Apa sih tanda yang tepat bahwa Anda butuh kartu kredit baru? Anda harus mempertimbangkan dan mengecek beberapa kondisi terlebih dahulu.

Mari kita lihat, kondisi seperti apa yang membuat Anda sebaiknya mengganti kartu kredit.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apakah Anda Perlu Kartu Kredit Baru?

Berdasarkan data hasil survei CreditCards.com pada tahun 2016 silam, ditemukan bahwa 25 juta konsumen telah memiliki kartu kredit favorit mereka setidaknya selama 10 tahun.

Nah, jika Anda juga belum pernah menggunakan kartu kredit baru dalam beberapa tahun, sekarang saatnya bertanya pada diri sendiri apakah Anda butuh kartu kredit baru atau tidak.

Butuh Kartu Kredit Baru Cek Dulu 10 Tanda-Tanda Berikut! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kartu Kredit Syariah vs Kartu Kredit Konvensional! Apakah Kartu Kredit Syariah Ada Bunganya?]

 

Seperti Anda ketahui, dewasa ini penerbit kartu kredit terus-menerus memperkenalkan kartu kredit baru dengan fasilitas lebih baik yang mungkin lebih sesuai untuk gaya hidup Anda yang telah berubah.

Ada kemungkinan Anda akan menemukan kartu kredit dengan manfaat yang lebih baik daripada yang Anda terima saat ini.

Namun, apakah Anda tidak yakin butuh kartu kredit baru? Berikut 10 tanda yang setidaknya harus Anda periksa untuk melihat apa ini waktunya Anda untuk ganti kartu kredit baru atau tidak.

 

#1 Ada Perubahan Kebutuhan

Seiring berjalannya waktu dan usia bertambah, tentunya banyak perubahan yang terjadi dalam hidup. Dengan demikian, tentunya terdapat beberapa perubahan kebutuhan.

Sebagai contoh, apabila Anda belum menikah, tentunya kartu kredit yang memberi keuntungan berupa poin belanja di supermarket bukanlah sebuah tawaran yang menarik.

Lain halnya jika Anda sudah menikah, belanja bulanan menjadi suatu aktivitas yang rutin dilakukan. Dengan kata lain, poin belanja supermarket tadi menjadi sebuah hal yang menarik karena perubahan kebutuhan.

Jika Anda juga merasakan bahwa kartu kredit Anda saat ini sudah tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan Anda, maka tidak ada salahnya mengganti kartu dengan fitur yang lebih sesuai lagi.

Butuh Kartu Kredit Baru Cek Dulu 10 Tanda-Tanda Berikut! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Perbedaan Karakteristik Antara Kartu Debit dan Kartu Kredit. Yang Mana Pilihan Anda?]

 

#2 Perubahan Kondisi Kredit Menjadi Lebih Baik

Fitur kartu kredit, misalnya limit kartu kredit biasanya dibatasi berdasarkan riwayat kredit Anda. Semakin buruk kondisi kredit, maka semakin terbatas pula pemakaian kartu kredit Anda.

Nah, hal ini juga bisa dijadikan indikasi kapan harus mengganti kartu kredit. Saat kondisi kredit menjadi lebih baik, Anda dapat mengganti kartu kredit dengan fitur yang lebih baik, misalnya dengan limit kartu lebih besar, point rewards lebih banyak, dan suku bunga yang lebih rendah pula.

Jangan sampai Anda terus-terusan menggunakan kartu lama dengan benefit yang kurang padahal kondisi kredit Anda sudah membaik.

 

#3 Menemukan Penawaran Kartu Kredit yang Lebih Menarik

Terkadang ada saja orang yang sudah betah dengan kartu kreditnya, sehingga sulit berpindah ke lain hati. Maksudnya, tawaran lain tidak dipedulikan padahal bisa saja Anda memperoleh banyak keuntungan dari perubahan kartu ini.

Sebagai contoh, kartu baru memiliki lebih banyak penawaran promo seperti potongan harga, cicilan 0%, serta point rewards lebih besar.

Namun perlu diingat bahwa jangan mengganti kartu karena penawaran yang tidak akan berguna bagi Anda. Semenarik apapun penawarannya, pastikan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Butuh Kartu Kredit Baru Cek Dulu 10 Tanda-Tanda Berikut! 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Alasan Kenapa Kartu Kredit Decline dan Solusinya!]

 

#4 Suku Bunga yang Semakin Tinggi

Suku bunga kartu kredit bisa berubah-ubah seiring waktu, dan ada kemungkinan suku bunga terus naik.

