Es Krim Campina, Terus Berkembang hingga Memiliki Ratusan Mitra Sejak Tahun 1972

Tahukah Anda salah satu bisnis waralaba Indonesia yang terus berkembang? Betul sekali, waralaba es krim Campina jawabannya!

Tentu saja melihat banyaknya bisnis waralaba yang berkembang pesat menggoda para pebisnis muda seperti Anda. Kini saatnya Anda mengenal potensi bisnis waralaba yang satu ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apa itu Waralaba (Franchise)?

Sebagai seorang pebisnis, selalu banyak cara untuk membuka sebuah usaha. Tetapi bagaimana dengan nasib pebisnis pemula yang masih kebingungan bagaimana memulai usahanya?

Jangan khawatir, kini hadir sebuah solusi bisnis yang praktis dan sederhana, yaitu WARALABA.

Secara umum, waralaba merupakan sebuah hubungan kontrak kerja antara pemilik waralaba (franchisor) dan penerimanya (franchisee).

Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang dengan perjanjian untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu.

Franchisor dan franchisee berbagi brand yang sama, namun tidak saling terkait satu sama lain. Mengapa demikian?

Franchisee menjual produk atau jasa sesuai dengan ketentuan franchisor, sedangkan franchisor bertugas mengembangkan bisnis waralabanya.

Es Krim Campina, Terus Berkembang hingga Memiliki Ratusan Mitra Sejak Tahun 1972 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Waralaba tradisional umumnya digunakan untuk memperluas produknya dengan cara distribusi yang luas, namun dengan tetap mempertahankan kualitas yang sama demi kepuasan masyarakat.

Kini bisnis waralaba ini semakin berkembang, termasuk ke dalam bisnis makanan.

Salah satu contohnya adalah waralaba es krim legendaris Indonesia, Es Krim Campina.

Melalui artikel berikut ini, Finansialku akan menjabarkan serba serbi mengenali waralaba es krim Campina bagi Anda.

 

Es Krim

Menurut Wikipedia, es krim merupakan sebuah makanan beku dibuat dari produk susu seperti krim (atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa dan pemanis. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar.

Istilah es krim sendiri merujuk pada dessert beku yang berbahan lemak susu.

Es krim sudah dikenal sejak lama, dan hingga kini membuktikan bahwa eksistensinya masih belum tergeser sama sekali.

Es Krim Campina, Terus Berkembang hingga Memiliki Ratusan Mitra Sejak Tahun 1972 03 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Meski banyak jenis makanan penutup atau dessert lainnya, es krim masih menjadi salah satu yang paling digemari. Terbukti dengan terus berkembangnya varian rasa, tekstur, hingga aroma yang menggugah selera.

Selain itu, es krim juga memiliki banyak manfaat. Misalnya saja, es krim banyak mengandung kalsium yang sangat baik bagi kesehatan tulang, mengingat bahan dasarnya yaitu susu. Es krim juga memiliki kandungan vitamin A, D, K, dan B12 yang baik bagi tubuh.

Namun sayangnya, meski memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan, peminat es krim di Indonesia masih sedikit, kalah apabila dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Jumlah konsumsi es krim di Indonesia saat ini adalah 0,6 liter per kapita per tahun, sedangkan di Thailand sudah mencapai 2 liter, bahkan Singapura sudah mencapai 5 liter per kapita per tahun.




 

Campina: Es Krim Asli Indonesia yang Terus Membuktikan Eksistensinya

Siapa yang tidak kenal es krim Campina? Dengan iklan dan musik yang memiliki ciri khas, es krim ini sudah menjadi es krim bersejarah di mata masyarakat Indonesia.

Setiap motor penjual es krim lewat, Anda pasti sudah mengetahuinya tanpa perlu melihatnya.

Bahkan es krim ini sudah berusia 45 tahun lho! Mungkin lebih tua dari mayoritas konsumennya ya.

Es Krim Campina, Terus Berkembang hingga Memiliki Ratusan Mitra Sejak Tahun 1972 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Tepat pada tanggal 22 Juli 1972, Darmo Hadipranoto memulai bisnis es krim asli Indonesia yang menarik perhatian masyarakat luas. Beliau merintis bisnis bersama sang istri, dan memulai bisnis sederhana di garasi rumahnya yang berlokasi di Jalan Gembong Sawah, Surabaya.

