Apa saja hal penting mengenai investasi untuk pasangan muda? Para pasangan muda, jika saat ini Anda belum berinvestasi maka inilah saat yang tepat.

Ketahui tiga hal penting mengenai investasi untuk para pasangan muda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Investasi Tidak Mengerikan

‘Investasi’ terdengar seperti kata yang mengerikan bagi sebagian orang. Hal ini karena belum mengenal investasi, tetapi mendengar beberapa rumor menakutkan dari orang-orang di sekitar mengenai investasi.

Padahal investasi adalah sebuah peluang besar untuk mendapatkan keuntungan. Apalagi jika Anda adalah pasangan muda yang baru saja berkeluarga.

Ada banyak kebutuhan besar yang harus segera dipenuhi, jika tidak berinvestasi akan sulit memenuhi seluruh kebutuhan tersebut di kemudian hari.

Tiga Hal Penting Tentang Investasi Untuk Pasangan Muda, yang Harus Anda Praktikkan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para HR, Ketahui Kapan Karyawan Mulai Berinvestasi! Ayo Bantu Mereka!]

 

Peluang keuntungan investasi sangat besar, tetapi ada syaratnya. Syaratnya adalah Anda harus mau mengenal dan mempelajari investasi tersebut dengan baik.

Kali ini saya akan membahas 3 hal penting mengenai investasi yang perlu diketahui oleh para pasangan muda:

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#1 Kenali Keuntungan Cashflow dan Capital Gain

Ada berbagai jenis produk investasi yang dapat Anda gunakan. Mulai dari produk seperti logam mulia, reksa dana, saham, dan investasi lainnya. Setiap produk investasi memiliki karakteristik dan keuntungan yang berbeda-beda.

Ada 2 jenis keuntungan investasi yang umum yaitu keuntungan cashflow dan capital gain. Apa perbedaannya? Memang terdengar sedikit rumit, tetapi sebenarnya kedua hal ini tidak sulit untuk dimengerti.

Keuntungan cashflow merupakan keuntungan yang didapatkan secara berkala, misalnya setiap bulan atau setiap tahun. Keuntungan ini didapatkan karena produk investasi yang dimiliki memberikan bunga secara berkala.

Sementara keuntungan capital gain hanya didapatkan satu kali saja.

Hal ini karena untuk mendapatkan keuntungan capital gain Anda harus menjual produk investasi yang dimiliki. Tidak mungkin mendapatkan keuntungan capital gain lebih dari satu kali untuk satu produk yang dimiliki.

Para HR, Ketahui Kapan Karyawan Mulai Berinvestasi! Ayo Bantu Mereka! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 3 + 1 Prinsip Investasi Syariah yang Harus Diketahui oleh Calon Investor. Sudah Tahukah Anda Apa yang Dimaksud Riba?]

 

Sederhananya mari kita analogikan kedua jenis keuntungan ini seperti keuntungan memiliki seekor ayam. Anda membeli seekor anak ayam seharga Rp10 ribu. Anak ayam ini terus dirawat hingga besar.

Setelah besar ayam tersebut akan menghasilkan telur secara terus-menerus. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual telur-telur itu secara berkala. Inilah yang disebut keuntungan cashflow.

Anda juga memiliki pilihan lain yaitu menjual ayam tersebut. Jika sebelumnya Anda membeli anak ayam seharga Rp10 ribu, setelah besar ayam itu dihargai lebih mahal yaitu sebesar Rp30 ribu.

Jika Anda menjual ayam tersebut maka Anda mendapatkan keuntungan capital gain sebesar Rp20 ribu (selisih dari harga jual dan harga beli anak ayam). Apakah Anda sudah bisa membayangkan perbedaan keuntungan cashflow dan capital gain?

Calon Pasangan Suami Istri - Pasutri, Pelajari 5 Ilmu Berikut - Finansialku 02

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapat Penghasilan Pasif (Passive Income) dari Investasi Online P2P Lending?]

 

Para pasangan muda harus mengenali keuntungan tersebut agar dapat memilih produk investasi yang tepat.

Ingat, setiap produk investasi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Produk yang dipilih harus disesuaikan dengan tujuan keuangan Anda.

Misalnya, jika Anda ingin menambah pendapatan bulanan secara rutin maka carilah produk investasi yang menghasilkan keuntungan cashflow.

Sementara jika Anda berencana mempersiapkan dana pendidikan anak dalam jangka panjang, Anda bisa menggunakan produk investasi dengan keuntungan capital gain.

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#2 Risiko vs Berisiko

Memang benar bahwa setiap produk investasi pasti memiliki risiko. Sebenarnya bukan hanya produk investasi, setiap hal yang Anda pilih dalam kehidupan sehari-hari pun selalu memiliki risiko.

Pemahaman mengenai risiko investasi tersebut seringkali membuat orang takut pada produk investasi. Alasannya mungkin sudah sering Anda dengar, banyak orang yang berkata bahwa beberapa produk investasi terlalu berisiko.

