Sektor pariwisata menjadi sangat penting bagi sebuah negara. Bagaimana tidak? Pendapatan pariwisata merupakan devisa terbesar bagi sebagian negara di dunia.

Pengelolaan pariwisata yang baik mampu menarik turis untuk melancong ke negara tersebut. Penasaran negara mana saja yang punya pendapatan besar karena pariwisata? Check it out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10 Negara Dengan Pendapatan Pariwisata Terbesar

Setiap negara pasti ingin memiliki sektor pariwisata yang mendunia. Pariwisata yang indah dan ternama merupakan aset terpenting suatu negara. Saya pribadi setuju dengan hal ini.

Ketika saya hendak berlibur ke luar negeri, hal pertama yang ada di benak saya pasti sektor pariwisatanya.

Ada berapa banyak pariwisata disana, seberapa indah tempatnya, dan bagaimana akses menuju tempat pariwisata tersebut.

Saya rasa Anda pun akan memikirkan hal sama ketika hendak berlibur ke luar negeri, dan sayang rasanya jika Anda berniat berlibur ke luar negeri namun tidak mendapatkan pariwisata yang memberikan pengalaman seru.

Seolah menjadi satu hal wajib untuk bisa take a photo di tempat-tempat bagus di luar negeri, apalagi sekarang ada budaya baru, update foto liburan dan membuat feeds yang indah di Instagram, ya kan?

10 Negara Pariwisata Terbesar 02 Pariwisata 2 - Finansialku

[Baca Juga: Pengalaman Tak Terlupakan Berlibur ala Backpacker ke Dubai]

 

Makanya tak heran jika negara-negara maju berupaya memaksimalkan potensi wisata yang mereka miliki, karena mereka yakin jika sektor pariwisata merupakan ujung tombak yang berperan sebagai media dalam memperkenalkan negaranya ke kancah dunia.

Terbukti dari sebuah laporan yang diterbitkan oleh Organisasi Pariwisata Dunia (World Tourism Organization). Prancis menerima lebih banyak pengunjung dibanding negara lain di dunia pada tahun 2016.

Tak tanggung-tanggung Prancis kedatangan 82,6 juta pengunjung. Para turis datang untuk melihat atraksi yang terkenal di dunia seperti Louvre, Menara Eiffel, Versailles, dan Arc de Triomphe.

Banyak dari tempat-tempat wisata utama ini terletak di ibu kota Prancis, yaitu kota Paris, salah satu kota paling terkenal di Eropa dengan penduduknya yang banyak.

Tak hanya Prancis, Amerika Serikat pun menjadi negara ke-2 yang paling sering dikunjungi turis asing. Setidaknya Amerika Serikat kedatangan 75,6 juta turis pada tahun 2016.

Kebanyakan turis datang ke Amerika Serikat untuk melihat pemandangan seperti New York, Taman Nasional Yellowstone, Air Terjun Niagara, dan Grand Canyon.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Bagi Anda yang dalam waktu dekat ini memiliki rencana untuk pergi ke luar negeri, pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu pariwisata apa yang menjadi andalan negeri tersebut.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai 10 negara yang paling sering dikunjungi turis dan memiliki pendapatan pariwisata terbesar di dunia. Apa sajakah negara tersebut? Mari kita bahas satu-persatu.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#10 Malaysia – 26,8 Juta Pengunjung

Malaysia merupakan negara yang terletak di Asia Tenggara.

Malaysia memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi, mulai dari Kuala Lumpur kota yang terkenal sebagai urban energy, hutan hujan, hingga deretan pantai yang masih alami.

Malaysia menawarkan pengalaman unik bagi para turis yang sedang melancong di Negeri Jiran ini. Sejak meluncurkan kampanye pariwisata besar-besaran pada akhir 1990-an, industri pariwisata di Malaysia terus berkembang.

10 Negara Pariwisata Terbesar 03 Malaysia - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Tips Liburan Akhir Pekan yang Menyenangkan Tanpa Boros]

 

#9 Thailand – 32,6 Juta Pengunjung

Dengan pasir pantainya yang cerah, pulau tropis, ragam satwa liar, situs arkeologi, kuil dan biara, menjadikan Thailand sebagai salah satu tempat wisata global.

Thailand merupakan negara yang memiliki banyak festival, dan selain itu kehidupan malam yang terus berkembang, fasilitas belanja kelas dunia, dan masakan-masakan yang terkenal lezat, sehingga menjadi daya tarik wisata utama di negara ini.

 

Diperkirakan pendapatan yang didapat Thailand dari sektor pariwisata hampir 20,2% dari PDB negara tersebut.

Thailand pun diproyeksikan akan menerima sekitar 100 juta pengunjung pada tahun 2032 yang akan datang.

10 Negara Pariwisata Terbesar 04 Thailand - Finansialku

[Baca Juga: Budget Liburan Keliling Asia Tenggara Rp5 Juta. Begini Caranya!]

 

#8 Meksiko – 35 Juta Pengunjung

Sebuah negara besar yang berada di dataran Amerika Utara, Meksiko terkenal akan keindahan pantai-pantainya yang masih asli, serta memiliki resort kelas dunia.

Dalam beberapa dekade terakhir, industri pariwisata di negara ini mengalami kemajuan.

Dengan kekayaan budaya dan Situs Warisan Dunia UNESCO, tidak heran jika para turis senang untuk datang ke Meksiko.

Sebagian besar pengunjung berasal dari negara tetangga yaitu Kanada dan Amerika Serikat. Kendati demikian jumlah wisatawan yang datang dari Eropa dan Asia pun ikut meningkat.

10 Negara Pariwisata Terbesar 05 Meksiko - Finansialku

[Baca Juga: Minim Budget? Lakukan Tips Liburan Gak Over Budget Supaya Liburanmu Tetap Menyenangkan]

 

#7 Jerman – 35,6 Juta Pengunjung

Jerman banyak didatangi wisatawan asing maupun domestik.

Sektor pariwisata di Jerman diperkirakan berkontribusi 4,5% terhadap PDB negara tersebut dan setidaknya ada 2 juta lapangan pekerjaan tercipta dari industri perjalanan dan pariwisata.

Berlin, Munich, dan Hamburg adalah kota-kota yang paling banyak dikunjungi di negara ini. Orang-orang datang ke Jerman dengan berbagai tujuan, ada yang bertujuan menuntut ilmu, berbisnis, atau hanya sekedar berlibur.

Jerman pun memiliki beberapa Kawasan hutan lindung seperti Taman Nasional Swiss Saxon, Taman Nasional Laguna Barat Pomerania, dan Taman Nasional Jasmund, yang juga berperan besar dalam menarik wisatawan asing untuk datang ke Jerman.

10 Negara Pariwisata Terbesar 06 Jerman - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Anda Pergi Berlibur, Ketahui Dulu 5 Pos Pengeluaran Saat Liburan]

 

#6 United Kingdom (Inggris) – 35,8 Juta Pengunjung

Dengan kekayaan sejarah yang menarik, budaya, dan fasilitas serta infrastruktur pariwisatanya yang berkembang dengan baik, menempatkan Inggris pada urutan ke-6 sebagai negara yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Turis di Inggris dapat memberikan negara tersebut pendapatan sekitar US$17,2 miliar (Rp258 triliun). Mayoritas pengunjung datang dari negara-negara tetangganya di Eropa.

 

Sementara turis dari Amerika Serikat dan Kanada merupakan kelompok pengunjung asing terbesar kedua di negara tersebut.

Industri pariwisata domestik di negara ini juga sangat berkembang. London adalah kota yang paling banyak dikunjungi di Inggris, dengan Menara London yang menjadi daya tarik paling populer yang ada negara ini.

10 Negara Pariwisata Terbesar 07 Inggris - Finansialku

[Baca Juga: 36 Fakta Unik dan Manfaat Travelling! Dijamin Anda Akan Langsung Merencanakan Liburan]

 

#5 Italia – 52,4 Juta Pengunjung

Bagi kebanyakan orang, Italia adalah salah satu tujuan impian hidup mereka. Italia memiliki 50 Situs Warisan Dunia UNESCO.

Negara ini juga memiliki banyak artefak budaya, bangunan, dan situs arkeologi dari Kekaisaran Romawi hingga periode Renaisans.

Italia pun memiliki desa-desa Alpine yang unik dan pantai-pantai Mediterania yang mempesona. Kekayaannya inilah yang menjadikan negara ini sebagai negara kelima yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Beberapa kota di Italia yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing adalah Roma, Venesia, Florence, dan Milan. Masing-masing kota tersebut memiliki atraksi unik, sejarah, budaya, dan kulinernya yang khas.

10 Negara Pariwisata Terbesar 08 Italia - Finansialku

[Baca Juga: Guys, Yuk Cek 5 Tips Liburan Murah Ala Mahasiswa yang Bisa Kamu Lakukan!]

 

#4 China – 59,3 Juta Pengunjung

Tembok Besar China, Lima Pegunungan Suci, Kuil Shaolin, Air Terjun Huangguoshu, Kota Terlarang, situs-situs alam, serta budaya dan sejarah penting lainnya membuat China menjadi negara yang terkenal di dunia.

China memang merupakan salah satu negara dengan tujuan wisata yang paling didambakan.

Negara dengan julukan Tirai Bambu ini didatangi oleh 55,6 juta pengunjung asing pada tahun 2014 dan mendapat keuntungan dari pendapatan devisa sangat besar pada tahun 2010.

Jumlah wisatawan China diperkirakan akan meningkat pesat di tahun-tahun mendatang.

Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pun memperkirakan bahwa pada tahun 2020, negara ini akan menempati posisi nomor satu di sektor pariwisata dunia.

10 Negara Pariwisata Terbesar 09 China - Finansialku

[Baca Juga: Beli Kue di China Pakai Cicilan Kartu Kredit 3 Tahun? Begini Perilaku Milenial Di Sana]

 

#3 Spanyol – 75,6 Juta Pengunjung

Pariwisata di Spanyol setidaknya memberikan kontribusi hampir 11% terhadap PDB negara tersebut. Mayoritas pengunjung Spanyol berasal dari negara-negara Eropa, seperti Inggris, Prancis, Italia, dan Jerman.

Barcelona dan Madrid menjadi dua kota bersejarah dengan resort kelas dunia mereka yang terletak di pantai Mediterania dan Atlantik.

Ada juga festival populer seperti Karnaval dan Running of the Bulls, serta 15 taman nasional dan musim dingin yang difasilitasi dengan baik.

Spanyol pun memiliki kehidupan malam yang ramai. Spanyol juga memiliki 13 Situs Warisan Dunia UNESCO.

10 Negara Pariwisata Terbesar 10 Spanyol - Finansialku

[Baca Juga: 7 Cara Menyimpan Uang yang Aman Saat Berlibur ke Luar Negeri]

 

#2 Amerika Serikat – 75,6 Juta Pengunjung

Negara dengan julukan Negeri Paman Sam ini merupakan negara yang luas. Beberapa kota di AS seperti New York, Los Angeles, Las Vegas berkembang dengan turisnya sepanjang tahun.

Wisata alam yang sangat terkenal di Amerika Serikat diantaranya Grand Canyon, Taman Nasional Yellowstone, keajaiban subarktik Alaska, pantai Hawaii dan masih banyak lagi.

Di 29 negara bagian ini, industri pariwisata menjadi salah satu dari tiga industri utama yang menghasilkan lapangan kerja yang besar. Kebanyakan wisatawan asing datang dari Meksiko, Kanada, dan Inggris.

10 Negara Pariwisata Terbesar 11 AS - Finansialku

[Baca Juga: Liburan Murah dan Hemat! Ini Dia Cara Menyiapkan Dana Liburan ke Amerika]

 

#1 Prancis – 82,6 Juta Pengunjung

Prancis berada di peringkat pertama sebagai negara yang paling banyak didatangi wisatawan.

Paris, Lyon, Strasbourg, pegunungan Alpen, resort ski, pantai, desa-desa di Prancis yang indah, serta taman-taman yang spektakuler menjadi daya tarik utama Prancis.

Negara ini adalah rumah bagi 37 Situs Warisan Dunia UNESCO yang telah diakui dunia. Di Prancis, sektor perjalanan dan pariwisata menyumbangkan 9,7% dari PDB negara tersebut.

Sebesar 30% dari pendapatan yang dihasilkan oleh sektor pariwisata diperoleh dari wisatawan asing, sedangkan 70% sisanya berasal dari wisatawan domestik.

10 Negara Pariwisata Terbesar 12 Prancis - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah: 20 Tips Hemat Pengeluaran saat Liburan Bersama Keluarga]

 

Negara Mana yang Anda Pilih?

Berdasarkan penjelasan diatas negara mana yang menjadi pilihan Anda sebagai tempat liburan? Semoga penjelasan diatas dapat membantu Anda untuk merencanakan liburan Anda ya.

Jangan lupa juga untuk merencanakan dana liburan Anda dari sekarang. Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dana tersebut. Yuk download aplikasinya gratis di Google Play Store!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan atau tanggapan lainnya mengenai 10 negara dengan pendapatan pariwisata terbesar di dunia ini?

Tuliskan pertanyaan dan tanggapan tersebut pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang di sekitar Anda ya, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Oishimaya Sen Nag. 7 Juni 2018. The World’s Most Visited CountriesWorldatlas.com – https://goo.gl/WsVo3m

 

Sumber Gambar:

  • Pariwisata 1 – https://goo.gl/1KPT6F
  • Pariwisata 2 – https://goo.gl/7mwSJH
  • Malaysia – https://goo.gl/BDapcT
  • Thailand – https://goo.gl/PyiHRf
  • Meksiko – https://goo.gl/C9ovwL
  • Jerman – https://goo.gl/pVUFsc
  • Inggris – https://goo.gl/Zf5kDx
  • Italia – https://goo.gl/sXk1XC
  • China – https://goo.gl/WMQLmz
  • Spanyol – https://goo.gl/c88h8J
  • AS – https://goo.gl/k3sHpN
  • Prancis – https://goo.gl/1ViYHk
Summary
Top 10 Negara Dengan Pendapatan Pariwisata Terbesar Di Dunia
Article Name
Top 10 Negara Dengan Pendapatan Pariwisata Terbesar Di Dunia
Description
Sektor pariwisata sangat penting bagi sebuah negara. Pendapatan pariwisata merupakan devisa terbesar bagi sebagian negara di dunia.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo