Investment Outlook 14-18 November 2022. Pekan lalu IHSG bergerak sideways di rentang 7.100-7.089 dengan sentimen data inflasi AS yang menunjukkan perlambatan pada bulan Oktober.

Bagaimana pengaruhnya terhadap IHSG pekan ini? Simak review, penjelasan dan rekomendasinya di artikel berikut.

 

Investment Outlook IHSG Review: IHSG di Tengah Resesi yang Menghantui Ekonomi Dunia

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat tipis 0,62% pada periode 7-11 November 2022. IHSG menanjak ke posisi 7.089,20 dari pekan lalu di posisi 7.045,52.

IHSG ditutup melesat 1,76% pada Jumat (11/11/22) ke posisi 7.089,21. Jika melihat kinerjanya sebulan terakhir, indeks sudah naik 4,03%, dan melesat 7,71% secara year-on-year/yoy.

Kapitalisasi pasar bursa selama sepekan bertambah 1,35% menjadi Rp 9.469,05 triliun. Nilai market cap naik Rp126,36 triliun dari pekan lalu di posisi Rp 9.342,69 triliun.

Pergerakan IHSG pada pekan lalu dipengaruhi oleh sejumlah sentimen internal dan juga eksternal.

Pada awal pekan sentimen positif datang dari realisasi Produk Domestik Bruto (PDB) RI yang tumbuh sebesar 5,72% secara tahunan (year on year/yoy) pada kuartal III-2022.

[Baca Juga: Investment Outlook: Resesi Menghantui Ekonomi Dunia, Apa Kabar Indonesia?]

 

[Baca IHSG Hari Ini]

 

Kinerja Sektoral IHSG Minggu Kemarin (7 November-11 November 2022)

investment outlook_kinerja sektoral

Sumber: IDX

 

Berdasarkan tabel di atas, IHSG pada perdagangan seminggu kemarin (7-11 November 2022) ditutup melemah pada Jumat (11/11) sebesar 0,19%.

Kondisi ini sejalan dengan indeks LQ45 yang menurun 0,23% dan indeks IDX30 koreksi 0,12%.

 

Investor Asing

Pola Pergerakan Investor Asing

Pada Jumat (11/11/22), investor asing mencatatkan nilai jual bersih Rp660,93 miliar.

Selama sepekan, investor asing melakukan aksi jual bersih Rp 758,80 miliar. Pada 2022, investor asing membukukan beli bersih saham Rp 79,66 triliun.

 

3 Saham yang Diakumulasi Asing Terbesar dalam Mingguan (Dibeli Asing)

investment outlook_net buy

Sumber Data: RTI Business

 

Angka net buy asing tertinggi di pasar reguler tercatat oleh saham ADRO (Rp239,7 miliar), MDKA (Rp136,6 miliar), dan ASII (Rp79,3 miliar).

 

3 Saham yang Distribusi Asing Terbesar Dalam Mingguan (Dijual Asing)

investment outlook_net sell

Sumber Data: RTI Business

 

Sedangkan untuk net sell asing tertinggi di pasar reguler yakni saham TLKM (Rp421,5 miliar), BBRI (Rp372,4 miliar), dan BMRI (Rp132,0 miliar).

 

Investment Outlook IHSG Minggu Ini: 14-18 November 2022

Dengan posisi IHSG pada Jumat (11/11/22) ditutup menguat +1,76% di posisi 7.089.20, dengan 327 saham menguat dan 198 saham melemah dan 184 tidak bergerak.

Maka IHSG prediksinya akan bergerak menguat terbatas pada minggu ini, melihat sentimen yang mengawali pekan ketiga November, pada Senin (14/11).

Antara lain bursa saham Asia dibuka mixed, begitu juga dengan IHSG awal pekan ini menghadapi pergerakan indeks acuan di bursa saham Asia yang bervariasi.

Berdasarkan pada indikator MACD, IHSG berpotensi menguat terbatas dengan level support di 6.996-6.900.

Jika IHSG berhasil menembus support tersebut, akan membawanya menuju support berikutnya di level 6.800; sedangkan untuk resistance di 7.100-7.240.

investment outlook_IHSG

Sumber: Tradingviews (IHSG)

 

Ingat! Segala bentuk keputusan pembelian produk investasi harus disertai dengan analisa yang memadai.

Sehingga kami harapkan Anda mempelajari dan menganalisa secara komprehensif baik kualitatif maupun kuantitatif.

Agar psikologi kita tidak terganggu dengan naik turunnya saham yang Anda miliki. Sebagai referensi mengenai produk investasi yang ada di pasar modal, Anda bisa nonton video Finansialku berikut ini:

 

Dengan kondisi IHSG yang kembali ke level 7.050, investor masih butuh berhati-hati dengan berbagai kabar baik atau buruk untuk pasar saham di sepanjang 2022 ini.

Investor bisa saja wait & see dan membeli saham-saham potensial dengan harga murah.

Jika Anda ingin menggali referensi seputar investasi saham, yuk, ketahui tips berinvestasi dari ahlinya.

Atau, Anda juga bisa dapatkan panduan lengkapnya melalui ebook gratis dari Finansialku berikut ini:

Ebook GRATIS, Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham

Banner Iklan Ebook Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham - HP
Banner Iklan Ebook Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham - PC

 

Data dan Sentimen Kuat Penggerak Market

Data Domestik:

Kalender ekonomi Indonesia minggu ini:

investment outlook_kalender domestik

Sumber: Investing.com

  • Saat ini pelaku pasar juga sedang mengamati update MSCI Indonesia Index yang baru saja mengeluarkan ADMR, GGRM dan TBIG sebagai konstituen indeks.
  • Pasar sedang menyimak gelaran KTT G20 yang berlangsung pekan ini di Bali selama dua hari, mulai Selasa 15 November hingga Rabu 16 November 2022.
  • Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa neraca perdagangan Indonesia kembali mencetak surplus pada Oktober 2022.

