Pernahkah Anda cek gaji untuk mengetahui apakah gaji yang diperoleh sudah sepadan atau tidak? Jika belum, maka terdapat kemungkinan Anda memperoleh gaji yang lebih rendah dari standar yang sudah ditetapkan (underpaid). Ketahuilah bahwa kerja keras Anda bagi perusahaan belum tentu diganti dengan upah yang sepadan lho. Mari kita lihat 5 situs cek gaji di Indonesia untuk mengetahui apakah gaji Anda sudah sepadan atau belum.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Logo DuitPintar dan Finansialku

 

Situs Cek Gaji Indonesia: Praktis dan Mudah

Pada zaman dahulu saat Anda melamar pekerjaan, biasanya Anda hanya membandingkan gaji dengan teman-teman Anda untuk mengetahui apakah gaji tersebut berada di nilai rata-rata atau tidak. Namun, kini seiring dengan perkembangan teknologi informasi, kelayakan gaji Anda dapat dicek dengan cara yang lebih mudah, cepat, praktis, dan lebih akurat.

Dengan menggunakan situs-situs di bawah ini, Anda dapat mengetahui standar gaji yang seharusnya Anda peroleh sesuai dengan beban kerja yang diperoleh. Tentunya standar yang digunakan cukup akurat sehingga mempermudah proses benchmarking gaji tanpa mengandalkan tebak-tebakan.

Apa Benar Gaji Anda Sudah Pas Cari Tahu di 5 Situs Cek Gaji Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji UMR, Bagaimana Cara Mengatur Keuangannya dan Cara Investasi?]

 

Selain untuk benchmarking gaji dalam pencarian pekerjaan, nilai ini juga dapat dijadikan acuan dalam negosiasi kenaikan gaji jika Anda sudah lama bekerja di perusahaan. Jangan sampai kerja keras Anda tidak diharga dengan nilai yang sepadan.

Ingatlah bahwa perusahaan membutuhkan Anda, namun pertanyaannya adalah seberapa besar kontribusi saya dinilai oleh perusahaan. Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan 5 situs cek gaji Indonesia untuk mengetahui apa benar gaji Anda sudah pas atau belum.

 

#1 Qerja.com

Qerja.com merupakan sebuah situs berbasis komunitas yang menawarkan berbagai informasi mengenai perusahaan dan gaji, terutama yang berada di Indonesia. Situs ini menyediakan informasi yang mencakup:

  1. Gaji
  2. Review perusahaan
  3. Lowongan pekerjaan
  4. Jurnal

Anda dapat mengakses situs secara penuh hanya dengan berkontribusi sebagai penulis review, tanpa perlu membayar uang sepeser pun. Untuk melakukan pengecekan gaji, klik pilihan “Gaji” seperti berikut:

Apa Benar Gaji Anda Sudah Pas Cari Tahu di 5 Situs Cek Gaji Indonesia 03 - Finansialku

 

Kemudian Anda akan melihat hasil pencarian gaji yang dapat disaring berdasarkan posisi, perusahaan, jenis industri, dan kota dengan tampilan seperti ini:

Apa Benar Gaji Anda Sudah Pas Cari Tahu di 5 Situs Cek Gaji Indonesia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Yakin Anda Memiliki Keuangan yang Sehat? Yuk Coba Financial Health Check Up dari Aplikasi Finansialku]

 

Situs Qerja juga dijamin memberikan informasi yang terpercaya karena sudah bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan lho.

 

#2 Gajimu.com

Gajimu.com dapat menjadi salah satu situs pengecekan gaji yang lengkap karena beberapa fitur lainnya yang mencakup:

  1. Gaji dan Pajak
  2. Hukum Tenaga Kerja
  3. Tips Karir

Informasi mengenai gaji disini cukup lengkap karena mencakup survei gaji, cek gaji, survei biaya hidup, hingga pajak penghasilan. Lengkap sekali bukan? Untuk mengecek gaji Anda hanya perlu meng-klik pilihan “Gaji” dan pilih “Cek Gaji” seperti pada tampilan di bawah ini:

Apa Benar Gaji Anda Sudah Pas Cari Tahu di 5 Situs Cek Gaji Indonesia 05 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Situs Lowongan Kerja Freelance untuk Cari Uang Tambahan dengan Kerja Online dan Kerja Dari Rumah]

 

Anda kemudian dapat membandingkan gaji dalam profesi Anda hanya dengan mengikuti 3 langkah mudah yang akan dipandu oleh Gajimu.com. Sangat mudah!

