Para HRD, Ini 6 Contoh Cara Jitu untuk Membuat Karyawan Betah Bekerja di Kantor

Bagaimana cara untuk membuat karyawan betah bekerja di kantor? Setiap orang cenderung lebih bersemangat mengerjakan sesuatu ketika ia merasa nyaman. Jika ingin produktivitas karyawan meningkat, coba tiru 6 cara jitu membuat karyawan betah bekerja di kantor berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Setiap kemajuan dalam perusahaan sangat bergantung pada karyawan. Jika karyawan dapat bekerja dengan maksimal maka potensi keuntungan perusahaan pun akan semakin tinggi.

Anda tentu sudah biasa melihat karyawan yang malas-malasan di kantor, atau bahkan Anda sendiri pun pernah mengalami kemalasan seperti ini di kantor?

Ada berbagai alasan yang bisa menyebabkan karyawan menjadi malas. Mulai dari rasa bosan, kesehatan terganggu, ada permasalahan pribadi, dan lain sebagainya.

Terkadang permasalahan-permasalahan ini terlihat sepele. Apalagi mengingat kantor adalah dunia profesional. Seorang karyawan seharusnya dapat membedakan kehidupan pribadi dengan kehidupan profesionalnya.

HR Ini Kendala dalam Mengadakan Program Kesejahteraan Karyawan, Anda harus Tahu Cara Mengatasinya 02 - Finansialku

[Baca Juga: 12 Alasan Resign Kerja yang Sering Diucapkan Karyawan. Apakah Anda Pernah Melakukannya Juga?]

 

Tetapi perlu diingat bahwa Anda mempekerjakan seorang manusia, bukan sebuah mesin. Seringkali permasalahan yang terlihat sepele tersebut jika terus didiamkan bisa mengakar menjadi masalah besar.

Ada dua kemungkinan yang bisa terjadi jika karyawan sudah terlanjur sangat malas dan tidak menyukai pekerjaannya. Karyawan bisa resign dari perusahaan atau tetap bekerja (dengan rasa terpaksa karena membutuhkan gaji) tetapi tidak memberikan pengaruh positif pada perusahaan.

Para Karyawan, Waspada Tentang 6 Hal ini Agar Tetap Semangat Kerja Di Perusahaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Waspada Tentang 6 Hal ini Agar Tetap Semangat Kerja Di Perusahaan]

 

Jika hal tersebut terjadi maka sia-sialah semua usaha yang dilakukan perusahaan untuk melatih dan mendidik karyawan tersebut. Karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah untuk memacu semangat kerja karyawan.

Kali ini saya akan membahas contoh langkah-langkah jitu yang dilakukan oleh beberapa perusahaan untuk membuat karyawannya nyaman bekerja di kantor. Dengan begitu semangat kerjanya pun akan meningkat.

 

#1 Fitness Center di Kantor

Memiliki fitness center di kantor bisa memberikan banyak manfaat untuk karyawan perusahaan. Chesapeake Energy Corp, sebuah perusahaan di Amerika Serikat menyediakan fitness center untuk seluruh karyawannya.

Perusahaan ini bahkan menyediakan kolam renang olympic size yang dapat digunakan secara cuma-cuma oleh karyawan. Tidak hanya itu, Chesapeake juga menyediakan papan panjat tebing serta akses gratis ke pelatih kebugaran pribadi.

Selain menyediakan sarana tersebut, Chesapeake juga memberikan insentif bagi karyawannya yang berhasil mencapai target kebugaran tertentu. Dengan begitu karyawan semakin termotivasi untuk menjadi sehat.

Para HRD, Ini 6 Contoh Cara Jitu untuk Membuat Karyawan Betah Bekerja di Kantor 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan]

 

Memang tidak semua perusahaan mampu mengeluarkan uang untuk membangun fitness center karyawan seluas 6.700 meter persegi seperti ini. Namun Chesapeake menganggap pengeluaran tersebut sepadan dengan manfaat yang didapatkan.

Bagi mereka memiliki karyawan yang berfisik kuat merupakan harga yang sepadan. Banyak karyawan yang sebenarnya memahami pentingnya menjaga kebugaran tubuh, tetapi karena terkendala biaya mereka mengurungkan niatnya.

Dengan adanya fitness center di kantor, karyawan tidak perlu memikirkan biaya mahal untuk mendaftar di pusat kebugaran. Tubuh karyawan yang sehat akan melahirkan pikiran dan tindakan-tindakan positif bagi perusahaan.

