Chef Arnold, sang Juri Master Chef Indonesia yang dikenal kalem, tegas, namun berhati lembut. Sudahkah Anda tahu kisah sukses Chef Arnold?

Jika belum, mari simak kisah sukses Chef Arnold dalam artikel Finansialku berikut ini.Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Chef Arnold Mengakui Talentanya Otodidak

Masa kecilnya ia habiskan di negeri kanguru, Australia, tepatnya di Sydney. Sejak usia 10 tahun, Arnold bersama dengan keluarganya pindah ke sana.

Di usianya yang menginjak 14 tahun, ia memberanikan diri untuk bekerja menjadi junior kitchen hand di salah satu kafe dekat rumahnya demi menambah uang jajan.

Meski harus melakukan kerja yang cukup kasar seperti membersihkan dapur dan mencuci piring, ia tetap lakukan sebagai pengalaman pertamanya bekerja dan menghasilkan uang dengan keringatnya sendiri.

Melalui pengalaman pekerjaan pertamanya sebagai seorang junior kitchen hand tersebut ternyata membuka minatnya yang besar pada dunia kuliner.

Seiring waktu dan keinginannya untuk belajar lebih dalam di dunia kuliner, ia mulai mencoba untuk berkembang dengan bekerja di beberapa kafe dan restoran lainnya di Australia sebagai barista, bartender barista, yang akhirnya mengantarkannya sebagai seorang koki dengan segudang pengalaman meski usianya masih sangat muda.

Melalui pengalamannya itu, ia mengantongi berbagai teknik memasak dan ia menyadari dan mengakui bahwa talentanya itu murni ia dapatkan secara otodidak.

Ia tidak memperoleh pendidikan memasak sama sekali melalui lembaga atau institusi memasak yang mengeluarkan sertifikat resmi sebagai seorang chef.

Kisah Sukses Chef Arnold 02 - Finansialku

 [Baca Juga: Jika Ingin Jadi Pemimpin Berhasil, Anda HARUS Membaca 15 Buku Kepemimpinan yang Direkomendasikan]

 

Sebelum membahasnya lebih jauh, sudahkah Anda mengecek kesehatan keuangan saat ini?

Ketahui kesehatan keuangan Anda dengan Aplikasi Finansialku melalui fitur Financial Health Check Up.

Unduh terlebih dahulu Aplikasi Finansialku melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas free trial-nya selama 30 hari. 

Selain itu, dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium.

Anda juga bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Darah Koki Mengalir Dalam Diri Chef Arnold

Arnold Poernomo yang akrab disapa Chef Arnold adalah seorang pria tampan kelahiran Surabaya, 18 Agustus 1989 yang sudah melepas masa lajangnya dengan seorang wanita asal Surabaya, Tiffany Soetanto.

Arnold sangat digandrungi oleh para kaum hawa karena pembawaannya yang berwibawa dan berhati lembut kala menjadi juri di ajang pencarian bakat Master Chef Indonesia musim ketiga.

Tak heran jika hidupnya kini menuai sukses di dunia kuliner karena darah seorang koki mengalir dalam dirinya.

Sang nenek adalah seorang pemilik restoran, sedangkan ibunya berprofesi sebagai pastry chef yang juga memiliki restoran, sama seperti sang nenek.

Padahal ia tak punya mimpi sama sekali untuk menjadi seorang chef karena Arnold justru lebih berminat pada dunia pemasaran dan ingin bekerja di Marketing Business.

 

Chef Arnold Kembali ke Indonesia

Mendapat tawaran bekerja di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan membuatnya memutuskan untuk pindah ke Indonesia, di samping keinginannya untuk mengenal lebih dalam kuliner tanah kelahirannya yang menjadi bagian dari makanannya sehari-hari meski ia tinggal di Australia.

Untuk semakin mengenal cita rasa masakan Indonesia, Chef Arnold rela untuk berkelana ke berbagai tempat.

Sekembalinya ke Indonesia, ternyata membuka peluang bagi chef berparas tampan ini melalui sebuah tawaran menjadi seorang tamu di Master Chef musim kedua dalam episode Pro Chef Challenge yang membuatnya menarik perhatian masyarakat Indonesia dengan pembawaannya yang tegas sekaligus lembut, terutama bagi para kaum hawa.

Kisah Sukses Chef Arnold 03 - Finansialku

[Baca Juga: Para HR: Literasi Keuangan di Tempat Kerja Menjadikan Karyawan Lebih PRODUKTIF dan SEHAT Secara Keuangan]

 

Chef Arnold Sukses Memikat Hati Pemirsa Master Chef Indonesia

Sukses di Master Chef musim kedua dalam episode Pro Chef Challenge, ia kembali diundang dalam ajang pencarian bakat Master Chef Indonesia menjadi salah satu juri menggantikan Chef Juna meski pada awalnya ia mengiyakan tawaran tersebut karena dorongan dari bos dari restoran tempat ia bekerja.

Pada awalnya, Chef Arnold tidak mau menerima tawaran tersebut namun sang bos mendorongnya untuk mengambil tawaran itu sebagai jalan untuk publikasi restoran.

Dorongan dari sang bos ternyata membuatnya semakin dikenal luas oleh masyarakat sebagai seorang chef yang charming dan memikat hati para penggemarnya.

