulang dan berusaha keras untuk menukarkan waktu, tenaga dan pikiran mereka untuk mendapatkan uang.

Ketika seseorang masih dalam usia produktif, tentu ini tidak jadi masalah, namun kita perlu berpikir jangka panjang dimana tubuh manusia tidak selamanya dalam masa produktif dan kondisi serta situasi dunia tidaklah menentu atau tidak dapat diprediksi.

Bagaimana jika seseorang yang masih dalam kondisi produktif mengalami musibah yang membuatnya mengalami cacat tetap dan kehilangan pekerjaannya atau bagaimana nasib anggota keluarga yang ditinggalkan sang pencari nafkah (tulang punggung keluarga)?

Tentu jika mengandalkan penghasilan aktif semata tidaklah cukup.

Oleh sebab itu, strategi mencapai financial freedom berikutnya yang dapat ditempuh adalah dengan memaksimalkan penghasilan dari hasil investasi dan penghasilan pasif.

Ada banyak kendaraan investasi yang dapat mengantarkan Anda pada tujuan keuangan dan juga kehidupan financial freedom.

Lagi-lagi Aplikasi Finansialku menyediakan ebook Gratis Panduan Berinvestasi untuk Pemula bagi Anda yang ingin mencapai kehidupan financial freedom.

 

Selain berinvestasi, memulai dan mengembangkan bisnis dapat menjadi sebuah strategi ampuh untuk mencapai financial freedom.

Tak perlu menjadi pembangun bisnis, menjadi penyokong dana perusahaan melalui pinjaman online kini semakin marak dan menjadi tren bagi para milenial seperti P2P Lending.

Manfaatkan keuntungan dari pinjaman yang Anda berikan dan ketahui toleransi Anda terhadap risiko.

Baca panduan dari setiap kendaraan investasi yang akan Anda gunakan dan baca berbagai buku dan juga artikel terkait untuk menambah pengetahuan Anda dalam memperbesar keuntungan dan meminimalkan risiko dalam melakukan investasi.

Dalam hal ini, Aplikasi Finansialku pun menyediakan berbagai informasi penting perihal investasi, keuangan hingga lifestyle melalui artikel terkait yang dapat Anda akses secara leluasa.

Belajar berinvestasi dan mengatur keuangan hanya dalam satu aplikasi – Aplikasi Finansialku!

 

#7 Strategi Mencapai Financial Freedom: Kurangi Pengeluaran Konsumtif dan Maksimalkan Pengeluaran Produktif!

Pengeluaran dibagi ke dalam 2 kategori berdasarkan sifatnya, yaitu pengeluaran produktif dan pengeluaran konsumtif.

Pengeluaran produktif adalah segala pengeluaran yang hasilnya akan membuat Anda mendapatkan hasil atau income yang lebih besar.

Pengeluaran konsumtif adalah segala pengeluaran yang habis Anda gunakan untuk kegiatan konsumtif dan tidak menghasilkan income atau penghasilan.

Mengurangi-Pengeluaran-02-Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya]

 

Pengeluaran produktif misalnya adalah pengeluaran untuk sarana yang menunjang bisnis atau usaha Anda, misalnya pembelian perlengkapan dapur untuk bisnis café yang Anda kembangkan atau peminjaman dana ke bank untuk pengembangan cabang bisnis lainnya.

Dalam hal ini pinjaman ke bank dalam bentuk utang tersebut termasuk utang produktif yang nantinya sudah Anda kalkulasikan dan diprediksi menghasilkan keuntungan yang lebih besar dan mampu menutupi segala kewajiban utang yang harus dibayarkan.

 

#8 Strategi Mencapai Financial Freedom: Bijak Menggunakan Kartu Kredit & Maksimalkan Promo & Penawaran Diskon

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan jika kita jeli dan mau berpikir lebih cerdik dalam memanfaatkan setiap penawaran dari fasilitas pembayaran di berbagai platform, ditambah lagi berbagai kenyamanan yang ditawarkan seperti diskon, potongan harga, dan juga cashback serta pengumpulan poin yang dapat mengurangi biaya konsumtif.

Manfaatkan sebaik mungkin penggunaan kartu kredit dengan pengumpulan poin yang ditawarkan dengan menukarkannya untuk membayar annual fee misalnya, atau membeli barang kebutuhan lainnya dengan potongan biaya dari akumulasi poin yang Anda kumpulkan.

Pangkas pengeluaran kebutuhan melalui berbagai penawaran cashback atau potongan harga yang kini marak di berbagai e-commerce.

Mau dapat potongan Rp50 ribu dari Aplikasi Finansialku dan dengan menggunakan fasilitasnya? Gunakan kode promo: POTONG50RIBU untuk potongan harga yang lebih ramah di kantong.

Ini bisa jadi salah satu langkah bijak strategi mencapai financial freedom yang kita impikan.

 

#9 Strategi Mencapai Financial Freedom: Miliki Mentor atau Penasihat Perencana Keuangan Profesional

Tahukah Anda bahwa kita perlu memiliki mentor atau penasihat keuangan profesional di bidangnya jika kita ingin benar-benar mencapai kondisi financial freedom?

Apalagi jika Anda adalah orang sibuk dan tak sempat mengurusi berbagai hal secara mendetail, terutama tentang uang Anda.

Pernahkah Anda berpikir dan bertanya, benarkah saya berinvestasi di keranjang yang tepat? Apakah alokasi anggaran dana saya sudah tepat?

Inilah 5 Investasi Tak Tergerus Inflasi untuk Anak Muda! 02 - Finansialku

[Baca Juga: HR: Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan]

 

Konsultan Keuangan Pribadi Profesional bersertifikat adalah orang yang Anda butuhkan untuk menjadi pemberi saran atas setiap keputusan yang menyangkut alokasi uang Anda.

Setidaknya 5% dari penghasilan Anda setahun adalah alokasi yang tepat untuk biaya perencana keuangan pribadi Anda.

 

#10 Strategi Mencapai Financial Freedom: Perbanyak Amal

Orang-orang kaya yang sukses di luar sana yang sudah membuktikan dirinya mampu mencapai financial freedom telah mendermakan uang mereka untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat amal dan menjadi filantropis dalam pengembangan kemanusiaan di seluruh dunia.

Tahukah Anda arti dari sebuah kalimat berikut ini:

Semakin Anda memberi, semakin Anda menerima – Apa yang Anda tabur, itulah yang Anda tuai!

 

Jika kita menabur kebaikan bagi orang lain, kita pun akan menuai kebaikan kelak!

 

Wujudkan Impian Financial Freedom

Financial freedom bukan lagi sekadar impian dan angan-angan tetapi dapat Anda wujudkan mulai dari sekarang.

Awali langkah kecil Anda dari strategi mencapai financial freedom di atas dan buktikan sendiri bahwa Anda juga mampu meraihnya!

 

Dari pembahasan strategi mencapai financial freedom di atas, strategi manakah yang sedang Anda usahakan dan strategi manakah yang merupakan strategi cukup sulit untuk Anda lakukan?

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Aplikasikan strategi mencapai financial freedom ke-10 diatas dengan membagikan berbagai artikel finansialku kepada orang-orang yang Anda rasa membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Walter P. 5 Tips Mencapai Financial Freedom. Koinworks.com – https://bit.ly/2ZzvDUK
  • Admin. 21 April 2018. Intip Kiat Sukses Milyuner Dunia Warren Buffet. Popular-world.com – https://bit.ly/2Y2og70
  • Admin. 28 Januari 2019. Michael Bloomberg, Miliarder yang Ingin Jadi Presiden. International.sindonews.com – https://bit.ly/2ZYy3Nh
  • Akhmad Muawal Hasan. 29 November 2017. Alarm Bahaya Usai Time Inc. Dibeli Geng Konservatif Koch Bersaudara. Tirto.id – https://bit.ly/2VfxEHG
  • Andina Librianty. 1 Mei 2017. Larry Ellison, Dulu Diremehkan Kini Mendulang Sukses. Liputan6.com – https://bit.ly/2VkZ0fl
  • Ayu Lestari Wahyu Puranidhi. 15 Maret 2019. Miliarder Ini Beramal Hampir Rp300 Triliun. Liputan6.com – https://bit.ly/2J3OKBy
  • Cecep Supriadi. 7 Agustus 2017. 6 Prinsip Kunci Kekayaan Pribadi dari Milyarder Dunia. Marketing.co.id – https://bit.ly/2VhG8Oo
  • Rehia Sebayang. 9 Maret 2019. Bernard Arnault Tajir dari Louis VuittonKenzoBulgari Dkk. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2J3HQwu
  • Ricky Setiawan. 26 Januari 2016. 6 Hal dari Mark Zuckerberg yang Dapat Dicontoh. Rappler.com – https://bit.ly/2VLTmSY
  • Sylke Febrina Laucereno. 31 Oktober 2018. Perjalanan Hidup Orang Terkaya di Meksiko Berharta Rp 847 T. Finance.detik.com – https://bit.ly/2vE7Nts
  • Tom MC Ifle. 27 April 2016. 10 Pelajaran Hidup Bill Gates yang Harus Diikuti. Tommcifle. com – https://bit.ly/2YdqIYD
  • Tung Desem Waringin. 28 Mei 2017. 7 Kebiasaan yang Bisa Dipelajari dari Jeff Bezos. Finance.detik.com – https://bit.ly/2ZYisxf
  • Walter P. 10 Orang Terkaya di Dunia dan Cara Menjadi Seperti Mereka. Koinworks.com – https://bit.ly/2V2iroh

 

Sumber Gambar:

  • Financial Freedom – https://bit.ly/2KYuVdu