 

#2 Program Berhenti Merokok

Berapa banyak karyawan di perusahaan Anda yang merokok? Saat ini, rokok sudah menjadi hal yang biasa baik bagi pria maupun wanita.

Padahal setiap orang sudah mengetahui bahayanya rokok bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Rokok dapat merusak kesehatan seseorang secara signifikan. Sudah bukan rahasia lagi jika karyawan perokok biasanya membuat perusahaan membayar lebih mahal untuk biaya kesehatan karyawan daripada yang bukan perokok.

Sudah banyak perusahaan yang tertarik untuk mengadakan program berhenti merokok bagi karyawannya. Selain menekan pengeluaran perusahaan untuk kesehatan karyawan, program ini juga akan sangat bermanfaat bagi karyawan.

Masihkah Anda Merokok, Jika Harga Rokok Rp 50 ribu per bungkus - Finansialku

[Baca Juga: Ini Kendala dalam Mengadakan Program Kesejahteraan Karyawan, Anda harus Tahu Cara Mengatasinya]

 

Karyawan yang tadinya merokok dapat menghemat biaya yang biasanya digunakan untuk merokok, kesehatan meningkat sehingga produktivitasnya pun akan meningkat.

Salah satu perusahaan yang menjalankan program ini adalah Union Pacific Railroad. Perusahaan ini menyediakan pelatihan berupa pendampingan gaya hidup tanpa rokok serta bantuan farmakologis untuk karyawannya yang ingin berhenti merokok.

Program ini berhasil membantu perusahaan menekan jumlah karyawan perokok dari 40% di tahun 1990an hingga ke 17% di tahun 2007.

Kunci kesuksesan yang diduga paling dominan adalah pendampingan yang membuat karyawan terus termotivasi untuk berhenti merokok.

 

#3 Opsi Transportasi

Perusahaan dapat mendorong karyawannya untuk menggunakan alat transportasi alternatif. Misalnya dengan memberikan layanan sepeda bersama, atau insentif jika menggunakan transportasi umum.

Cara ini tentunya akan berpengaruh positif secara langsung kepada lingkungan. Dengan menghemat kendaraan pribadi maka perusahaan telah membantu mengurangi polusi dan kemacetan.

Namun, manfaat terpenting bagi perusahaan adalah karyawan akan terhindar dari rasa stres akibat kemacetan. Apalagi jika perusahaan Anda terletak di kota besar yang penuh kemacetan, seperti Jakarta.

7 Pengeluaran Tambahan Jika Anda Membeli Mobil Baru 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Program Kesejahteraan Karyawan Sangat Menguntungkan bagi Perusahaan?]

 

Salah satu perusahaan yang melakukan langkah ini adalah Facebook. Kampus Facebook di Palo Alto dilengkapi dengan program sepeda bersama.

Karyawan disarankan menaiki transportasi umum untuk mencapai kampus Facebook. Setelah itu, mereka bisa menggunakan sepeda bersama untuk berkendara di dalam kampus Facebook.

Menariknya lagi, karyawan bisa mendapatkan reimburse untuk tiket transportasi umum yang digunakannya menuju kampus Facebook. Dengan begitu semakin banyak alasan untuk karyawan terhindar dari rasa stres akibat keuangan.

 

#4 Paramedis di Kantor

Apakah Anda menyukai terapi pijat yang membuat rileks? Google merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan ini di kantor. Google memiliki 35 terapis pijat yang siap melayani seluruh karyawan di kantor.

Ya, di kantor.

Kapanpun karyawan merasa terlalu lelah atau sekedar ingin menyegarkan tubuh, mereka bisa mendapatkan pijatan gratis dari paramedis tersebut.

Apakah Medical Check Up Penting Ingat Kesehatan Itu Investasi! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Berbicara di Depan Umum? Begini Tips untuk Para Karyawan agar Jago Bicara dan Presentasi]

 

Dasar pemikirannya sederhana, karyawan yang merasa rileks dan nyaman di kantornya akan mampu bekerja lebih baik daripada mereka yang stres.

Inilah salah satu alasan mengapa Google tetap mempertahankan predikatnya sebagai tempat bekerja terbaik di dunia.

 

#5 Kelas Yoga

Jika menyediakan paramedis di kantor terlalu mahal bagi perusahaan Anda, bagaimana dengan kelas yoga?

Perusahaan bisa menyediakan kelas yoga bagi karyawannya di jam kerja.

Anda hanya perlu menyediakan sebuah ruang kosong, seorang instruktur yoga dan beberapa peralatan pendukung. Yoga sudah dikenal sebagai olahraga yang dapat menenangkan pikiran manusia.