Anda bisa mengatasinya dengan langkah awal, yaitu mencoba negosiasi dengan pihak bank terkait suku bunga tersebut.

Berikan penjelasan yang sopan mengenai berapa lama Anda sudah setia menggunakan kartu kredit dari bank tersebut dan bagaimana kenaikan suku bunganya terlalu tinggi serta pengaruhnya terhadap Anda.

Namun jika hasilnya negatif, maka Anda bisa lanjut ke langkah selanjutnya yaitu mengganti kartu kredit.

Anda bisa mengajukan balance transfer kepada bank lain. Umumnya pada tahun-tahun awal kartu kredit, Anda bisa menikmati suku bunga 0% dan juga biasanya ada promo bebas biaya tahunan.

Dengan demikian, Anda bisa menikmati keuntungan cukup besar pada awal pergantian kartu kredit. Alhasil bunga yang dibayarkan juga tidak akan sebesar jika Anda tetap bertahan di bank lama.

 

 

#5 Terbebani Biaya Kartu Kredit

Selain dari fiturnya, kondisi yang mendorong orang untuk berganti kartu kredit adalah dari segi biayanya.

Memang benar pada tahun pertama berlangganan Anda kerap diberi bonus atau dibebaskan dari biaya tahunan dan biaya administrasi. Tetapi semakin lama biasanya promo tersebut tidak berlaku lagi.

Nah, jika Anda memang merasa terbebani dengan biaya kartu kredit yang tinggi dan menurut Anda tidak sepadan dengan pemakaian kartu kredit Anda maka Anda boleh saja mengganti kartu kredit.

Anda bisa mencari kartu kredit baru dengan fitur serupa yang memenuhi kebutuhan Anda, namun dengan tawaran biaya tahunan atau biaya administrasi yang lebih murah.

Walaupun memang kelihatannya biaya-biaya ini kecil, namun jika diakumulasikan dalam jangka waktu panjang akan tampak signifikan, lho.

Terutama apabila Anda memang jarang menggunakan kartu kredit, Anda malah hanya rutin membayar tanpa merasakan manfaatnya.

 

#6 Limit Kartu Kredit Terbatas

Saat Anda membutuhkan limit kartu kredit yang lebih besar, Anda bisa mengajukannya kepada pihak bank. Namun sayangnya pengajuan ini bergantung pada riwayat kredit Anda. Dengan kata lain pengajuan Anda belum tentu disetujui.

Jika sudah terjadi demikian bagaimana solusinya? Anda bisa saja berpindah ke kartu kredit lain yang pengajuan limitnya lebih mudah.

Dalam kasus ini, Anda bisa melakukan balance transfer, alias mengalihkan tagihan kartu kredit ke kartu lain dengan syarat dilakukan penutupan terhadap kartu kredit sebelumnya.

Prosedurnya memungkinkan tagihan bank sebelumnya dibayar oleh bank baru, dan otomatis Anda akan diberi tagihan dari bank baru.

Butuh Kartu Kredit Baru Cek Dulu 10 Tanda-Tanda Berikut! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit BCA? Ini Caranya!]

 

#7 Tidak Ada Benefit dalam Bertransaksi

Dengan semakin meningkatnya minat masyarakat terhadap kartu kredit, pihak bank juga berusaha meningkatkan jumlah nasabahnya.

Biasanya, pihak bank berlomba-lomba menarik nasabah kartu kredit dengan memberikan promo menarik dalam penggunaan kartu kreditnya.

 Promo yang biasanya ditawarkan adalah sebagai berikut:

  • Potongan harga atau bonus hadiah pada restoran dan retail tertentu
  • Point reward setiap kali bertransaksi yang bisa ditukarkan dengan hadiah tertentu
  • Promo cicilan 0% pada retail tertentu
  • Promo cashback pada retail tertentu, dan sebagainya

Jangan Salah! Kartu Kredit untuk Investasi Ketahui Kebenarannya! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Apply Kartu Kredit Sebelum Anda Ketahui 23 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit Ini]

 

Promo-promo tersebut akan sangat berpengaruh terutama jika Anda sering bertransaksi menggunakan kartu kredit. Namun tidak semua kartu kredit bisa memberikan benefit yang cukup besar bagi nasabahnya.

Apabila Anda merasa bahwa kartu kredit Anda tidak memberi manfaat yang besar atau bahkan tidak memberi benefit sama sekali dibandingkan kartu lainnya, maka sah-sah saja jika Anda ingin mengganti kartu kredit.

