Kira-kira apa nih kegiatan sepulang kerja kamu?

Buat orang-orang yang sukses, mereka bakal lakukan 5 kegiatan bermanfaat berikut ini setelah mereka pulang kerja. Apa saja 5 kegiatan bermanfaat itu?

Simak pembahasannya berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Semakin Produktif Dengan Kegiatan yang Bermanfaat Sepulang Kerja

 

Buat kamu orang-orang kantoran, tentu sepulang kerja ada banyak pilihan kegiatan yang akan kamu lakukan, dari melakukan me time, belanja di mall, memanjakan diri di salon, atau pergi jalan-jalan dengan keluarga.

Tahukah kamu bahwa orang-orang sukses di luar sana mengurangi kegiatan mereka yang tidak produktif dengan melakukan hal-hal yang mereka anggap lebih produktif. Seperti nasihat dari Warren Buffet yang membaca setidaknya 500 halaman setiap hari.

Punya Bisnis Sukses Miliki Dulu FLPST Modal Wirausaha Berikut Ini! 04

[Baca Juga: 10 Kisah Inspirasi Usaha Para Pengusaha Sukses di Indonesia. 5 Diantaranya Usia 20 an – 30 an]

 

Menurut penuturan dari CNBC Indonesia, miliarder tersebut menghabiskan 80 persen hidupnya untuk membaca.

Keren banget ya bapak miliarder itu! Ga heran kalau kesuksesannya di bidang finansial sangat dikenal seantero dunia dan masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia.

 

5 Kegiatan Bermanfaat Sepulang Kerja

Dari pada ngiri sama kesuksesan Warren Buffet dan orang-orang sukses lainnya di luar sana, mending kita mulai dari diri sendiri buat melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat sepulang kerja.

 

#1 Belajar & Membaca Buku

Wuih… tapi gue bukan tipe orang yang nerd alis kutu buku. Liat buku aja gue bawaannya kadang udah eneg.

Satu studi paling baru dari Rush University Medical Center mengungkap, kalau ‘membenamkan’ diri didalam buku-buku yang bagus serta memiliki kualitas sungguh-sungguh bisa memperpanjang usia pikiran kamu lho.

Buku Kepemimpinan yang Direkomendasikan 01 Perpustakaan Rumah - Finansialku

[Baca Juga: 7 Pelajaran Cara Berbisnis Walt Disney yang Perlu Diikuti Semua Wirausaha Sukses]

 

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari membaca sebuah buku. Kamu bisa memilih buku-buku bacaan yang kamu suka, tentu saja buku yang bermanfaat ya buat masa depanmu atau buku-buku yang bisa menggali potensimu lebih dalam lagi.

Jangan bilang komik… memang komik bisa menjadi salah satu buku bacaan hiburan dan terkadang terselip juga banyak pesan moral di dalamnya, tapi belajar dan membaca buku di sini lebih mengarah pada menggali potensimu.

Agar lebih bermanfaat, kamu bisa belajar investasi dengan membaca buku-buku seputar investasi dan keuangan. Finansialku punya referensi E-Book gratis untuk kamu yang ingin memulai investasi. Kamu bisa langsung download E-Book di bawah ini.

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

Download Ebook Sekarang

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

 

Pengusaha sukses sekelas Warren Buffet bahkan masih suka membaca, lho! Mau sukses seperti Warren Buffet? Beliau yang sudah senior dari segi usia saja masih suka membaca.

Yuk mulai membaca dan membuka khazanah berpikir kita lebih luas lagi mulai dari sekarang!

 

#2 Berolahraga

Olahraga memang sangat direkomendasikan untuk dilakukan setiap hari, bahkan bagi kamu yang punya jadwal sepadat apapun.

Olahraga is a must, guys! Buat kesehatan jangka panjangmu.

Kathleen Zelman, MPH, RD, LD, direktur kesehatan WebMD, menjelaskan ketika olahraga tubuh akan lebih bebas bergerak. Ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Hasilnya tubuh lebih sehat dan kuat serta tak mudah terserang penyakit.

Miliki 5 Motivasi Olahraga Ini Agar Kamu Memiliki Hidup Sehat 04 - Finansialku

[Baca Juga: 25+ Kata-kata Bijak David Ogilvy Ini Memberikan Pelajaran Dalam Bisnis dan Iklan]

 

Selain menjauhkan tubuh dari berbagai macam penyakit, olahraga juga dapat meningkatkan imunitas tubuh, membuat tubuh semakin ideal, bermanfaat bagi otak dan memori termasuk memberikan sumbangsih positif bagi usia kamu lho.