Perusahaan harus mengakui bahwa setiap karyawan yang terus-menerus bekerja di bawah tekanan pun perlu sedikit waktu untuk menenangkan pikirannya.

Dengan program ini, karyawan yang sudah terus menerus stres bisa menenangkan pikiran tanpa harus merasa bersalah karena meninggalkan pekerjaannya.

Para HRD, Ini 6 Contoh Cara Jitu untuk Membuat Karyawan Betah Bekerja di Kantor 03 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Praktis Mengurangi Pinjaman Karyawan dan Membantu Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan]

 

Mobify, sebuah perusahaan startup dari Vancouver menyediakan kelas yoga untuk karyawannya sebanyak dua kali dalam satu minggu. Mereka menggunakan rooftop kantor yang memberi pemandangan indah lautan dan pegunungan Vancouver untuk kelas yoga.

Jika tidak memiliki pemandangan yang indah seperti itu, banyak juga perusahaan yang memanfaatkan ruang pertemuan atau ruangan luas lainnya untuk kelas yoga.

Cara ini cukup sederhana tetapi dapat membuat karyawan merasa nyaman dalam pekerjaannya.

 

#6 Makanan Siang Sehat

Biasanya seorang karyawan mendapatkan waktu istirahat makan siang selama 30 menit hingga 1 jam. Waktu itu akan semakin terbatas jika mereka harus mencari makan siang di luar kantor.

Akibatnya para karyawan terpaksa mencari makanan cepat saji agar bisa kembali ke kantor tepat waktu. Anda mungkin merasa jam kerja akan menjadi efektif jika karyawan bisa kembali bekerja tepat waktu.

Tetapi dalam jangka panjang, pengaruh makanan cepat saji dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan karyawan.

Jika diberi waktu yang lebih lama untuk makan siang maka karyawan memiliki waktu untuk mencari makanan yang benar-benar bergizi.

Cara Mengatasi Lapar Mata Kalau Lihat Tempat Makan Baru, Agar Sehat Keuangan dan Sehat Badan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tingkatkan Kinerja Karyawan dengan 6 Cara Motivasi Ini]

 

Selain itu, karyawan bisa memiliki waktu untuk sedikit berolahraga atau bahkan pulang ke rumah untuk memakan makanan sehat buatan rumah. Google bahkan bertindak lebih dari itu.

Google menyediakan makanan dan snack sehat untuk karyawannya di cafetaria. Mereka juga menyediakan tempat makan bersama untuk mendorong karyawannya berinteraksi dengan karyawan lain dan membuat pertemanan baru.

Selain meningkatkan kesehatan karyawan, langkah ini juga akan mengurangi tingkat stres karyawan. Dengan begitu, karyawan akan merasa semakin nyaman untuk berlama-lama mengerjakan pekerjaannya di kantor.

 

Berpikir dari Segi Karyawan

Salah satu modal utama perusahaan adalah karyawan. Jika karyawan hidup sejahtera dan merasa nyaman di kantor, produktivitas perusahaan akan semakin meningkat.

Ada berbagai cara yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar untuk membuat karyawannya semakin nyaman bekerja di kantor. Anda bisa mencari cara sendiri untuk memotivasi karyawan perusahaan.

Cobalah untuk berpikir dari segi karyawan perusahaan. Apa hal yang diharapkan karyawan Anda untuk membuat mereka merasa lebih nyaman?

 

Apakah perusahaan tempat Anda bekerja melakukan cara-cara ini? Coba ceritakan fasilitas menarik apa saja yang Anda dapatkan dari perusahaan?

Jika Anda terinspirasi dengan artikel ini, jangan lupa untuk menyebarkannya kepada kerabat Anda. Karena masih banyak perusahaan yang belum berhasil meningkatkan motivasi kerja karyawannya.

 

Sumber Referensi:

  • Catherine Gordon. 16 April 2017. 6 Great Examples of Workplace Wellness Programs. Risepeople.com – https://goo.gl/WNh1YK

 

Sumber Gambar:

  • Program Membuat Karyawan Betah Bekerja – https://goo.gl/SS5xBn dan https://goo.gl/1k75aF
  • Karyawan Betah Bekerja – https://goo.gl/2ZLnyF

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang
By | 2017-08-17T07:53:44+00:00 August 17th, 2017|Categories: HR|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Stacia E. H. Sitohang CFP®
Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, CFP® adalah perencana keuangan independen yang bersertifikasi (Nomor 1700 0001). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Business Management dengan konsentrasi Finance, School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang Personal Finance dan Entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download