Apakah Anda tahu tanda tidak bisa kaya?

Hati-hati, kenali tanda tidak bisa kaya berikut agar dapat Anda hindari.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Menjadi Kaya Raya

Siapa sih yang tidak mau menjadi kaya raya? Tentunya setiap orang mau menjadi kaya. Semua orang sebenarnya bisa kaya kok. Jika Anda mau berusaha, Anda juga pasti bisa menjadi kaya.

Untuk menjadi kaya tentunya tidak mudah. Anda tidak bisa hanya duduk diam saja. Anda perlu melakukan tindakan untuk mewujudkannya.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi kaya. Anda dapat melakukannya dari sekarang. Misalnya Anda mau berwirausaha, berinvestasi, dan lain-lain. Jangan takut gagal, coba saja dulu.

Jika Anda gagal, jadikanlah itu sebagai pelajaran. Anda tentunya juga tahu kan bahwa banyak orang-orang sukses dan kaya yang mengalami jatuh bangun sebelum mereka sukses.

Tanda Tidak Bisa Kaya 02 Kaya Raya 2 - Finansialku

[Baca Juga: Hey, Mau Tahu Rahasia Cepat Kaya Raya Di Usia Muda?]

 

Namun, ternyata terdapat beberapa tanda tidak bisa kaya yang perlu Anda kenali. Apakah Anda sudah penasaran apa saja tanda tidak bisa kaya? Silahkan simak artikel berikut ini.

 

7 Tanda Tidak Bisa Kaya

Kali ini Rubrik Finansialku akan berbagi tanda-tanda orang yang tidak bisa kaya agar bisa Anda jauhi. Berikut 7 tanda tidak bisa kaya.

 

#1 Tidak Memiliki Tujuan Keuangan

Tujuan keuangan sangatlah penting. Tujuan keuangan dapat membantu mengarahkan apa yang ingin Anda capai.

Jika Anda tidak memiliki tujuan keuangan, maka Anda akan kehilangan arah untuk meraih apa yang Anda inginkan. Anda pun menjadi kurang bersemangat dalam berusaha.

Anda perlu memiliki tujuan keuangan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Selain itu, perlu Anda ketahui, dalam membuat tujuan keuangan haruslah SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Timely).

Semakin jelas tujuan keuangan Anda, maka Anda akan lebih bersemangat mencapainya. Anda juga akan lebih mudah meraihnya.

Tanda Tidak Bisa Kaya 03 Kaya Raya 2 - Finansialku

[Baca Juga: Membuat Tujuan Keuangan yang SMART (benar-benar SMART)]

 

Oleh karena itu, jika Anda ingin kaya Anda harus memiliki tujuan keuangan terlebih dahulu. Anda juga bisa menciptakan blueprint langkah-langkah untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Kini, Anda dapat menuliskan tujuan keuangan Anda dengan mudah. Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku untuk mencatat tujuan keuangan Anda. Anda bisa download Aplikasi Finansialku di Google Play Store secara gratis.

 

#2 Kerja Keras Tapi, Tidak Kerja Cerdas

Kerja keras untuk menjadi kaya memang sangat diperlukan. Namun, ternyata kerja keras saja tidak cukup. Anda juga harus kerja cerdas. Salah satu contoh kerja cerdas adalah dengan menghasilkan uang dari uang.

Misalnya, dengan berinvestasi. Anda bisa berinvestasi di saham pada saham kategori blue chip. Saham blue chip bisa dikatakan risikonya cukup kecil. Berinvestasi saham blue chip cocok untuk investasi jangka panjang.

9 Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga yang Harus Diketahui oleh Setiap Calon Ibu Rumah Tangga 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kerja Keras dan Kerja Cerdas]

 

Selain itu, Anda juga bisa mencicil dana pensiun Anda dari sekarang. Semakin cepat Anda mempersiapkan dana pensiun semakin baik. Kelak, jika sudah tiba saatnya maka Anda akan menikmati masa pensiun Anda dengan bahagia.

 

#3 Puas dengan Penghasilan Tetap

Apakah Anda merasa puas dengan penghasilan tetap saja? Banyak orang yang memilih untuk mendapatkan penghasilan tetap. Mereka tidak menyukai ketidakpastian.

Namun, dengan penghasilan tetap apakah tidak bisa menjadi kaya? Tentu saja bisa, namun jika hanya mengandalkan penghasilan tetap maka hal itu merupakan cara yang paling lambat untuk menjadi kaya.

Banyak orang yang kaya karena berwirausaha. Berwirausaha memang tidak mudah. Berwirausaha juga penuh dengan ketidakpastian.

Namun, penghasilan yang didapatkan bisa jauh melebihi penghasilan pendapatan tetap. Hal itulah yang membuat wirausaha menjadi kaya lebih cepat.

Masih Bingung Kemana Gaji Kamu Pergi 1 Finansialku

[Baca Juga: Infografis: 8 Langkah Mudah Menjadi Seorang Entrepreneur Sejati]

 

#4 Hanya Menabung Saja

Menabung memang diperlukan. Namun, kenyataannya menabung saja tidak cukup. Bunga menabung bahkan terkadang berada dibawah inflasi.

Maka sebenarnya uang Anda bukan semakin bertambah tapi, justru berkurang. Lalu, kalau begitu kapan menjadi kaya dong?

Oleh karena itu jangan hanya menabung saja, Anda harus meningkatkan pendapatan. Anda harus fokus pada memperoleh lebih banyak pendapatan.

Sekarang sudah banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menambah pendapatan Anda.

Anda bisa browsing di Google bagaimana cara menambah pendapatan. Misalnya, dengan memiliki franchise.

728x90 - Apartemen
300x250 Kotak - Apartemen

 

#5 Tetap Berada di Zona Nyaman (Comfort Zone)

Apakah sekarang Anda sedang berada dalam zona nyaman Anda? Jika ya, segeralah keluar dari zona nyaman Anda. Keluar dari zona nyaman memang tidak enak. Ada begitu banyak ketidakpastian.

Namun, salah satu ciri dari orang kaya dan sukses adalah mereka mau keluar dari zona nyaman mereka. Mereka belajar nyaman dengan ketidakpastian.

Oleh karena itu, jika Anda ingin kaya Anda harus membiasakan diri Anda dengan ketidakpastian dan ketidaknyamanan.

 

#6 Tidak Berinvestasi

Tidak berinvestasi merupakan salah satu kesalahan besar jika Anda ingin menjadi kaya. Jika Anda tidak berinvestasi, Anda akan terus bekerja untuk uang. Bukan uang yang bekerja untuk Anda.

Alhasil, Anda hanya akan terus bekerja keras namun tidak bekerja cerdas.

Investasi bisa diibaratkan seperti kendaraan yang mengantarkan Anda pada tujuan keuangan Anda. Dengan berinvestasi, Anda akan lebih mudah dan cepat mencapai tujuan keuangan Anda.

Apakah Anda sudah memulai berinvestasi? Jika belum, jangan khawatir Anda bisa memulainya dari sekarang. Sekarang ini sudah terdapat banyak macam investasi.

Ada investasi saham, reksa dana, obligasi, deposito, logam mulia, dan lain-lain. Anda dapat memilih investasi yang paling cocok dengan Anda.

Apakah Cocok Untuk Investasi Emas Saat New Normal 02 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk! Kenalan dengan Investasi]

 

Jika Anda masih pemula dalam berinvestasi, Anda bisa berinvestasi di reksa dana. Terdapat reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.

Anda dapat memilih jenis reksa dana yang sesuai dengan profil risiko Anda serta jangka waktu investasi Anda.

Berinvestasi di reksa dana juga terdapat manajer investasi yang akan mengalokasikan dana investasi Anda di tempat yang paling menguntungkan. 

Sehingga, Anda tidak perlu pusing-pusing dimana uang Anda harus diinvestasikan.

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#7 Membeli Barang yang Terlalu Mahal

Membeli barang yang terlalu mahal bukannya tidak boleh, setiap orang memiliki haknya masing-masing untuk membeli barang yang diinginkan.

Namun, untuk menjadi kaya akan lebih baik jika Anda membeli barang yang sewajarnya saja dulu.

Jangan menetapkan gaya hidup diatas standar kehidupan wajar Anda. Jangan terpengaruh oleh gengsi.  Anda juga tidak perlu minder.

Terdapat banyak orang yang sukses dan kaya namun berpenampilan sederhana kok. Kesuksesan dan kekayaan seseorang tidak dinilai dari tampilan luarnya saja.

Lebih baik uang untuk membeli barang mahal digunakan untuk investasi kan? Sehingga semakin banyak uang yang Anda miliki dan semakin cepat Anda menjadi kaya.

 

Menjauhi Tanda Tidak Bisa Kaya

Anda tentunya ingin menjadi kaya kan? Setelah mengetahui 7 tanda tidak bisa kaya, Anda harus segera menjauhinya ya.

Anda juga harus terus berusaha. Jangan pernah menyerah. Selamat berjuang. Semoga berhasil.

 

Sudahkah Anda menjauhi tanda tidak bisa kaya tersebut? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah disediakan.

Anda juga bisa membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda sehingga semakin banyak orang yang dapat menjauhi tanda tidak bisa kaya tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Sakina Rakhma Diah Setiawan. 7 September 2017. 7 Tanda Anda Tidak Akan Bisa Kaya. Kompas.com – https://goo.gl/9tFFMv

 

Sumber Gambar:

  • Tidak Bisa Kaya – https://goo.gl/R4FvAh
  • Kaya Raya 1 – https://goo.gl/FBGomU
  • Kaya Raya 2 – https://goo.gl/hff5RD