Sesaat setelah mulai diperjualbelikan, es krim ini langsung menuai banyak pujian dan menjadi es krim populer yang digemari masyarakat ramai. Karena ketenarannya, H. M. Noer selaku Gubernur Jawa Timur menyempatkan diri berkunjung ke pabrik Campina yang bisa dibilang baru saja berdiri itu.

Mengapa es krim Campina bisa sangat digemari di Indonesia?

Salah satu kelebihan yang sangat ditonjolkan es krim Campina adalah bahan bakunya yang alami, higienis, dan berkualitas. Selain itu, Campina juga senantiasa membuat inovasi-inovasi baru sesuai selera masyarakat Indonesia.

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Pada tahun 1984, Campina memindahkan pabriknya ke Rungkut, Surabaya yang masih digunakan hingga saat ini. Saat ditanya mengenai kunci bisnis Campina, diungkapkan bahwa mereka mengutamakan modalnya yang terjangkau, pasar yang seksi serta inovasi yang tak terbatas.

Campina kini terus memudahkan masyarakat untuk menjangkau produknya dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan sepeda, mobil, penjualan di toko dan supermarket terdekat, hingga penjualan online.

Dengan demikian, Anda bisa membeli es krim Campina tanpa perlu bepergian jauh, bahkan bisa dari depan rumah Anda.

 

Waralaba Es Krim Campina: Campina Scoop Counter (CSC)

Setelah bisnisnya terus berkembang, Campina kembali memikirkan bagaimana cara agar bisnisnya bisa menjadi peluang bisnis bagi orang lain.

Dengan tujuan membagikan pengalaman memproduksi dan menjual es krim selama puluhan tahun, Campina akhirnya membuka program waralaba yang dikenal dengan nama Campina Scoop Counter (CSC).

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

National Sales & Marketing Manager Campina Ice Cream, Adji Andjono mengungkapkan:

“Tahun 2006 kami mulai memanfaatkan peluang ini, tidak hanya menjual es krim dalam bulk 5 literan, tapi kami juga membuat bisnis yang disebut Campina Scoop Counter. Dimana orang juga bisa memiliki semacam business opportunity dari Campina, calon mitra juga akan diberikan arahan produk itu bisa dijadikan jenis produk yang lain. Akhirnya kami secara spesifik memasuki pasar es krim yang bukan hanya sudah packing di pabrik, tapi es krim yang bisa dikembangkan untuk menu-menu lebih lanjut.”

 

Menawarkan modal yang kecil, Campina Scoop Counter tentunya dilirik banyak pebisnis pemula yang tidak mau repot. Terlebih karena Campina menjanjikan kualitas es krim yang sudah teruji.

Terbukti dengan perkembangan CSC yang pernah menginjak angka 600 outlet, hingga saat ini berada pada angka 402 counter. Penurunan ini terjadi akibat kurangnya niat serius para mitra dalam memanfaatkan business opportunity ini.

Es Krim Campina, Terus Berkembang hingga Memiliki Ratusan Mitra Sejak Tahun 1972 05 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Oleh karena itulah, kini Campina melakukan proses seleksi yang cukup ketat bagi calon mitranya agar tidak membawa pengaruh buruk bagi induk brand Campina yang mewakili Campina Scoop Counter.

Daerah Campina Scoop Counter kini masih terpusat di daerah Jawa, Surabaya, dan Bali. Namun Campina mengungkapkan bahwa dirinya siap melayani permintaan kerja sama berupa waralaba ke daerah lainnya, misalnya Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan beberapa daerah di luar pulau Jawa.

Sementara ini, varian produk dan harga produk Campina secara umum adalah sebagai berikut:

Varian ProdukHarga
Campina Mini Cone± Rp10.000 (untuk es krim menggunakan cone)
Campina Single Waffle
Campina Waffle Jumbo
Campina Waffle Basket± Rp15.000 (untuk es krim dengan toping-toping tertentu)
Campina Milk Shake
Campina Float

*Note: estimasi harga pada tahun 2017, harga bisa berubah sewaktu-waktu

 

Prosedur Waralaba Es Krim Campina

Bagi Anda yang berminat membeli waralaba es krim Campina, siap-siap karena kreativitas Anda akan diuji untuk menghasilkan menu-menu baru yang menarik bagi counter.

Anda diperbolehkan menciptakan berbagai menu dengan bahan dasar 12 jenis menu es krim Campina. Bahkan Anda juga diberi kebebasan untuk membuat variasi menu di luar menu yang disarankan oleh pusat Campina Scoop Counter.

Adji memaparkan:

“Kalau mitra mau melakukan variasi menu, it’s ok! Sepanjang dia mengajukan kepada kami. Dalam artian, bahan-bahan pendukung yang dia gunakan layak, sehat, dan halal. Nah, Campina Scoop Counter kelebihannya di situ, karena mitra dapat melakukan variasi. Terlebih es krim bukanlah makanan pokok, yang mana jika tidak melakukan inovasi, pelanggan akan cepat merasa bosan.”

 

Anda hanya perlu mempersiapkan modal senilai Rp10 juta, dan Anda akan memperoleh satu booth Campina Scoop Counter, dimana yang digunakan hanyalah Rp4 juta dan sisanya berbentuk deposit yang kemudian dapat ditarik kembali saat menghentikan kerja sama. Detailnya adalah sebagai berikut:

  • Rp2.000.000 sebagai jaminan atau deposit produk (refundable)
  • Rp4.000.000 sebagai biaya sewa freezer (refundable)
  • Rp4.000.000 sebagai modal pembelian peralatan

 

Sistem pembagian keuntungan CSC juga sangatlah nyata bahkan bisa mencapai 100%.

Anda juga akan memperoleh dukungan dan bimbingan manajemen langsung dari PT Campina Ice Cream Industry dalam menjalankan bisnis lho!

 

Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Anda juga berkesempatan membuka lebih dari 1 counter, seperti ungkap Adji bahwa sudah hampir 20% mitra memiliki lebih dari 1 counter.

Pemilihan lokasi juga menjadi hak dari mitra, namun disarankan untuk memilih lokasi yang sering dikunjungi anak muda atau anak-anak dan keluarganya. Menurut Adji, pemilihan lokasi ini akan sangat berpengaruh terhadap Return of Investment (ROI), dengan rata-rata ROI selama 6 bulan saja.

 

Es Krim Campina di Bursa Efek

Benarkah es krim Campina memasuki Bursa Efek?

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengklaim produsen es krim merek Campina akan melantai di bursa saham menjelang akhir tahun 2017.

PT Campina Ice Cream Industry dikabarkan akan menjual 30 persen sahamnya ke publik.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat, saat diwawancarai pada hari Rabu (25/10/2017) mengatakan:

“Campina Ice Cream IPO Desember. Sudah mini expose minggu lalu.”

 

Dengan jumlah aset lebih dari Rp1 triliun rupiah, Campina sedang merampungkan target dana dari IPO Campina tersebut.

Es Krim Campina, Terus Berkembang hingga Memiliki Ratusan Mitra Sejak Tahun 1972 06 - Finansialku

[Baca Juga: Ikuti Cara Cerdas Ini Dalam Mengembangkan Bisnis Waralaba]

 

Menurut kabar yang beredar, perolehan dana IPO ini rencananya akan digunakan untuk membeli aset baru. Selain itu, perusahaan juga akan menggunakan sebagian dari dana tersebut untuk membiayai jalur distribusi pengiriman.

Untuk melancarkan proses tersebut, Campina Ice Cream telah menunjuk Shinhan Sekuritas Indonesia sebagai penjamin emisi efeknya. Samsul mengungkapkan, hanya satu jasa perusahaan sekuritas yang digunakan oleh Campina.




 

Berminat dengan Waralaba Es Krim Campina?

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membeli waralaba dan menjadi mitra es krim Campina yang sudah melanglangbuana selama puluhan tahun?

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin sedang mencari peluang bisnis yang murah dan terjamin.

 

Share artikel ini via WhatsApp atau media sosial lainnya. Anda dapat menghubungi kami melalui formulir online, telepon (022 – 2056 5890) atau email (Solusi@Finansialku.com).

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai waralaba es krim campina lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Heksa Ragil Pamungkas, Dian Eko Prasetio, Ramdhan Anugerah. 2017. 250 Franchise Business Prospects 2017.
  • Dinda Audriene Mutmainah. 25 Oktober 2017. Es Krim Campina Bakal Melantai di Bursa Efek. Cnnindonesia.com – https://goo.gl/Pyh8yY

 

Sumber Gambar:

  • Es Krim Campina – https://goo.gl/jqKbnZ dan https://goo.gl/2txD87
  • Booth Campina – https://goo.gl/9gFZis
  • Campina – https://goo.gl/g2z4Xn
  • Es Campina – https://goo.gl/XP92Ww
  • Usaha Es Krim Campina – https://goo.gl/Cfgrcf

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-11-07T07:43:49+00:00 November 7th, 2017|Categories: Waralaba (Franchise)|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download