 

#3 Karir.com

Karir.com merupakan salah satu situs terpopuler dan pertama dalam dunia kerja, dengan beberapa fitur mencakup:

  1. Pencarian lowongan kerja
  2. Pengecekan gaji
  3. Pengembangan diri

Fitur pengecekan dan benchmark salary yang ditawarkan sangat mudah digunakan dan dapat membandingkan gaji Anda dengan standar pasaran berdasarkan level, lama kerja, fungsi, dan jenis industri yang digeluti. Untuk mengecek gaji Anda, cukup klik pilihan “Pengembangan Diri” dan pilih “Cek Gaji” seperti berikut ini:

Apa Benar Gaji Anda Sudah Pas Cari Tahu di 5 Situs Cek Gaji Indonesia 06 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Sukses Kerja Online dari Rumah dan Berpenghasilan Melebihi Gaji Bulanan]

 

Kelebihan dari situs ini, bukan hanya mampu membandingkan gaji, Anda juga dapat memperoleh beberapa manfaat tambahan sebagai berikut:

  1. Membandingkan Gaji
  2. Mengatur Gaji
  3. Cari Tahu Gaji Profesi Lain
  4. Tingkatkan Karir
  5. Jenjang Karir

 

#4 Jobplanet.com

Sesuai dengan namanya, Jobplanet merupakan platform komunitas online yang memuat informasi seputar dunia kerja dan perusahaan. Situs yang mulai aktif sejak Agustus 2015 ini memberikan referensi seputar karir dan pekerjaan yang bermanfaat bagi pekerja dan juga bagi perusahaan. Beberapa informasi penting yang dapat Anda dapatkan di situs ini mencakup:

  1. Review perusahaan
  2. Informasi gaji
  3. Kisi-kisi pertanyaan dalam interview kerja

Untuk mengecek seputar gaji, Anda hanya perlu meng-klik “Review” lalu klik pilihan “Gaji” pada tampilan sebagai berikut:

Apa Benar Gaji Anda Sudah Pas Cari Tahu di 5 Situs Cek Gaji Indonesia 07 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Anda kemudian langsung dapat melihat standar gaji dari beberapa pekerjaan yang diklasifikasikan menurut jenis industri, perusahaan terbesar, dan posisi. Anda dapat mengetahui gaji rata-rata hingga gaji terendah dan tertinggi yang diberikan sebuah perusahaan, seperti contoh berikut ini:

Apa Benar Gaji Anda Sudah Pas Cari Tahu di 5 Situs Cek Gaji Indonesia 08 - Finansialku

[Baca Juga: Pekerja Freelance, Mau Penghasilan Tambahan Dolar dan Pengeluaran Rupiah?]

 

#5 Job-like.com

Situs lainnya yang akan memudahkan Anda untuk mengecek gaji bagi profesi terkait adalah dengan menggunakan Job-like.com. Seperti situs lainnya, situs Job-like.com menawarkan beberapa fitur seperti:

  1. Lowongan
  2. Review perusahaan
  3. Gaji
  4. Magazine

Untuk melakukan pengecekan gaji, lagi-lagi Anda hanya perlu meng-klik pilihan “Gaji” dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

Apa Benar Gaji Anda Sudah Pas Cari Tahu di 5 Situs Cek Gaji Indonesia 09 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Moms, Gaji Suami Besar tetapi Pertengahan Bulan Sudah Habis, Bagaimana Solusinya?]

 

Anda dapat memilih untuk mengetik posisi kerja untuk memperoleh hasil pencarian berupa gaji posisi terkait pada seluruh perusahaan atau memilih mengetik nama perusahaan untuk mengetahui beragam gaji pada berbagai posisi di perusahaan tersebut.

