HR: Ini Kendala dalam Mengadakan Program Kesejahteraan Karyawan, Anda harus Tahu Cara Mengatasinya

Apa saja kendala untuk mengadakan program kesejahteraan karyawan? Program kesejahteraan karyawan sangat bermanfaat bagi karyawan dan perusahaan. Namun ada beberapa kendala yang harus dihadapi perusahaan. Apa saja kendala tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?   

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Perlu Program Kesejahteraan Karyawan?

Ya, program kesejahteraan karyawan sangat diperlukan. Terutama saat ini program serupa sedang menjadi sorotan berbagai perusahaan besar. Salah satu faktor yang memiliki dampak besar terhadap perusahaan adalah karyawan. Jika produktivitas karyawan menurun maka dampaknya juga akan terasa pada keuntungan perusahaan.

Permasalahan keuangan pribadi seringkali mengganggu kinerja karyawan. Memberikan gaji yang besar tidak akan menjadi solusi bagi permasalahan keuangan karyawan. Hal ini dikarenakan umumnya sumber permasalahan keuangan tersebut adalah kebiasaan karyawan yang tidak bijak dalam mengelola keuangan sehari-hari.

HR Ini Kendala dalam Mengadakan Program Kesejahteraan Karyawan, Anda harus Tahu Cara Mengatasinya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para HRD: 3 Cara Praktis Mengurangi Pinjaman Karyawan dan Membantu Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan]

 

Inilah alasan mengapa program kesejahteraan karyawan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Sebagai tim HR Anda dapat membantu karyawan menyelesaikan permasalahan keuangannya sendiri dengan program tersebut. Walaupun demikian, tidak selalu mudah untuk mengadakan program kesejahteraan karyawan. Ada beberapa kendala yang perlu dipertimbangkan.

Apa saja kendala tersebut? Mari kita bahas di bawah ini:

 

#1 Takut Program Tidak Berguna

Ada begitu banyak program pelatihan maupun pembekalan yang diberikan untuk karyawan perusahaan. Baik yang memiliki jabatan rendah, menengah hingga tinggi. Namun tidak perlu muluk-muluk, kita sama-sama tahu bahwa dari sekian banyak program pelatihan dan pembekalan tersebut, sebagian besar tidak selalu berguna. Baik untuk karyawan maupun bagi perusahaan.

HR Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: HR: Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan]

 

Ketika sebuah program yang diadakan untuk mengembangkan kemampuan karyawan tidak berguna, maka dampaknya akan terasa bagi perusahaan. Di satu sisi produktivitas tidak meningkat. Di sisi lain program tersebut bahkan menghabis-habiskan waktu, tenaga dan terutama uang.

Lalu apa bedanya program kesejahteraan karyawan ini dengan program-program lainnya untuk karyawan? Tentunya ada ketakutan bagi perusahaan bahwa program kesejahteraan karyawan tidak menghasilkan output yang sesuai harapan, dengan kata lain ‘tidak berguna’.

 

#2 Persiapan yang Rumit

Mempersiapkan pelatihan dapat menjadi sebuah pekerjaan yang rumit. Ada waktu dan usaha yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dan terutama tim HR untuk mempersiapakannya. Apalagi ketika membicarakan permasalahan keuangan pribadi.

HR Maksimalkan Keuntungan dengan Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Karyawan 01 - Finansialku

  [Baca Juga: HR: Maksimalkan Keuntungan dengan Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Karyawan]

 

Ada banyak ranah yang harus dicakup dalam program kesejahteraan karyawan. Mulai dari pengelolaan keuangan, pelunasan utang, persiapan dana pensiun, dan lain sebagainya. Jika tim HR ingin membuat pelatihan sendiri di dalam perusahaan maka seluruh materi tersebut harus dikuasai. Menguasai bahan dan membuat pendekatan hal yang berkaitan dengan kesejahteraan karyawan.

