Tanah merupakan salah satu cara untuk berinvestasi. Ingin cari tanah untuk masa depan? Kamu harus tau harga tanah di 7 kota ini.

Kota mana sajakah yang memiliki harga tanah tinggi? Yuk, mari simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Harga Tanah dari 7 Kota di Dunia

Harga tanah memang selalu terus naik dan tak ditentukan oleh faktor tunggal. Dan yang menariknya, meski lokasi menjadi faktor penting, tapi dimanapun lokasi tanahnya, harganya dapat dipastikan cenderung naik setiap tahunnya.

Dengan melonjaknya kenaikan jumlah penduduk, hal ini juga berpengaruh terhadap kebutuhan akan berbagai macam properti.

Misalnya dengan meningkatnya kebutuhan akan properti tanah untuk membangun rumah atau kebutuhan lainnya.

Masalah perumahan di Hong kong menjadi bahan perbincangan karena harganya yang sangat mahal. Bahkan seorang fotografer telah memotret rumah penduduk Hong Kong yang dijuluki “rumah peti mati”.

Selain itu, cerita horor pun tersebar, seperti cerita asisten rumah tangga yang terpaksa harus tidur di dapur atau kamar mandi. Sampai orang yang memiliki ekonomi rendah tinggal di “rumah kandang”.

Namun ternyata harga properti di Hong Kong bisa dikatakan mahal. Menurut data keluaran Prime International Residential Index harga properti di Hong Kong bukanlah yang termahal di dunia.

Perhitungannya dilihat berdasarkan pada berapa meter persegi tanah yang bisa dibeli dengan uang sebanyak US$1 juta atau Rp14,9 miliar pada kurs saat ini (US$1 = Rp14.903).

Dilansir dari The Telegraph, ada tujuh harga properti termahal tersebar di Eropa, Asia dan Amerika Serikat. Berikut ini adalah daftar kota dengan harga tanah paling mahal.

 

#1 Monako

Monako merupakan negara kota berdaulat yang terletak di Cote d’Azur, Eropa Barat. Terletak di tepi lautan Mediterania, serta berbatasan dengan Prancis, kota ini sedang berbenah untuk jadi pusat uang kripto di dunia.

Dengan luas tanah yang hanya 202 hektar dan uang US$1 juta hanya bisa membeli tanah seluas 15 meter persegi di negara kota ini.

Ingin Cari Tanah Murah Coba Cek Berapa Harga Tanah di 7 Kota Ini! 02 Monako - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor WAJIB Tahu Keuntungan dan Kerugian Investasi Tanah]

 

Monako disiapkan untuk menyalip negara-negara Asia Timur di sektor tersebut. Selain itu, tempat ini terkenal dengan kotanya para jutawan. Nama tersebut masih melekat dipegang oleh monako.

Monako memiliki populasi sebanyak 38.400 orang yang memiliki harga rumah paling mahal di dunia. Kamu harus merogoh kocek hingga US$44 ribu atau setara dengan Rp598 juta (kurs US$1 = Rp 13.300) per meter persegi untuk membeli rumah.

 

#2 Hong Kong

Hong Kong merupakan Tempat yang paling bercahaya. Pejalan kaki yang berjalan di pinggir neon sign dari Tsui Wah Restaurant di Hong Kong salah satunya.

Hong Kong tidak pernah kehilangan kegelapannya dikarenakan cahaya 24 jam dari segudang neon sign.

Ingin Cari Tanah Murah Coba Cek Berapa Harga Tanah di 7 Kota Ini! 03 Hong Kong - Finansialku

[Baca Juga: Supaya Tidak Rugi, Pahami Dulu Kerugian Jual Beli Tanah]

 

Di Hong Kong karena lahannya sempit, banyak bangunan dan gedung pencakar langit. Ini salah satu solusi untuk meminimalisasi lahan yang sempit. Belakangan banyak cerita mengenai krisis perumahan di sana.

Tapi meskipun Hong Kong memiliki lahan sempit, tapi harga tanah di kota ini tergolong mahal juga loh.

Mengingat terbatasnya lahan yang tersedia, Tak heran jika uang sebanyak US$1 juta hanya bisa mendapatkan tanah seluas 20,6 meter persegi di Hong Kong.

 

#3 London

Kota tempat Charlie Chaplin ini tidak hanya memiliki sejarah yang panjang, melainkan salah satu pusat finansial, politik, dan teknologi yang paling vital di kawasan Eropa.

Jika sering melihat banyaknya flat di London. Itu dikarenakan harga tanah di sana yang mahal. Di London, uang US$1 Juta hanya dapat membeli tanah seluas 25,2 meter persegi.

Ingin Cari Tanah Murah Coba Cek Berapa Harga Tanah di 7 Kota Ini! 04 London - Finansialku

[Baca Juga: Untuk Persiapan Pensiun: Pilih Deposito atau Beli Tanah?]

 

London memang merupakan salah satu tujuan investasi di sektor properti utama di kawasan Eropa.

Namun seiring dengan kelesuan perekonomian yang melanda di kawasan tersebut, investor Eropa rupanya justru mengurangi intensitas investasi di London.

Kini, sektor properti di London justru didominasi oleh investor asal Timur Tengah, Asia, Afrika dan Rusia.