Dari pergi ke gym center sampai olahraga di rumah, bisa kamu lakukan lho, Sobat Finansialku!

Sambil nunggu jalanan macet, ada baiknya kamu bisa pergi ke gym center yang dekat dengan kantormu.

Ga masalah kalau kamu lagi low budget, guys. Kamu masih bisa olahraga di rumah atau olahraga tanpa perlengkapan gym. Cukup dengan berbagai alat yang ada di sekitarmu, atau bahkan tanpa alat sekalipun.

Mau Olahraga Beban Tanpa Alat BISA Lakukan 5+ Gerakan Ini 04

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menambah Penghasilan untuk Millenial? Tanpa Korupsi, Tanpa Klenik dan Tanpa Goreng Gaji]

 

Selain olahraga seperti fitness, kamu juga bisa melakukan olahraga berupa permainan seperti, sepak bola, basket, tenis meja, badminton, dan lain sebagainya. Pilih yang sesuai dengan minat dan hobimu.

Olahraga itu seharusnya bisa bawa kamu lebih have fun dan tentu saja akan bermanfaat bagi kesehatanmu. Ingat ya, olahraga itu bukan menjadi beban meski olahraga yang kamu lakukan adalah angkat beban, hehehehe…

 

#3 Memasak

Kok memasak? Kegiatan yang identik dengan kaum hawa ini ternyata bisa jadi kegiatan yang bermanfaat lho bagi kita sepulang kerja.

Bahkan banyak pria di luar sana yang jadi koki hebat dan menyajikan berbagai masakan dari berbagai penjuru dunia dengan kelezatan muantab ruarr biasa.

Tahukah kamu bahwa memasak bisa menyehatkan jiwa dan mental juga lho.

Beberapa tahun terakhir, klinik kesehatan mental di Amerika mulai menjadikan kegiatan memasak sebagai terapi untuk berbagai masalah mental, atau dikenal dengan therapeutic cooking.

Jurus Hemat Memasak Menu Sahur dan Menu Buka Puasa 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Tips Perencanaan Keuangan Untuk Pasangan Muda yang Harus Diketahui Agar Terhindar Utang dan Hidup Sejahtera]

 

Menurut psikolog dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, therapeutic cooking bisa berhasil karena pesertanya akan mendapat hasil nyata atas usahanya.

Memasak adalah salah satu jenis terapi behavioral activation yang tujuannya mengurangi depresi dengan cara meningkatkan perilaku yang berorientasi pada tujuan.

Pada penelitian yang dilakukan tahun 2016, mengikuti resep masakan yang mudah ternyata memberi dampak positif bagi kesehatan mental.

Penelitian yang dilakukan tahun 2018 pada pasien therapeutic cooking menunjukkan, memasak dapat mengembangkan kemampuan sosial dan rasa percaya diri.

Walla! Inilah Resep Masakan Yang Cocok di Musim Hujan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Uang Tidak Dapat Dilihat dengan Menggunakan Mata, Latihlah Pikiran Anda dari Sekarang agar Dapat Melihat Uang]

 

Para pakar kesehatan mental menekankan bahwa nutrisi yang baik adalah sebuah aspek paling dasar untuk menjaga kesehatan otak. Memasak dan membuat kue mengajarkan seseorang untuk lebih peduli dengan apa yang mereka masukkan ke dalam tubuh.

Selain itu, memasak di rumah juga bisa menghemat pengeluaran lho.

Kamu bisa siapkan bekalmu ke kantor dan bekal anggota keluargamu dari kegiatanmu yang bermanfaat di dapur.

Siapa tahu, kemampuan memasakmu itu semakin meningkat dan menjadi salah satu potensi yang baik untuk memulai bisnis kuliner di masa depan. Bisa jadi ide bisnis juga kan?

Nah lho… mulai tertarik memasak niii!?

 

#4 Rencanakan Kegiatan Esok Hari

Orang sukses selalu memiliki perencanaan akan strategi esok hari dengan matang. Kamu bisa kembali merenungkan tujuan hidupmu dan menyusun langkah strateginya sepulang kerja.

Seperti nasihat dari John C. Maxwell, seorang sukses yang dikenal secara internasional sebagai seorang ahli dalam kepemimpinan, seorang pembicara handal dan juga penulis yang hebat.

“Everything starts with your dream. It’s an expression of your life purpose and determines what it means for you to reach your potential. If you can articulate your dream clearly, then you can create a map for your journey. If you can’t, the trip will be nearly impossible.” – John C. Maxwell.

 

Semuanya berawal dari mimpi Anda. Ini adalah ekspresi dari tujuan hidup Anda dan menentukan apa artinya bagi Anda untuk mencapai potensi Anda. Jika Anda bisa mengartikulasikan mimpi yang Anda miliki dengan jelas, maka Anda bisa membuat peta untuk perjalanan Anda.

Jika Anda tidak bisa mengartikulasikannya, maka perjalanan yang akan Anda tempuh tidak mungkin akan terjadi.

 

#5 Kerja Sampingan

Duh udah cape seharian kerja.

Buat kamu yang mau sukses secara finansial, salah satu strategi untuk menambah penghasilan tentu saja dengan menambah pemasukan yang berasal dari kerja sampingan.

Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan sepulang kerja lho.

Tahukah kamu bahwa media sosial bisa menjadi salah satu aset yang kamu kembangkan untuk menumbuhkan kekayaanmu.

Misalnya, kalau kamu hobi masak, kamu bisa memasarkan masakan kateringmu melalui akun media sosial. Kamu bisa jadi dropshipper untuk berbagai barang-barang yang dijual secara online.

Cara Mudah Cek Kesehatan Keuangan Freelance 01 - Finansialku

[Baca Juga: Komik: BOLEH PUNYA UTANG Produktif, BUKAN Utang Konsumtif!]

 

Kamu juga bisa menjadi content creator atau penulis web freelance untuk perusahaan tertentu, jika kamu termasuk orang yang suka menulis.

Tak ada salahnya membuat akun blog sendiri dan mengisinya dengan berbagai tulisan karyamu seperti cerpen, tips membuat atau melakukan sesuatu yang unik atau pengalaman pribadi yang mungkin bisa menginspirasi para warga dunia maya.

Hobi travelingmu juga bisa tersalurkan dengan menceritakan berbagai pengalaman seru selama melakukan perjalanan dan histori selama petualangan serumu melalui blog traveling yang kamu bangun sendiri.

 

 

 

Dari kelima kegiatan tersebut, manakah yang kira-kira akan kamu lakukan? Atau kamu punya ide kegiatan lainnya yang lebih menarik dan akan kamu lakukan? Bagikan pendapat dan pengalamanmu dalam melakukan kegiatan bermanfaat sepulang kerja melalui kolom yang tersedia di bawah ini ya!

Kamu juga bisa membagikan inspirasi dari artikel di atas kepada rekan atau kenalanmu yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Linda Hasibuan. 26 Januari 2019. Ini Rahasia Sukses Warren Buffett dan Bill Gates. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3dDgp7W
  • Tri Andry. 31 Juli 2018. Setelah Pulang Kerja, Lakukan 7 Aktivitas Ini di Rumah. Entrepreneurcamp.id – https://bit.ly/2YSoAsM
  • Widya Lestari N. 24 Agustus 2018. 6 Manfaat Memasak Bagi Kesehatan Mental yang Penting untuk Diketahui. Idntimes.com – https://bit.ly/3dF0MMW
  • Uptown. 10 Ide Kegiatan Setelah Pulang Kantor Yang Bisa Kamu Lakukan. Uptown.id – https://bit.ly/3dzwnzK
  • Admin. Cara Memaksimalkan Waktu Setelah Pulang Kerja. Pertamakali.com – https://bit.ly/2WPQ4MP
  • Winda Destiana. 29 November 2018. Bersantai, Ini Aktivitas yang Dilakukan Orang Sukses Setelah Pulang Kerja. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3dBFiAD
  • 7 April 2020. 7 Kegiatan Asyik Pengusir Stres Usai Pulang Kerja. Liputan6.com – https://bit.ly/2WlMBXr
  • 9 Agustus 2016. 7 Cara Memaksimalkan Waktumu Setelah Pulang Kerja. Fimela.com – https://bit.ly/3cqC5nk
  • Tia Asmara. 1 Maret 2016. 4 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Sepulang Kerja. Liputan6.com – https://bit.ly/3cpVuEX
  • Seruni. 29 Manfaat Membaca Buku yang Membuat Kamu Melihat Dunia Lebih Luas. Seruni.id – https://bit.ly/2zsRWmP
  • Wulan Arumbi. 21 April 2017. 7 Manfaat Memasak untuk Kesehatan Jiwa: Memasak Hempaskan Galau. Psyline.id – https://bit.ly/3dFX7yL