 

#3 Permasalahan Privasi Karyawan

Kendala tidak hanya datang dari segi perusahaan tetapi juga bisa datang dari pihak karyawan. Permasalahan yang dibahas dalam program kesejahteraan karyawan terkait secara langsung dengan keuangan pribadi. Terkadang ada karyawan yang langsung bersifat antipati ketika mendengar program serupa. Hal yang menjadi ketakutan adalah ia harus membongkar ‘rahasia’ permasalahan keuangannya kepada pihak lain. Banyak orang yang merasa malu jika harus mengungkapkan permasalahan pribadinya seperti itu.

HR Apakah Karyawan Anda Menghadapi Permasalahan Keuangan Ini 5 Tandanya 01 - Finansialku

[Baca Juga: HR: Apakah Karyawan Anda Menghadapi Permasalahan Keuangan? Ini 5 Tandanya]

 

Jika terjadi penolakan seperti ini, Anda tidak mungkin mendapatkan hasil yang baik dari program kesejahteraan karyawan. Tidak mungkin ada informasi atau pengetahuan yang berguna bagi karyawan jika mereka saja menutup diri dari program tersebut. Permasalahan ini sangat krusial karena pada akhirnya yang Anda dan perusahaan harapkan adalah solusi untuk masalah-masalah keuangan karyawan. Dengan begitu produktivitas perusahaan akan meningkat.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kendala-Kendala Tersebut?

Nah, sekarang Anda sudah tahu beberapa kendala yang mungkin terjadi ketika akan mengadakan program kesejahteraan karyawan. 3 hal yang dibahas tadi mungkin hanya sebagian besar dari kendala yang mungkin terjadi. Sebagai tim HR, apakah Anda memiliki pertimbangan lain ketika akan mengadakan program kesejahteraan karyawan? Tinggalkan komentar Anda di kolom komentar.

Sementara itu mari kita bahas bagaimana cara mengatasi 3 kendala besar yang telah dibahas di atas tadi:

 

#1 Takut Rugi daripada Takut Gagal

Memang wajar jika ada kekhawatiran program tersebut tidak berjalan lancar dan hasilnya tidak sesuai rencana. Tetapi cobalah untuk berpikir terbalik. Bagaimana jika perusahaan tidak menjalankan program kesejahteraan karyawan ini? Apa saja risiko yang harus ditanggung jika program tersebut tidak dijalankan?

Anda tentu sudah jengah melihat karyawan yang bekerja dengan asal-asalan. Sementara karyawan tersebut merupakan tanggung jawab Anda sebagai seorang HR. Jika permasalahan keuangan karyawan adalah sumber masalah dalam produktivitas karyawan, maka karyawan perusahaan akan terus terjebak pada kondisi yang ‘begitu-begitu’ saja.

HR Mengapa Program Kesejahteraan Karyawan Sangat Menguntungkan bagi Perusahaan 01 - Finansialku

  [Baca Juga: HR: Mengapa Program Kesejahteraan Karyawan Sangat Menguntungkan bagi Perusahaan?]

 

Jika terus dibiarkan, produktivitas perusahaan akan terus menurun hingga mengalami kerugian. Karena itu, daripada takut gagal mendapatkan output program kesejahteraan karyawan yang diharapkan, lebih baik Anda takut pada risiko bahwa perusahaan bisa mengalami kerugian.

Anda perlu membuat sebuah program yang benar-benar tepat sasaran. Sebagai tim HR tentunya Anda mengenali karakteristik karyawan perusahaan. Carilah pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik karyawan perusahaan Anda. Jika menggunakan jasa perencana keuangan pribadi untuk mengadakan program kesejahteraan karyawan, maka Anda perlu mendiskusikan secara detail mengenai kebutuhan dan karakteristik karyawan perusahaan Anda. Dengan begitu diharapkan program dapat berjalan secara efektif.

 

#2 Sudah Menjadi Kewajiban

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mengadakan program kesejahteraan karyawan ini. Walaupun seolah rumit, Anda perlu mengingat bahwa mengelola dan mengembangkan SDM di kantor sudah menjadi tanggung jawab Anda sebagai tim HR. Sedikit persiapan berpotensi menghasilkan kemajuan besar bagi kehidupan karyawan dan perusahaan.

HR 9 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Harus Ditanamkan Pada Karyawan Perusahaan 01 - Finansialku

  [Baca Juga: HR: 9 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Harus Ditanamkan Pada Karyawan Perusahaan]

 

Jika Anda merasa kesulitan untuk mempersiapkan seluruh program sendiri, Anda dapat menggunakan jasa perencana keuangan independen yang sudah profesional di bidangnya. Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, Anda hanya perlu mengkomunikasikan secara detail mengenai kebutuhan dan karakteristik karyawan perusahaan Anda. Finansialku menyediakan program kesejahteraan karyawan untuk perusahaan Anda.

Ingin tahu lebih banyak mengenai program kesejahteraan karyawan? Segera hubungi pakar perencana keuangan kami. Gunakan aplikasi Finansialku atau download di gadget Anda di Google Play Store untuk merencanakan keuangan lainnya.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#3 Mengkomunikasikan Secara Tepat

Permasalahan keuangan pribadi memang bukanlah sebuah hal yang mudah diumbar oleh setiap orang. Sebaliknya seringkali permasalahan keuangan dianggap sebagai sesuatu yang memalukan. Jangankan dengan orang lain, dengan orangtua pun terkadang kita tidak mau membeberkannya karena merasa malu atau tidak enak hati. Hal ini bisa menjadi masalah ketika Anda ingin mengadakan program kesejahteraan karyawan.

Para HR, Ketahui 7 Keuntungan Meningkatkan Literasi Keuangan Karyawan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para HR, Ketahui 7 Keuntungan Meningkatkan Literasi Keuangan Karyawan Anda]

 

Namun jika Anda dapat mengkomunikasikan pentingnya program tersebut, serta manfaat apa saja yang akan didapatkan, Anda akan mendapatkan kepercayaan karyawan. Jika menggunakan jasa perencana keuangan independen Anda juga dapat meyakinkan karyawan bahwa data dan rahasia karyawan akan terjaga.

Hal ini dikarenakan seorang perencana keuangan pribadi terikat etika kerahasiaan data klien. Sehingga karyawan Anda tidak perlu khawatir mengenai data dan hal-hal yang ingin dirahasiakannya.

 

Stop Ragu, Segera Bergerak

Program kesejahteraan karyawan sedang menjadi sorotan di berbagai perusahaan terkemuka. Program ini memiliki banyak manfaat positif bagi karyawan serta perusahaan Anda secara tidak langsung. Ada beberapa kendala dan ketakutan yang bisa menghambat perusahaan mengadakan program tersebut. Tetapi setiap keputusan tentunya diikuti dengan risiko. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi risiko-risiko tersebut. Untuk itu mengapa harus ragu? Lebih baik berhenti ragu dan segera bergerak untuk mengembangkan kesejahteraan karyawan sekaligus produktivitas perusahaan.

 

Silakan bagikan pengalaman Anda terkait program kesejahteraan karyawan pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Kerry Hannon. 18 Mei 2017. Why Workplace Financial Wellness Programs Are Hot. Forbes.com – https://goo.gl/vyrJ2t

 

Sumber Gambar:

  • Program Kesejahteraan Karyawan – https://goo.gl/p63cdi
  • Karyawan – https://goo.gl/j2gZbF

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-07-20T15:00:22+00:00 July 20th, 2017|Categories: HR|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Stacia E. H. Sitohang CFP®
Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, CFP® adalah perencana keuangan independen yang bersertifikasi (Nomor 1700 0001). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Business Management dengan konsentrasi Finance, School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang Personal Finance dan Entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download