728x90 hitung sekarang - KPR
300x250 - Hitung Sekarang - KPR

 

#4 Singapura

Singapura dikenal sebagai salah satu pusat finansial di Timur Jauh, bahkan kerap didegungkan sebagai rival Hong Kong.

Kualitas hidup yang baik, kerapian infrastruktur, ditambah lokasinya yang strategis adalah keunggulan dari Singapura.

Ingin Cari Tanah Murah Coba Cek Berapa Harga Tanah di 7 Kota Ini! 05 Singapura - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Cepat Jual Tanah Kavling yang Menguntungkan]

 

Dengan Uang US$1 Juta kamu hanya bisa membeli tanah 32,6 meter persegi, dan rata-rata tanah disini pun dimiliki oleh pemerintah.

Banyak pengamat yang memprediksi bahwa harga properti di Singapura akan mengalami kenaikan seiring dengan rencana pemerintah yang akan meningkatkan pajak dan DP minimal.

 

#5 Jenewa

Jenewa merupakan rumah dari PBB, Palang Merah, WHO, World Economic Forum. Maka tidak heran jika kota ini mendapat predikat Kota Global.

Berkat lokasinya yang sangat prestisius uang sebesar US$1 juta hanya bisa membeli tanah seluas 34,7 meter saja. Tingginya harga tanah di Jenewa ini tidak terlepas dari cukup besarnya pajak properti yang diberlakukan oleh pemerintah.

Ingin Cari Tanah Murah Coba Cek Berapa Harga Tanah di 7 Kota Ini! 06 Jenewa - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Investasi Tanah Yang Mendatangkan Keuntungan dan Keberhasilan!]

 

#6 New York

Jika kamu ingin membeli tanah di New York dengan jumlah uang US$1 juta, kamu hanya bisa mendapatkan tanah seluas 40,2 meter persegi.

Ditambah lagi dengan kehadiran pusat keuangan Wall Street Episentrum dunia teater di Broadway, Central Park, dan beragam jenis industri.

Tidak mengherankan bila harga properti di New York lebih mahal ketimbang Washington D.C.

Ingin Cari Tanah Murah Coba Cek Berapa Harga Tanah di 7 Kota Ini! 07 New York - Finansialku

[Baca Juga: Beli Rumah dari Developer atau Beli Tanah di Bangun?]

 

Sektor properti di New York ini dapat dikatakan sektor “safe heaven”.

Tingginya prospek bisnis di kota dengan kepadatan tertinggi dan majunya sektor bisnis menjadikan properti di New York menjadi idaman bagi para investor.

 

#7 Sydney

Kota dengan populasi paling besar di Australia dan Oseania ini memiliki harga tanah yang relatif mahal. Uang sebesar US$1 Juta hanya bisa membeli tanah seluas 41,2 meter persegi.

Sydney ini memiliki pendidikan tinggi level global, pusat budaya dan kesenian, dan digadang memiliki prospek sebagai pusat teknologi dan start up Asia Pasifik.

Ingin Cari Tanah Murah Coba Cek Berapa Harga Tanah di 7 Kota Ini! 08 Sydney - Finansialku

[Baca Juga: Cegah dan Jangan Tiru Kesalahan Membeli Rumah Pertamamu!]

 

Keuntungan yang dimiliki oleh sektor properti Sydney ialah letaknya yang strategis dan lengkapnya sarana dan prasarana sektor publik yang dimiliki oleh kota ini jika dibandingkan dengan kota lainnya.

 

Harga Tanah Terus Meningkat

Tanah merupakan salah satu benda tetap dimana harganya akan terus meningkat. Pesat atau tidaknya kenaikan harga tanah tentu saja sangat tergantung pada lokasi.

Nah itu dia ulasannya, semoga bisa memberikan pengetahuan lebih untuk kamu dalam mencari harga tanah di dunia.

Merencanakan keuangan terutama untuk kebutuhan membeli rumah di masa depan tentunya hal yang perlu diperhatikan, dengan harga tanah yang terus meningkat maka keuangan pun harus dikelola dengan baik agar dapat menghadapi kondisi tersebut.

Apakah kamu sudah memiliki perencanaan keuangan yang tepat? kamu dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS, agar rencana keuangan kamu dapat tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang
 

 

kamu juga bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuanganmu. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Bagaimana pendapat kamu setelah membaca artikel di atas? Berikan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ini.

Dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman atau kerabat kamu ya! Semoga Bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tommy Kurnia. 22 September 2018. Cari Tanah Murah? Jangan Beli di 7 Kota Ini. Liputan6.com – https://goo.gl/W1qMgz
  • Ferry Amiril. 30 November 2016. Wow Harga Tanah Sekitar Masjidil Hram Rp 6 Miliar Permeter. Ini Lima Harga Tanah Termahal Di Dunia. Tribunnews.com – https://goo.gl/kqMuhw

 

Sumber Gambar:

  • Harga Tanah – https://goo.gl/KEmTPi
  • Monako – https://goo.gl/JaoaEd
  • Hong Kong – https://goo.gl/USyqfz
  • London – https://goo.gl/CVtgJ1
  • Singapura – https://goo.gl/57Q99N
  • Jenewa – https://goo.gl/NUvjqZ
  • New York – https://goo.gl/NNkAaS
  • Sydney – https://goo.gl/1RsQ6c