 

Cara Cek Gaji Lainnya yang Mudah untuk Dilakukan

Jika Anda belum yakin atau tidak puas dengan hasil pengecekan gaji menggunakan situs-situs tadi, maka masih ada cara cek gaji lainnya yang mudah untuk dilakukan. Penasaran? Cek beberapa cara cek gaji berikut ini:

 

#1 Bertanya pada Pihak Pemberi Pekerjaan

Anda dapat menghubungi pihak pemberi pekerjaan seperti recruiter atau outsource untuk menanyakan standar gaji bagi pekerjaan serupa dengan pekerjaan Anda. Caranya mudah, yaitu menanyakan standar gaji dari beberapa kandidat penerima pekerjaan dengan job description dan tanggung jawab yang serupa dengan pekerjaan Anda.

 

#2 Bersosialisasi dan Memperluas Jaringan

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh informasi seputar gaji standar adalah dengan memperluas jaringan dan bersosialisasi. Bagaimana maksudnya? Dengan memanfaatkan jaringan, Anda dapat bertanya kepada teman dengan jabatan dan perusahaan sejenis mengenai standar gaji pada perusahaannya.

Para Karyawan, Ini 5 Cara Unik Mendapatkan Penghasilan Tambahan sebagai Gaji Bulanan

[Baca Juga: Para Karyawan, Ini 5 Cara Unik Mendapatkan Penghasilan Tambahan sebagai Gaji Bulanan]

 

Selain itu, jika perusahaan tempat Anda bekerja merupakan perusahaan besar dengan anak perusahaan atau kerabat, maka Anda dapat membandingkan lebih akurat lagi. Kumpulkan informasi yang cukup akurat dengan bertanya kepada karyawan yang masih berada dalam grup perusahaan yang sama.

 

#3 Melamar Kerja Kembali

Melamar kerja yang dimaksud disini bukan berarti Anda harus meninggalkan pekerjaan saat ini. Anda hanya mencoba melamar kerja untuk memperoleh gambaran gaji standar yang berlaku pada saat ini.

Anda dapat mengetahui berapa nilai yang sepadan untuk pelamar dengan kualifikasi yang Anda miliki dengan akurat. Namun berhati-hatilah jika melakukan langkah ini, alih-alih memperoleh info, Anda bisa dipecat jika ketahuan oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

 

Pastikan Upah Anda Sudah Sepadan dengan Cek Online

Melakukan pengecekan gaji sangat bermanfaat untuk menunjang karir Anda dan memperoleh penilaian yang sepadan dari perusahaan. Dengan beberapa situs di atas, mengecek gaji kini semudah membalikan telapak tangan. Anda dapat melakukan pengecekan gaji di mana saja hanya dengan menggunakan komputer atau ponsel pintar Anda. Mudah sekali bukan?

Lakukan pengecekan sekarang untuk menentukan posisi Anda dan menentukan keputusan yang lebih baik demi masa depan Anda.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai pengecekan gaji pada situs cek gaji Indonesia lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rafly Aditia. 18 November 2015. Cara Mengetahui Gaji Kamu Tidak Sebanding Dengan Pekerjaan yang Mesti Dilakukan. Cekaja.com – https://goo.gl/3D4amv
  • Tifanny. 16 Juni 2017. Karir: Yakin Gajimu Udah Layak? Coba Periksa Dulu di 5 Situs Cek Gaji Ini!. Duitpintar.com – https://goo.gl/UKJ1B1
  • Qerja.com – https://goo.gl/kVnx4n
  • Gajimu.com – https://goo.gl/TpMmmE
  • Karir.com – https://goo.gl/cPK33j
  • Jobplanet.com – https://goo.gl/u33ntY
  • Job-like.com – https://goo.gl/umX5fC

 

Sumber Gambar:

  • Young Asian People – https://goo.gl/2kdiwb
  • Asian People with Laptop – https://goo.gl/gRPVyR
  • Qerja.com – https://goo.gl/kVnx4n
  • Gajimu.com – https://goo.gl/TpMmmE
  • Karir.com – https://goo.gl/cPK33j
  • Jobplanet.com – https://goo.gl/u33ntY
  • Job-like.com – https://goo.gl/umX5fC

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana