Biar badan tidak kurus terus, ikuti tips sehat cara membesarkan badan dan mendapatkan tubuh ideal lewat artikel berikut ini.

 

Cara Membesarkan Badan

Sebagian orang merasa bahwa tubuhnya terlalu besar dan mengidamkan tubuh yang lebih kurus.

Bagi mereka yang berbadan besar, menaikkan berat badan sepertinya merupakan sesuatu yang mudah. Mereka berpikir, hanya dengan mengonsumsi berbagai makanan penambah berat badan seperti makanan tinggi karbohidrat, maka berat badan akan bertambah.

Ada juga yang mengatakan dengan begadang, maka akan membuat kita jadi gemuk karena perut terasa lapar dan ingin makan di malam hari sehingga membuat tubuh akan gemuk.

Bosan Kurus_ Ikuti Cara Sehat Membesarkan Badan Supaya Ideal 02

[Baca Juga: 50+ Kata-kata Motivasi Richard Branson yang Membangkitkan Semangat Bisnis Anda!]

 

Namun bagi sebagian orang yang selama ini memiliki tubuh kurus atau kecil, mereka merasa frustrasi karena tubuhnya tak kunjung membesar meskipun sudah mengkonsumsi berbagai makanan yang menambah berat badan.

Mereka mengkonsumsi semua makanan dengan tingkat kalori, gula dan lemak yang tinggi. Tapi, apakah ini adalah cara yang benar untuk menambah berat badan?

 

Terlalu Kurus = Bahaya

Tahukah Anda bahwa tubuh yang terlalu kurus pun mengindikasikan kondisi tubuh yang tidak sehat?

Untuk mengetahui seseorang terlalu kurus atau terlalu gemuk, kita membutuhkan perhitungan dari Indeks Massa Tubuh.

Menurut Jessica Crandall, RD, pendidik diabetes bersertifikat dan juru bicara nasional untuk Academy of Nutrition and Dietetics, dikutip dari Daily Burn, ia mengatakan bahwa Indeks Massa Tubuh adalah cara yang baik untuk menilai kesehatan berat badan seseorang.

Berdasarkan hellosehat, Indeks Massa Tubuh adalah metrik standar yang digunakan untuk menentukan siapa saja yang masuk dalam golongan berat badan sehat dan tidak sehat.

Sudah tahu bagaimana cara menghitung Indeks Massa Tubuh?

Bosan Kurus_ Ikuti Cara Sehat Membesarkan Badan Supaya Ideal 01

(Sumber: whathealth.com)

 

Indeks massa tubuh yang juga disebut BMI membandingkan berat badan Anda dengan tinggi badan Anda, dihitung dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat.

Misalnya, Anda memiliki berat badan 63 kg dan tinggi badan 171 cm (1,71 m).

Kalikan tinggi badan Anda dalam kuadrat: 1,71 x 1,71 = 2,92 m2.

Maka perhitungan Indeks Massa Tubuh atau BMI Anda adalah sebagai berikut:

BMI = 63/2,92 = 21,57

 

Setelah mendapatkan angka Indeks Massa Tubuh atau BMI, bandingkan hasilnya dengan keterangan di bawah ini:

  • Di bawah 18,5 = Berat badan kurang
  • 18,5 – 22,9 = Berat badan normal
  • 23 – 29,9 = Berat badan berlebih (kecenderungan obesitas)
  • 30 ke atas = obesitas

Bosan Kurus_ Ikuti Cara Sehat Membesarkan Badan Supaya Ideal 03

[Baca Juga: Jika Investasi Bisa Membuat Kaya, Kenapa Banyak Masyarakat Indonesia yang Masih Belum Kaya?]

 

Tapi, berbicara tentang berat badan yang ideal, Indeks Massa Tubuh atau BMI di atas tidak dapat menjadi tolok ukur. Mengapa?

Berdasarkan Live Science yang dilansir dari Hellosehat, BMI bukanlah metode pengukuran ideal dan akurat, serta tidak bisa menjelaskan penyebab dari masalah berat badan seseorang.

Ketika mendefinisikan berat badan sehat, satu jenis pengukuran definitif tidak bisa diberlakukan untuk semua, tandas Dr. Rexford Ahima, profesor kedokteran dari University of Pennsylvania sekaligus co-peneliti dari jurnal terbitan Science tahun 2013.

Selain itu, BMI juga tidak memperhitungkan jumlah dan distribusi lemak tubuh yang penting untuk mengukur risiko seseorang terhadap berbagai penyakit kronis. Pasalnya, orang kurus mungkin saja tetap punya perut buncit atau diabetes.

Dan pada beberapa kasus, postur badan tinggi besar, seperti binaragawan (yang bisa terlihat seperti kelebihan berat badan berkat massa ototnya), tidak selalu berarti buruk; banyak orang yang memiliki berat badan di atas “normal” dinyatakan sehat.

Selain itu, angka BMI yang rendah mungkin diakibatkan oleh penyakit tertentu atau faktor usia lanjut.

Dengan kata lain, Indeks Massa Tubuh atau BMI tidak sepenuhnya mewakili diagnosis menyeluruh dari kesehatan tubuh dan risiko penyakit seseorang.

Cara Ampuh Menguruskan Badan Paling Mudah dan Alami 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jarang Diketahui Orang! Ini Rahasia Meraih Kebebasan Keuangan Sebelum Pensiun]

 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang risiko dan kondisi kesehatan terkait berat badan, Anda disarankan untuk dapat berkonsultasi dengan dokter.

Tubuh yang terlalu kurus akan rentan terhadap berbagai penyakit, sama halnya jika seseorang terkena obesitas atau terlalu gemuk.

Kurangnya berat badan dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti seperti infeksi, osteoporosis, patah tulang, masalah kesuburan dan risiko kematian apabila kurangnya berat badan sudah berada dalam tahap yang parah.

Beberapa kondisi di bawah ini dapat menyebabkan seseorang mengalami fase kekurangan berat badan secara terus menerus, diantaranya:

  • Gangguan makan seperti misalnya anoreksia atau penyakit mental lainnya.
  • Hipertiroidisme yang menjadi penyebab metabolisme seseorang bekerja secara berlebihan sehingga menyebabkan penurunan berat badan yang tidak normal.
  • Penyakit seperti diabetes, kanker, dan penyakit-penyakit infeksi contohnya HIV/AIDS.

 

Jika Anda mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba dan signifikan, sebaiknya Anda menghubungi dokter untuk konsultasi dan pengobatan selanjutnya sebelum keadaan semakin parah.

 

Tips Sehat Cara Membesarkan Badan

Apabila Anda termasuk orang yang memiliki badan yang kurus tetapi bukan dikarenakan suatu penyakit dan memiliki keinginan untuk menambah berat badan, lakukan beberapa tips di bawah ini dan rasakan berat badan Anda bertambah seiring dengan waktunya.

 

#1 Makan Dengan Frekuensi Lebih Sering

Biasanya orang yang kurus alias berat badan yang kurang mengalami mudah kenyang, dibandingkan orang-orang pada umumnya.

Mungkin selama ini Anda makan 3 kali sehari seperti orang normal pada umumnya, tapi cobalah untuk makan lebih sering misalnya 5 hingga 6 kali sesuai dengan porsi Anda.

Dengan demikian Anda sedang menambah jumlah kalori ke dalam tubuh Anda.

Menurut Honestdoc, rata-rata kalori normal yang dibutuhkan oleh manusia adalah sebesar 2000 kalori per hari. Untuk meningkatkan 1 kilogram berat badan setara dengan menambah 7.700 kalori yang dapat didapatkan dari makanan, peningkatan cairan atau peningkatan massa otot.

Apabila Anda melakukan olahraga, usahakan untuk makan setelah melakukan latihan guna meningkatkan metabolisme dan tubuh dapat menyerap kalori dengan lebih efektif.

 

#2 Pilih Asupan Kaya Nutrisi

Makan apa saja yang ada, mungkin ini saran umum yang diberikan pada orang-orang yang ingin menambah berat badan.

Tapi, mengonsumsi makanan cepat saji yang rendah nutrisi nampaknya bukan sebuah ide yang brilian karena hal itu malah membuat tubuh Anda tumbuh dengan kondisi yang tidak sehat.

Tahukah Anda istilah skinny fat? Istilah ini diberikan kepada orang yang kurus namun sebenarnya ia memiliki kadar lemak yang tinggi alias di atas normal dalam tubuhnya.

Bosan Kurus_ Ikuti Cara Sehat Membesarkan Badan Supaya Ideal 04

[Baca Juga: Kenali 5 Investasi untuk Pemula bagi Para Mahasiswa dengan Modal Minim]

 

Keadaan ini terlihat melalui tes lemak dalam darah yaitu kolesterol total dan LDL yang hasilnya tinggi.

Oleh sebab itu, untuk menambah berat badan bukan berarti semua makanan harus dimakan termasuk lemak-lemak jahat yang bisa membawa penyakit dalam tubuh kita.

Apakah camilan sehat sudah masuk dalam daftar belanjaan bulanan Anda. Sudah rencanakan anggaran belanja Anda bulan ini? Rencanakan saja dengan Aplikasi Finansialku yang akan memudahkan Anda dalam pencatatannya.

Sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan zat gizi yang dapat membantu menaikkan berat badan dan menjaga kesehatan. Beberapa sumber karbohidrat sehat diantaranya whole grain, sayur, buah, susu, daging merah secukupnya dan biji-bijian serta kacang-kacangan.

Berikut ini anjuran nutrisi sehat dari menaikkan berat badan yang dilansir dari Hellosehat, antara lain:

  • Protein

Protein tinggi dapat membantu meningkatkan massa otot apalagi jika Anda menggabungkannya dengan olahraga yang teratur.

Kenaikan otot ini nantinya akan menaikkan berat badan karena otot akan lebih padat dibandingkan dengan lemak.

Mau Berat Badan Turun 10 kg Ikuti Dulu Cara Diet Sehat dan Alami Berikut Ini 21 - Finansialku

[Baca Juga: Just For Fun: Begini Hasil Ramalan Zodiak Tentang Keuangan Tahun 2019]

 

Meski berat badan bertambah, namun Anda tetap ramping bahkan shapy, karena Anda mengkonsumsi makanan tinggi protein dibarengi dengan olahraga yang membuat tubuh Anda juga tetap bugar.

Beberapa makanan yang dapat menjadi anjuran dengan kandungan protein tinggi antara lain daging, ikan, telur, produk susu, kacang polong dan kacang-kacangan.

 

  • Karbohidrat & Lemak

Sumber makanan lainnya yang dapat menambah berat badan adalah karbohidrat dan lemak yang tinggi. Setidaknya, Anda perlu makan minimal 3 kali sehari dan pastikan ada asupan karbohidrat, lemak dan protein dalam tiap porsinya.

Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks atau pati diantaranya kacang polong, sereal, gandum utuh, roti, pasta, beras merah, sayuran dan juga tepung. Dengan kandungan kalori yang tinggi, makanan tersebut akan menambah berat badan Anda.

Selain karbohidrat kompleks, lemak juga dapat menambah berat badan bahkan cukup cepat prosesnya karena lemak memiliki lebih banyak kalori dibandingkan karbohidrat dan protein, tapi bukan sembarang lemak yang harus dikonsumsi.

Agar gemuk namun tetap sehat, kita perlu mengkonsumsi lemak sehat alias lemah tak jenuh, seperti kacang, ikan, minyak zaitun dan juga alpukat.

Jika Anda mengkonsumsi makanan berlemak jahat alias lemak jenuh, penyakit jantung adalah salah satu dampak yang akan Anda hadapi.

 

  • Gula alami

Fruktosa dan laktosa adalah contoh dari gula alami yang dapat membantu menambah berat badan. Fruktosa merupakan gula yang ditemukan pada buah, sedangkan laktosa ditemukan pada produk susu.

Ada juga gula yang dimurnikan seperti sirup jagung fruktosa tinggi, sukrosa, dekstrosa dan gula meja.

Hindari minuman ringan, makanan penutup dan permen yang mengandung gula halus namun tidak bernutrisi. Ini malah jadi petaka karena akan menambah berat badan namun tidak menyehatkan tubuh.

 

#3 Konsumsi Smoothies atau Shake

Jika Anda penggemar minuman bersoda, ada baiknya Anda mengurangi porsinya bahkan menghilangkannya dari porsi asupan Anda karena minuman bersoda memang berkalori tinggi namun kualitas gizinya rendah.

Anda baiknya Anda membuat smoothies atau milk shake yang akan berdampak positif bagi kesehatan Anda dan sesuai dengan tujuan Anda untuk menambah berat badan.

Cara Mengatasi Lapar Mata Kalau Lihat Tempat Makan Baru, Agar Sehat Keuangan dan Sehat Badan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sinar Mas Group Berduka, Inilah Para Pewaris Kekayaan Senilai Rp205 triliun]

 

Gunakan susu dan jus buah yang telah dibekukan sebagai bahan dasar pembuatan smoothies. Taburkan potongan kacang, atau granola sesuai dengan kebutuhan untuk menambah kalori terutama protein tinggi dan sehat bagi tubuh Anda.

 

#4 Ketahui Waktu Terbaik untuk Minum

Pernahkah Anda merasa sudah kenyang padahal baru makan beberapa sendok porsi makan Anda?

Apakah Anda menyadari bahwa minuman yang Anda minum sebelumnya membuat Anda merasa kenyang sebelum menghabiskan porsi makan Anda?

Minum dapat menurunkan nafsu makan Anda, oleh sebab itu, cari tahu waktu yang tepat untuk minum sebelum atau setelah Anda makan agar Anda tidak cepat kenyang dan tidak menghabiskan makanan Anda.

Ada baiknya untuk minum sedikit saja ketika Anda makan apabila Anda merasa perlu misalnya ketika sedang tersedak.

Segera ketahui rencana keuangan Anda sesuai usia agar dapat mengalokasikan dana sesuai kebutuhan usia melalui E-Book Gratis Panduan Perencanaan Keuangan Sesuai Usia dari Finansialku berikut ini:

 

#5 Siapkan Camilan Sehat

It’s snack time!