Selain berhasil memenangkan perhatian sebagai chef tampan dan berbakat, ia juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Young Chef pada tahun 2012 dan membuatnya dibanjiri banyak job.

Chef muda bertalenta yang terinpirasi oleh Chef Grant Achatz ini semakin sibuk dengan berbagai tawaran membintangi iklan produk makanan, menjadi host untuk acaranya sendiri dan berbagai kunjungan ke berbagai negara sebagai bagian dari pekerjaannya itu.

 

KOI – Kolaborasi The Poernomo’s Brothers

Meski sudah mendulang berbagai kesuksesan, apalagi setelah dikenal luas oleh publik melalui Master Chef Indonesia tak lantas membuatnya cepat puas.

Chef Arnold semakin memiliki mimpi yang lebih besar dan berkeinginan untuk melebarkan sayap suksesnya di bidang kuliner dengan membuat restoran dan kafe sendiri yang ia wujudkan di tahun 2015.

Bersama dengan kedua saudaranya, Ronald Poernomo dan Reynold Poernomo, termasuk sang ibunda tercinta, Chef Arnold membangun dessert bar di Sydney, Australia.

The Poernomo’s Brothers, demikianlah mereka memperkenalkan namanya dengan salah satu toko kue yang terkenal dan populer di kalangan masyarakat Australia dan juga para turis yang berlokasi di daerah Chippandale, Sydney bernama KOI Dessert Bar.

Kisah Sukses Chef Arnold 04 - Finansialku

[Baca Juga: Liburan ke Wakanda: Melihat Pesona Keindahan di Air Terjun Iguazu]

 

Nama KOI ini seringkali disalah mengerti sebagai nama dari jenis ikan, padahal nama KOI ini diambil dari singkatan “Kids of Ike”, di mana Ike adalah nama ibu mereka, Ike Malada.

Bisnis tersebut tercetus karena sang ibu, Ike Malada yang memiliki usaha sebagai pemasok cupcakes dan kue di berbagai kafe di Australia.

Bermula dari sebuah garasi kecil di rumah mereka, ketiga bersaudara – The Poernomo’s Brothers ini menolong usaha sang ibu di tahun 2015 dan mengubahnya menjadi sebuah dessert bar kekinian.

Usaha dessert bar tersebut semakin sukses dan membuat Chef Arnold dan kedua saudaranya mendapatkan titel sebagai Anak Muda Terkaya versi Forbes Asia (Under 30 Forbes Asia).

Selain KOI Dessert Bar, The Poernomo’s Brothers juga membuka restoran baru mereka di Australia yang dikenal dengan nama Monkey’s Corner.

Jika Anda sedang berkunjung ke Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Anda akan menemukan salah satu bisnis kuliner dari Chef Arnold lainnya yaitu Nomz Kitchen & Pastry.

 

Menurut Anda, lini usaha apa yang bisa Anda bangun untuk memulai bisnis sukses Anda? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Andika Thaselia. 15 Juni 2019. Perjuangan Chef Arnold Sebelum Kini Sukses dan Terkenal: Kerja Mulai Umur 14 Tahun Hingga Belajar Masak Otodidak Karena Tak Sanggup Bayar Uang Kuliah. Grid.id – https://bit.ly/2TJCNUc
  • Grid Network. 15 Juni 2019. Kini Sukses dan Terkenal, Chef Arnold Dulu Belajar Masak Sendiri Karena Tak Punya Uang untuk Kuliah. Tribunnews.com – https://bit.ly/2TKPXAz
  • Halimah Nusyirwan. 29 Juni 2018. Arnold Poernomo: Menjadi Chef Melalui Pengalaman. Kinibisa.com – https://bit.ly/2ZcnKrr
  • Miyavizm. 12 September 2012. Kisah Sang Chef Muda dan Berbakat – Chef Arnold Poernomo. Kaskus.co.id – https://bit.ly/2TKTdLW
  • Nisa Akmala. 9 Desember 2015. Bikin Heboh Sekaligus Bangga Karena Masuk Jajaran Anak Muda Terkaya Forbes Asia. Brilio.net – https://bit.ly/2yQe5Zo
  • Nur Fajriani R. 15 Juni 2019. TRIBUNWIKI: Profil dan Kisah Perjuangan Chef Arnold Sebelum Kini Sukses dan Terkenal. Makassar.tribunnews.com – https://bit.ly/31KMEMk
  • Tri Wahyuni. 20 Januari 2015. Arnold Poernomo, dari Tukang Cuci Piring ke Celebrity Chef. CNNIndonesia.com – https://bit.ly/2ZctZv9
  • Yuli Susanthi. 16 Juni 2019. Sekarang Sukses dan Punya Restoran Berkelas, Ternyata Begini Perjuangan Chef Arnold yang Nyaris Tak Terendus Publik. Serumpi.com – https://bit.ly/2TLpPoV

 

Sumber Gambar:

  • Kisah Sukses Chef Arnold 1 – http://bit.ly/32gURbp
  • Kisah Sukses Chef Arnold 2 – http://bit.ly/2zF6sEV
  • Kisah Sukses Chef Arnold 3 – http://bit.ly/2PuCAWz
  • Kisah Sukses Chef Arnold 4 – http://bit.ly/2PzFkBZ