Sayangnya hanya sebagian kecil dari orang-orang tersebut yang mengerti perbedaan antara risiko investasi dan investasi berisiko.

Mari kita luruskan dua hal ini agar Anda tidak terjebak dalam ‘ketakutan’ yang tidak perlu dalam berinvestasi.

Calon Pasangan Suami Istri - Pasutri, Pelajari 5 Ilmu Berikut - Finansialku 03

[Baca Juga: Konsultasi: Apakah Ada Investasi Terbaik dan Investasi Paling Aman untuk Pemula?]

 

Risiko akan selalu ada dalam setiap produk investasi. Produk seperti deposito pun yang notabene merupakan produk investasi tanpa risiko, pada kenyataannya juga tetap memiliki risiko.

Jika bank yang menyimpan uang Anda mengalami musibah seperti perampokan maka uang Anda juga akan ikut hilang. Walaupun dana tersebut dijamin jika kurang dari Rp2 miliar, tetapi pasti akan selalu ada risikonya.

Jadi, tidak ada produk investasi yang tidak memiliki risiko. Tetapi risiko ini bisa diatasi. Caranya adalah dengan mempelajari karakteristik dan ‘aturan main’ produk investasi tersebut.

Saya sarankan Anda untuk tidak pernah menggunakan produk investasi yang belum Anda ketahui aturan mainnya. Kecuali jika tujuan Anda hanyalah untuk mencoba dan mengenalnya dengan modal yang kecil saja.

Orang bilang tak kenal maka tak sayang. Sama halnya juga dengan produk investasi. Jika Anda tidak mengenal sebuah produk investasi dengan baik, jangan gunakan produk itu terlebih dahulu.

Kenapa? Jika Anda memaksakan diri menggunakan produk investasi yang tidak Anda kenali maka Anda sedang menjadi pengguna produk investasi berisiko.

Berisiko bukan karena produk itu sendiri, tetapi karena Anda tidak tahu cara menggunakannya.

Bagaimana Strategi Membeli Rumah untuk Pasangan Muda Coba Praktikkan Cara Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Aplikasi Finansialku: Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi?]

 

Bayangkan sebuah motor tercepat di dunia digunakan oleh seseorang yang tidak bisa menyetir motor. Tentu saja risiko kecelakaan akan sangat tinggi.

Apakah kecelakaan terjadi karena motor itu adalah motor yang jelek? Bukan. Tetapi karena pengendaranya tidak tahu cara menggunakan motor itu dengan benar.

Jadi, yang berisiko bukan hanya produk investasinya, investor pun bisa menjadi investor yang berisiko jika tidak mempelajari produk dengan baik.

Jika Anda mengalami kerugian mendadak karena sebuah produk investasi, coba tanyakan dulu pada diri sendiri.

Apakah kerugian itu terjadi karena risiko investasi, atau karena Anda tidak mempelajari aturan mainnya dengan baik sehingga salah langkah?

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#3 Tahu Tujuan dan Punya Perencanaan

Sebagai pasangan muda yang bijak, Anda tentu tidak akan berinvestasi dengan sembarangan.

Investasi adalah jalan untuk mencapai sebuah tujuan keuangan. Artinya, Anda harus terlebih dahulu memiliki tujuan keuangan sebelum berinvestasi.

Setiap pasangan muda pasti memiliki tujuan keuangan yang beragam. Baik itu tujuan keuangan pribadi maupun tujuan keuangan keluarga. Tujuan-tujuan tersebut bisa tercapai sesuai target jika direncanakan dengan baik.

Ingin Jadi Orang Kaya dan Orang Sukses Terbukalah Dengan Pasangan Soal Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kunci Jawaban: Apa Produk Investasi yang Umum di Indonesia?]

 

Berinvestasi tanpa perencanaan sama halnya dengan berjalan tanpa ada arah dan tujuan yang jelas. Karena itu, saya sarankan Anda untuk memiliki perencanaan keuangan terlebih dahulu.

Perencanaan keuangan sangat penting bagi semua orang, terutama jika Anda sudah berkeluarga. Dalam beberapa tahun ke depan akan ada banyak pengeluaran besar, terutama biaya pendidikan anak.

Walaupun saat ini Anda belum memiliki anak, dana pendidikannya bisa dipersiapkan sejak dini. Semakin cepat direncanakan maka akan semakin ringan biaya yang harus diinvestasikan.

Investasi Bijak, Investasi Menguntungkan

Jangan terlanjur takut mendengar kata investasi. Investasi bukanlah hal yang mengerikan, bahkan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan berinvestasi.

Terutama jika Anda dan pasangan sedang membangun rumah tangga baru.

Ketahui 3 hal di atas sebagai langkah awal mengenal investasi.

Anda dan pasangan harus berkomitmen untuk terus mengenal investasi lebih dalam. Dengan begitu Anda mampu berinvestasi secara bijak dan meraih keuntungan yang optimal.

 

Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Untuk Pasangan Muda – https://goo.gl/NCCFcN dan https://goo.gl/p2MzZx

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang