Sudahkah Anda mengenal “Noore” sebagai salah satu brand fashion muslim ternama asal Indonesia? Bagaimana perannya terhadap industri halal Indonesia?

Mari simak ulasan selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Potensi Industri Halal Indonesia

Industri halal memang menjadi sektor yang sedang dikembangkan secara global, begitu juga Indonesia.

Industri halal Indonesia bisa dikatakan menjadi sektor prioritas yang akan dikembangkan oleh pemerintah melalui master plan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) 2019.

Harapannya, peningkatan industri ini dapat mendorong pertumbuhan keuangan syariah nasional.

Namun, dilansir dari Republika.co.id, posisi Indonesia secara global masih belum dapat melampaui besarnya potensi tersebut, yakni peringkat 10 dari 15 negara tertinggi dalam perkembangan ekonomi syariah.

Menurut Ketua Indonesia Halal Lifestyle Center, Sapta Nirwandar, Jumat (22/2) salah satu sektor yang bisa mendorong pertumbuhan industri halal di Indonesia adalah sektor wisata halal.

“Pariwisata salah satu yang cukup besar kontribusi ke industri halal. Karena wisata halal itu sudah mencakup seluruhnya, lokasi wisata, makanan, dan lainnya hingga mencakup sektor riil.”

 

Meskipun begitu, Indonesia tetap akan tetap berusaha mengingat banyaknya sektor lain yang dapat mendorong kemajuan industri halal Indonesia.

Mulai dari sektor kuliner berupa makanan dan minuman halal yang hingga saat ini telah menjadi sektor dengan potensi paling besar di Indonesia.

 

Menurut data yang dilansir dari Republika.co.id, pada 2017, belanja produk makanan dan minuman halal Indonesia mencapai US$170,2 miliar.

Sektor ini merupakan yang terbesar dari industri halal, dan dapat berkontribusi sekitar US$3,3 miliar dari ekspor Indonesia ke negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI), sekaligus negara-negara non OKI dengan jumlah penduduk Muslim jutaan, seperti Perancis dan Inggris.

Selanjutnya, sektor yang tidak kalah besar peranannya ialah sektor kosmetik yang dipelopori oleh Wardah. CEO Wardah, Nurhayati Subakat Perkosmi, Jumat (22/2) mengungkapkan bahwa ia melihat industri halal di Indonesia cukup mendatangkan potensi yang menjanjikan. 

 “Industri halal di Indonesia cukup potensi. Wardah tumbuh cukup bagus, tetapi saya tidak punya data untuk industri halal yang lain.”

 

Selain itu, masih banyak beberapa sektor yang masuk menjadi bagian dari industri halal Indonesia, mulai dari sektor film, musik religi, farmasi atau obat-obatan halal, juga fashion muslim yang kini sudah mulai dilirik oleh para pebisnis.

 

Sektor Fashion: Noore, Brand Fashion Muslim Indonesia

Melihat semakin gencarnya pemerintah untuk memajukan industri halal, kini sudah mulai banyak pebisnis yang ingin ikut berperan dalam memajukan industri halal Indonesia. Salah satunya ialah Noore.

Bagi para pecinta olahraga, mungkin brand yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Brand ini menjadi brand kebanggaan Indonesia yang sudah cukup banyak berperan dalam memajukan fashion muslim Indonesia, khususnya di bidang olahraga.

Ajang bergengsi Asian Games 2018 tahun lalu, hijab dari Noore digunakan sederet atlet berhijab dari berbagai cabang olahraga.

Ini merupakan salah satu bentuk dukungan Noore memperkenalkan brand tanah air kepada para kontingen dan official tim negara tetangga.

Noore merupakan brand muslim fashion yang berfokus pada pakaian khusus untuk olahraga. Noore hadir sejak tahun 2017 dengan deretan koleksi kerudung olahraga bagi muslimah aktif, dinamis, bergaya edgy, peduli gaya hidup sehat, dan pastinya gemar berolahraga.

Jika biasanya dunia fashion khas dengan para wanita, namun tidak dengan brand yang satu ini.

Noore didirikan oleh pebisnis pria muda, Adidharma Sudradjat Kartanegara, yang pernah meraih penghargaan Juara Nasional Wirausaha Muda Kreatif yang dinobatkan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2014.

Sebelumnya, Adidharma sudah jauh mendalami dunia fashion dengan mendirikan brand clothing lokal, Applecoast.

Namun, ia berpikir bahwa ia harus selalu berinovasi dalam mengembangkan karier dan kemampuan yang dimiliki.

Selain itu, Adidharma mengungkapkan bahwa salah satu hal yang semakin mendorong dirinya untuk menciptakan inovasi terbaru ialah saat dirinya melihat “ketidaknyamanan” yang dirasakan sang istri tercinta sedang berolahrga.

Ia merasa bahwa harus ada pakaian khusus yang digunakan oleh para Muslimah untuk berolahraga, namun tetap sesuai dengan kaidah Islam.

Setelah mempertimbangkannya secara matang, akhirnya ia pun memutuskan untuk mendirikan brand Noore.

Industri Halal Fashion Muslim Noore 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mari Mengenal Apa itu Kurs Tengah Bank Indonesia dalam Kurs Bank Indonesia!]

 

Mengusung konsep busana olahraga berbahan nyaman dengan desainnya yang stylish, brand ini pun sudah banyak memiliki penggemar.

Cutting-nya yang longgar dan sedikit bersiluet, mengakomodasi kebutuhan para Muslimah (khususnya) untuk memilih hijab yang nyaman saat berolahraga.

Pada akhir tahun 2017, Noore akhirnya berkolaborasi dengan Elcorps untuk menjangkau pasar yang lebih luas sehingga melahirkan produk busana olahraga dan juga sporty assortment.

Awalnya, Noore dipasarkan secara online. Namun, sejak tahun 2018 brand yang berbasis di Bandung ini pun berusaha untuk memperluas kanal penjualannya melalui toko offline.

Kini, Noore bisa ditemui di Cihampelas Walk, Bandung Indah Plaza, dan Jogja City Mall. Ke depannya, Noore berencana akan membuka gerai di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta.

Menariknya, hijab olahraga ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp105 ribu hingga Rp150 ribu. Selain hijab, Noore juga memiliki koleksi busana olahraga mulai dari dalaman, hoodie, celana training, legging, hingga koleksi baju renang.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Noore di Event SXSW Amerika 2019

Melihat sepak terjangnya yang luar biasa, nyatanya brand Noore ini berhasil terpilih untuk menjadi salah satu perwakilan di sektor fashion Muslim Indonesia dalam ajang bergengsi Archipelageek 2019 di Festival South by Southwest (SXSW) 2019.

Bila awal Februari lalu, Noore menjadi brand pertama dan satu-satunya asal Indonesia yang terpilih untuk mengikuti pameran sport dunia ISPO MUNICH 2019, kini Noore bersama dengan 8 pegiat kreatif lain dan startup seperti Ars, MTarget, Nodeflux, TeleCTG, Dicoding, Knok Percussion, program Hello Dangdut, dan musisi Dhira Bongs sedang beraksi menunjukkan talenta yang dimiliki mereka di event yang diselenggarakan di Austin, Texas, dari tanggal 10 Maret hingga 13 Maret 2019.

Adidharma Sudradjat, Selasa (26/2), mengucapkan:

“Sama seperti event sebelumnya yang pernah diikuti oleh Noore yaitu ISPO 2019, jadi kita mengeluarkan koleksi terbaru di 2019 dimana Noore ini tidak hanya mengeluarkan produk perempuan tapi juga mengeluarkan produk baru di lini pria, ini salah satu step untuk mengukuhkan Noore sebagai global brand sport wear dimana kita menspesialisasikan diri menjadi modest active wear.”

 

Industri Halal Fashion Muslim Noore 03 - Finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anda Tahu Tentang Layanan Primary Care BPJS atau Pcare BPJS Kesehatan?]

 

Di booth yang sudah disediakan, Noore memperkenalkan koleksi kapsul terbarunya di tahun 2019 yang meliputi headwear, outerwear, bottomwear, dan beragam aksesoris.

Sebagai sebuah brand modest active wear di industri olahraga, keikutsertaan menjadi sesuatu yang membanggakan bagi Indonesia, khususnya di dunia industri halal.

Adidharma pun mengaku bahwa hal ini jadi langkah terbaik untuk bisa ikut membawa nama Indonesia lebih harum.

 

Noore Siap Menyambut Olimpiade 2024 Tokyo, Jepang

Kesuksesan Noore memang patut diacungi jempol. Hal ini semakin mendorong industri halal Indonesia agar lebih maju dan dikenal oleh negara lain.

Tidak hanya sampai di sana, semangat ini nyatanya akan terus dilanjutkan oleh Noore. Memperkenalkan nama tanah air lewat brand lokal di momen perayaan olahraga, menjadi fokus Noore saat ini.

Kabar terbaru, Noore mengungkapkan bahwa mereka akan ikut menyambut gelaran olahraga terbesar di dunia Olimpiade, Tokyo 2024 mendatang.

Pada momen ini jumlah negara yang berpartisipasi tentunya akan lebih banyak, sehingga diharapkan lebih banyak negara yang tahu akan brand fashion olahraga muslim asli Indonesia ini.

Noore juga berkomitmen untuk mendukung para atlet dan organisasi cabang olahraga Indonesia agar fokus untuk berprestasi dengan meluncurkan Hijab for the Champion.

Program ini merupakan program penjualan khusus, di mana sebagian hasilnya akan menjadi dana pembinaan bagi para atlet dan organisasi cabang olahraga dalam rangka persiapan menuju Olimpiade 2024 Tokyo, Jepang.

 

Indonesia Menjadi Pusat Industri Halal

Industri halal menjadi salah satu misi yang ingin segera digapai oleh Indonesia. Banyak pelaku bisnis yang memberikan pendapatnya akan hal ini.

Salah satunya, hijaber yang merangkap sebagai Ketua Umum Badan Kontak Majelis Taklim (aktivis muslimah), Syifa Fauzia. 

Dilansir dari Republika.co.id, Syifa berpendapat bahwa Indonesia memiliki pangsa pasar industri halal yang besar, mengingat penduduknya merupakan mayoritas Muslim.

“Industri halal ini sendiri harus juga didukung oleh umat Muslimnya supaya dapat menggerakkan ekonomi umat.”

 

Industri Halal Fashion Muslim Noore 04 - Finansialku

[Baca Juga: Tanpa Bantuan Ortu, Apa Mungkin Mahasiswa Bisa Beli Kamera Mirrorless?]

 

Potensi ini lah yang seharusnya dapat membuat para produsen halal mampu menjalankan industri ini secara baik. Setidaknya, para kreator produk dapat berinovasi dan menciptakan produk, layanan jasa, inovatif kreatif.

Dia juga meminta pemerintah dapat mendukung industri ini, dengan memberikan kesempatan bagi para pelaku industri untuk mengembangkan produknya.

“Pemerintah dapat memfasilitasi untuk dapat diakses oleh masyarakat. Sekaligus mendorong industri halal dan meningkatkan ekonomi umat.”

 

Apakah Anda pernah menggunakan brand Noore? Apa pendapat Anda mengenai kesuksesan Noore dalam memajukan industri halal Indonesia? Bagikan pendapat Anda di kolom bawah ini.

Bagikan juga artikel ini kepada rekan atau saudara yang belum mengetahuinya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Abdul Haris. 27 Februari 2019. Brand Pakaian Olahraga Muslimah Asli Indonesia Terbang ke Amerika. Akurat.co – https://goo.gl/fnZ59b
  • Idealisa Masyrafina. 24 Februari 2019. Potensi Besar Industri Halal Indonesia. Republika.co.id – https://goo.gl/pj5R5X
  • Meita Fajriana. 29 September 2018. Brand Hijab Lokal Siap Mendunia di Olimpiade Tokyo. Liputan6.com – https://goo.gl/qQQSyr
  • Novita Intan. 24 Februari 2019. Pelaku Usaha Optimistis Indonesia Jadi Pusat Industri Halal. Republika.co.id – https://goo.gl/MmCPCc
  • Rahmat Santosa Basarah. 4 Maret 2019. Noore Wakili Indonesia di Ajang SXSW 2019 Texas. Republika.co.id – https://goo.gl/JXsy5d

 

Sumber Gambar:

  • Industri Halal Fashion Muslim Noore 1 – https://goo.gl/h678oY
  • Industri Halal Fashion Muslim Noore 2 – https://goo.gl/CSaZPd
  • Industri Halal Fashion Muslim Noore 3 – https://goo.gl/7B85vB
  • Industri Halal Fashion Muslim Noore 4 – https://goo.gl/P9Rgqp