Bagaimanakah strategi sukses menjual properti agar cepat laku dan harganya pun sesuai? Berikut ini beberapa strategi sukses menjual properti yang dapat menolong Anda dalam memasarkan produk properti Anda dengan cepat dan harga yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Strategi Sukses Menjual Properti Dengan Harga yang Sesuai

Sebagai investor, Anda tentu saja tidak akan menjual properti kecuali dalam situasi dan kondisi tertentu, seperti misalnya aset tersebut sudah tidak dapat memberikan keuntungan atau cash flow yang negatif dan tidak ada kemungkinan untuk dapat memperbaikinya.

Jika dipertahankan, maka aset itu akan menjadi beban bagi Anda dan mengancam masa depan keuangan Anda.

Sebelum hal itu terjadi, Anda perlu segera menjual dan mencari aset lain yang lebih menguntungkan. Namun, ingat bahwa jangan sekali-kali untuk menjual aset jika penggantinya tidak lebih prospektif.

Strategi Sukses Menjual Properti 02 - Finansialku

[Baca Juga: Investor Properti Harus Tahu 7 Strategi Transaksi Tanpa Modal]

 

Berikut ini beberapa strategi sukses menjual properti yang dapat Anda jalankan agar properti Anda dapat terjual dengan harga yang diinginkan.

 

#1 Lakukan Renovasi Kosmetik

Jika terlihat kurang menarik dan biasa-biasa saja, Anda perlu melakukan renovasi yang hanya membutuhkan sedikit biaya, namun memiliki dampak yang cukup besar.

Setelah melihat properti Anda yang semakin cantik, calon pembeli pasti tertarik melihat rumah tersebut. Meskipun dapat dikerjakan kapan saja dan dalam tempo yang singkat, renovasi ini sebaiknya dilakukan menjelang aset itu dijual.

Jika Anda ingin menjual rumah atau ruko dengan cepat, sebetulnya Anda tidak perlu melakukan renovasi besar-besaran, Anda hanya cukup mengecat ulang tembok bangunan dan merapikan halaman agar tidak terlalu rimbun atau sarang hewan yang tidak Anda inginkan.

Dengan kondisi rumah yang tampak seperti baru dan indah, maka minat para calon pembeli akan semakin bertambah.

 

#2 Fokuskan pada Kelebihan

Setiap aset pasti punya kelebihan di samping kekurangannya. Ketika menjual, fokuskan perhatian calon pembeli pada kelebihan itu. Misalnya, dekat dengan pintu tol, dilewati angkutan umum dan sebagainya.

Strategi Jitu Bagi Investor Properti Agar Pengajuan Kredit Disetujui Bank! 99 Persen Berhasil! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor Properti, Ketahuilah 6 Sumber Dana Ini! Gunakan Seoptimal Mungkin]

 

Lokasi yang strategis tentu saja akan membawa dampak besar bagi nilai jual properti Anda. Misalnya, jika Anda memiliki aset di daerah perindustrian dan pusat kota, maka para pembeli  yang merencanakan untuk ekspansi bisnis akan segera menawar aset Anda tersebut.

 

#3 Buat Penawaran yang Sensasional

Jangan buat yang biasa-biasa saja! Semakin tinggi daya tarik, akan semakin baik. Penawaran yang sensasional akan memberikan efek positif terhadap calon pembeli.

Misalnya, kita mempromosikan bahwa aset itu memberikan keuntungan (cash flow) per bulan yang tinggi. selalu tersewa penuh dan sebagiannya.

 

#4 Buka Harga di Atas Harga Transaksi yang Diinginkan

Jika Anda ingin membeli aset, Anda harus menawar di bawah harga transaksi yang Anda inginkan. Namun, jika Anda ingin menjual, Anda harus melakukan kebalikannya.

Misalnya, jika Anda ingin aset itu terjual dengan harga Rp3 miliar, maka Anda perlu menawarkan harga Rp3,5 miliar.

Anda harus memberikan harga jual yang tepat dengan kondisi fisik serta lokasi properti yang Anda tawarkan. Jangan menawarkan properti dengan harga jauh diatas pasaran karena hal ini dapat membuat para calon pembeli takut menawar.

Alhasil, properti Anda tidak laku. Namun demikian, Anda juga jangan menawarkan harga terlalu rendah karena Anda dapat mengalami kerugian biaya perawatan properti yang telah Anda miliki seperti pembayaran pajak dan juga biaya renovasi rumah tersebut.

 

#5 Tawarkan Terlebih Dahulu kepada Orang Terdekat

Jangan meremehkan tetangga, teman atau saudara! Mereka sesungguhnya adalah calon pembeli yang paling potensial. Banyak broker properti yang mengalami hal ini. Mereka dengan yakin menawarkan produknya lewat iklan di media massa.

Pebisnis Properti, Inilah Alasan Kuat Mengapa Anda Meminjam ke Bank 02 - Finansialku

[Baca Juga: Catatan Penting Para Pengelola Investasi Bisnis Properti]

 

Setelah beberapa kali tayang, muncul calon pembeli yang paling serius dan menawar. Dan ternyata calon pembeli itu tinggal selangkah beberapa rumah dari lokasi properti yang diiklankan.

 

#6 Atur Waktu Bertemu dengan para Peminat Pada Saat yang Bersamaan

Katakan kepada para peminat bahwa Anda sangat sibuk sehingga waktu Anda terbatas untuk bertemu dengan mereka. Jika mereka datang bersamaan pada waktu yang Anda tentukan, Anda punya kesempatan untuk mendapatkan harga bagus. Kenapa?

Dengan bersedia datang untuk menawar, itu berarti mereka memang ingin mendapatkan aset Anda. Mereka boleh jadi akan bersaing mengajukan harga yang lebih tinggi, apalagi jika calon pembeli yang emosional.

Ingat! Sewaktu Anda membeli, jangan melibatkan emosi. Namun ketika menjual, Anda harus bisa memancing emosi pembeli.

 

#7 Beri Batas Waktu Penawaran

Anda harus sedikit jual mahal ketika menjual. Jangan terlihat bahwa Anda sedang membutuhkan uang atau terdesak oleh kebutuhan tertentu. Jangan biarkan mereka seenaknya mengulur-ulur waktu.

Katakan, “Penawaran paling lambat satu minggu ke depan. Apabila melewati waktu yang telah ditentukan, rumah ini tidak jadi dijual.”

Dengan cara ini, pembeli akan terpengaruh dan berpikir cepat untuk segera mengajukan penawaran.

Catatan Penting Para Pengelola Investasi Bisnis Properti 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor Properti! Kenali Cara Berpikir Bank Sebelum Mengajukan Permohonan Kredit]

 

#8 Mintalah Down Payment Sebesar Mungkin

Ini adalah kebalikan dengan prinsip ketika Anda membeli properti. Ketika Anda menjual, mintalah Down Payment sebesar-besarnya, bahkan jika diperlukan, pembeli harus melunasi saat itu juga.

 

Cara Pemasaran Properti yang Mudah dan Cepat

Lantas, bagaimanakah caranya agar informasi atau iklan penjualan rumah Anda dapat tersebar luas? Di era modern ini, kita dapat bersyukur karena adanya internet dan perkembangan media sosial yang semakin marak sehingga informasi tentang penjualan properti Anda juga dapat tersiar luas dengan mudah dan cepat.

Berikut ini beberapa cara mudah dan cepat untuk memasarkan properti Anda.

 

#1 Melalui Blog dan Website

Media blog dan website dapat dimanfaatkan menjadi papan pengumuman online yang dapat diakses oleh siapapun. Ada banyak blog gratis ataupun berbayar yang dapat Anda manfaatkan.

Beberapa blog yang dapat menjadi pilihan Anda, antara lain: WordPress, Blogspot atau blog lainnya, seperti kompasiana dan lain sebagainya.

 

#2 Melalui Media Sosial

Jika Anda memiliki akun Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya, Anda perlu menggunakannya.

11 Langkah Sukses Negosiasi dan Memenangkan Transaksi Bagi Para Investor Properti 01 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Langkah Sukses Negosiasi dan Memenangkan Transaksi Bagi Para Investor Properti]

 

Semakin informasi tersebut tersebar, maka properti Anda dapat sering ditemukan oleh calon pembeli dan tentu saja semakin besar kesempatan Anda mendapatkan pembeli yang potensial.

 

#3 Melalui Video Tube

Video tube yang biasa dimanfaatkan oleh kebanyakan orang adalah YouTube. Anda dapat membuat video sendiri tentang properti yang Anda jual agar lebih meyakinkan pembeli.

Buat semenarik mungkin layaknya Anda seorang presenter televisi.

 

Strategi Sukses Menjual Properti

Setiap orang tentu saja ingin dapat menjual properti dengan cepat dan harga yang relatif tinggi. Semuanya itu, memerlukan strategi sukses menjual properti yang jitu untuk mendapatkan calon pembeli yang potensial dengan harga yang Anda inginkan.

Gunakan setiap strategi sukses menjual properti di atas yang dapat menolong Anda untuk menjual properti Anda dan memasarkannya dengan cara yang mudah dan cepat.

 

Apakah Anda sudah pernah menjual properti? Apa saja kesulitan yang Anda hadapi?

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Joe Hartanto. September 2009. Property Machine Cash. Jakarta: PT Gramedia.
  • Admin. 10 Cara Menjual Properti dengan Cepat dan Harga Tinggi. Rumahlia.com – https://goo.gl/YcbdQb

 

Sumber Gambar:

  • Menjual Properti – https://goo.gl/EQqMVh dan https://goo.gl/vg9v32

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up