Bagi Anda yang cepat kenyang, berikan waktu bagi tubuh Anda untuk menyerap nutrisi dari makanan camilan sehat yang Anda siapkan di sela-sela waktu makan. Misalnya Anda makan sarapan pukul 7 pagi, makan siang pukul 12 siang, makan malam pukul 6 sore.

Di sela-sela waktu itu Anda bisa mengkonsumsi camilan sehat di pukul 10 pagi, pukul 3 sore dan juga camilan di malam hari setelah makan, misalnya jam 9 malam sebelum Anda tidur.

Mengenai camilan sehat ini, namanya juga camilan sehat, ini tidak termasuk yang berminyak dan berlemak tinggi lho. Buah dan sayur atau kacang-kacangan bisa jadi pilihan camilan sehat.

Cara Ampuh Menguruskan Badan Paling Mudah dan Alami 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Mengatur Keuangan dengan Benar? Jika Anda Saat Ini Berusia 20-an Akhir, Maka Seharusnya Anda Sudah Melakukan Ini]

 

Segera unduh cara berinvestasi yang benar melalui E-Book Gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku berikut ini:

 

#6 Jaga Cairan Tubuh

Untuk menambah berat badan, Anda perlu juga menjaga cairan tubuh, setidaknya dalam satu hari Anda perlu minum 8 hingga 10 gelas air setiap harinya agar Anda terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Dapatkan cairan tubuh alami dari air putih atau air sari buah yang menutrisi tubuh Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan waktu minum Anda dengan waktu makan seperti tips nomor 4 di atas.

 

#7 Olahraga Teratur

Sambil meningkatkan massa otot dan mengkonsumsi makanan sehat, olahraga merupakan latihan tubuh yang juga diperlukan untuk menambah berat badan.

Lakukan gerakan-gerakan olahraga yang dapat meningkatkan masa otot dan melibatkan semua otot untuk bekerja, diantaranya, senam, angkat beban atau menari.

Hindari cardio seperti berlari, sprint, atau maraton karena bukan menambah berat badan namun malah menurunkan berat badan.

 

Jadwal Makan Ideal, Salah Satu Cara Membesarkan Badan

Selain mengikuti beberapa saran di atas, kita juga perlu memperhatikan jadwal asupan sehat sehari-hari. Berikut ini jadwal makan ideal yang disarankan dari laman dokter sehat untuk menambah berat badan yang dapat Anda ikuti.

  • Pukul 07:00 – 08:00, sarapan dengan segelas susu, bisa ditambah dengan makan roti isi mentega atau keju
  • Pukul 10:00 – 11:00, tambah lagi segelas susu
  • Pukul 12:00 – 13:00, saatnya makan siang. Pilihlah menu makan siang yang terdiri dari nasi putih, sayuran, daging (bisa daging sapi atau daging ayam), dan telur. Tambahkan menu jus buah seperti jus mangga atau alpukat
  • Pukul 16: 00 – 17:00, makan camilan seperti roti, salad, dan secangkir teh
  • Pukul 19:30 – 20:00, waktu makan malam. Sama seperti makan siang, isilah perut dengan makanan-makanan berat yang terdiri dari nasi dan lauk-pauk sarat karbohidrat dan protein
  • Pukul 21:00 – 22:00, sebelum tidur, minum lagi segelas susu full cream

 

Apa Anda tidak ingin kurus lagi? Cobalah tips di atas dan berikan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan!

Apabila Anda mengalami masalah dalam merencanakan keuangan pribadi, keluarga atau bisnis, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda!

 

Sumber Referensi:

  • Monika Nanda. 7 Cara Sehat dan Efektif Menaikkan Berat Badan. Hellosehat.com – https://bit.ly/2oLHsJP
  • Loudia Mahartika. 22 Februari 2019. Cara Menambah Berat Badan Secara Alami, Agar Bisa Tampil Ideal dan Sehat. Liputan6.com – https://bit.ly/2njkpG2
  • Gracia Belinda. Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Sehat. Honestdocs.id – https://bit.ly/2myyPSk
  • Dokter Sehat. 10 Makanan Penambah Berat Badan (Enak dan Ampuh). Doktersehat.com – https://bit.ly/2pdi7Jb
  • Tania Savitri. 3 Jenis Nutrisi untuk Menambah Berat Badan Dengan Cepat. Hellosehat.com – https://bit.ly/2mM0pLS

 

Sumber Gambar:

  • Cara Membesarkan Badan 01 – http://bit.ly/2LLpz7e
  • Cara Membesarkan Badan 02 – http://bit.ly/2InXGA1
  • Cara Membesarkan Badan 03 – http://bit.ly/2LLJEKu
  • Cara Membesarkan Badan 04 – http://bit.ly/2MdJBWJ