Tetapi lagi-lagi diingatkan untuk memilih promo dan benefit yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

#8 Penawaran Bonus Pendaftaran yang Menarik

Seperti telah disebutkan sebelumnya, umumnya kartu kredit memiliki penawaran menarik pada masa awal pengajuannya. Sebagai contoh Anda bisa saja menerima hadiah langsung, atau suku bunga 0% pada beberapa tahun pertama.

Citibank memberi penawaran hadiah langsung berupa koper bagi nasabah baru kartu kredit. Tampak jelas bahwa tujuannya adalah untuk menarik banyak nasabah kartu kredit jenis tertentu.

Promo yang diberikan setiap bank tentunya berbeda-beda dan Anda bisa memilih sesuai preferensi Anda. Jika Anda memang tertarik dengan penawaran tertentu, Anda bisa saja mengganti kartu kredit.

Namun pastikan penawaran dan hadiah yang diperoleh sepadan dengan pergantian kartu kredit dan jangan lupa untuk terlebih dahulu melunasi tagihan dan menutup kartu kredit lama Anda.

 

#9 Ingin Memiliki Kartu Kredit Sendiri

Apabila pengajuan Anda dahulu tidak diterima, besar kemungkinan Anda membuat kartu kredit tambahan atau berbagi kartu dengan keluarga atau kerabat dekat.

Namun, berbagi kartu kredit tidak sepenuhnya menguntungkan. Memang Anda bisa berbagi biaya tahunan sehingga tidak terlalu berat.

Namun perhitungan pembagian bunga dan tagihan tentunya merepotkan sekali. Jika Anda sudah memenuhi kualifikasi pengajuan kartu kredit sekarang, mengapa tidak membuat kartu kredit baru untuk diri sendiri?

Risiko Tarik Tunai Kartu Kredit 01 - Finansialku

[Baca Juga: Slide: Do’s and Don’ts Penggunaan Kartu Kredit yang Benar]

 

#10 Kartu Kredit Dihentikan

Terkadang penerbit kartu kredit memutuskan untuk menghentikan jenis kartu kredit tertentu. Umumnya hal ini dilakukan dalam rangka mengeluarkan jenis kartu kredit baru yang menawarkan fitur lebih menarik.

Umumnya saat terjadi hal seperti ini penerbit akan menawarkan opsi untuk mengganti kartu kredit Anda dengan jenis kartu lainnya yang tersedia di penyedia tersebut.

Namun ini tidak membatasi Anda untuk mencari tawaran lain di luar sana.

Pinjaman Online VS Kartu Kredit, Mending yang Mana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Panik!! Gini 5 Cara Jitu Melunasi Utang Kartu Kredit]

 

Butuh Kartu Kredit Baru, Nih!

Jika Anda sudah menemukan tanda-tanda seperti pada poin di atas, maka mungkin sudah waktunya Anda berganti kartu kredit.

Sah-sah saja kok berganti atau memiliki kartu kredit baru. Malah ini disarankan jika kartu kredit lama Anda memang sudah tidak memenuhi fungsi sebagaimana mestinya.

Jangan takut untuk mengganti kartu kredit, selama tujuannya untuk kebaikan Anda sendiri.

Namun, jika Anda masih bingung, konsultasikanlah dengan ahli keuangan agar mendapat rekomendasi kartu kredit yang tepat sesuai dengan ahli keuangan Anda.

Anda bisa terhubung dengan ahli keuangan dalam fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku. Aplikasi ini adalah aplikasi perencanaan keuangan pertama di Indonesia yang sudah tercatat dan diawasi OJK.

Dengan aplikasi ini, Anda juga bisa mencatat, merencanakan dan mengecek kesehatan finansial Anda. Download aplikasinya di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai tanda butuh kartu kredit baru lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Yuk Bertanggung Jawab Dengan Penghasilan Sendiri!

Saksikan Video Playlist SEKARANG! Gratisss!!!

Video Finansialku 3

Tonton Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Latoya Irby. 09 September 2019. Is It Time to Look for a New Credit Card? Thebalance.com – https://bit.ly/3ghSgEQ
  • Hardian. 23 Februari 2017. Kartu Kredit: Sudah Saatnya Kamu Ganti Kartu Kredit Jika. Blog.duitpintar.com – https://bit.ly/3j5eawJ

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Kredit 1 – https://bit.ly/3glUfYw
  • Kartu Kredit 2 – https://bit.ly/32icIQG
  • Kartu Kredit 3 – https://bit.ly/2QcWWRN
  • Kartu Kredit 4 – https://bit.ly/3j2m224
  • Kartu Kredit 5 – https://bit.ly/2EkWI8p