BPS mengumumkan surplus neraca perdagangan mencapai US$5,67 miliar.

  • PDB RI tumbuh sebesar 5,72% secara tahunan (year on year/yoy) pada kuartal III-2022.

 

Komoditas:

  • Harga minyak mentah West Texas Intermediate dan Brent North Sea mengakhiri pekan lalu dengan lebih tinggi.

Otoritas kesehatan di China melonggarkan beberapa pembatasan Covid-19 di negara itu, mengangkat harapan peningkatan aktivitas ekonomi dan permintaan impor minyak mentah.

  • Harga emas di bursa berjangka COMEX New York Mercantile Exchange kembali menguat pada akhir perdagangan pekan lalu dan mencatat kenaikan mingguan terbesar dalam 30 bulan.
  • Penguatan harga sejumlah harga komoditas seperti minyak mentah, CPO, nikel, tembaga serta timah, prediksinya akan menjadi sentimen positif untuk IHSG.
  • Harga saham batu bara dunia menukik dalam tiga pekan terakhir, seirama dengan harga batu bara dunia yang menyentuh level US$ 200 per ton untuk pertama kalinya sejak tujuh bulan lalu.

Rencana pemerintah yang akan mengalihkan/menutup 33 PLTU menuju green energy berakibat akan menurunya pasokkan batu bara.

 

Data Global:

Kalender ekonomi global minggu ini:

investment outlook_kalender global

Sumber: Investing.com

  • Bursa saham utama Eropa akhir pekan lalu juga berakhir menguat, membukukan kinerja mingguan terbaik dalam 8 bulan terakhir.

Saham-saham Eropa mendapat dorongan oleh spekulasi akan kemungkinan kenaikan suku bunga The Fed yang lebih rendah.

  • Inflasi AS yang lebih rendah dari perkiraan, dan harapan perlambatan laju kenaikan suku bunga The Fed meningkatkan peluang soft landing  ekonomi AS.
  • Data inflasi di bawah ekspektasi ini kemungkinan menekan ekspektasi awal bahwa The Fed menaikkan suku bunga acuan 75 basis poin pada pertemuan bulan Desember mendatang. Kini pelaku pasar lebih condong terhadap kenaikan 50 bps.
  • Pasar sedang wait and see menantikan perkembangan hasil pemilihan umum (pemilu) di Amerika Serikat (AS) pada awal pekan ini.

 

Investment Outlook Kesimpulan & Rekomendasi

Volatilitas pergerakan pasar saham global yang mempengaruhi IHSG masih berpotensi terjadi hingga akhir 2022 ini.

Kondisi berlangsung di tengah kekhawatiran resesi dunia, krisis energi di beberapa negara Eropa, badai PHK di luar hingga dalam negeri yang turut menjadi pemicu.

Tren inflasi melampaui target ini mendapat respon pengetatan kebijakan moneter, inflasi yang tinggi juga menjadi salah satu penghambat pertumbuhan ekonomi global.

Inflasi yang terjadi di negara maju, meningkatnya suku bunga sejak 2022, membuat para investor yang meletakkan aset nya di sejumlah aset berisiko bergerak lebih agresif.

Pasar masih akan melanjutkan aksi profit taking dan para trader lebih memilih untuk bermain di pasar saham dalam jangka pendek.

Sehingga untuk para investor bisa mengamati pasar (wait and see) melihat sentimen yang terjadi.

Sobat Finansialku jangan khawatir mengenai koreksi ini, karena koreksi itu wajar dan harusnya membahagiakan jika sudah mempelajari saham yang Anda beli.

 

Rekomendasi

Saham pilihan Finansialku saat ini akan fokus pada saham-saham value stock yang masih terdiskon.

Saham komoditas dan energi pun masih dalam pantauan melihat tren harga komoditas acuan yang positif dan tren saham energi yang sideways, bagus untuk kita antri di support kuatnya.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai investasi apa yang cocok untuk Anda saat ini, langsung saja konsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku.

Ingat, setiap individu memiliki toleransi risiko dan tujuan keuangan yang berbeda. Pastikan Anda melakukan Financial Check Up sebelum memulai investasi.

Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan keuangan saat ini dengan memanfaatkan fitur tersebut melalui Aplikasi Finansialku.

Jika ingin sharing lebih dalam mengenai review portofolio investasi Anda, Sobat Finansialku bisa diskusi dengan cara klik banner di bawah ini untuk buat janji, ya!

Banner Konsultasi WA - DM NEW

 

Disclaimer On: Sifat dari analisis ini adalah pandangan pribadi penulis berdasarkan pemahaman dan pengalaman, segala instrumen investasi ada sisi risiko dan potensinya. Do Your Own Research (DYOR)!

 

Itulah analisa atas outlook pasar minggu ini. Semoga bermanfaat dalam mengambil langkah berinvestasi.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada rekan-rekan investor lainnya, terima kasih.

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

  • PT Bursa Efek Indonesia (idx.co.id)
  • Bisnis.com
  • CNBC Indonesia
  • Phillip Sekuritas
  • Indopremier Sekuritas
  • Mirae Aset Sekuritas
  • Samuel Sekuritas Indonesia
  • dan dari berbagai sumber dianggap terpercaya.